Wednesday, October 5, 2011

Sejarah dan Perkembangan musik klasik Barat


(476 – 1450)
(1450 – 1600)
Zaman Barok
(1600 – 1750)
(1740 – 1830)
(1815 – 1910)
(1900 – 2000)
(2001 – sekarang)



Musik Renaisans adalah musikklasik yang digubah pada Zaman Renaisans, sekitar tahun 1450sampai dengan 1600. Penentuan batas awal zaman musik ini sulit dilakukan karenatidak terdapat perubahan besar dalam musik pada abad ke-15, selain juga bahwamusik dalam perkembangannya mendapatkan ciri-ciri "Renaisans" secarabertahap. Zaman ini berlangsung sesudah Zaman Pertengahan dansebelum ZamanBarok. Beberapa komponis dari zaman ini adalah Giovanni Pierluigi daPalestrina, Orlande de Lassus, dan William Byrd.


Musik Barok adalah musik klasik barat yang digubahpada Zaman Barok(Baroque), kira-kira antara tahun 1600 dan 1750. Zaman ini berlangsungsesudah Zaman Renaisans dan sebelum Zaman Klasik. Sebenarnya, kata"Barok" itu berarti "mutiara yang tidak berbentuk wajar",sangat pas dengan seni dan perancangan bangunan pada era ini; kemudian kata inijuga dipakai untuk jenis musik itu. Beberapa komponis Zaman Barok adalah Claudio Monteverdi, Henry Purcell, Johann Sebastian Bach, Jean-Philippe Rameau, George Frideric Handel, dan AntonioVivaldi.
Pada jaman tersebut, piano belumditemukan, dan komposisi dikarang untuk hapsicord. Partitur musik di jaman Barokditandai dengan tidak adanya iringan atau polifoni. Karya JS Bach untuk hapsicordlazim mempunyai dua melodi atau lebih untuk tangan kanan dantangan kiri.
Musik Barok lazimnya hanya mencerminkan satu jenisemosi saja. Dibanding dengan Musik Klasik dan Romantik, musik Barok jarang mempunyai modulasi atau rubato. Untukkomposisi piano, pedal jarang digunakan saat memainkan musikBarok.

Zaman Klasik atau Periode Klasikdalam sejarah musikBarat berlangsungselama sebagian besar abad ke-18 sampai dengan awal abad ke-19.Walaupun istilah musik klasik biasanya digunakan untuk menyebut semuajenis musik dalam tradisi ini, istilah tersebut juga digunakan untuk menyebutmusik dari zaman tertentu ini dalam tradisi tersebut. Zaman ini biasanya diberibatas antara tahun 1750 dan 1820, namun dengan batasan tersebut terdapattumpang tindih dengan zaman sebelum dan sesudahnya, sama seperti pada semuabatasan zaman musik yang lain.
Zaman klasik berada di antara Zaman Barokdan Zaman Romantik. Beberapa komponis zamanklasik adalah Joseph Haydn, Muzio Clementi, Johann Ladislaus Dussek, AndreaLuchesi, Antonio Salieri dan Carl Philipp Emanuel Bach,walaupun mungkin komponis yang paling terkenal dari zaman ini adalah Wolfgang Amadeus Mozart dan Ludwig van Beethoven. Ciri Musik Pada ZamanKlasik

1. Menggunakan peralihan dinamikdari lembut sampai keras atau (cressendo)dan dari keras menjadilembut(decrssendo). 2. Perubahan-perubahan tempo dengan percepatan atau(accelerando) dan perlambatan(ritardando). 3. Hiasan / ornamentik diperhematpemakaiannya. 4. Pemakaian akord 3 nada.

Zaman Romantik dalam sejarah musik Baratberlangsung dari sekitar awal 1800-an sampai dengan dekade pertama abad ke-20.Zaman ini berlangsung sesudah Zaman Klasik dan sebelum Zaman Modern.
Musik Zaman Romantik dikaitkan dengan GerakanRomantik pada sastra,seni, dan filsafat,walaupun pembatasan zaman yang digunakan dalam musikologi sekarang sangat berbeda daripembatasan zaman ini dalam seni yang lain (yaitu 1780-an sampaidengan 1840-an).
Beberapa komponis dari zaman ini adalah FranzSchubert, Johann Strauss, Sr., FelixMendelssohn, Frédéric Chopin, RobertSchumann, Richard Wagner, GiuseppeVerdi, Hector Berlioz, dan JohannesBrahms.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes