Tuesday, October 18, 2011

Sejarah dan Keunggulan Teknologi CDMA


CDMA (code division multiple access) adalah teknologi aksesjamak dimana masing-masing user menggunakan code yang unik dalam mengakseskanal yang terdapat dalam sistem.Pada CDMA, sinyal informasi pada transmitterdicoding dan disebar dengan bandwidth sebesar 1.25 MHz (spread spectrum),kemudian pada sisi repeater dilakukan decoding sehingga didapatkan sinyalinformasi yang dibutuhkan. Para pakar teknologi telepon seluler sepakat bahwakecanggihan CDMA jauh melebihi GSM yang sekarang ini banyak dipergunakan olehoperator telepon seluler di Indonesia.CDMA tarifnya akan jauh berada dibawah GSM karena biaya investasinya sangatmurah.


Teknologi CDMA pada awalnya dipergunakandalam komunikasi radio militer Amerika Serikat (AS), mulai tahun 1990 patennyadiberikan kepada Qualcomm, Inc. dan dijadikan sebagai standar seluler digitaldi AS sejak tahun 1993. Oleh karena itu tidak heran jika teknologi ini sangataman karena tidak dapat digandakan (dikloning). Sehingga teknologi ini sangatcocok bagi kegunaan layanan telepon banking, seperti transfer, cek saldo, dll.GSM yang didukung oleh negara-negara Eropa lebih cepat melejit jumlahpemakainya yang diseluruh dunia pada saat ini sudah mencapai lebih 700 juta.Sementara CDMA jumlah pelanggannya baru mencapai 120 juta. GSM dan CDMA denganvarian awalnya IS-95 A juga muncul pada saat yang
bersamaan di awal tahun 90-antergolong dalam teknologi ponsel generasi ke-2 (2G).

Beberapa keunggulan CDMA-2000 (1X) jika dibandingkan denganGSM sebagai berikut :
  1. Sebagai teknologi militer CDMA sangat tahan terhadap gangguan cuaca dan interferensi, karenanya noise CDMA sangat rendah sehingga menghasilkan kualitas suara yang sangat baik. Bahkan dalam hujan yang sangat lebatpun kualitas suaranya masih dalam batas yang masih dapat ditoleransi.

  1. CDMA tidak dapat digandakan (dikloning) karena setiap pelanggan diberikan kode yang berbeda (unik). Kode-kode ini sangat sulit dilacak karena bersifat acak.

  1. Daya pancarnya yang sangat rendah (1/100 GSM) memungkinkan hand phone CDMA irit dalam mengonsumsi baterei, sehingga dapat beroperasi lebih lama untuk bicara maupun stand by.

  1. Kapasitas pelanggan per BTS CDMA dapat mencapai 6000 (10 kali GSM). Hal ini disebabkan CDMA lebih irit dalam pemakaian frekuensi. Semua BTS CDMA beroperasi pada frekuensi yang sama, sehingga tidak memerlukan penghitungan yang rumit dalam menyusun konfigu-rasinya. Besarnya kapasitas per BTS membuat biaya investasi yang dikeluarkan sangat rendah. Selain itu CDMA-2000 (1X) beroperasi pada spectrum frekuensi 800 MHz. Hal ini akan membuat luas coverage BTS-nya jauh lebih besar dari GSM. Sehingga hanya memerlukan lebih sedikit BTS untuk meng- cover luas yang sama jika dibandingkan dengan GSM.

  1. CDMA-2000 (1X) dapat me-ngirim data dengan kecepatan hingga 144 Kbps, sementara GSM 9,6 Kbps. Sehingga dapat mendukung layanan SMS, MMS, main game dan down load data melalui internet.

Setahu saya, saat ini kartu seluler di Indonesia yangmenggunakan Teknologi CDMA adalah StarOne, Telkom Flexi, Fren, Esia, danSmart. Menurut Anda para pengguna CDMA, mana yang terbaik diantara operatorseluler CDMA tersebut? atau kartu CDMA apa yang sedang Anda gunakan saat ini?Silahkan sharing pengalaman Anda dalam menggunakan CDMA pada kolom komentar dibawah ini.









Pendahuluan
~~~~~~~~~~~~
Perkembangan Teknologi Seluler berkembang dengan cepat sekali, sehingga fungsihandphone bukan digunakan sebagai fitur komunikasi saja, dengantambahan-tambahan fitur seperti kamera digital, radio, LCD berwarna denganresolusi tinggi, handphone menjadi perangkat yang canggih dan pintar.

Handphone merupakan alat Komunikasi Wireless yaitu komunikasi bergerak tanpakabel yang dibilang dengan Mobile Device. Teknologi wireless ini telahberkembang dengan pesat dalam satu dekade terakhir ini. Prinsip dari komunikasiwireless ini menggunakan kanal radio yang terpisah untuk berkomunikasi dengancell site.

Sejarah Telepon Seluler
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Ponsel merupakan gabungan dari Teknologi Radio yang dikawinkan dengan TeknologiKomunikasi Telepon. Telepon pertama kali ditemukan dan diciptakan olehAlexander Graham Bell pada tahun 1876. Sedangkan komunikasi tanpa kabel(wireless) ditemukan oleh Nikolai Tesla pada tahun 1880 dan diperkenalkan olehGuglielmo Marconi.
Akar dari perkembangan digital wireless dan seluler dimulai sejak 1940 saatteknologi telepon mobil

Perkembangan Teknologi Seluler
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Dengan perkembangan teknologi wireless yang sedang berkembang pesat saat iniyaitu teknologi telepon tanpa kabel (wireless) diantaranya AMPS (Advance MobilePhone System), GSM (Global System for Mobilesystem) dan CDMA ( Code Division Multiple Access).

AMPS (Advance Mobile Phone System)
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
AMPS merupakan generasi pertama pada teknologi selular.
System ini berada pada Band 800 Mhz, yang menggunakan 2 sirkuit yangterintergrasikan dari Computer Dedicated dan System Switch.

AMPS menggunakan frekuensi antara 825 Mhz - 894 Mhz.
AMPS di operasikan pada Band 800 Mhz sehingga tidak memungkin kan ada nya fiturseperti e-mail dan browsing, serta masi kekurangan dalam kualitas suara.
Ini lah yang menjadi kendala, sehingga system ini tidak berkembang danditinggalkan setelah teknologi digital berkembang.

GSM (Global System for Mobile telekomunication)
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
GSM adalah generasi kedua setelah AMPS, GSM pertama kali dikeluarkan pada taun1991 dan mulai berkembang pada tahun 1993 dengan diadopsi oleh beberapa negaraseperti Afrika Selatan, Australia, Timur Tengah, dan Amerika Utara.
Perkembangan pesat dari GSM disebabkan cara penggunaan system yang digitalsehingga memungkinkan pengembang untuk mengekploitasi penggunaan algoritma dandigital serta memungkinkannya penggunaan Very Large Scale Intergration (VLSI).Untuk mengurangi dan memperkecil biaya Handled terminalnya, pada saat ini GSMsudah menggunakan fitur Intelegent Network.

GSM adalah system telekomunikasi bergerak dengan menggunakan system selulardigital. GSM pertama kali dibuat diperuntukan untuk menjadi systemtelekomunikasi bergerak yang memiliki cakupan internasional yang berdasarkanpada teknologi Multyplexing Time Division Multiple access (TDMA). GSMmenggunakan frekuensi standart 900Mhz dan frekuensi 1800Mhz dengan namaPersonal Communication Network. GSM juga menyediakan layanan pengiriman datadengan high speed yang menggunakan teknologi High Speed Circuit Switch Data(HSCSD) dengan rate 64 Kbps hingga 100 Kbps. Saat ini di Indonesia yangmengadopsi GSM sudah sekian banyak, PT Telkomsel, Exelkomindo, Satelindo,Indosat, dll.

CDMA (Code Devision Multiple Access)
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
CDMA merupakan generasi ketiga (3G). Teknologi seluler telah berkembang pesat.Sekarang telah berkembang Code Devision Multiple Access yang mengunakan sistemspectrum.
Berbeda dengan GSM yang menggunakan Time Division Multiplexing. CDMA tidakmemiliki frekuensi khusus pada setiap user. Setiap channel menggunakan spectrumyang tersedia secara penuh.

CDMA merupakan perkembangan AMPS yang pertama kali digunakan oleh militerAmerika Serikat sebagai komunikasi Intelejen pada waktu perang.
Perkembangan CDMA tidak secepat perkembangan GSM yang paling banyak diadopsi diberbagai macam negara.
Di Indonesia untuk jaringan CDMA ditempati oleh PT.Mobile-8, Telecom,Telkomflexy dan Esia.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes