Tuesday, October 18, 2011

BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA TENAGA KERJA


Elemen Biaya yang Membentuk Harga PokokBahan Baku yang Dibeli
Rangkuman
Elemen Biaya yang Membentuk Harga Pokok Bahan Baku yang Dibeli
Menurut prinsip akuntansi yang lazim, semua biaya yang terjadi untukmemperoleh bahan bakudan untuk menempatkannya dalam keadaan siap untuk diolah, merupakan elemenharga pokok bahan bakuyang dibeli. Harga pokok bahan bakuterdiri dari harga beli yang tercantum dalam faktur dari penjual ditambah biayaangkutan, biaya-biaya pembelian lain serta biaya yang dikeluarkan untukmenyiapkan bahan bakutersebut dalam keadaan siap untuk diolah.
Biaya angkutan dapat diperlakukan dengan dua cara; diperhitungkan sebagaitambahan harga pokok bahan bakuyang dibeli atau diperlakukan sebagai elemen biaya overhead pabrik. Biayaangkutan diperhitungkan sebagai tambahan harga pokok bahan baku yang dibeli dengan dasar perbandingankuantitas, perbandingan harga faktur, atau dengan tarif yang ditentukan dimuka.
Dalam memperhitungkan biaya-biaya unit organisasi yang terkait dalamperolehan bahan baku,perusahaan membuat tarif pembebanan biaya pembelian untuk dibebankan kepadabahan baku yangdibeli.
Penentuan Harga Pokok Bahan Baku yang Dipakai dalamProduksi
Rangkuman


Penentuan Harga Pokok Bahan Baku yang Dipakai dalam Produksi
Bahan bakuyang disimpan di gudang berasal dari berbagai pembelian, yang kemungkinan besarmempunyai harga per satuan yang berbeda dari pembelian yang satu ke pembelianyang lain. Hal ini menimbulkan masalah pemilihan harga pokok per satuan bahan baku yang dipakai dalamproduksi, metode penentuan harga pokok bahan yang dipakai dalam produksiadalah: metode identifikasi khusus, metode rata-rata bergerak, MTKP, metodebiaya standar, metode rata-rata harga pokok bahan baku pada akhir bulan.
Pencatatan persediaan bahan bakudapat dilakukan dengan metode mutasi persediaan atau metode persediaan fisik.
Masalah-masalah Khusus yang Berhubungandengan Bahan Baku
Rangkuman

Masalah-masalah Khusus yang Berhubungan dengan Bahan Baku
Sisa bahan merupakan bahan bakuyang rusak dalam proses produksi, sehingga tidak dapat menjadi bagian produkjadi. Jika sisa bahan tidak mempunyai nilai jual, akibat yang ditimbulkanadalah harga pokok per satuan produk jadi menjadi lebih tinggi. Jika sisa bahanmasih mempunyai nilai jual, masalah yang timbul adalah bagaimana memperlakukanhasil penjualan sisa bahan tersebut. Hasil penjualan sisa bahan dapat diperlakukansebagai pengurang biaya bahan bakupesanan yang menghasilkan sisa bahan tersebut, sebagai pengurang biaya overheadpabrik yang sesungguhnya terjadi, atau sebagai pendapatan di luar usaha.
Produk rusak adalah produk yang tidak memenuhi standar mutu yang telahditetapkan, yang secara ekonomis tidak dapat diperbaiki menjadi produk yangbaik. Masalah akuntansi yang timbul dari adanya produk rusak adalah bagaimanamemperlakukan kerugian yang timbul dari adanya produk rusak tersebut. Kerugianadanya produk rusak dapat dibebankan kepada pesanan yang menghasilkannya ataudiperhitungkan sebagai elemen biaya overhead pabrik.
Produk cacat adalah produk yang tidak memenuhi standar mutu yang telahditetapkan, namun dengan mengeluarkan biaya pengerjaan kembali untuk memperbaikinya,produk tersebut secara ekonomis dapat disempurnakan lagi menjadi produk jadiyang baik. Masalah akuntansi yang timbul dari adanya produk cacat adalahbagaimana memperlakukan biaya pengerjaan kembali produk cacat tersebut. Biayapengerjaan kembali produk cacat dapat dibebankan kepada pesanan yangmenghasilkan produk cacat tersebut atau diperlukan sebagai elemen biayaoverhead pabrik.
Pengertian Biaya Tenaga Kerja dan CaraPenggolongannya
Rangkuman

Dalam perusahaan biaya tenaga kerja digolongkan dengan berbagai macam cara:menurut fungsinya pokok dalam perusahaan, menurut kegiatan bagian-bagian dalamperusahaan, menurut jenis pekerjaan, dan menurut hubungannya dengan produk ataujasa yang dihasilkan.
Akuntansi biaya tenaga kerja melalui empat tahap: pencatatan distribusibiaya tenaga kerja, pencatatan utang upah, pencatatan pembayaran upah kepadakaryawan yang berhak, dan penyetoran pajak penghasilan karyawan ke Kas Negara.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Follow by Email

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes