Friday, October 21, 2011

Pengertian Musik dari Berbagai Tokoh



            Ada banyak sekali pendapat para tokoh tentang perngertian musik. Sebabpengertian musik tidak dapat disama-ratakan, karena setiap orang memilikipandangan tersendiri tentang apa yang disebut dengan musik menurut pengalamannyamasing-masing. Berikut adalah pendapat para ahli tentang apa yang dimaksuddengan musik :

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia 2008 musik memiliki pengertiansebagai berikut:
  1. Ilmu atau seni penyusunan nada atau suara dl urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

  1. Nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Menurut Koentjaraningrat pada buku “PengantarAntropologi” (1986 : 203-204), musik merupakan bagian dari kesenian.Kesenian merupakan salah  satu unsurkebudayaan.

Menurut Merriam pada buku “The Anthropologyof music” (1964 : 32-33), musik merupakan suatu lambang dari hal-hal yangberkaitan dengan ide-ide, maupun perilaku masyarakat.

Menurut Boedhisantoso, S. dalam buku “Keseniandan Nilai-nilai Budaya” (1982 : 23) dan Melalotoa dalam dalam buku ”Pesan Budaya dalam Kesenian” (1986 :27), Musik merupakan kebutuhan manusia secara universal yang tidak pernahberdiri sendiri lepas dari masyarakat.

            Menurut pendapat Soeharto. M dalambuku “Kamus Musik”(1992 : 86) Pengertian musik adalah pengungkapanmelalui gagasan melalui bunyi, yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, danharmoni dengan unsur pendukung berupa gagasan, sifat dan warna bunyi. Namundalam penyajiannya, sering dengan unsur-unsur lain, seperti bahasa, gerak, ataupun warna. Melodi adalah rangkaian dari sejumlah nada atau bunyi, yangditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendah (pitch) atau naik turunnya.Dapat merupakan satu bentuk rangkaian dari sejumlah nada atau bunyi, yangditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendah (pitch) atau naik-turunnya.Dapat merupakan satu bentuk ungkapan penuh atau hanya berupa penggalanungkapan. Irama adalah gerak yang teratur yang mengalir, karena munculnya aksensecara tetap. Keindahan akan lebih terasa oleh adanya jalinan perbedaan nilaidari satuan-satuan bunyinya (duration). Disebut juga ritme, rhythme, atau punrhytm. Harmoni adalah perihal keselarasan paduan bunyi. Secara teknis meliputisusunan, peranan, dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan sesamanya, ataudengan bentuk keseluruhannya.

Musik adalah seni yang paling abstrak sekaligus juga merupakan realitasfisika bunyi yang memiliki banyak keunggulan untuk membantu pendidikan watakhalus seseorang. Musik telah banyak dikaji oleh para pemikir, kaum agama,pendidik, dan teoretikus seni, selain sebagai seni musik banyak digunakan untukberbagai keperluan mulai dari tradisi, adat, hiburan, maupun pendidikan.

(sumber : http://yunacahnjati.Blogspot.com/2008/12/ pengertian-musik.html )


Pengertian musikdari wikipedia :
Musik adalah bunyi yang diterima olehindividu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan seleraseseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam :
  • Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar.
  • Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes