Saturday, May 14, 2011

Sistem Perekonomian Kapitalisme, sosialisme dan Komunisme


ž                      Sistem Perekonomian / Tata Ekonomi Kapitalisme
ž  Kapitalisme adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secarapenuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian sepertimemproduksi baang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya.Dalam sistem ini pemerintah bisa turut ambil bagian untuk memastikan kelancarandan keberlangsungan kegiatan perekonomian yang berjalan, tetapi bisa jugapemerintah tidak ikut campur dalam ekonomi.

ž  Dalam perekonomian kapitalis setiap warga dapat mengatur nasibnyasendiri sesuai dengan kemampuannya. Semua orang bebas bersaing dalam bisnisuntuk memperoleh laba sebesar-besarnya. Semua orang bebas malakukan kompetisiuntuk memenangkan persaingan bebas dengan berbagai cara.

ž  
ž2. Sistem Perekonomian /Tata Ekonomi Sosialisme

ž Sosialisme adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasanyang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapidengan campur tangan pemerintah. Pemerintah masuk ke dalam perekonomian untukmengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis-jenis perekonomian yangmenguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara seperti air, listrik,telekomunikasi, gas lng, dan lain sebagainya.

ž Dalam sistem ekonomi sosialisme atau sosialis, mekanisme pasar dalamhal permintaan dan penawaran terhadap harga dan kuantitas masih berlaku.Pemerintah mengatur berbagai hal dalam ekonomi untuk menjamin kesejahteraanseluruh masyarakat.

ž
ž 3. Sistem Perekonomian / Tata Ekonomi Komunisme

ž Komunisme adalah suatu sistem perekonomian di mana peran pemerintahsebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian. Setiap orangtidak diperbolehkan memiliki kekayaan pribadi, sehingga nasib seseorang bisaditentukan oleh pemerintah. Semua unit bisnis mulai dari yang kecil hingga yangbesar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan pemerataan ekonomi dankebersamaan. Namun tujuan sistem komunis tersebut belum pernah sampai ke tahapyang maju, sehingga banyak negara yang meninggalkan sistem komunisme tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes