Tuesday, May 10, 2011

ORGANISASI DAN MANAJEMEN KOPERASI


Perangkat organisasi
James A.Fstoner mendefinisikan organisai sebagai alat untuk mencapai tujuan. Pekerjaanuntuk mengkoordinasikan sumber daya manusia dan sumber daya modal yang dimilikioleh organisasi di sebut pengorganisasian(organizing) dan dilakukan oleh seorang manager. Struktur organisasi dapatdiartikan sebagai susunan dan hubungan antakomponen dan antarposisi dalam suatuperusahaan. Struktur organisasi menunjukkan hirearki organisasi dan strukturwewenang, serta memperlihatkan aliran pelaporannya. Selain itu, strukturorganisasi yang memberikan stabilitas dan kelanjutan hidup organisasi, walaupunsumber daya manusia di dalamnya silih berganti.

STRUKTUR ORGANISASI DI INDONESIA
1.       Rapatanggota
Rapat anggotamerupakan suatu wadah dari para anggota koperasi yang di organisasikan olehpengurus koperasi, untuk membicarakan kepentingan organisasi maupun usahakoperasi, dalam rangka mengambil suatu keputusan dengan suara terbanyak daripara anggota yang hadir. Pelaksanaan rapat anggota ini biasanya diatur dalamanggaran dasar koperasi.
2.       Pengurus
Pengurusadalah perwakilan anggota koperasi yang dipilih melalui rapat anggota, yangbertugas mengelola organisasi dan usaha. Idealnya , pengurus koperasi sebagaiperwakilan anggota diharapkan mempunyai kemampuan manajerial, teknis danberjiwa wirakoperasi, sehingga pengelolaan koperasi mencerminkan suatu ciri yang dilandasi denganprinsip2 koperasi
3.       Pengawas
Pengawasadalah perangkat organisasi yang dipilih dari anggota dan diberi mandat untukmelakukan pengawassan terhadap jalannya roda organisasi dan usaha koperasi
4.       Pengelola
Pengelolaadalah mereka yang di angkat dan diberhentikan oleh pengurus untukmengembangkan usaha koperasi secara efisien dan profesional. Karena itu,kedudukan pengelola adalah sebagai pegawai atau karyawan yang diberi kuasa danwewenang oleh pengurus. Dengan demikian, disini berlaku hubungan perikatandalam bentuk perjanjian ataupun kontrak kerja. Jumlah pengelola dan ukuranstruktur organisasinya sangat tergantung pada besarnya usaha yang di kelola. 

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes