Tuesday, May 3, 2011

Alat Pemuas Kebutuhan


AlatPemuas Kebutuhan

Setelah kita amati ternyata kebutuhan manusia itubanyak dan beraneka ragam. Bagaimanadengan Anda? Apa saja yang Anda perlukan? Alat-alat pemuas kebutuhan sepertiperlatan rumah tangga, sepatu, sepeda, pakaian, yang Anda butuhkan itu dalamilmu ekonomi disebut barang,sedangkan pelayanan listrik, telepon, guru juga dapat memuaskan kebutuhan Andasehingga disebut jasa.
Dalamkehidupan sehari-hari barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan jumlahnyaterbatas, sehingga untuk memperolehnya kita harus mengeluarkan pengorbanan(waktu, biaya atau tenaga). Barang yang demikian inidisebut barang ekonomi

Selain itu ada barang yangjumlahnya melimpah seperti sinar matahari di daerah tropis, udara bersih didaerah pegunungan. Barang-barang ini untuk memperolehnya tanpa pengorbanan,sehingga disebut barangbebas. Barang-barang bebas tidak dipersoalkan dalam ilmuekonomi.

Kegunaan Benda

Untuklebih memahami bagaimana barang dan jasa dapat memenuhi kebutuhan manusia, marilahkita kelompokkan barang/jasa tersebut menurut kegunaan, hubungannya denganbenda lain dan prosesnya.
a.Menurut kegunaannya
bendadibedakan sebagai benda konsumsi,yaitu benda yang dapat langsung digunakan memenuhi kebutuhan, contoh untuk iniadalah makanan, pakaian, buah-buahan, dsb., dan benda produksi, atau disebut juga barang modal. Benda ini dapatdigunakan untuk memproduksi benda lain, termasuk benda produksi ini adalahperalatan, dan mesin-mesin.

      b. Benda menurut hubungannyadengan benda lain dapatditinjau sebagai benda komplementer dan benda substitusi.
i.  Benda komplementer adalah benda yang dalam penggunaannya harusbersama-sama dengan benda lain. Coba Anda pikirkan, benda apa itu? Misalnya:kopi dengan gula, sepatu dengan talinya, minyak dan kompor, bensin dengankendaraan, dsb.
ii. Benda substitusi,benda ini dalam penggunaannya dapat saling menggantikan, misalnya jagung dapatmenggantikan beras, margarine dengan mentega, jasa bus dapat menggantikankereta api.
iii.Benda menurut proses pembuatannya

Selain pembagianguna benda tadi, dapat juga kegunaan benda dilihat dari proses pembuatannya.Untuk ini benda dapat dilihat sebagai bahan baku seperti: hasil hutan, hasilpertanian, atau barang tambang. Sebagai barang setengah jadi, misalnya: baranguntuk industri kecil, kulit untuk sepatu, kopra untuk minyak goreng, dsb. Danbarang jadi, seperti: meja, kursi, sepeda, kemeja, dsb.


 Mengapabenda itu berguna? Benda itu berguna karena benda itu bermanfaat dapat memenuhikebutuhan manusia. Hanya saja benda yang disediakan harus diolah lebih dahulusehingga siap memenuhi kebutuhan manusia.
kegunaan(utility) adalah:    Kemampuan suatu    benda   memuaskan kebutuhan
Contohnya:
minyak bumi, bijih besi, karet. Minyak bumi dan apa yang terdapat di muka bumidan terkandung di dalam bumi semuanya masih memerlukan pengelolaan agar lebihberguna. Gejala ini mengisyaratkan kepada kita akan perlunya peningkatankegunaan benda.
Marilah kita amati macam-macam kegunaan benda/ nilai guna tersebut.
a.   Guna dasar ( Elementary Utility),adalah kegunaan benda karena benda itu merupakan bahan untuk membuat benda lain
Kayu
Kapas
Bijih besi
Minyak bumi



mebel
kain
pipa besi
premium

b.   Guna bentuk ( Form Utility), kegunaanbenda yang terjadi karena adanya perubahan bentuk pada benda tersebut.
Pipa besi
Kayu

Sepeda
meja, kursi

c.   Guna tempat ( Place Utility), kegunaanbenda terjadi karena benda tersebut dipindahkan ke tempat yang lebihmembutuhkan. Untuk kegiatan ini peranan transportasi sangat penting.
-pasir dikali dipindahkan ke toko material
- Ikan di laut dibawa kepasar ikan
      d.   Gunawaktu ( TimeUtility), kegunaan benda ini terjadi karena adanya waktu, misalnya:
-Padi pada saat panen kurang berguna, dan akan lebih   berguna padasaat paceklik.
-Tabungan untuk hari tua.
-Obat-obatan pada waktu sakit, payung pada waktu hujan.
      e.   Gunamilik ( PossesionUtility), kegunaan benda ini terjadi setelah seseorang memilikibenda tersebut, misalnya:
Sepatuyang ada di toko kurang berguna tetapi setelah sepatu tersebut dibeli dandimiliki dapat digunakan untuk ke sekolah atau berolah raga.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes