Tuesday, October 11, 2011

Perbedaan Investasi dengan Membungakan Uang


Ada dua perbedaan mendasar antara investasi dengan mem-bungakan uang. Perbedaantersebut dapat ditelaah dari definisi hingga makna masing-masing.
1. Investasi adalah kegiatan usaha yang mengandung risiko karena berhadapandengan unsur ketidakpastian. Dengan demikian, perolehan kembaliannya (return)tidak pasti dan tidak tetap.
2. Membungakan uang adalah kegiatan usaha yang kurang mengandung risiko karenaperolehan kembaliannya berupa bunga yang relatif pasti dan tetap.
Islam mendorong masyarakat ke arah usaha nyata dan produk-tif. Islam mendorongseluruh masyarakat untuk melakukan investasi dan melarang membungakan uang.Sesuai dengan definisi di atas, menyimpan uang di bank Islam termasuk kategorikegiatan investasi karena perolehan kembaliannya (return) dari waktu ke waktutidak pasti dan tidak tetap. Besar kecilnya perolehan kembali itu ter-gantungkepada hasil usaha yang benar-benar terjadi dan dilakukan bank sebagai mudharibatau pengelola dana.

Dengan demikian, bank Islam tidak dapat sekadar menyalurkan uang. Bank Islamharus terus berupaya meningkatkan kembalian atau return of investment sehinggalebih menarik dan lebih memberi kepercayaan bagi pemilik dana.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes