Wednesday, October 12, 2011

Sejarah SID


Superman Is Dead(disingkat SID) adalah sebuah grup musikdari Bali, bermarkas di Poppies Lane II -Kuta. Grup musik ini beranggotakan tiga pemuda asal Bali, yaitu:Bobby Kool sebagai gitaris dan vokalis, Eka Rock sebagi bassis, dan Jerinxsebagai drummer.
Pada awal mulakemunculan, sekitar akhir tahun 1995,SID terpengaruh gaya musik dari band-band asing seperti Green Day dan NOFX.Di kemudian hari, inspirasi musikal SID bergeser ke genre Punk 'n Rolldari grup musik Supersuckers,Living Enddan Social Distortion.
PenggemarSuperman Is Dead disebut Outsiders bagi yang laki-laki dan Lady Rose bagi yangperempuan.

Sejarah Superman Is Dead
Superman Is Deadyang biasanya dipanggil SID terbentuk pada tahun 1995. Awal mula terbentuknyaSID (Superman Is Dead) dimotori oleh anggota band heavy metal thunderbernama Ari Astina sering dipanggil Jerinx yang ingin membentuk band baru. Dandrummer band new wave punk diamond clash Budi Sartika yg biasa dipanggil Bobby Kool yang inginmenjadi gitaris dan vokalis.

Jerinx dan Bobbybertemu di Kuta Bali. Kedua orang itu kemudian sepakatuntuk membentuk sebuah band. Pada saat itu bass masih diisi oleh additionalbassist bernama Ajuzt. Band mereka pada awalnya membawakan lagu-lagu dari GreenDay.
Hari bergantihari datanglah personil baru yang bernama Eka Arsana panggilannya Eka Rock. Eka menjadiresmi sebagai personil SID. Dulu nama bandnya bukan Superman Is Dead tetapiSuperman Is Silver Gun. Kemudian karena nama Superman Is Silver Gun kurangcocok bergantilah menjadi Superman Is Dead atau SID. Superman Is Dead mempunyaiarti yaitu bahwa manusia yang sempurna hanyalah illusi belaka dan imajinasimanusia yang tidak akan pernah ada.


Personil
Nama : EkaRock Tempat/tgl lahir : Negara, 8 Februari 1975 Pendidikan : SastraInggris, Faksas Unud
Nama : BobbyCool Tempat/tgl lahir : Denpasar, 8 September 1977 Pendidikan :Sastra Inggris, Faksas Univ. Warmadewa Denpasar
Nama :Jerinx Tempat/tgl lahir : Kuta, 10 Februari 1977 Pendidikan :Fakultas Ekonomi, Undiknas Denpasar


Kuta Rock City
Kuta Rock Citydirilis secara resmi pada Maret 2003 dibawah label Sony Music Indonesia. Dengansingle-single andalannya yaitu Punk Hari Ini dan Kuta Rock City yang kentaldengan pengaruh Green Day dan NOFX langsung membuat nama SIDdisejajarkan dengan band-band rock.Selain beberapa lagu baru, SID jugamenambahkan beberapa lagu lama dari album indie mereka tetapi dengan aransemenyang lebih baik dan baru. Album perdana SID ini langsung melambungkan nama SIDsebagai band pendatang baru terbaik. Selain itu pula, ini merupakan langkahpertama SID di mayor label yang menimbulkan beberapa kontroversi di kalanganpunk.




The Hangover Decade
Album yangdirilis tahun 2004 ini merupakan penanda 10 tahun SID berdiri. Di albumkeduanya SID masih mengambil jalur Punk seperti pada album Kuta Rock City, Di Albumini SID kembali memasukkan beberapa lagu lamanya seperti Long Way to The Bar,TV Brain, dan Bad bad bad.


Black Market Love
Album ketiga initerkesan lebih dewasa, dengan lirik yang bercerita tentang kemarahan alam,keserakahan manusia, keadaan sosial dan politik. Dengan memasukkan unsur-unsuralat musik seperti akordion, trompet dan keyboards, seperti pada lagu BukanPahlawan dan Menginjak Neraka. Album ini dirilis tahun 2006.

Angels & the Outsiders
Album keempatyang dirilis tahun 2009 pada mayor label ini mengesankan bahwa semakindewasanya SID. Masih seperti album sebelumnya, SID tetap mengandalkan liriksosial dan perlawanan terhadap penindasaan. Album kali ini SID masih memainkanmusik punkrock dengan sentuhan rock n' roll. Album SID ini menuai keberhasilan.Salah satunya adalah SID berhasil diundang ke Warped Tour Festival di Amerika Serikat dan melaksanakan tour dibeberapa kota di USA. Ini merupakan keberhasilan SID karena merupakan satu-satunya band Indonesia dan band keduadi Asia yang dipanggil ke Warped Tour walaupun album mereka tidak dirilisdi USA.


Award
Ÿ  Superman Is Dead “Hot & Freaky People2003” MTV Trax Magazine January 2003
Ÿ  June 2003 Superman Is Dead “MTV ExclusiveArtist of the Month”
Ÿ  Double Platinum Sony Music for Kuta RockCity Album
Ÿ  2003, MTV Award “Most Favorite New Artist”
Ÿ  2003, AMI Award “The Best New Artist”
Ÿ  2004, SCTV Music Awards “The Most FamousAlbum Nominee, Pop Rock Category” for Kuta Rock City Album
Ÿ  2006, AMI Awards “The Best Rock AlbumNominee” for Black Market Love Album
Ÿ  2006, “Superman Is Dead The Best LocalBand” The Beat Awards.
Ÿ  20 the best Indonesian Album 2006 for TheBlack Market Love Album. Rolling Stones Magazine Januari 2007
Ÿ  150 the Best Indonesian Album for KutaRock City Album. Rolling Stones Magazine, Special Collectors’ Edition Desember2007.
Ÿ  50 Hype Things in Indonesian MusicIndustrial 2008 for Superman Is Dead.
Ÿ  Trax Music & Attitude Magazine EditionJanuari 2008.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes