Monday, October 17, 2011

PENGERTIAN SASTRA


2.1      PengertianSastra         
Sastra (sansakerta : shastra) merupakan kata serapan dari bahasasansakerta Sastra, yang berarti “teks yang yang mengandung intruksi” atau“pedoman”, dari kata dasar Sas- yang berarti “intruksi” atau “ajaran”. Dalambahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada “kesusastraan”atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.
Selain dalam arti esusatraan. Sastra biasa dibagi menjadi sasta tertulisatau sastra lisan (sastra oral). Sasta tidak banyak berhubungan dengan tulisan,tetapi dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengeksplorasi pengalaman ataupemikiran.


2.2      FungsiSastra
Dalam kehidupanmasyarakat sastra memilik beberapa fungsi, yaitu:
-         Fungsi rekreatif, yaitu sastra dapat memberikanhiburan yang menyenengkan bagi pembacanya.
-         Fungsi didaktif, yaitu sastra mampu mengaarhkanatau mendidik pembaacanya karena nilai-nilai kebenaran dan kebaikan yangterkandung didalamnya.
-         Fungsi estetis, yaitu sastra mampu memberikankeindahan bagi pembacanya.
-         Fungsi moralitas, yaitu sastra mampu memberikanpengetahuan kepada pembaca sehinggatahu moral yang baik danburuk, karena satrayang baik selalu mengandung moral yang inggi.
-         Fungsi religius, yaitu sastra menghasilkankarya-karya yang mengandung ajaran-ajaran agama yang dapat diteladani parapembaca sasra.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes