Tuesday, May 3, 2011

Masalah Ekonomi


1.Kebutuhan Manusia
Coba kamu pikirkan, apa sajayang Anda perlukan untuk hidup Anda?
Apakah semuakebutuhan hidup itu dapat Anda penuhi? Tentu tidak. Kebutuhan hidup manusia itubanyak sekali dan beraneka ragam, sedangkan barang dan jasa sebagai alat pemuaskebutuhan sangat terbatas. Kenyataan inilah yangmenjadi inti masalah ekonomi.
Masalah ekonomi dihadapi oleh umat manusia,apakah mereka sebagai perseorangan, keluarga, perusahaan, atau negara. Pokokpersoalannya adalah: bagaimanakah dengansumber-sumber yang terbatas, manusia dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yangbanyak dan beraneka ragam.
Nah! Untuk mengatasi pokok persoalanekonomi itu, manusia melakukan kegiatan ekonomi dan membentuk sistem ekonomiyang berbeda-beda yang dapat Anda pelajari pada akhir kegiatan ini.

Sekarang, agar Anda lebih memahamitentang inti masalah ekonomi itu, tekuni kajian tentang kebutuhan dan alatpemuas kebutuhan berikut ini. Tahukah Anda, apakah yang dimaksud dengankebutuhan? Kebutuhan sangat dirasakan oleh setiap manusia.
Kebutuhan senantiasa menampakkandirinya sebagai suatu perasaan kekurangan yang menimbulkan keinginan untukdipenuhi. Apa yang terjadi pada saat Anda lapar dan haus? Tentunya Anda punyakeinginan untuk makan dan minum. Demikian pula perasaan keinginan/kebutuhanAnda terhadap pakaian, tempat tinggal, radio, TV, kendaraan, dan sebagainya.

2.Macam-macam Kebutuhan

Kebutuhan manusia banyak dan beranekaragam, bahkan tidak hanya beraneka ragam tetapi bertambah terus tidak adahabisnya. Satu kebutuhan telah Anda penuhi, tentu akan datang lagi kebutuhanyang lainnya. Namun demikian, kita dapat menggolongkan kebutuhan-kebutuhansebagaimana bagan berikut ini:
a.   Kebutuhanmenurut intensitasnya
Kebutuhan ini dipandang dari urgensinya, atau mendesaktidaknya suatu kebutuhan. Kebutuhan ini dikelompokkan menjadi tiga: kebutuhanprimer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tertier.
            i.  Kebutuhan Primer            : kebutuhan ini mutlak harusdipenuhi agar kita tetap hidup, seperti kebutuhan akan makanan, pakaian, tempattinggal, dsb.
ii.  KebutuhanSekunder        : kebutuhan inidisebut juga kebutuhan kultural, kebutuhan ini timbul bersamaan meningkatnya peradabanmanusia seperti:
1.   ingin makan enak
2.   ingin pakaian yang lebihbagus
3.   ingin perabotan lebihbagus
4.   nonton film, pentas seni,dsb.
            iii. Kebutuhan Tertier : kebutuhan ini ditujukan untuk kesenanganmanusia, seperti kebutuhan akan perhiasan, mobil mewah, rumah mewah, dsb.
Dewasa ini banyak barangyang semula dipandang mewah, sekarang telah digolongkan menjadi kebutuhansekunder, seperti: pesawat TV, telepon, dan komputer. Demikian juga untukpendidikan dan kesehatan telah digolongkan menjadi kebutuhan primer, mengingatkebutuhan ini sangat mendesak dan penting bagi kehidupan manusia.
b.   Kebutuhanmenurut sifatnya
Kebutuhan ini dibedakan menurut dampak atau pengaruhnya terhadap jasmani danrohani.
- Kebutuhan jasmani, contohnya:makanan, pakaian, tempat tinggal, dsb.
- Kebutuhan rohani, contohnya: musik,menonton bola, ibadah, dsb.
c.   Kebutuhanmenurut waktu
Kebutuhan ini dibedakan menurut waktu sekarang dan waktu masa yang akan datang.
Kebutuhan sekarang,adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga, seperti: makan di saatlapar, atau obat-obatan pada saat sakit.
Kebutuhan masa depan,yaitu pemenuhan kebutuhan yang dapat ditunda untuk waktu yang akan datang,misalnya: tabungan hari tua, asuransi kesehatan, dsb.
d.   Kebutuhanmenurut wujud
Kebutuhan ini meliputi kebutuhan material, yaitu kebutuhan berupa barang-barangyang dapat diraba dan dilihat. Misalnya: buku, sepeda, radio, dsb.
Kebutuhan rohani, yaitu kebutuhanyang tidak dapat diraba dan dilihat.
Misalnya : rekreasi, berdoa. dsb
e.   Kebutuhanmenurut subyek
Kebutuhan ini dibedakan menurut pihak-pihak yang membutuhkan. Kebutuhan inimeliputi: kebutuhanindividu, yaitu kebutuhan yang dapat dilihat dari segi orang yangmembutuhkan, misalnya: kebutuhan petani berbeda dengan kebutuhan seorang guru. Kebutuhan masyarakat,disebut juga kebutuhan kolektif atau kebutuhan bersama, yaitu alat pemuaskebutuhan yang digunakan bersama, misalnya: telepon umum, jalan umum, WC umum,rasa aman, dsb.
3.    Faktor-faktor yang mempengaruhi Kebutuhan
Sekarangcoba pikirkan! Mengapa kebutuhan setiap orang berbeda-beda? Banyak faktor yangmempengaruhi kebutuhan.
a.   Keadaan alam mengakibatkan perbedaankebutuhan. Orang yang tinggal di daerah kutub yang luar biasa dinginmembutuhkan pakaian tebal untuk menahan hawa dingin yang serasa menggigittulang. Sedangkan kita yang tinggal di daerah tropis cukup memakai pakaiantipis.
Tampaknyakeadaan alam mendorong manusia membutuhkan barang-barang yang sesuai dengankondisi alam di tempat yang bersangkutan. Coba bandingkan, kebutuhan orang yangtinggal di daerah pegunungan dengan kebutuhan orang yang tinggal di daerahpantai!
b.  Peradaban baru juga berpengaruh terhadap kebutuhan. Makintinggi peradaban, makin tinggi pula kualitas barang yang dibutuhkan.  Coba Anda amati kebutuhan masyarakat padamasa primitif, dan bandingkan dengan kondisi masyarakat kita yang sudahmengenal peradaban yang lebih tinggi.
Kebutuhan masyarakat primitif lebih menekankankebutuhan primer, kebutuhan itu pun dipenuhi secara sederhana. Untuk makananmisalnya, mereka hanya tinggal memungut dari hutan atau sekitar tempattinggalnya.
Seiring dengan kemajuan peradaban, daftar kebutuhansemakin meningkat. Dahulu belum terpikir radio dan televisi itu penting.Bagaimana dengan sekarang? Rasanya hidup kurang lengkap tanpa radio, TV, buku,mode pakaian, dsb.
      c.   Adatistiadat dan tradisi masyarakat berpengaruh terhadap kebutuhanmasyarakat. Misalnya       
            tradisi upacara perkawinan, tradisi mudik lebaran, dsb.Untuk kegiatan itu tentunya juga akan  
            berpengaruh terhadap aneka ragamkebutuhan. 

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes