Sunday, May 8, 2011

Dua dimensi komunikasi internal


žž A. KOMUNIKASI VERTIKAL :Komunikasi dari pimpinan ke staff, dan dari staf ke pimpinan dengan cara timbalbalik [two way traffic communication].
   " Downward Communication ! komunikasi ataske bawah. Contoh pimpinan memberikan instruksi, petunjuk, informasi,penjelasan, perintah, pengumuman, rapat, majalah intern [lihat contoh skema]

   " Upward communication ! dari bawah keatas. Contoh staf memberikan laporan, saran-saran, pengaduan, kritikan, kotaksaran, dsb kepada pimpinan [lihat contoh skema]
žHambatannya adalahapabila saluran komunikasi dalam organisasi tidak berjalan atau digunakansebagaimana mestinya, karena hal ini berpengaruh terhadap operasionalorganisasi [perusahaan].
žOrganisasi terdiriatas sejumlah orang; melibatkan keadaan saling bergantung; kebergantunganmemerlukan koordinasi; koordinasi mensyaratkan komunikasi.
ž Interkasi antara pimpinan organisasi [topmanajer dengan middle manager]dengan audience di luar organisasi
ž Manajer = pemimpin organisasi [swasta,BUMN atau pemerintah] peranannya dapat berpengaruh terhadap internal public [karyawan]dan external public [di luar organisasi, tetapi ada pengaruhnya]
ž1. PerananAntarpersona [Interpersonal Role]
   " Peranan Tokoh [figurhead role]
   " Peranan Pemimpin [leader role]
   " Peranan Penghubung [liaison role]
ž2. PerananInformasional [Informational Role]
   " Peranan Monitor [monitor role]
   " Peranan Penyebar [disseminator role]
   " Peranan Jurubicara [spokesman role]
ž 3. Peranan Memutuskan [Decisional Role]
   " Peranan Wiraswasta [enterpreneur role]
   " Peranan Pengendali Gangguan [distrurbancehandler role]
   " Peranan Penentu Sumber [resource allocatorrole]
   " Peranan Perunding [negotiator role]
žB. KOMUNIKASIHORISONTAL ! komunikasi mendatar, antara anggota staf dengan anggota staf.Berlangsung tidak formal, lain dengan komunikasi vertikal yang formal.
   Komunikasi terjadi tidak dalam suasana kerja ! employeerelation dan sering timbul rumours, grapevine, gossip
žC. KOMUNIKASIDIAGONAL [CROSS COMMUNICATION]
   Komunikasi antara pimpinan seksi/bagian dengan pegawaiseksi/bagian lain.
ž KOMUNIKASI EKSTERNAL
žKomunikasi antarapimpinan organisasi [perusahaan] dengan khalayak audience di luarorganisasi. [lihat skema ekternal audience]
   " Komunikasi dari organisasi kepada khalayak !bersifat informatif Majalah, Press release/ media release,Artikel surat kabar atau majalah, Pidato, Brosur, Poster, Konferensi pers, dll
   " Komunikasi dari khalayak kepada organisasi
žKomunikasiKolaboratif dalam Organisasi Bisnis To meet the challenge in the workplacetoday requires.
žSetiap staf padabagian manapun seharusnya :
   # Relationship Oriented : Networking : sinergi
   # Service Focused : berpikir pada pelayanan
   # Customer Commited : mempunyai komitmen pd pelanggan
   # Facilitative [media saluran/pendukung]
   # Forward Thinking : berpikir kedepan
   # Value Added [nilai tambah : selalu berusahamengupdate kemampuan komunikasi]
   # Team Driven [serba tim] and leaders [mamputampil sebagai pemimpin]
ž 3. HAMBATAN KOMUNIKASI
ž " Hambatan Teknis
žKeterbatasanfasilitas dan peralatan komunikasi. Dari sisi teknologi, semakin berkurang denganadanya temuan baru dibidang kemajuan teknologi komunikasi dan informasi,sehingga saluran komunikasi dapat diandalkan dan efesien sebagai mediakomunikasi.
žMenurut Crudendan Sherman dalam bukunya Personel Management, 1976, jenis hambatan teknis dari komunikasi :
   # Tidak adanya rencana atau prosedur kerja yang jelas
   # Kurangnya informasi atau penjelasan
   # Kurangnya ketrampilan membaca
   # Pemilihan media [saluran] yang kurang tepat.
ž " Hambatan Semantik
žGangguan semantikmenjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secarasecara efektif. Definisi semantik sebagai studi atas pengertian, yangdiungkapkan lewat bahasa.
žKata-kata membantuproses pertukaran timbal balik arti dan pengertian [komunikator dan komunikan],tetapi seringkali proses penafsirannya keliru. TIDAK ADANYA hubungan antaraSimbol [kata] dan apa yang disimbolkan [arti atau penafsiran], dapatmengakibatkan kata yang dipakai ditafsirkan sangat berbeda dari apa yangdimaksudkan sebenarnya.
ž Untuk menghindari mis komunikasisemacam ini, seorang komunikator HARUS memilih kata-kata yang tepat sesuaidengan karakteristik komunikannya, dan melihat kemungkinan penafsiran terhadapkata-kata yang dipakainya.
ž " Hambatan Manusiawi
žTerjadi karena adanyafaktor, emosi dan prasangka pribadi, persepsi, kecakapan atau ketidakcakapan,kemampuan atau ketidakmampuan alat-alat pancaindera seseorang, dll.
žMenurut Cruden danSherman :
   # Hambatan yang berasal dari perbedaan individualmanusia.
   Perbedaan persepsi, perbedaan umur, perbedaan keadaanemosi, ketrampilan mendengarkan, perbedaan status, pencairan informasi,penyaringan informasi.
   # Hambatan yang ditimbulkan oleh iklim psikologisdalam organisasi.
   Suasana iklim kerja dapat mempengaruhi sikap danperilaku staf dan efektifitas komunikasi organisasi.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes