Tuesday, October 18, 2011

PENGERTIAN TASAWUF DAN TUJUAN TASAWUF



A.   Pendahuluan.
Tasauf islam merupakan bagian integral dariajaran srpitual Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan al-sunnah, akhirbersamaan dengan lahirnya agama Islam itu sendiri. Namun tasauf berdirisendiri sebagai sebuah disiplin ilmu baru muncul pada abad kedua dan ketigaistilah tasauf belum dikenal dikalaangan masyarakat muslim akan tetapibukan berarti ajaran tasauf belum ada pada permulaan islam, ia sudah adatapi tidak secara ekslisit sebagaimana layaknya sebuah disiplin ilmu. Bila kitamerujuk lebih jauh kebelakang tidak hanya tasauf yang tidak dikenal padaperiode awal islam, disiplin ilmu yang lainpun seperti fiqig, tauhid, tafsir,ilmu hadists belum dikenal pada masa Rasulullah.
Melalui tulisan yang singkat ini penulis inginmenekankan kepada kaum muslimin dan muslimat bahwa ajaran tasauf bukanlah suatuajaaran yang menyimpang dari ajaran islam dengan catatan selama ini merujukkepada Al-Qur’an dan Al Sunnah. Iman al-Ghazali dalam kitab Minhajul’ Abidin,menjelaskan ada tiga macam ilmu yang ddipelajari oleh setiap muslim, yaitu ilmufiqih, ilmu tauhid dan ilmu tasauf/ilmu srri.Dengan demikian dapat dipahami bahwa ajaran tasauf bukanlah milikkelompok tertentu saja, tapi ia harus dimiliki setiap orang terlebih lagi diera modernisasi dan globalisasi sekarang ini minimal ajaran tasauf yangbersifat sederhana seperti sabar, syukur, tawakkal dansebagainya. Karena tasauf mengajarkan nilai-nilai spritual yang membawakepada kesejukan, ketentraman dan kedamaian bagi jiwa manusia.

Tasauf merupakan ajaran kerohanian yang menekankankepada kesucian jiwa, hati (qalbu) dengan konsep takhally, tahally, dan tajallymelalui riyadhah yang dilakukan secara kontinyu, baik melalui dzikrullah,kontemplasi dan amal-amal shaleh lainnya menuju insan kamil (manusia paripurna)

B.    Pengertian Tasauf
Pengertian tasauf baik secara etimologi maupunterminologi, para ahli (ulama tasauf) ternyata berbeda pendapat. Untuktujuann kejelasan arti kata tasauf diperlukan penelusuran terhadap asalusul penggunaan kata tersebut. Dengan penelusuran itu, diharapkan memberikangambaran yang jelas akan makna kata tasauf yang sesungguhnya. Secaraetimologi (bahasa) pengertian tasauf dapat dilihat menjadi beberapapengertian, seperti dibawah ini :
1.     Tasauf berasal dari istilah yang dikonotasikandengan “ahlu suffah” yang berarti sekelompok orang dimasa Rasulullahyang hidupnya banyak berdiam di serambi masjid Nabawi, dan mereka mengabdikanhidupnya untuk beribadah kepada kepada Allah. Tasauf berasal dari kata shaf(baris), yang dimaksud dengan shaf disini adalah baris pertamashalat dimasjid. Shaf pertama selalu ditempati para Sufi dalamshalat berjamaah Tasauf dikatakan berasal dari kata “shafa”, yangartinya kesucian, yakni kesucian jiwa sang Sufi setelah mengadakan “Penyucian”Jiwa dari kotoran-kotoran atau pengaruh-pengaruh jasmani. Tasauf berasaldari kata shaufana, yaitu sebangsa buah-buahan kecil berbulu-bulu yanngbanyak sekali tumbuh di padangpasir di tanah Arab, dimana pakaian kaum Sufi itu berbulu-bulu sepertibuah itu pula, dalam kesederhanaannya. Pengertian tasauf secaraterminologi (istilah) para ulama juga mendefenisikannya beragam. Menurut Syekhal-Islam Zakaria al-Ansari:

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes