Sunday, October 16, 2011

SEJARAH MUSIK REGGAE



Reggae merupakan suatu genre musik yang berkembang di Jamaika.Reggae sendiri seperti merupakan campuran dari aliran ska dan rocksteady.Musik reggae merupakan kombinasi dari iringan musik tradisional Afrika, Amerikadan Blues serta lagu rakyat Jamaika.
Reggae diketahui orang banyak sebagai musik rakyat Jamaika. Namunsebenarnya reggae ini awalnya berasal dari New Orleans,kota R&B(Rhythm and Blues). Musik ska, yang mempunyai pengaruh kuat pada reggae, jugaberasal dari New Orleansyang diperdengar  dari siaran radio Amerika lewat radio transistor mereka.
Iringan gitar pas -pasan dan putus-putus merupakan interprestasi paramusisi akan R&B yang populer di tahun 60an. Kemudian semasa musim panas,merekapun merasa lelah dan panas apabila memainkan musik ska beserta tariannya.Akhirnya para musisi ini bereksperimen dengan memperlambat lagu, dan akhirnyalahirlah reggae.
Raggae tak harus Rasta dan hisap ganja

Bagi sebagian orang musik reggae di identikan dengan ganja danrasta.  Bahwa sebenarnya rasta dan reggae tidak memiliki ikatanapapun.  Reggae adalah genre musik sedang rasta atau rastafar’i adalahfaham yang berkembang di Afrika dan di jadikan sebagai gerakan politik untukmembebaskan diri dari system perbudakan di tahun 30 an.  Memang benarmayoritas penganut faham Rastafarianisme ini berambut gimbal dan menggunakanganja sebagai media bermeditasi untuk mendekatkan diri pada Tuhan yang diyakininya ( King Haile Selassie ). Tetapi tidak berarti bahwa semua yangberambut gimbal adalah pengikut faham Rastafarian dan menghisap ganja,contohnya adalah musisi Tonny Q. Salah satu dedengkot reggae di Indonesia inimengaku bukan seorang Rastafarian dan tidak menghisap ganja. Stigma sepertiinilah yang membuat sebagian orang berpandangan negative kepada para pecintamusik reggae.
Perjalanan Reggae di Indonesia
Di Indonesia, reggae mempunyai penggemar tersendiri. Reggae sempattimbul tenggelam di dunia musik Indonesia,namun penggemar reggae tidak pernah hilang. Reggae kembali hidup ketika Steven& Coconut Treez mengeluarkan single Welcome To My paradise di tahun2007. Lagu-lagu reggae yang awalnya jarang diputar di radio, berkat grup reggaeyang satu ini, kembali berkumandang di radio-radio setempat. Paramusisi reggae juga berlomba-lomba memberikan corak-corak reggae yang menarikdalam musiknya.
Reggae bukanlah barang baru di Indonesia. Genre ini tetapeksis walaupun memang tidak booming. Banyak grup-grup reggae yang masihhilir mudik di belantika musik Indonesia, seperti Tony Q - Rastafara, Black& Company, Soul Jah, Soya, Jamaican Soul, The Babylonians dan masih banyaklagi. Reggae terbukti mempunyai kesan tersendiri baik untuk musisi danpenggemarnya.
Musik reggae di kenal masyarakat Indonesia daritahun 1980, dengan munculnya band Reggae Abreso dalam acara Reggae Night diTaman Impian Jaya Ancol.
Pada tahun 1986 band yang seluruhnya personilpemuda asal Papua ini pernah performing di Christmas Island selama tiga bulanyang diprakarsai oleh Yorries Raweyai. Pada tahun 1984 Abreso pernah rekamanlagu-lagu Reggae.
Selain itu, masih di era tahun 1980-an ada lagu“Dansa Reggae” yang dinyanyikan oleh Nola Tilaar iringan musik oleh WillieTeuguh.
Lagu ciptaan Melky Goeslaw itu adalah salah satulagu Reggae yang mengajak masyarakat dari berbagai latar belakang kultural bisaramai-ramai menikmati reggae. Dengar liriknya: "Orang Jawa bilang, ’monggodansa reggae’!"
Musik reggae merupakan musik yang berdasarkan kehidupan sehari-hari.Lagu-lagu reggae biasanya memberikan kekuatan tersendiri dalam musik sertaliriknya. Musik reggae juga memberikan pesan cinta dan kedamaian, sehinggaketika mendengarkan lagu-lagunya, serasa dapat mengendurkan otot ketenganganserta memberikan relaksasi tersendiri. (Berbagai sumber)

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes