Wednesday, October 5, 2011

SEJARAH SAMUDRA PASAI



A.    Masukdan berkembangnya Islam di Samudra pasai
            Agama Islam ke Indonesia pada abad pertamaHijriyah atau antara abad ke-7 dan abad ke-8 Masehi. Daerah yang pertama kalidisinggahinya ialah pesisir Samudra. Penyebabnya terdiri dari para muballighdan saudagar Islam yang datang dari Arab, Mesir,Persia dan Gujarat.Para saudagar ini sekitar tahun 674 Masehi,telah dijumpai di beberapa pelabuhan di Sumatera. Yaitu di Barus yang terletakdi pesisir Barat Sumatera, Lamuri di pesisir Timur Sumatera dan di pesisirlainnya seperti Perlak di Sumatera pasai.
            Kehadiran agama Islam di Pasaimendapat tanggapan yang cukup berarti dari kalangan masyarakat. Di Pasai agamaIslam tidak hanya diterima oleh lapisan masyarakat pedesaan atau pedalaman melainkanjuga merambah lapisan masyarakat perkotaan.

Agama Islam di Pasai dalam waktu yang relatif singkat dapat berkembangdenga pesat, pemeluk terdiri dari masyarakat lemah sampai kepada para saudagar,bangsawan dan ulee balang.  
B.     KerajaanIslam di Samudra Pasai
            Dalam perkembangannya, umat Islam diPasai mendirikan sebuah kerajaan yang bercorak Islam, dan merupakan kerajaanIslam pertama di Indonesiakerajaan ini sekitar abad 13 Masehi. Pusat kerajaannya terletak di pantai TimurSumatera. Raja-rajanya yang terkenal antara lain: Sultan malikus Saleh, SultanMalikud Dhohir I,  Sultan Malikud DhohirII dan Zainal Abidin.
1)      SultanMalikus Saleh (1285 – 1297 M)
Sebelum memeluk agama Islam Sultan malikus Salehbernama Merah Silu. Beliau diangkat menjadi raja Islam yang pertama di kerajaanPasai oleh Syeh Ismail (seorang muballigh Islam dari daulah Mamalik yangberkedudukan di Mesir). Setelah Merah Silu memeluk Islam dan dinobatkan menjadiraja, dia diberi gelar “Malikus Saleh”. Nama ini adalah gelar yang dipakai olehpembangunan kerajaan Mamalik yang pertama di Mesir, yaitu “Al Malikus ShalehAyub”.
Dalam menjalankan roda pemerintahannya, Sultan MalikusSaleh dibantu oleh Seri Kaya dan Bawa Kaya. Kedua pembantu ini kemudian diberigelar Ali khaituddin dan sidi Ali Hasanuddin. Dalam upaya pengembangan agamaIslam dibantu oleh seorang muballigh yang berasal dari Mesir bernama FakinMuhammad, dan pada masa pemerintahannya agama Islam mengalami perkembangan yangcukup pesat, baik dikalangan lapisan masayarakat bawah maupun kaum bangsawandan para ulee balang.
Sultan malikus Saleh wafat pada tahun 1297 M, setelahmengemban tugas selama Islam beliau dikaruniai dua orang putra yakni MalikudDhohir dan Malikul Manshur.  
2)      MalikudDhohir I (1297 – 1326 M)
      Sebagai pengganti SultanMalikus Saleh adalah puteranya yang bernama Malikud Dhohir. Nama aslinya adalahMuhammad. Gelar Al-Dhohir” dinobatkan pada gelar yang dipakai oleh SultanMamalik kedua yang berkedudukan di Mesir yaitu Al-Malikud Dhohir Baibars(1260–1277 M), dan gelar Al-Manshur yang diberikan kepada adiknya dinobatkanpada gelar Sultan Mamanik yang ketiga yaitu Al-Malikul Manshur Qolawun (1279 –1290 M).
Malikud Dhohir wafat pada tahun 1326 M, setelahmemangku jabatan sebagai raja selama 29 tahun dan sebagai penggantinya adalahputeranya yang bergelar Malikud Dhohir II. 
3)      MalikudDhohir II (1326 – 1348 M)
      Nama aslinya adalah AhmadBahaim Syah. Beliau adalah seorang raja yang terkenal alim, teguh memegangajaran agama Islam,giat berdakwa, ceramah dan hormat kepada para pendatang yangsinggah kePasai, apalagi jika yang datang itu seorang ulama. Beliau dikenalbermazahab Syafi’i.
Dalam menjalankan pemerintahannya dibantu oleh salahseorang ulama yang berasal dari Syiraz (Iran) yang di angkat menjadi Qodhi.Pada masanya kerajaan Islam Samudra Pasai memiliki armada kapal dagang yangcukup tangguh.
Pada tahun 1348 M. Malikud Dhohir II wafat,setelahmemerintah selama 22 tahun dan digantikan oleh puteranya yang bernama ZainalAbidin.
4)      ZainalAbidin (1348 – 1406 M)
Zainal Abidin dinobatkan menjadi raja kerajaanIslamPasai dalam usai  yang relatif muda.Dalam menjalankan pemerintahannya banyak dipengaruhi oleh para pembantunya,sehingga banyak kebijakan yang dilakukan kurang sesuai dengan kehendak rakyat,terutama bila dibandingkan dengan Malikud Dhohir II yang terkenal sangat adildan bijaksana. Pada masanya kerajaan Pasai mengalami kemunduran.
Kelemahan Pasai ini dijadikan kesempatan oleh kerajaanSiamdan Majapahit untuk mengusainya. Mula-mula serangan datang dari kerajaan Siamyang terdiri dari 400 hulubalang dan berhasil menyadera sultan Zainal Abidintanpa banyak perlawanan yang berartidari hulabalang kerajan Pasai.  Sebagai tebusannya,Pasai harus menyerahkanemas yang berbentuk paso dan itik kepada Siam.
Tidak lama setelah serangan hulubalang Siam,datang pula serangan dari kerajaan Majapahit. Dan Pasai pun tunduk untuk keduakalinya.
Di akhir kekuasaannya, zainal abiding mendapatperlindungan dari kerajaan Tiongko dengan Cheng Ho sebagai panglimanya. Padatahun 1406 M ia wafat setelah memerintah selama 58 tahun. Para penggantinyatidak mampu mengangkat kembali kerajaan Pasai dan sejak itu kerajaan Pasaimenjadi kerajaan kecil di bawah kekuasaan kerajaan-kerajaan lain sepertiMajapahit dan Siam.  
C.    PerjuanganKerajaan Pasai dalam Perkembangan Islam
            Kerajaan Pasai punya andil yangbesar dalam upaya penyebaran dan pengembangan Islam, terutama pada masapemerintahan Sultan Malikus Saleh dan Malikud Dhohir II. Di mana penyebaranIslam dipimpin langsung oleh raja dengan dibantu oleh para alim ulama. Darikerajaan Pasai lah pada tahun 1440 M. Agama Islam masuk dan berkembangdiPariaman, Malaka, Tapanuli, Riau, Minangkabau, Kerinci dan di sebagian daerahSumatera Selatan.
Pada masa kerajaan Pasai terdapat beberapa tokoh yang sangat berjasadalam penyebaran Islam di Sumatera,diantaranya adalah Syah Baharuddin keSumatera Barat, Raden Rahmat (Sunan Ampel)dan seorang raja dari lampung bernamaMinak Kumala Bumi ke Sumatera Selatan.
Peninggalan kerajaan Pasai tidak banyak diketahui, karena kurangnyapeninggalan budaya dan tidak banya ditemukannya dasar tertulis dari kerajaantersebut, kecuali ada beberapa makam pada raja yang bertuliskan arab danberita-berita berisi dari sumber lain seperti Ibnu Batutang. Akan tetapi diduga pada saat itu telah ada lembaga-lembaga Islam yang digunakan sebagaitempat musyawarah atau penyiaran (pengajaran) agama Islam seperti Masjid,musola dan buku-buku yang berisi syair-syair tentang ajaran Islam atauhikayatnya raja-raja dan pada pahlawannya dalam mengembangkan agama Islam.
Dari uraian di atas tidak menutup kemungkunan akan munculnyapernyataan-pernyataan dari peserta didik Anda dan kemungkinan bagi Anda sendirisebagai pendidik belum puas dengan pemaparan di atas. Untuk itu ada beberapahal yang perlu diketahui yaitu:
-         Sumatera merupakan tempat persinggahan parapedagang, khususnya yang datang dari Negara Arab. Hal ini karena letakgeografis Sumatera adalah berada di antara jalur perdagangan internasional.Dalam kenyataanya mereka ini tidak hanya singgah melainkan sebagian merekamenetap. Mereka bergaul dengan masyarakat baik dalam perdagangan maupun melaluiperkawinan. Dengan pergaulan ini proses Islamisasi terjadi.
-         Terjadinya hubungan diplomatik dengan duniaArab. Hal ini dapat terlihat pada gelar sultan Pasai yang sama dengan gelaryang dipakai oleh Sultan Mamalik di Mesir.
-         Pada masa pemerintahan kerajaan pasai, datangdua penjelajah dunia yang sangat terkenal, yaitu Marco Polo dan IbnBattuthoh.marco Polo adalah seorang pengembara berasal dari Venesia,ia melawatke Sumatera sekitar tahun 1292 M. yaitu pada masa pemerintahan Sultan MalikusSaleh, sedangkan Ibn Battuthoh seorang pengembara (musafir) dari Marco singgahke Pasai pada masa pemerintahan Muhammad Malikud Dhohir II. Dari Ibn Battuthohbanyak di dapat informasi tentang kerajaan Pasai. Dari kedua pengembara inilahpara sejarawan banyak mendapat informasi tentang awal masuknya Islam diIndonesia.
Samudera Pasai semakin berkembang terutama setelahjalan berdagang antara Timur dan Barat yang mula-mula melalui Bagdad,pindah melalui Mesir. Karena itu maka Cambay (Bandar Gujarat) semakin ramai. Disisi lain hubungan Samudera Pasai dengan Gujaratterjalin semakin erat. Hubungan ini adalah salah satu sebab yang mendorongpesatnya perkembangan agama Islam di Samudera Pasai. Di bidang politik,perdagangan dan perairan juga mengalami perkembangan yang sama, bahkan padamasa itu kerajaan Pasai menjadi pusat studi Islam di Asia Tenggara.









      Adapun acra-cara mengerjakanmata pelajaran Sejarah dan kebudayaan Islam         tentang Kerajaan Islam di SamuderaPasai ini dapat ditempuh antara lain melalui:
1)      Gurumemaparkan kisah tentang kerajaan Islam di Samudera Pasai secara kronologisyaitu:
a.       Bagaimanaproses masuknya Islam ke Samudera Pasai melalui jalur apa Islamisasinya, siapatokoh-tokoh penyebarnya, kapan pertama kali datang, bagaimana perkembangannyadan siapa saja yang menerima kehadiran agama Islamdi Pasai.
b.      Kapanberdirinya kerajaan Islam di Samudera Pasai, di mana pusat kerajaannya, siaparaja-rajanya, bagaimana masa pemerintahanya, kemajuan-kemajuan apa saja yangdapat dilakukannya, apa yang menyebabkan kemundurannya dan bagaimana hubunganyadengan Negara luar.
c.       Sejauhmana peranan kerajaan Samudera Pasai dalam mengembangkan agama Islam, daerahmana saja yang dijadikan objek dalam pengembangan islamnya dan siapa sajatokoh-tokohnya.
2)      Gurudapat memberikan penjelasan kepada anak didiknya darikisah yang telahdiuraikannya dengan ringkas, jelas dan dengan bahsa yang sederhana serta mudahdipahami.
3)      Gurudapat memberikan catatan yang berupa ringkasan dan bersifat hafalan.
4)      Gurudapat menyajikan data-data yang dapat mendukung kepercayaan anak didik bahwakerajaan Pasai itu memang betul-betul pernah ada bukan hanya dongeng, misalnyadengan menunjukkan foto makam Sultan Malikus Saleh atau bentuk lainnya.
5)      Sebelummengakhiri uraiannya guru mengulangi kisahnya secara garis besar. 
      Selanjutnya,cara mengevaluasi hasil penuturannya ini dapat dilakukan dengan beberapa cara,antaralain.
1.      Gurumemerintahkan anakdidiknya untuk melontarkan pertanyaan-pertanyaan.
2.      Gurumelontarkan pertanyaan-pertanyaan kepada anakdidiknya secara acak.
3.      Gurumemerintahkan dua anak didiknya untuk tampil ke depan untuk saling bertanya dansaling menjawab bergantian, kemudian diikuti oleh pasangan-pasangan lainnya.
4.      Gurumenyuruh kepada anak didikanya untuk menguraikan sebagaimana yang telahdiuraikannya sesuai dengan bahasa dan pemahaman mereka masing-masing.
5.      Sebelummelanjutkan kepada materi berikutnya,guri terlebih dahulu menguji hafalan dandaya ingatan anak didiknya.
      Gunamemantapkan penguasaan Anda terhadap materi modul ini lakukanlah kegiatanberikut ini.
1)      Sejauhmana yang Anda ketahui sekitar masuk dan berkembangnya Islam di Samudera Pasai?
2)      Siapakahpembawa agama Islam ke Samudera Pasai dan berasal dari mana serta siapa sajayang menerima kehadiran agama Islam dan memeluknya.
3)      Sejauhmana yang Anda ketahui tentang kerajaan Samudera Pasai pada masa kekuasaanSultan malikus Saleh
4)      Bagaimanakeadaan agama Islam pada masa pemerintahan Malikud Dhohir II.
5)      Mengapapara Sultan kerajaan Samudera Pasai menyandang dengan gelar yang sama.
6)      Bagaimanakaraktristik Malikud Dhohir II.
7)      Sejauhmana yang Anda ketahui tentang kerajaan Samudera Pasai pada masa pemerintahanZainal Abidin.
8)      Apaperanan Samudera Pasai dalam mengembangkan Islam
9)      Mengapakerajaan Samudera Pasai mengalami kemunduran.
10)  MengapaSamudera Pasai menjadi tempat persinggahan para pedagang Arab.
11)  Faktorapa yang menjadikan kerajaan Samudera Pasai dapat berkembang dengan pesat.
12)  Bagaimanacara mengerjakan materi ini yang efektif menurut pendapat Anda.
13)  Sebutkandari lima caramengevaluasi hasil penuturan yang dapat dilakukan.
14)  Adakahcara lain dalam mengevaluasi hasil penuturan selain dari cara evaluasi yangtelah disebutkan menurut pandapat Anda.
PetunjukJawaban Latihan1
1)      SilakanAnda baca kembali jawabannya pada halama 1
2)      SilakanAnda baca kembali pada halaman 3
3)      SilakanAnda baca kembali pada halaman 3
4)      SilakanAnda baca kembali pada halaman 4
5)      SilakanAnda baca kembali pada halaman 4
6)      SilakanAnda baca kembali pada halaman 4
7)      SilakanAnda baca kembali pada halaman 4
8)      SilakanAnda baca kembali pada halaman 5
9)      SilakanAnda baca kembali pada halaman 5
10)  SilakanAnda baca kembali pada halaman 6
11)  SilakanAnda baca kembali pada halaman 6
12)  SilakanAnda baca kembali pada halaman 6
13)  Bandingkandengan uraian dalam modul ini pada halaman 7
14)  Jikaterdapat cara lain dalam mengevaluasi hasil penuturan yang lebih efisien danefektif, silahkan Anda terapkan dan kembangkan dengan sebaik-baiknya.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes