Wednesday, October 19, 2011

PENGERTIAN DAN PENGENALAN INTERNET



INTERNETberasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Secara kata perkata INTERNET berarti jaringan antara atau penghubung. Memang itulah fungsinya,INTERNET menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satusama lain sedemikian rupa, sehingga mereka dapat berkomunikasi. Sistem apa yangdigunakan pada masing-masing jaringan tidak menjadi masalah, apakah sistem DOSatau UNIX.
Sementarajaringan lokal biasanya terdiri atas komputer sejenis (misalnya DOS atau UNIX),INTERNET mengatasi perbedaan berbagai sistem operasi dengan menggunakan“bahasa” yang sama oleh semua jaringan dalam pengiriman data. Pada dasarnyainilah yang menyebabkan besarnya dimensi INTERNET.
Dengandemikian, definisi INTERNET ialah “jaringannya jaringan”, dengan menciptakankemungkinan komunikasi antar jaringan di seluruh dunia tanpa bergantung kepadajenis komputernya.

Kesimpulan:
·Definisi INTERNET : Internet merupakanhubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbedasistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkankemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokolstandar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP.
·Fungsi : Internet merupakan media komunikasidan informasi modern.

Banyak hal diINTERNET hanya dapat dimengerti dengan mengetahui latar-belakangperkembangannya.

ARPANet
Pada tahun1969 ARPA (Advanced Research Project Agency), sebuah bagian dalam kementerianPertahana Amerika Serikat memulai sebuah proyek, yang di satu sisi menciptakanjalur komunikasi yang tak dapat dihancurkan dan disisi lain memudahkankerjasama antar badan riset diseluruh negeri, seperti juga industri senjata.Maka terbentuklah ARPANet.
Bila padaawalnya komputer sejenis yang melakukan pertukaran data, bertambahnya komputerdengan berbagai sistem operasi lain menuntut solusi baru komunikasi yang takterbatas antar semua badan yang tergabung dalam jaringan.

InternettingProject

Untuk itudibuat Internetting Project, yang mengembangkan lebih lanjuthasil yang telah dicapai dalam ARPANet, agar media komunikasi baru ini jugadapat dimanfaatkan oleh berbagai sistem komputer yang tergabung. Kemudianvendor-vendor komputer meramaikan lalu lintas jaringa tersebut untuk berbagaikebutuhan sehingga terciptalah INTERNET.RNET:TCP/IP
Seperti telahdisebutkan di atas, INTERNET terbentuk dari jaringan-komputer yang tersebar diseluruh dunia. Masing-masing jaringan-komputer terdiri dari tipe-tipe komputeryang berbeda dengan jaringan yang lainnya. Maka diperlukan sebuah protokol yangmampu mengintegrasikan seluruh jaringan komputer tersebut.
Solusinyaadalah sebuah protokol pengiriman data yang tak bergantung pada jenis komputerdan digunakan oleh semua komputer untuk saling bertukar data. Agar data tidakhanya dapat dikirim dan diterima, melainkan juga dapat dimanfaatkan oleh setiapkomputer, diperlukan program standar yang mengolah data tersebut pada sistemyang berkaitan.
Protokolpengiriman merupakan sebuah konvensi (kesepakatan) yang menetapkan dengan caraapa data dikirimkan dan bagaimana kesalahan yang terjadi dikenali sertadipecahkan. Secara sederhana prose pengiriman data terdiri atas dua langkah.
Pertama, datayang akan dikrimkan (misalnya sebuah file teks) dibagi ke dalam paket databerukuran data berukuran sama (paket), kemudian dikirimkan satu persatu. Di Internet, protokol ini disebut IP (Internet Protocol)
Kedua, harus dijamin setiap paketdata sampai ke alamat yang benar dan semuanya benar diterima. Untuk itudiperlukan protokol lainnya, yaitu Transmission Control Protocol (TCP)mengaitkan sebuah blok data pada paket data IP, yang antara lain mengandunginformasi mengenai alamat, jumlah total paket data dan urutan setiap paket yangmembentuk paket tersebut. Hanya secara bersamaan kedua protokol membentukkesatuan yang berfungsi, karena itu biasanya disebut TCP/IP.

Dengan adanya TCP/IP ini, INTERNET memiliki 3 keuntungan :
·Memberi kesempatan INTERNETmenggunakan jalur komunikasi yang sama untuk pemakai yang berbeda pada saatyang sama. Karena paket-paket data tidak perlu dikirimkan bersama-sama, jalurkomunikasi dapat membawa segala tipe paket data sementara mereka dikirimkandari tempat yang satu ke tempat yang lain. Sebagai contoh, bayangkan sebuahjalan raya di mana mobil bergerak sepanjang jalan yang sama walaupun merekamenuju ke tempat-tempat yang berbeda-beda.
·Memberi INTERNET fleksibilitas.Sementara paket-paket data bergerak, mereka bergerak dari satu host ke hostlain sampai mencapai tujuan akhir. Jika sebuah jalur komunikasi tidakberfungsi, sistem yang mengontrol aliran data dapat menggunakan jaluralternatif. Maka, paket-paket data dapat bergerak melalui jalur-jalur yangberbeda-beda.
·Meningkatkan kecepatan transmisi data.Sebagai contoh, jika terjadi kesalahan, TCP meminta host asal mengirm kembalihanya paket-paket data yang mengandung kesalahan, bukan semua paket data. Iniberarti meningkatkan kecepatan transmisi data.

1.Sambungan langsung ke Network

Anda dapatmenggunakan sebuah komputer yang secara langsung mempunyai hubungan keINTERNET. Sebagai contoh, Anda mungkin menggunakan sebuah PC yang merupakanbagian dari sebuah jaringan komputer yang mempunyai hubungan ke INTERNET. Dalamkasus ini, sistem Anda menjadi host INTERNET penuh, yaitu mempunyai alamatelektronik tersendiri.

2. Sambungan dengan menggunakan SLIP/PPP
Untukmenggunakan hubungan dial-up telepon, Anda memerlukan sebuah alat untukmengkonversi sinyal komputer (digital) menjadi sinyal telepon (analog), dansebaliknya. Alat untuk mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog disebutmodulator. Sedang, alat untuk mengkonversikan sinyal analog ke sinyaldigital disebut demodulator. Untuk mengakses ke INTERNET melalui hubungantelepon, Anda memerlukan sebuah modem (modulator-demodulator). Selainitu diperlukan juga TCP/IP dan software SLIP atau PPP seperti Linux, Warp, dll.

3. Sambungan langsung ke On-line Service seperti BBS, Compuserve.
Untuk menjadisebuah host INTERNET tanpa harus memiliki hubungan full-time ke INTERNET (yangumumnya sangat mahal), ada sebuah cara mensetup sebuah host INTERNET melaluihubungan telepon. Untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu mengadakanperjanjian dengan sebuah host INTERNET yang lain yang bertindak sebagai titikhubungan. Selanjutnya, diperlukan sejumlah program yang disebut sebagai PPP(Point to Point Protocol) dan SLIP (Serial Line Internet Protocol) dalamworkstation. Setelah workstation menghubungi host INTERNET melalui jalur telepon,PPP menyediakan kemampuan TCP/IP untuk workstation tersebut. Tentunya jugaharus ada sebuah metode yang memungkinkan pengiriman kepada masing-masingkomputer di INTERNET. Pada awalnya disusun sebuah daftar yang memuat nama semuajaringan yang tergabung dalam INTERNET. Dengan tingkat pertumbuhan INTERNETyang sangat tinggi tidak mungkin lagi menjaga daftar-daftar tetap aktual.Karena Internet menggunakan sebuah sistem alamat yang dapat diolah olehkomputer khusus (disebut Router), yang terdapat antara masing-masingjaringan.

·        AlamatIP
Sebuah alamatIP terdiri atas sebuah angka biner 32-bit, yang menggambarkan lokasi jaringanhingga komputer dalam jaringan tersebut yang harus dicapai. Dari sanalah Routermemilih jalur yang paling menguntungkan.
Artinya, Internet menentukan sendiri jalan “melalui” banyak jaringan yangtergabung antara dua tempat, sehingga hampir tak mungkin merusak mediakomunikasi ini. Bila misalnya sebuah kabel penghubung rusak oleh pekerjaangalian tanah, INTERNET mengalihkan pengiriman paket ke jalur lain. Hal inidisebut Dynamic Rerouting.

·        ALAMATDNS
Karena angkabiner tidak mudah diingat, maka dikembangkan sistem Domain Name System(DNS). Disini alamat disusun dalam sebuah hierarki berbagai wilayah (domain =wilayah), yang mewakili sebuah kelompok host
tertentu. Hostadalah komputer dalam jaringan lokal (LAN) atau Wide Area Network (WAN), yangdiakses oleh komputer lain dalam jaringan tersebut.
Agar penyampaian otomatis oleh Router tetap berfungsi, angka biner tetapdigunakan. Bila Anda memberikan sebuah alamat DNS, pertama-tama data dikirimkanke sebuah Server dan diubah menjadi alamat Ip yang dapat dibaca olehKomputer. Contoh berikut ini akan menjelaskan sistem alamat DNS. Seperti padaalamat IP, alamat tersebut juga mengandung informasi yang dibutuhkan untukidentifikasi komputer yang diingikan. Setiap bagian alamat DNS harus dipisahkandengan sebuah titik.
Gopher adalahnama sebuah komputer dalam jaringan “bppt”
dalam domain “id”, yang berarti Indonesia. Seperti Anda lihat pada contoh diatas, mula-mula ditulis nama host yang diinginkan, disusul oleh bagian-bagianyang semakin besar hingga tingkat tertinggi, yaitu domain.
Untuk mencapaikomputer tersebut, alamat dibaca dari kanan ke kiri. Mula-mula jaringan tempatAnda mengakses INTERNET menciptakan hubungan dengan Router tertinggi yangmengelola semua alamat dalam domain “id”.
Domain diatasmewakili sebuah wilayah geografis, singkatan “id” berarti Indonesia.Selain itu terdapat pula berbagai domain tematik, yang dikenali pada singakatanpaling kanan dalam alamat DNS.

Singkatan
Jenis
Domain
COM
Perusahaan
Komersial
EDU
Badan Pendidikan

GOV
Lembaga Pemerintah Non Militer

MIL
Militer

NET
Jaringan

ORG
Organisasi Lainnya

INT
Organisasi Internasional

AC
Badan Pendidikan

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes