Thursday, October 20, 2011

Pengertian Dan Hakikat Muhammadiyah_makalah abdi


BABI
PENDAHULUAN
1.1  LatarBelakang
Keperibadian adalah nilai-nilai karakteristik, watak,sikap dan sifat serta keyakinan dan cita-cita hidup dari seseorang atau suatupersyarikatan.
Jadi dengan keperibadian muhammadiyah kita dapatmengenal nilai karakteristiknya, watak dan sikapnya, sifat-sifatnya, keyakinandan ciat-citanya. Untuk itu pada muhammadiyah anggaran dasar muhammadiyah akanlebih dinamakan dengan pendiri atau pokok-pokok pikiran muhammadiyah secarakeseluruhan.

1.2  Tujuan
  1. Memahami pengertian keperibadian muhammadiyah
  2. Memahami hakikat keperibadian muhamamdiyah

BABII
PEMBAHASAN
           Pengertian Keperibadian Muhammadiyah
Keperibadian adalah nilai-nilai karakteristik, wataksikap dan sifat serta keyakinan dan cita-cita hidup dari seseorang atau suatupersyarikatan.
Jadi, dengan keperibadian muhammadiyah kita dapatmengenal nilai karakteristiknya, watak dan sikapnya, sifat-sifatnya, sertakeyakinan  dan cita-citanya.
Muhammadiyah adalah suatu persyatrikatan yangmerupakan “gerakan islam”. Maksud gerakanya adalah “dakwah amar ma’ruf nahimunkar” yang ditujukan kepada dua bidang perseorangan dan masyarakat. Dakwahdan amar ma’ruf nahi munkar pada bidang yang pertama terbagi kepada duagolongan.
1.      Kepadayang telah islam bersifat pembaharuan (tajdid) yaitu mengembalikan kepadaajaran islam yang murni.
2.      Kepadabelum islam, bersifat seruan dan ajakan untuk memeluk agama.
Kesemuaan itu dilakukan bersama dengan bermusyawarahatas dasar taqwa dan mengharapkan keridhaan Allah semata-mata. Denganmelasanakan dakwa dan amar ma’ruf nahi munkar dengan cara masing-masing yangsesuai kemuhammadiyahan menggerakan masyarakan menuju tujuannya, ialahterwujudnya masyarakat islam yang sebenar-benarnya.
Dalam perjuangan melakukan usahanya menuju tujuanterwujud masyarakat islam yang sebenar-benarnya, dimana kesejahateraan,kebaikan dan kebahagiaan luas merata. Muhammadiyah mendasarkan segala gerak danamal usahanya atas prinsip-prinsip yang tersimpul dalam mukadimah anggaranbesar yaitu :

  1. Hidup manusia bermasyarakat
  2. Mematuhi ajaran islam dengan keyakinan bahwa ajaran islam itu satu-satunya landasan kepribadian dan ketertiban bersama untuk membahagiaan dunia akhirat.
  3. Menegakan dan menjunjung tinggi agama islam dalam masyarakat  adalah kewajiban sebagai ibadah kepada Allah Swt dan ihsan kepad manusia.
Muhammadiyah memiliki dan wajib memeliharasifat-sifatnya terutama sebagai berikut.
  1. Beramal dan berjuang untuk perdamaian dan kesejahteraan
  2. Memperbanyak kawan dan mengamalkan ukhuwah islamiyah
  3. Lapang dada, luas pandangan dengan memegang teguh ajaran islam
  4. Bersifat keagamaan dan kemasyarakatan
  5. Kerja sama  dengan golongan islam manapun juga dalam usaha menyiarkan dan mengamalkan agama islam serta membela kepentinganya.
  6. Membantu pemerintahan serta bekerja sama dengan golongan lain dalam memeliharan dan membangun negara untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur yang diridhoi Allah Swt.  
            HakikatKeperibadian Muhammadiyah
Sesungguhnya kperibadian itu merupakan ungkapan darikeperibadian yang memang sudah ada pada muhammadiyah sejak lama berdiri. Kh.Fakih Usman pada saat itu hanyalah mengkonstatir mengidherkan yang telah ada.Jadi, bukan merupakan hal baru dalam muhammadiyah.
Mereka yang menganggap bahwa keperibadian muhammadiyahsebagai perkara yang baru, hanyalah karena mereka mendapati muhammadiyah sudahtidak dalam keadaan yang sebenarnya.
KH. Fakih Usman, sebagai seorang yang telah lamaberkecimpung dalam muhamamdiyah sudah benar-benar memahami apa sesungguhnyasifat-sifat khusus muhammadiyah itu. Karena itu kepada mereka yang tidakberlaku sewajarnya dalam muhammadiyah, beliau pun dapat memahaminya. Yangbenar-benar dirasakan oleh almarhum KH. Fakih Usman ialah muhammadiyah adalahgerakan. Gerakan ilam, berdasarkan islam menuju terwujudnya masyarakat islamyang sebenar-benarnya, bukan dengan jalan politik, bukan jalan kekesengsaraan,melaikan dengan pembentukan masyarakat, tanpa memperdulikan bagaimana strukturpolitik yang menguasainya sejak zaman belanda, jepang dan sampai zamankemerdekaan RI.
Muhammadiayh tidak buta politik, tidak takutberpolitik, tidak apatis dengan politik, muhammadiayah tidak mencampurisoal-soal politik. Tetapi, apabila soal-soal politik masuk kemuhammadiyah tidakakan tinggal diam, muhammadiyah akan menghadapi dan menyelesaikan dengan caradan metode muhammadiyah sendiri.
Sejak partai masyumi dibubarkan oleh presiden sukarno,maka warga muhammadiyah yang selama ini berjuang  dalam politik praktis, mereka kembali kemuhammadiyah seperti sedia kala. Namun demikian bagi mereka yang telah biasaberjuang iswat jalur politik praktis, maka akan mempengaruhi kinerjanya dalamberjuang dan beramal dalam kemuhammadiyah, masih terbawa-bawa dalammuhammadiyah.
Oleh almarhum KH. Fakih Usman dan PP muhammadiyah padasaat itu, cara-cara demikian didasarkan sebagai cara yang dapat merusak danmempengaruhi kegiatan muhammadiya sebagai oraganisasi gerakan islam amar ma’rufnahi munkar.
Daalm berjuang muhammadiyah telah memiliki cara danmetode perjuangan yang khas yaitu : muhammadiyah bergerak dan berjuang untuktegakan islam,  untuk tegaknya kalimatAllah, untuk terwujudnya masyarakat islam sebenar-benarnya. Hanya saja islamyang digerakan muhammadiyah adalah islam yang benar, islam yang sempurna, islamyang menurut Al-Qur’an dan sunah rasul dan mejalankanya dengan menggunakan akalpikiran yang sesuai dengan ruh islam.
Dengan demikian, perlu dipahamkan kepada para wargamuhammadiyah, apakan muhammadiyah itu, bagaimana menyebarkan agama islam,tentunya semua itu perlu dipahami oleh warga muhammadiyah, kita harus berittibakepada langkah dan perjuangan nabi Muhammad SAW.























BAB III
 PENUTUP
           Kesimpulan
Keperibadian adalah nilai-nilai karakteristik, wataksikap dan sifat serta keyakinan dan cita-cita hidup dari seseorang atau suatupersyarikatan. Dengan keperibadian kemuhammadiyah kita dapat mengenal nilaikarakteristik, watak sikap, sifat, serta keyakinan dan ciat-citanya.
Sesungguhnya keperibadian itu merupakan ungkapan darikeperibadian yang memang sudah ada pada muhammadiyah sejak lama berdiri.

DAFTAR PUSTAKA
Karim, M.Rusli.1986, Muhammadiyah. Jakarta: Cv. Rajawali
Puspo Suwarno, Margono M. 1995, Gerakan IslamMuhammadiyah. Yogyakarta : Pt. PersatuanOffset
Sidiq, A. Rasyid.2006.Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam II. Metro: UM Metro

KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Swt. Karena atas dan sertahidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah tentang “Pengertian Dan HakikatMuhammadiyah”.
Dalam penyusunan makalah ini banyak pihak yang telah membantu memberikansaran dan arahan demi kesempurnaan makalah ini. Untuk itu penulis mengucapkanterimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembuatan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itupenulis harapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi kesempurnaanmakalah ini.

Metro, 26 Maret 2009


Tim Penyusun
ii
 

DAFTAR ISI


HALAMANJUDUL .............................................................................................. i
KATAPENGANTAR .......................................................................................... ii
DAFTARISI ......................................................................................................... iii
BABI PENDAHULUAN ..................................................................................... 1
1.1  LatarBelakang ....................................................................................... 1
1.2  Tujuan..................................................................................................... 1
BABII PEMBAHASAN ....................................................................................... 2
2.1Pengertian Keperibadian Muhammadiyah ............................................. 2
2.2Hakikan Keperibadian Muhammadiyah ................................................ 3
BABIII PENUTUP ............................................................................................... 6
3.1Kesimpulan ............................................................................................ 6
iii
 
DAFTAR PUSTAKA          

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes