Sunday, October 16, 2011

Sejarah Dunia Kuno / Masa Silam


 PERADABAN LEMBAHSUNGAI INDUS



I           Letak Geografis



·           Di sebelah Utara berbatasan denganChina yang dibatasi Gunung Himalaya

·           Selatan berbatasan dengan  Srilanka yang dibatasi oleh SamuderaIndonesia

·           Barat berbatasan dengan Pakistan

·           Timur berbatasan dengan Myanmar danBangladesh





II         Peradaban sungai Indus (2500 SM)



·           Kebudayaan kuno India ditemukan dikota tertua India yaitu daerah Mohenjodaro dan Harappa .

·           Penduduk Mohenjodaro & Harappaadalah bangsa Dravida

·           Mohenjodaro dan Harappa merupakankota tua yang dibangun berdasarkan :


·           Perencanaan yang sudah maju

·           Rumah-rumah terbuat dari batu-bata

·           Jalan raya lurus dan lebar

·           Saluran air bagus

·           Terdapat hubungan dagang antaraMohenjodaro dan Harappa dengan Sumeria.



Pada abad 16 SM,bangsa Arya (pengembara) datang ke India secara bergelombang dan menetap didataran rendah Sungai Gangga dan Sungai Yamuna.



Akibat kedatanganbangsa Arya maka penduduk asli menjadi golongan manusia yang paling rendahyaitu kasta Syudra. Pembagian kasta oleh bangsa Arya dimaksudkan supaya tidakterjadi percampuran antara penduduk asli dan bangsa Arya.



Kasta dibagi menjadi4 srata yaitu :



1)         Kasta Brahmana, para pendeta

2)         Kasta Ksatrya, Raja dan tentara (Arya)

3)         Kasta Waisya, pedagang dan penguasa

4)         Kasta Syudra, buruh dan petani





Selain itu terdapatjuga Golongan Paria yaitu golongan tanpa kasta yang sangat hina danmenyedihkan.



III.       Konsep Kepercayaan



1)         Agama Hindu

·           Kepercayaan bangsa Arya adalah Hindu

·           Kitab sucinya Weda

·           Dewa Terpenting agama Hindu adalah :

·           Brahma, dewa pencipta alam

·           Wisynu, dewa pemelihara Alam

·           Syiwa, dewa perusak alam

·           Falsafah Hindu yaitu"Uppanisad" pada intinya membahas hubungan antara Brahman dan Atman.Brahman sumber kesucian dan kebersihan sedangkan Atman adalah manusia

2)         Agama Budha



·           Lahirnya agama Budha merupakanreaksi terrhadap agama Hindu, yang dipelopori oleh Sidharta Gautama (566-486SM), anak Shidodana, Raja Kapilawastu Nepal.

·           Agama Budha berkembang pesat padamasa  Raja Asyoka (3 SM) hingga menyebarke Srilanka, China, Jepang, Thailand,Kamboja dan Indonesia.



iv.        Kesusastraan



Kesusatraan Indiayang terkenal adalah kisah Mahabrata dan Ramayana, yang berisi tentang perangantara Pandawa dan Kurawa.





PERADABAN  LEMBAH SUNGAI GANGGA



Pusat Peradaban



Lembah Sungai Ganggaterletak antara Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Windya-Kedna. Sungai itubermata air di Pegunungan Himalaya dan mengalir melalui kota-kota besar sepertiDelhi, Agra, Allahabad, Patna, Benares, melalui wilayah Bangladesh dan beruaramdi teluk Benggala. Sungai Gangga bertemu dengan sungai Kwen Lun. Dengan keadaanalam seperti ini tidak heran bila Lembah Sungai Gangga sangat subur.

            Pendukung peradaban Lembah SungaiGangga adalah bangsa Aria yang termasuk bangsa Indo German. Mereka datang daridaerah Kaukasus dan menyebar ke arah timur. Bangsa Aria memasuki wilayah Indiaantara tahun 2000-1500 SM, melalui celah Kaiber di pegunungan Himalaya. Merekaadalah bangsa peternak dengan kehidupannya terus mengembara. Tetapi setelah berhasilmengalahkan bangsa Dravisa di Lembah Sungai Shindu dan menguasai daerah yangsubur, mereka akhirnya bercocok tanam dan hidup menetap. Selanjutnya merekamenduduki Lembah Sungai Gangga dan terus mengembangkan kebudayaannya.

Pada dasarnyaperadaban dan kehidupan bangsa Hindu telah tercantum dalam kitab suci Weda(Weda berarti pengetahuan), juga dalam kitab Brahmana dari Upanisad. Ketigakitab itu menjadi dasar kehidupan orang-orang Hindu.

            Kitab suci Weda merupakan kumpulandari hasil pemikiran para pendeta (Resi). Pemikiran-pemikiran para pendeta(Resi) itu dibukukan oleh Resi Wiyasa.

Empat bagian KitabWeda



·           Reg-Weda, berisi syair-syairpemujaan kepada dewa-dewa.

·           Sama-Weda, memuat nyanyian-nyanyianyang dipergunakan untuk memuja dewa-dewa.

·           Yayur-Weda, memuat bacaan-bacaanyang diperlukan untuk keselamatan.

·           Atharwa-Weda, memuat ilmu sihiruntuk menghilangkan marabahaya.



Keempat buku ituditulis pada tahun 550 SM dalam bahasa Sansekerta. Ajaran agama Hindu memujabanyak dewa (polytheisme). Dewa utama yang dipuja dalam agama Hindu adalah DewaBrahma sebagai pencipta, Dewa Wisnu sebagai pemelihara atau pelindung, DewaSiwa sebaga pelebur (pembinasa/penghancur). Di samping itu, juga dipujadewa-dewa seperti Dewi Saraswati (Dewi Kesenian), Dewi Sri (Dewi Kesuburan),Dewa Baruna (Dewa Laut), Dewa Bayu (Dewa Angin), Dewa Agni (Dewa Api), danlain-lain.



Umat Hindu yang adadi India berjiarah ke tempat-tempat suci seperti kota Benares, yaitu sebuahkota yang dianggap sebagai tempat bersemayamnya Dewa Siwa.

            Sungai Gangga juga dianggap keramatdan suci oleh umat Hindu. Menurut kepercayaan umat Hindu India, "airSungai Gangga" dapat menyucikan diri manusia dan menghapus segala dosa.

            Agama Budha muncul ketika beberapagolongan menolak dan menentang pendapat kaum Brahmana. Golongan ini dipimpinoleh Sidharta Gautama (531 SM).



Sidharta Gautamaadalah putera mahkota dari kerajaan Kapilawastu (Suku Sakia). Ia termasuk kastaKsatria. Setelah kurang lebih tujuh tahun mengalami berbagai cobaan berat,penyesalan dan penderitaan, akhirnya ia mendapatkan sinar terang di hatisanubarinya dan menjadilah Sidharta Gautama Sang Budha (artinya Yang Disinari).

            Pertama kali Sang Budha berkotbahdi Taman Rusa (Benares). Agama Budha tidak mengakui kesucian kitab-kitab Wedadan tidak mengakui aturan pembagian kasta di dalam masyarakat. Oleh karena ituajaran agama Budha sangat menarik bagi golongan kasta rendah. Kitab suci agamaBudha bernama Tripitaka (Tipitaka).



Pemerintahan



Kerajaan Guptadidirikan oleh Raja Candragupta I (320-330 M) dengan pusatnya di lembah SungaiGangga. Kerajaan Gupta mencapai masa yang paling gemilang ketika Raja SamudraGupta (cucu Candragupta I) berkuasa. Ia menetap di kota Ayodhia sebagai ibukota kerajaannya.



Raja Samudraguptadigantikan oleh anaknya yang bernama Candragupta II (375-415 M). Candragupta IIterkenal sebagai Wikramaditiya. Pada masa pemerintahan Candragupta II terkenalseorang pujangga yang bernama Kalidasa dengan karangannya berjudul Syakuntala.



Setelah meninggalnyaCandragupta II, kerajaan Gupta mulai mundur. Bahkan berbagai suku bangsa dariAsia Tengah melancarkan serangan terhadap kerjaan Gupta. Maka hampir dua abad,India mengalami masa kegelapan dan baru pada abad ke-7 M tampil seorang rajakuat yang bernama Harshawardana.



Ibu kota KerajaanHarsa adalah Kanay. Pujangga yang terkenal di masa kekuasaan Harshawardanabernama pujangga Bana dengan buku karangannya berjudul Harshacarita.



Setelah masapemerintahan Raja Harshawardana hingga abad ke-11 M tidak pernah diketahuiadanya raja-raja yang berkuasa. India mengalami masa kegelapan.



Bentuk KebudayaanLembah Sungai Gangga



Kebudayaan LembahSungai Gangga merupakan campuran antara kebudayaan bangsa Arya dengankebudayaan bangsa Dravida. Kebudayaan ini lebih dikenal dengan kebudayaanHindu. Daerah-daerah yang diduduki oleh bangsa Indo-Arya sering disebut denganArya Varta (Negeri Bangsa Arya) atau Hindustan (tanah milik bangsa Hindu).Bangsa Dravida mengungsi ke daerah selatan, kebudayaannya kemudian dikenal dengannama kebudayaan Dravida.





PERADABAN LEMBAHSUNGAI KUNING



Sejarah tertua diCina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He).Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang TseKiang (Sekarang bernama Chang Jiang).



Letak Geografis



            Sungai Kuning atau Hwang-Hobersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Setelah melalui daerahpengunungan Cina Utara, sungai panjang yang membawa lumpur kuning itu membentukdataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning. Sedang didataran tinggi sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang yang berhulu diPegunungan Kwen-Lun (Tibet) dan bermuara di Laut Cina Timur.



Pertanian



            Pada daerah yang subur itumasyarakat Cina hidup bercocok tanam seperti menanam gandum, padi, teh, jagungdan kedelai. Pertanian Cina kuno sudah dikenal sejak zaman Neolitikum, yaknisekitar tahun 5000 SM. Kemudian pada masa pemerintahan Dinasti Chin (221-206SM) terjadi kemajuan yang mencolok dalam sistem pertanian. Pada masa inipertanian sudah diusahakan secara intensif. Pupuk sudah dikenal untukmenyuburkan tanah. Kemudian penggarapan lahan dilakukan secara teratur agarkesuburan tanah dapat bertahan. Irigasi sudah tertata dengan baik. Pada masaini lahan gandum sudah diusahakan secara luas.



Teknologi



            Bumi Cina mengandung berbagaibarang tambang seperti batu bara, besi, timah, wolfram, emas dan tembaga, yangsebagian besar terdapat di daerah Yunan. Pembuatan barang-barang sepertiperhiasan, perabotan rumah tangga, alat-alat senjata seperti pisau, pedang,tombak, cangkul, sabit dan lain-lain, menunjukan tingginya tingkat perkembanganteknologi masyarakat Cina pada saat itu.



Aksara dan Bahasa



            Masyarakat Cina sudah mengenaltulisan, yaitu tulisan gambar. Tulisan gambar itu merupakan sebuah lambang dariapa yang hendak ditunjukkan. Tulisan itu merupakan salah satu saranakomunikasi. Untuk memupuk rasa persatuan dan rasa persaudaraan, pada permulaanabad ke-20 dikembangkan pemakaian bahasa persatuan, yaitu bahasa Kuo-Yu.



Pemerintahan



Dalam perjalansejarahnya, ada dua macam sistem pemerintahan yang pernah dianut dalamkehidupan kenegaraan Cina kuno, yaitu:



·           Sistem Pemerintahan Feodal, dalammasa pemerintahan ini, kaisar tidak menangani langsung urusan kenegaraan.Kondisi ini berlatar belakang bahwa kedudukan kaisar bersifat sakral. Kaisardihormati sebagai utusan atau bahkan anak dewa langit, sehingga tidak layak mengurusipolitik praktis.

·           Sistem Pemerintahan Unitaris, kaisarberkuasa mutlak dalam memerintah. Kekuasaan negara berpusat di tangan kaisar,sehingga kaisar campur tangan dalam segala urusan politik praktis.



Dinasti  yang Berkuasa



(1)        Dinasti pertama yang berkuasa di Cinaadalah dinasti Syang (Hsia).



Berdasarkan ceritarakyat Cina, pada zaman dinasti Syang telah berkembang sistim kepercayaanmemuja para dewa. Dewa tertinggi yang bernama Dewa Shang-Ti. Dinasti Syangberakhir sekitar tahun 1766 SM dan digantikan oleh dinasti Yin (1700-1027 SM).



(2)        Dinasti Chou adalah dinasti ketiga yangberkuasa di Cina.



Pada zaman kekuasaandinasti Chou ini muncul tokoh-tokoh filsafat yang memiliki peranan pentingdalam perkembangan kehidupan rakyat Cina hingga kini, seperti Lao Tse dan KongFu Tse.



Dinasti ini didirikanoleh raja Cheng yang bergelar Shih Huang Ti.



Tembok Besar  Cina



Untukmenghalang-halangi gerakan-gerakan dari bangsa pengembara yang berada disebelah utara negeri Cina, Shih Huang Ti memerintahkan untuk membangun tembokbesar yang dikerjakan selama kira-kira 18 abad dan berakhir pada zaman DinastiMing (abad ke-17 M).



Setelah Shih Huang Timeninggal pada tahun 210 SM, para gubernur dari tiap-tiap provinsi berusahauntuk merebut kekuasaan tertinggi di Cina. Dalam keadaan kacau itu, Liu Pangmuncul bersama pasukannya dan berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan mengatasikekacauan tersebut. Setelah berhasil menduduki tahta kekaisaran, selanjutnyaLiu Pang mendirikan dinasti baru bernama Dinasti Han. Pada masa kekuasaandinasti ini, ajaran Kong Fu Tse mulai diterapkan dan dikembangkan lagi.



(3)        Dinasti Han



Dinasti Han mencapaimasa kejayaannya di bawah pemerintahan kaisar Han Wu Ti. Kerajaan Cina meliputiAsia Tengah, Kore, Mansyuria Selatan, Anam, Sinking.



Setelah kaisar Han WuTi meninggal pada tahun 87 M, Dinasti Han mengalami kemunduran dan akhirnyaruntuk pada tahun 221 M. ketika terjadi kekacauan bangsa tartar menyerang Cina,dan akhirnya sebagian negeri Cina dapat dikuasainya. Namun pada abad ke-7 M negeriCina berhasil dipersatukan kembali di bawah pemerintahan kaisar-kaisar dariDinasti T'ang.



(4)        Dinasti Tang



Kerajaan T'angdidirikan oleh Li Shih Min yang terkenal dengan nama Kaisar T'ang T'ai Tsung.Ia memperluas wilayah kekuasaannya ke luar negeri Cina seperti selatanmenguasai Ton-kin, Annam dan Kamboja. Ke sebelah barat menguasai Persia danlaut Kaspia. Di bawah kekuasaan T'ang T'ai Tsung, dinasti T'ang mencapai masakejayaannya. Pada bidang seni syair dan seni lukis terdapat seniman-senimanyang terkenal seperti Li Tai Po, Tu Fu, dan Wang Wei.



Tindakan-tindakankaisar T'ang T'ai Tsung yang menarik perhatian rakyatnya adalah sebagaiberikut:



·           Dikeluarkannya undang-undang yangmengatur pembagian tanah.

·           Membuat peraturan-peraturan pajak.

·           Membagi Kerajaan Cina menjadi 10Provinsi.



Pada abad ke-10 M,dinasti T'ang runtuh dan negeri Cina kembali mengalami kekacauan dan silihberganti raja-raja memerintah. Baru pada tahun 960 kekacauan ini berhasildiatasi dan selanjutnya berdiri Dinasti Sung.



Filsafat



Filsafat Cinaberkembang pada masa pemerintahan Dinasti Chou. Pada masa itu lahir tiga ahlifilsafat Cina, yakni Lao Tse, Kong Fu Tse, dan Meng Tse.



(1)        Ajaran Lao Tse tercantum dalam bukunyayang berjudul Tao Te Cing. Lao Tse percaya bahawa ada semangat keadilan dankesejahteraan yang kekal dan abadi, yaitu bernama Tao. Ajaran Lao Tse bernamaTaoisme.

(2)        Ajaran Kong Fu Tse berdasarkan Taojuga. Menurut ajaran Kong Fu Tse, Tao adalah sesuatu kekuatan yang mengatursegala-galanya dalam alam semesta ini, sehingga tercapai keselarasan.

(3)        Meng Tse (372-280 SM) adalah seorangmurid Kong Fu Tse yang melanjutkan ajaran gurunya.



Kebudayaan

            Ajaran Lao Tse, Kong Fu Tse danMeng Tse mulai dibukukan, baik oleh filsuf itu sendiri maupun oleh parapengikutnya. Li Tai Po dan Tu Fu merupakan dua orang pujangga terkenal yanghidup di zaman Dinasti T'ang (abad ke-118 M).



Tembok Besar Cina



Tembok Besar Cina(The Great Wall of China) dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Chin. Namun,sebelum dinasti Chin berkuasa di Cina, sebenarnya di daerah Cina utara sudahdibangun dinding terpisah untuk menangkal serangan yang dilakukan oleh suku disebelah utara Cina. Pada masa pemerintahan kaisar Shih Huang TI,dinding-dinding itu dihubungkan menjadi tembok raksasa yang panjangnya mencapai7000 kilometer dan tingginya 16 meter serta lebarnya 8 meter. Pada jaraktertentu didirikan benteng pertahan yang dijaga ketat oleh pasukan Cina. Tembokraksasa ini dibangun dalam waktu 18 abad lamanya dan selesai pada masakekuasaan Dinasti Ming (abad ke-17 M).



Kuil

            Salah satu kuil yang terkenal diCina bernama Kuil Dewa Beijing. Terbuat dari batu pualam yang dikelilingi tigapelataran yang amat indah serta di bagian tengah terdapat tangga yang terbuatdari batu pualam pilihan. Atap bangunan dibuat berlapis tiga.



Istana

            Istana kaisar atau raja Cinadibangun dengan sangat megah dan indah. Tujuannya sebagai tanda penghormatanterhadap raja atau kaisar.



Seni kerajinan

Seni Lukis

            Perkembangan seni lukis sangatpesat, bahkan lukisan-lukisan hasil karya dari tokoh-tokoh ternama menghiasidinding tembok istana atau kuil-kuil.



Keramik

            Keramik merupakan ciri khas darihasil karya masyarakat Cina. Keramik-keramik ini memiliki nilai sangat tinggidan bahkan menjadi barang yang diperdagangkan oleh masyarakat Cina.





PERADABAN LEMBAHSUNGAI EUFRAT DAN TIGRIS



i.          Letak Geografis



Mesopotamia adalahsuatu daerah yang terletak diantara dua sungai, yaitu sungai Eufrat dan Tigris(

Mezo=tengah,potamus=sungai)



Terletak di AsiaBarat Daya, yang berbatasan dengan :



·           Teluk Persia dan Iran sebelah Timurdan Timur Laut

·           Iran dan Turki, sebelah Utara

·           Sirya dan Yordania, disebelah Barat

·           Saudi Arabia dan Kuwait, disebelahSelatan

·           Sumeria merupakan daerah subur,sehingga selalu diperebutkan oleh bangsa :



ii.         Bangsa Sumeria



Bangsa Sumeriamerupakan penguasa pertama daerah Mesopotamia



Hasil KebudayaanBangsa Sumeria :



·           Mengenal bentuk tulisan yang disebuthuruf paku

·           Menggunakan batu-bata sebagai bahanbangunan untuk membuat tembok rumah

·           Mengetahui penanggalan : 1 tahunterdiri  12 bulan = 350 hari,  1 hari terdiri : 24 jam, 1 jam = 60 menit, 1menit = 60 detik

·           Mengetahui suatu lingkaran = 360°

·           Dalam kesusastraan menghasilkanwiracarita/kisah kepahlawanan yaitu : Gilgamesh

·           Kepercayaan bangsa Sumeria adalahkepercayaan terhadap gejala dan kekuatan alam sehingga dikenal beberapa dewayaitu : Dewa Langit, Dewa Bumi, Dewa Lautan



·           Telah mengadakan hubungan dengankota Mohenjodaro dan Harappa



iii.        Bangsa Babilonia Lama (3000 SM)



Raja Babilonia Iadalah Hamurabi (+1900 SM)



Hasil Kebudayaanbangsa Babilonia I adalah :



·           Codex Hamurabi, yaitu undang-undangyang dipahatkan di batu yang berisi : larangan main hakim sendiri, sehinggakeamanan dan keadilan masyrakat dijunjung tinggi.Hukum perdata dan Pidana

·           Konsep kepercayaan bangsa BabiloniaI telah mengenal dewa-dewa.

·           Dewa Marduk merupakan Dewa Utama



Kerajaan Babilonia I hancursetelah mendapat serangan dari Bangsa Asyiria



iv.        Bangsa Assyria



Bangsa Asyiriamerupakan bangsa yang militan dan sangat kejam



Bangsa Asyiriamendirikan kerajaan di tepi Sungai Tigris dengan ibukotanya Niniveh. Ninivehmerupakan pusat peradaban bangsa Asyiria.



Pada masa kekuasaanRaja Sagon (732 SM) bangsa Asyiria menguasai daerah : Funisia, Palestina,Libanon, dan Israel (bangsa Israel dijadikan budak)



Pada Masa RajaAssarbanibal (650 SM) bangsa Asyiria berhasil menguasai Mesir



v.         Babilonia Baru



Nebopalasar sebagaipendiri kerajaan Babilonia baru.



Babilonia mencapaikejayaan pada masa Nebukadnezar (612-536 SM)



Hasil kebudayaan Babiloniabaru adalah :



·           Taman gantung dan Istana Bertingkat

·           Menara Babilonia, tidak pernahselesai karena pekerjanya berselisish faham karena tidak mengerti bahasamasing-masing

·           Babilonia baru melanjutkankebudayaan Babilonia lama dan Sumeria

·           Telah mengenal ilmu perbintangan :gerhana matahari dan bulan.



Kerajaan Babiloniaberakhir ( + 536 SM)









PERADABAN LEMBAHSUNGAI NIL



i.          Letak Geografis Mesir



Terletak di benuaAfrika :



Sebelah Baratberbatasan          : Libia

Sebelah Timurberbatasan          : Laut Merah

Asebalah Utaraberbatasan        : Laut Tengah

Sebelah Selatanberbatasan : Sudan

Antara Laut Tengahdan Laut Merah terdapat Terusan Suez yang menghubungkan pelayaran Eropa danAsia



ii.         Hasil Kebudayaan Mesir Kuno



Kebudayaan Mesirberkembang sejak 3000 SM,  di LembahSungai Nil, yaitu sungai terpanjang di dunia



Hasil-hasilkebudayaan Mesir Kuno antara lain :



·           Piramida, yaitu bangunan yangterbuat dari batu yang disusun berbebtuk kerucut yang berfungsi untuk menyimpanmummi. Mummi adalah mayat raja-raja Mesir Kuno yang diawetkan

·           Obelisk, adalah tugu-tugu yangmenjulang tinggi ke angkasa, sebagi tempat pemujaan

·           Sphinx, adalah patung hewan-hewanmitologis yang bebadan singa dan bermuka manusia

·           Hieroglyph, adalah huruf bebrbebtukgambar yang diukir pada batu. Hieroglyph ini menjadi dasar alphabet yangsekarang kita pakai.



Penelitian tentanghuruf Hieroglyph pertama kali dilakukan oleh Heredotus abad ke-6 SM, tetapi iatidak berhasil; mengungkapkan isi tulisan tersebut.



·           Batu Roseta yaitu batu bertulis yangditemukan di tepi Sungai Roseta. Dalam batu ini terdapat tulisan Hieroglyp dantulisan Yunani Kuno.



Isi tulisanHieroglyph baru dapat diketahui setelah ditemukannya Batu Roseta,



Mesir merupakansatu-satunya pusat kebudayaan tertua di benua Afrika yang berasal dari tahun4000 SM. Hal ini diketahui melalui penemuan sebuah batu tulis di daerah Rosettaoleh pasukan Perancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte (1797-1799). Ketikaitu pasukan Perancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte melancarkan serangandan pendudukan terhadap daerah Mesir (1797-1798). Batu tulis itu berhasildibaca oleh seorang Perancis yang bernama Jean Francois Champollion (1800)sehingga sejak tahun itu terbukalah tabir sejarah Mesir Kuno yang berasal daritahun 4000 SM.



Untuk mengungkap isitulisan Hieroglyph tersebut Napoleon menyuruh sejarawan Perancis yang bernamaChampollion.

Hasil penelitian  Champollion selama 20 tahun dapat mengungkapsejarah Mesir Kuno sehingga menghasilkan perpustakaan Mesir Kuno yang ditulisdiatas bahan Papyrus (tumbuhan air yang berada di tepi Sungai Nil).



iii.        Ilmu Pengetahuan Mesir Kuno



Bangsa Mesir Kunotelah mengenal :



·           Ilmu Astronomi (ilmu Bintang), yaitu :dengan mengamati siklus bintang Sirius atau Sothis  yang bertepatan dengan pasang naiknya airSungai Nil. Hasilnya : mereka sudah mengenal kalender yaitu  setahun terdiri dari 12 bulan, setiap bulan 30 hari, jadi setahun ada 360 hari,kemudian direvisi menjadui 365 hari

·           Ilmu Kedokteran yang terdiri dari 3jenis aliran :

·           Mengutamakan penyembuhan penyakitdengan obat-obatan

·           Mengutamakan penyembuhan penyakitsecara anatomis tubuh  danbagian-bagiannya (pijat refleksi)



·           Mengutamakan penyembuhan penyakitsecara gaib(magic)



iv.        Konsep Kepercayaan Mesir Kuno



·           Dewa bangsa Mesir kuno adalah DewaAmmon yaitu Dewa Matahari. Raja Mesir Firaun menganggap dirinya adalah anakDewa Ammon.Burung Elang sebagi burung penghubung antara Dewa Ammon dan manusia

·           Bangsa Mesir kuno percaya bahwa, Rohorang meninggal akan hidup terus asal badannya utuh. Sehingga mayatnyadiawetkan menjadi mummi.

·           Bangsa Mesir kuno juga beranggapanbahwa kehidupan di alam baqa sama dengan di dunia.



v.         Kerajaan Mesir Kuno



·           Kerajaan Mesir Kuno dipimpin olehseorang Raja yang bernama Fir'aun dengan kekuasan mutlak. Raja sebagai kepalaagama dan panglima angkatan perang.

·           Sistem Feodal, raja dan bangsawanmempunyai tanah yang luas

·           Sistem Pajak, petani wajibmenyerahkan 1/5 bagian dari hasil panennya sebagi pajak

·           Sistem Tata pemerintahan

·           Sensus Penduduk dan ternak,pengukuran tanah



vi.        Pemerintahan



Raja-raja dari zamanMesir Tua bertahta di Thinis. Raja yang pertama bernama Firaun Menes. Padaawalnya kerajaan Mesir terdiri dari dua kerajaan, yaitu kerajaan Mesir Hulu danMesir Hilir. Kedua kerajaan ini berhasil dipersatukan oleh Firaun Menes. Olehkarena itu, Raja Mesir juga disebut dengan nama Nesutbiti (Raja Mesir Hulu danMesir Hilir). Raja Mesir memakai mahkota kembar. Raja-raja yang terkenal darizaman Kerajaan Mesir Tua antara tahun 2800-2700 SM adalah Raja Chufu (Cheops),Chefren, dan Menkaure.



Pada masapemerintahan Firaun Pepi I (±2500 SM), kerajaan Mesir memperluas daerahnyasampai ke Nubia Selatan dan Abessynia. Tetapi setelah masa pemerintahan FiraunPepi II, kerajaan Mesir dengan pusatnya Memphis semakin lemah dan musuh-musuhdari luar mendapat kesempatan untuk memecah belah kerajaan Mesir menjadikerajaan-kerajaan kecil.



Kerajaan Mesir telahterpecah belah akibat terjadinya pertentangan dan persaingan antara kaumbangsawan feodal. Persaingan dan pertentangan ini berhasil diatasi dandipersatukan oleh raja dari kerajaan Thebe yang bernama Firaun Sesostris III(±1880 SM). Bahkan raja ini berhasil memperluas wilayahnya ke daerah Nubia.Firaun Sesostris III juga menyerang dan menduduki daerah Palestina, bahkansampai ke daerah Sichem.



Setelah bangsa Hyksosberkuasa di Mesir, mereka menetapkan ibu kotanya di Awaris (di daerah DeltaTimur). Dari daerah ini mereka melancarkan serangan dan pendudukan ke daerahMesir maupun ke Palestina dan Syria. Namun bangsa Mesir tidak mau dikuasai olehbangsa Hyksos, maka di bawah pimpinan kerajaan Thebe, bangsa Mesir berhasilmengusir bangsa Hyksos. Ibu kota Awaris berhasil diduduki oleh raja-raja Thebe.Dengan demikian berdirilah kerajaan Mesir Baru.



Raja Thebe yangmemimpin bangsa Mesir mengusir bangsa Hyksos bernama Firaun Ahmosis I. Setelahmasa pemerintahan Raja Ahmosis I, kerajaan Mesir terus melakukan perluasanwilayahnya sampai ke daerah Asia Barat di bawah pimpinan Firaun Thutmosis I.



Raja terbesar darizaman kerajaan Mesir Baru adalah Firaun Thutmosis III (1500-1447 SM).Negara-negara yang tunduk kepada kekuasaan Mesir diantaranya Babylonia,Assyria, Cicilia, Cyprus dan lain-lain. Setelah Raja Thutmosis III meninggal,ia digantikan oleh Firaun Amenhotep II (1447-1420 SM). Pengganti Raja AmenhotepII adalah Firaun Thutmosis IV. Untuk tetap mempertahan wilaya kerajaan yang luasitu, Fitaun Thutmosis IV menjalin persahabatan dengan raja-raja di sekitarnya,seperti dengan Firaun Mitanni dan Babylonia. Persahabatan dengan Firaun Mitannidiperkuat dengan perkawinan antara Firaun Thutmosis IV dengan Putri FiraunArtatama. Setelah Firaun Thutmosis meninggal, ia digantikan oleh FiraunAmenhotep IV.



Pada masapemerintahan Firaun Amenhotep IV, muncul kepercayaan baru yang bersifatmonotheis. Tindakan Firaun Amenhotep IV ditentang oleh para pendeta dari agamaAmon. Dan untuk menghindari terjadinya pertentangan itu, ia memindahkan ibukota keFiraunannya dari Thebe ke Al Amarna.



Dengan meninggalnyaFiraun Amenhotep IV, para pendeta dari agama Amon dapat merebut kembalikekuasaannya, sehingga menantu dan pengganti Firaun Amenhotep IV yang bernamaFiraun Tut-Ankh-Amon (±1359 SM) terpaksa tunduk kepada pendeta-pendeta agamaAmon di Thebe. Di bawah pemerintahan Firaun Tut-Ankh-Amon, kerajaan Firaunmengalami kemunduran dan akhirnya terpecah belah menjadi kerajaan-kerajaankecil.



Namun di bawahpemerintahan Firaun Haremheb (1350-1315 SM), keFiraunan Mesir berhasildipersatukan kembali. Salah seorang keturunannya yang terkenal adalah FiraunSethos I (orang Yunani menyebutkan Sesostris). Selanjutnya di bawahpemerintahan Firaun Ramses II (1275-1220 SM) kerajaan Mesir diperluas lagihingga berhasil menguasai seluruh wilayah Palestina dan mengalahkan bangsaHittit yang mengacau di Asia Barat.



Firaun Ramses IIdigantikan oleh Firaun Ramses III dan setelah Firaun Ramses III meninggal,keFiraunan Mesir mengalami kemunduran dan bahkan beberapa kali dikuasai olehbangsa asing.



vi.        Kepercayaan



Masyarakat Mesir Kunopercaya dan memuja banyak dewa (polytheisme). Dewa-dewa yang dipuja bangsaMesir diantaranya: Dewa Osiris sebagai dewa tertinggi, Dewa Thot (dewapengetahuan), Dewa Anubis (dewa berkepala anjing) sebagai dewa kematian, DewaApis berwujud Sapi, Dewa Ra (Dewa Matahari) dan kemudian menjadi Dewa Amon-Ra(Dewa Bulan Matahari).



vii.       Keruntuhan Mesir Kuno



Keruntuhan Mesir Kunopertama kali disebabkan oleh perselisishan antara golongan agama dan raja. Yangdimulai pada masa Pharao Akhnaton 1500 SM. Sejak terbunuhnya Pharao Akhnatonkerajaan Mesir Kuno tenggelam dari kejayaannya. Selain itu oleh seranganbangsa-bangsa lain seperti : Bangsa Hitit, Persia, Yunani, Romawi, Arab, Turki,Inggris dan Perancis.



PERADABAN YUNANI



Yunani terletak disekitar Laut Tengah yang sangat strategis dalam pelayaran



Bangsa Yunaniterbentuk dari percampuran bangsa pendatang dari laut Kaspia dan dan pendudukasli yang terdiri dari petani.



Mereka membentuksuatu kelompok – kelompok kota yang disebut Polis. Polis-polis yang terkenaladalah : Athena, Sparta dan Thebe. Polis Athena memimpin Yunani dari tahun450-404 SM, pada masa ini :



Kehidupan dalammasyarakat  demokratis, bebas berpikirdan berkarya



Para akhli pikir yangterkenal :Socrates,Plato, Aristoteles, Heredotus



Polis Sparta,memerintah Yunani 404 SM



Bangsa Spartamemerintah secara Militer dan kekerasan



Pada masa ini ilmutidak berkembang



Polis Thebememerintah Yunani 371 SM



Polis Thebe berhasilmengalahkan polis Sparta



Anatara polis-polisini selalu berperang sehingga akhirnya Yunani pun menjadi lemah.



Yunani berhasildikuasai oleh Filipus Raja Macedonia pada tahun 338 – 336 SM.



Kemudian digantikanoleh anaknya Iskandar Zulkarnain/Iskandar Agung.



Ibukotanya :Babylonia



Iskandar Agungdibantu oleh Aristoteles sebagai penasehatnya, melakukan ekspansi untukmemperluas kekuasaan  Yunani yaitu :



·           Tahun 334 SM, Persia ditaklukan.

·           Pelabuhan Tirus dan Sidon (Libanon)dikepungnya.

·           Daerah Tigris dikuasai





Warisan IskandarAgung adalah :



·           Wilayah Yunani meliputi : EropaSelatan sebelah Timur sampai ke Afrika Utara (Mesir), Funisia, Babylonia, danPersia.

·           Hellenisme, yaitu perpaduan antarakebudayaan Barat dan Timur ( Yunani, Persia dan Mesir), caranya dengan caramelakukan kawin campur  antara bangsaYunani dengan bangsa yang ditaklukannya.



Tahun 323 SM iameninggal dunia dalam usia 33 tahun,



Yunani pecah menjadi3 bagian yaitu :



·           Mesir dikuasai Ptolomeus, ia adalahseorang Jenderal pasukan Iskandar Agung

·           Syria, dengan pusatnya Antiocia,dikuasai oleh Seleucus

·           Yunani-Macedonia, dikuasai olehAntigonus



Karya Sastra YunaniKuno :



Illiad dan Odysse,karya Homeros, isinya menceritakan tentang terjadinya perang Troya



Filsafat



Hasil  pemikiran dan karya-karya filsafat bangsaYunani, telah diterjemahkan dan dipelajari hingga kini. Para filsuf yunanimerupakan konseptor yang meletakkan dasar-dasar alam pikiran filsafat Eropa.



Hasil filsafat BangsaYunani banyak diterjemahkan dan ditafsirkan oleh filsuf Islam, dan melaluikesusteraan Islam ini  pikiran filsafatYunani masuk ke Persia  dan negara-negaraAsia  lainnya.



Ciri  Filsafat Yunani



·           Metode berpikir logis/rasional dansistematis

·           Cara penyelidikan terhadap gejalaalam hingga ke detailnya. filsafat ini menghasilkan hasil yang nyata dari segipengetahuan alam dan sosial.



Filsuf  Yunani



·           Socrates,  dengan ajarannya  tentang Ilmu Kebijakan (filsafat etika) atau kesusilaan dengan logika sebagai dasar untuk membahasnya,

·           Plato, dengan ajarannya mengenaiilmu ketatanegaraan dan undang-undang.

·           Aristoteles, dengan ajarannya dalambidang biologi dan filsafat sehingga sering disebut sebagai ahli biologi danfilsafat.

·           Hipokrates, dengan ajarannyamenyangkut kode etik dokter (sumpah dokter)



Konsep Kepercayaanbangsa Yunani adalah percaya pada Dewa-dewa yaitu :



·           Zeus, Bapak para Dewa yang menguasailangit dan bumi , berdiam di Gunung Olympus.

·           Hera, adalah permaisurinya sebagaidewi perkawinan

·           Minerva, adalah putrinya sebagi DewiKecantikan

·           Ares, sebagi dewa perang

·           Hermes, sebagi dewa perdagangan

·           Aphrodite, sebagi dewi kecantikan



Untuk menghormatidewa Zeus maka diadakan pesta olah raga Olympia setiap empat tahun sekali, yangsekarang dikenal sebagai Olympiade.



PERADABAN ROMAWI



Romawi merupakantempat kuno di Eropa yang menjadi sumber kebudayaan Barat.

Letak Geografis :

Terletak diSemenanjung Apenina (sekarang Italia)



·           Sebelah Utara semenanjung Apeninabersambung dengan daratan Eropa yang terdapat pegunungan Alpen sebagi batasalam  yang memanjang

·           Sebelah Barat Laut yang memisahkanItalia dengan Perancis

·           Sebelah Utara memisahkan Italiadengan Swiss dan Austria

·           Sebelah Timur Laut dengan Yugoslavia



Perkembangan SejarahRomawi :



(a)        Periode 1000 – 510 SM  Jaman Kerajaan



Pada masa iniSemenanjung Apenina dihuni oleh bangsa pendatang dari Laut Kaspia sedangkan dibagian Selatan di huni oleh bangsa Funisia dan Yunani. Diantara mereka terjadipercampuran sehingga melahirkan bangsa Romawi



Kota Roma didirikanmenurut Vergilius dalam karyanya Aenens, kota Roma didirikan 1754 SM. Kota Romadidirikan oleh Romulus anak Aeneis dan Lavinia putri Latinus (Raja negeriLatinum) yang telah membunuh saudara kembarnya Remus.



Kerajaan Romadiperintah seorang raja yang merangkap sebagai panglima perang dan hakimtinggi. Dalam menjalankan pemerintahannya Raja dibantu oleh Senat, yang terdiri300 orang golongan patricier (bangsawan). Roma menjadi negara Republik yangdikuasai kaum bangsawan (Aristokrasi)



(b)        Periode 510 –31 SM Jaman Republik



Pada masa ini Romaberbentuk Republik yang pemerintahannya dijalankan dua orang Konsul yangdipilih oleh rakyat. Kemudian dibentuk dewan yang terdiri :



·           Senat, yaitu golongan bangsawan

·           Dewan Perwakilan Rakyat, sebagianbesar kaum bangsawan, hanya 4 orang golongan rakyat biasa.Yang 4 orang inimempunyai Hak Veto.



Sering terjadinyapertentangan antara golongan bangsawan dan Rakyat biasa sehingga golonganrakyat mengungsi ke pegunungan. Hal ini menyebabkan golongan bangsawanmenderita.



Akibatnya  golongan rakyat dipanggil dan diadakanperundingan sehingga menghasilkan kesepakatan persamaan hak yang dituangkandalam "Twaalftafelenwet" yaitu dua belas meja batu undang-undang.



Ekspansi BangsaRomawi:



Pada tahun 266 SMseluruh semenanjung Apenina dikuasai oleh bangsa Romawi.



PerangKhartago-Romawi, pecah karena Romawi ingin memperluas wilayahnya ke Laut Tengahyang dikuasai Khartago (Tunisia) yang merupakan koloni bangsa Funisia.



Perang pertamaterjadi 264 – 241SM, Romawi berhasil menguasai Sisilia sedangkan pulau Sardiniadan Corsica dikuasai Khartgao. Spanyol-pun menjadi daerah kekuasaan Khartagonyang bernama Khartagena.



Perang kedua terjadi218-201 SM, pemimipin Khartago adalah Panglima ulung bernama Hannibal yangberhasil menguasai Romawi bagian Timur selama 16 tahun. Perlawanan Romawidipimpin oleh Scipio Africanus, berhasil mengalahkan pasukan Hannibal.



Perang ketiga terjaditahun 146 SM, Khartago menggunakan pasukan sewaan dikepung Romawi dari daratdan Laut dan Khatago menyerah.



Sebelum mengalahkanKhartago Romawi telah menguasai : Yunani, Macedonia tahun 148 SM. Pada masaRepublik Syria dan Khartago, serta Yunani dan Macedonia menjadi wilayahkekuasaannya  yang dijadikan Propinsi.



Kekuasaan Romawi yangmakin luas dan besar menyebabkan pertikaian antara golongan Bangsawan danproletar.



Pertama kaum Proletarmengangkat Tiberius Graccus sebagi Tribun, dengan tunttan pembagian tanah,tetapi gagal Tiberius Gracchus mati tahun 132, Perjuangannya dilanjutkanadiknya Gayus Gracchus , juga gagal dan mati terbunuh 121 SM.



Kemudian Kaumproletar mengangkat Marius sebagi Tribun untuk melawan kaum Optimat (bangsawan)yang dipimpin Sulla, akhirnya terjadi peperangan yang dimenangkan oleh kaumbangsawan.



Akhirrnya kaumproletar mengangkat 3 orang Tribun (pemimpin) yaitu Pompejus, Craccus, danYulius Caesar. Yulius Caesar berhasil mengalahkan kaum Optimat (senat) danberkuasa selama dua tahun (46-44SM). Yulius Caesar mati dibunuh oleh Cassiusdan Brutus tahun 44 SM.



Akibat kematianYulius Caesar, maka timbul kekacauan dan terbentuklah tiga serangkai Tribununtuk melawan senat : Antonius, Octavianus, dan Lepidus. Lepidus tersingkirtinggallah Antonius dan Octavianus yang membagi dua Romawi menjadi :



Romawi Utara danBarat, dipimpin oleh Octavianus, dengan mayoritasnya golongan proletar(Plebyer)



Romawi Selatan danTimur, dipimpin oleh Antonius, mayoritas masyarakatnya golongan bangsawan(Patricier). Antonius menikah dengan Ratu Cleopatra,seorang putri keturunandinasti Ptolomeus Mesir.



Antonius danCleopatra ,  mati bunuh diri tahun 31 SMkarena patah semangat akibat kalah dalam peperangan di Actium melawanOctavianus.



(c)        Periode 31  SM – 476 M Jaman Kekaisaran



·           Kaisar Octavianus dengan gelarKaisar Agustus dan Princeps Civitas (warga tertinggi yang terpilih,yang adildan bijaksana) adalah peletak dasar kekaisaran Romawi. Wilayahnya meliputiAfrika Utara, Asia Barat, dan sebagian besar Eropa.Kaisar Octavianus berkuasahingga tahun 14 M, Hal penting yang ia wariskan adalah dimulainya penanggalanMasehi yang bertepatan dengan lahirnya Isa Al Masih.

·           Kaisar Romawi berikutnya adalahKaisar Nero (54-68 SM), Kaisar Nero terkenal sangat kejam dan membunuh parapemeluk agama Kristen.



Kaisar – KaisarRomawi yang lain adalah :



·           Kaisar Kaligula, terkenalkekejamannya

·           Kaisar Vesvasianus (69-79 M),terkenal karena penindasannya terhadap bangsa Yahudi di Palestina, sehinggabangsa Yahudi terusir dari negerinya dan menyebar ke penjuru dunia

·           Kaisar Hardianus (117-138 M)

·           Kaisar Konstantin Agung (306-337M)

·           Kaisar Theodosius (378-395M).

·           Pada masa Theodosius Romawi dibagimenjadi dua  : Romawi Barat denganIbukotanya Roma dan Romawi Timur dengan Ibukotanya Konstantinopel.Romawi Baratjatuh tahun 476 M oleh Odoakar seorang panglima tentara sewaan Jerman, RomawiTimur jatuh tahun 1453 M ke tangan Turki dan berubah menjadi KonstanteIstambul.



(d)        Hasil Kebudayaan Romawi



·           Kebudayaan  Romawi merupakan perpaduan antara kebudayaanYunani kuno dan Romawi. Misalnya :

·           Nama-nama Dewa : Dewa Zeus digantiJupiter, Aphrodite diganti Venus, Ares diganti Mars.

·           Nama-nama bulan Januari = Jenusyaitu dew bermuka dua, Februari = Februa yaitu pesta makan menyambut tahun barudan angka-angka Romawi : September = septe= 7, Oktober =Okto = 8. Pada jamanyulius Caesar urutan bulan diubah karena dia ingin memasukan namanya yaitu Juli= 7, begitu juga masa Octavianus Agustus = 8, sehingga menjadi kacaulah urutanbulan yaitu : September = 9, Oktober = 10, dst.



·           Organisasi Negara dan Kemiliteran,pendidikan,kesenian, filsafat ilmu pengetahuan, hukum (Codex Justinianus)





PERADABAN INCA, MAYADAN AZTEC DI AMERIKA



Letak Geografis



Benua Amerika terdiridari tiga bagian yaitu Amerika Utara, Tengah dan Selatan

Amerika Utara adalahberiklim kutub dan sedang.  AmerikaSelatan beriklim sedang, sedangkan Amerika Selatan, Tengah , Kepulauan LautKaribia dan Mexico beriklim tropis.

Penduduk Asli benuaAmerika Adalah bangsa Indian, dengan peradabannya Aztec, Maya dan Inca.



Peradaban Inca



·           Kerajaan Inca terletak di Perutepatnya disekitar danu Titicaca dekat pegunungan Andes.Pendirinya adalahManco-Copac tahun 500 M.

·           Wilayah Kekuasaannya : Bolivia,Chili, Brazilia dan Equador terjadi pada masa Raja Sinci Roca 1105 M. RajaSinci Roca 1105 M merupakan pemersatu bangsa Indian. Tiap wilayah diberi hakotonomi yang disebut Ayllu.



Hasil kebudayaan SukuInca adalah :



·           Bangunan-bangunan Istana Megahterbuat dari batu

·           Kepercayaan : percaya pada dewa-dewa. Dewayang disembah adalah Dewa Viracocha (dewa pencipta alam ), Dewa Matahari, DewaBulan, Dewa Bumi dan Dewa Laut.

·           Mayat suku Inca biasanya diawetkan(mummi)

·           Mata pencahariannya adalah hasilpetanian dan berburu serta menagkap Ikan.



Peradaban Maya



Kerajaan Mayaterletak di Meksiko Selatan dan Amerika Tengah.



Wilayah Kerajaan Mayameliputi : Semenanjung Yukatan(Meksiko), Honduras, dan Guatemala.



Kebudayaan Maya :



Telah mengenaltulisan yang disebut huruf Hierogliyph



Mata pencaharianpokoknya adalah pertanian



Telah mengenal IlmuAstronomi :



·           Sistem Kalender  berdasarkan peredaran matahari , 1 tahun =365 hari

·           Sistem Kalender berdasarkankepercayaan , 1 tahun = 260 hari



Teknilogi tinggi,yaitu mampu membuat bangunan kuil yang tinggi dan bertingkat 229



Kepercayaan suku mayamemuja banyak dewa (politheisme), seperti Dewa laut, Dewa Matahari



Peradaban Aztec



Kerajaaan Aztecberdiri sekitar tahun 1298 M dan mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1450 M.Kerajaan Aztec mengalami kehancuran setelah datangnya bangsa Spanyol, denganraja terakhirnya Monte Zuma II.Pusat kerajaan Aztec yaitu didaerah semenanjungYukatan-Mexico.



Hasil Kebudayaan sukuAztec :



·           kuil berbentuk piramida yangtengahnya berlubang untuk memasukan kurban (emas dan perak)

·           Konsep kepercayaannya menyembahdewa-dewa

·           Ditemukan patung di kota Vera Cruz,yang beratnya 30 ton sebagai perwujudan dewa utama yang disucikan

·           Mampu mengusahakan tambang emas danperak

·           Suku Aztec tiap 52 tahun sekalimengadakan upacara besar-besaran yang dipusatakan di Hall of the Star, ibukotakerajaan Aztec. ***

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes