Friday, May 6, 2011

Speaking and oral reporting


Persiapan untuk menulis surat, memo dan laporansama dengan persiapan untuk mengadakan pertemuan bisnis. Komuniaksi tertulisdan lisan mempunyai perbedaan masing-masing. Bagian ini pertama-tama membahastentang persamaan dan perbedaan dalam lisan dan tulisan, lalu persiapan untukpresentasi lisan dan akhirnya membahas presesentasi itu sendiri.

Persamaandan perbedaan dalam presentasi lisan dan tertulis.

Ketika kita melaporkan sesuatau dalam bentuktulisan, kita harus memperhatikan tujuan dan pembacanya. Persamaannya ialahsama-sama untuk keperluan bisnis. Dalam menyiapkan presentasi lisan maupuntulisan,  kita sama-sama perlu untukmengumpulkan, mengklasifikasikan, menginterpretasikan dan mengatur materi danbahan-bahan kita. Dalam keduanya kita perlu untuk menjelaskan kepada audienstentang pembukaan, detail dari isi dan diskusi serta memberikan kesimpulan ataupentup.
Dalam beberapa hal, komuniaksi secara lisanlebih mudah dibandingkan secara tertulis. Pertama-tama kita perlu untukmengekspresikan ide kita secara lisan, lebih lanjut lagi kita tidak perlu untukmemperdulikan tentang masalah teknis seperti pengejaan. Kita harus menggunakanekspresi muka, tekanan pada suara, dan bahasa tubuh untuk memperjelas maksudkita. Terakhir kirta harus memperhatikan umpan balik dari audiens, apabila kitamelihat ada alis yang naik, batuk, ekspresi kosong atau tanda-tanda lain yangmenggambarkan ketidakpahaman atau kebosanan, kita dapat mengulang penjelasanatau menekankan ulang tentang maksud kita. Kita juga dapat menggunakanilistrasi, contoh atau menanyakan langsung kepada audiens tentang pemahamanmereka.

Persiapanpresentasi lisan

Dalam mempersiapkan presentasi lisan, kitamembutuhkan langkah-langkah berikut ini. Langkah-langkah ini sama denganprsiapan yang akan kita lakukan dalam menulis laopran secara tertulis, suratdan memo.
1.      Menetapkantujuan
2.      Menganalisaaudiens dan situasi
3.      Memilihide untuk disertakan dalam pesan
4.      Mengumpulkandan menginterpretasikan data
5.      Mengorganisasaikandata
6.      Menggunakanalat bantu visual.
7.      Melakukanpersiapan atau gladi resik apabila diperlukan

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes