Sunday, May 8, 2011

komunikasi Dalam Organisasi


1. PENGANTAR
žOrganisasi atau Organizationatau bersumber dari kata kerja bahasa Latin Organizare : to form as or into a whole consistingof interdependent or coordinated parts [membentuk sebagai atau menjadi keseluruhan daribagian-bagian yang saling bergantung atau terkoordinasi]

ž Evert M. Rogers dan Rekha AgarwalaRogers dalam bukunya Communications in Organization
   "a stable system of individuals who work togatherto achieve, through a hierarchy of ranks and division of labour, common goals"
ž [Suatu sistem yang mapan dari merekayang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, melalui suatu jenjangkepangkatan dan pembagian tugas]
ž Robert Bonnington dan Berverd E.Needles, Jr. dalam bukunya Modern Business : A Systems Approach

ž Organization is the means by whichmanagement coordinates material and human resources through the design of aformal structure of tasks and authority
  
   [Organisasi adalah sarana dimana manajemenmengkoordinasikan sumber bahan dan sumber daya manusia melalui pola strukturformal dari tugas-tugas dan wewenang]
žDitinjau dariaspek Business, organisasi adalah sarana manajemen [ditinjau dari aspekkegiatannya, bukan struktur].
   " Tujuan organisasi TIDAK MUNGKIN tercapai tanpamanajemen.
   " Manajemen TIDAK MUNGKIN ada tanpa organisasi.Manajemen ada, jika ada tujuan yang akan dicapai atau diselesaikan.
žKorelasi antaraIlmu Komunikasi dengan organisasi terletak pada peninjauannya yang terfokuskepada manusia-manusia yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi.
   " Bentuk komunikasi apa yang terjadi
   " Metode dan teknik apa yang dipakai
   " Media apa yang dipakai
   " Bagaimana prosesnya, dan faktor apa saja    
      penghambatnya
ž Tujuan utama dalam mempelajarikomunikasi adalah memperbaiki organisasi. Memperbaiki organisasi biasanyaditafsirkan sebagai “memperbaiki hal-hal untuk mencapai tujuan manajemen”.Dengan kata lain, orang mempelajari komunikasi organisasi organisasi untukmenjadi menajer yang lebih baik. Sebagian penulis berpendapat bahwa manajemenadalah komunikasi. Seringkali teori tradisional dan petunjuk mengenaiorganisasi dan komunikasi organisasi ditulis dari suatu perspektif manajerialdan sangat menekankan suatu pandangan obyektif.

ž Karenanya, saya memandang studikomunikasi organisasi sebagai landasan kuat bagi karier dalam manajemen, pengembangansumber daya manusia, dan komunikasi perusahaan, dan tugas-tugas lain yangberorientasikan manusia dalam organisasi.
ž Definisi Fungsional KomunikasiOrganisasi
žKomunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan danpenafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatuorganisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasidalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalamsuatu lingkungan.
ž Gambar di bawah ini melukiskan konsepsuatu sistem komunikasi organisasi. Garis yang putus-putus melukiskan gagasanbahwa hubungan-hubungan ditentukan secara alami; hubungan-hubungan itu jugamenunjukkan bahwa struktur suatu organisasi bersifat luwes dan mungkin berubahsebagai respons terhadap kekuatan-kekuatan lingkungan yang internal daneksternal.
žKomunikasiorganisasi terjadi kapan pun, setidak-tidaknya satu orang yang menduduki suatujabatan dalam suatu organisasi menafsirkan suatu pertunjukkan. Karena fokusnyaadalah komunikasi di antara anggota-anggota suatu organisasi. Analisis komunikasiorganisasi menyangkut penelaahan atas banyak transaksi yang terjadi secarasimultan.

ž Unit Komunikasi
žSuatu sistemdidefinisikan oleh Pool [1973] sebagai “setiap entitas berkelanjutan yang mampuberada dalam dua keadaan atau lebih” . Dalam suatu sistem komunikasi, keadaanitu adalah hubungan antara orang-orang. Dalam suatu sistem komunikasiorganisasi keadaan tsb adalah hubungan antara orang-orang dalamjabatan-jabatan [posisi-posisi] . Unit mendasar komunikasi organisasiadalah seseorang dalam suatu jabatan. Orang bisa disosialisasikan oleh jabatan,menciptakan suatu lingkaran yang lebih sesuai dengan keadaan jabatan, pada saatyang sama jabatan tsb dipersonalisasikan, menghasilkan suatu figur atau gambaryang sesuai dengan keadaan orang tsb.
ž Bila kita melihat apa yang terjadiketika seseorang terlibat dalam komunikasi, kita menemukan bahwa terdapat duabentuk umum tindakan yang terjadi :
ž 1. Penciptaan pesan atau, lebihtepatnya, penciptaan pertunjukkan [to display menurut Random HouseDictionary of The English Language 1987 : anda membawa sesuatu untukdiperhatikan seseorang atau orang lain; menyebarkan seseuatu sehingga sesuatutsb dapat terlihat secara lengkap dan menyenangkan] .
ž2. Penafsiranpesan atau penafsiran pertunjukkan [to intepret : menguraikan atau memahamisesuatu dengan suatu cara tertentu].
ž  Gambar 1.2 melukiskan kedua proses ini dengan membagi orang yangberperilaku tersebut dengan garis bergerigi
žContoh : Ketikaanda berpakaian warna merah di pagi hari, anda menciptakan pertunjukkan bagidiri anda sendiri. Anda menempatkan diri anda sendiri, atau setidaknya apa yanganda rasa anda pikirkan mengenai diri anda sendiri, sehingga terpandang jelas.Anda menempatkan diri anda sendiri dalam suatru posisi yang menyenangkan bagipengamatan tertentu. Pakaian anda, perhiasan, dan hiasan wajahmerepresentasikan diri anda sendiri kepada orang lain.
ž Ada aksioma komunikasi yang berbunyi“seseorang tidak dapat tidak berkomunikasi [A person cannot not communicate]”[Smith and Williamson, 1977, hlm. 61].
ž Secara teknis, seseorang tidak dapatmenghindari untuk menunjukkan pesan. Apa yang anda tunjukkan atau tempatkansehingga terlihat jelas memang merepresentasikan anda. Anda adalah “suatupertunjukkan pesan yang berjalan”. Hal yang sama dapat diterapkan kepada kantoratau hotel anda. Kantor atau hotel adalah suatu pertunjukkan-pesan bagi merekayang mengunjunginya
ž 2. PROSES KOMUNIKASI ORGANISASI
žKOMUNIKASI INTERNAL
ž Pertukaran gagasan di antara paraadministrator dan karyawan dalam suatu perusahaan, dalam struktur lengkap yangkhas disertai pertukaran gagasan secara horisontal dan vertikal di dalamperusahaan, sehingga pekerjaan berjalan [operasi dan manajemen] [lihat skemaInternal Audience]

ž

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes