Tuesday, October 18, 2011

METODE HARGA POKOK PESANAN


Siklus Akuntansi Biaya dalam PerusahaanManufaktur
Rangkuman
Siklus akuntansi biaya dalam suatu perusahaan mengikuti siklus kegiatan usahaperusahaan yang bersangkutan. Siklus kegiatan perusahaan dagang dimulai denganpembelian barang dagangan dan tanpa melalui pengolahan lebih lanjut, diakhiridengan penjualan kembali barang dagangan tersebut. Dalam perusahaan tersebut,siklus akuntansi biaya juga dimulai dengan pencatatan harga pokok barangdagangan yang dibeli dan berakhir dengan penyajian harga pokok barang yangdijual. Siklus perusahaan jasa dimulai dengan persiapan penyerahan jasa danberakhir dengan penyerahan jasa kepada pemakainya. Dalam perusahaan tersebut,siklus akuntansi biaya dimulai dengan pencatatan biaya persiapan penyerahanjasa dan berakhir dengan disajikannya harga pokok jasa yang diserahkan. Siklusperusahaan manufaktur dimulai dengan pengolahan bahan baku di bagian produksi dan berakhir denganpenyerahan produk jadi ke bagian gudang. Dalam perusahaan tersebut, siklusakuntansi biaya dimulai dengan pencatatan harga pokok bahan baku yang dimasukkan dalam proses produksi,dilanjutkan dengan pencatatan biaya tenaga kerja langsung dan biaya overheadpabrik yang dikonsumsikan untuk produksi serta berakhir dengan disajikannyaharga pokok produk jadi yang diserahkan oleh bagian produksi ke bagian gudang
Karakteristik Metode Harga Pokok Pesanan

Rangkuman

Perusahaan yang produksisinya berdasarkan pesanan memproses produksinya sesuaidengan spesifikasi pemesan, dan proses produksinya terputus-putus untukmemenuhi pesanan. Karakteristik kegiatan perusahaan ini menentukankarakteristik metode harga pokok pesanan yang digunakan untuk mengumpulkanbiaya produksi dalam perusahaan tersebut.
Akuntansi biaya banyak sekali menggunakan rekening pembantu yang diawasidengan membentuk rekening kontrol biaya dalam buku besar. Rekening kontrol yangdigunakan untuk menampung biaya produksi adalah rekening-rekening: Barang dalamProses, Biaya Overhead Pabrik Sesungguhnya dan Biaya Overhead Pabrik yangDibebankan. Rekening kontrol untuk menampung biaya non produksi adalahrekening-rekening: Biaya Administrasi dan Umum dan Biaya Pemasaran. Untukmerinci biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi pesanan tertentu digunakankartu harga pokok produk, yang berfungsi sebagai rekening pembantu rekeningBarang dalam Proses yang terdapat dalam buku besar.
Metode Harga Pokok Pesanan
Rangkuman

Dalam metode harga pokok proses, biaya produksi dibagi menjadi dua kelompok:biaya produksi langsung dan biaya produksi tak langsung.
Biaya produksi langsung dibebankan kepada pesananberdasarkan biaya yang sesungguhnya terjadi, sedangkan biaya produksi taklangsung dibebankan kepada produk berdasarkan tarif yang ditentukan di muka.Untuk mencatat biaya produksi, baik yang langsung maupun tak langsung, di dalambuku besar disediakan rekening Barang Dalam Proses. Untuk merinci biayaproduksi yang dicatat dalam rekening Barang Dalam Proses tersebut, dibentukrekening pembantu berupa Kartu Harga Pokok

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Follow by Email

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes