Tuesday, October 11, 2011

Dampak Negatif Riba


1. Dampak Ekonomi
Di antara dampak ekonomi riba adalah dampak inflatoir yang diakibatkan olehbunga sebagai biaya uang. Hal tersebut disebabkan karena salah satu elemen daripenentuan harga adalah suku bunga. Semakin tinggi suku bunga, semakin tinggijuga harga yang akan ditetapkan pada suatu barang.
Dampak lainnya adalah bahwa hutang, dengan rendahnya tingkat penerimaanpeminjam dan tingginya biaya bunga, akan menjadikan peminjam tidak pernahkeluar dari ketergantungan, terlebih lagi bila bunga atas hutang tersebutdibungakan. Contoh paling nyata adalah hutang negara-negara berkembang kepadanegara-negara maju. Meskipun disebut pinjaman lunak, artinya dengan suku bungarendah, pada akhirnya negara-negara peng-hutang harus berhutang lagi untukmembayar bunga dan pokoknya. Sehingga, terjadilah hutang yang terus-menerus.Ini yang menjelaskan proses terjadinya kemiskinan struktural yang menimpa lebihdari separuh masyarakat dunia.

2. Sosial Kemasyarakatan
Riba merupakan pendapatan yang didapat secara tidak adil. Para pengambil ribamenggunakan uangnya untuk memerintah-kan orang lain agar berusaha danmengembalikan misalnya, dua puluh limapersen lebih tinggi dari jumlah yang dipinjam-kannya. Persoalannya, siapa yangbisa menjamin bahwa usaha yang dijalankan oleh orang itu nantinya mendapatkankeuntungan lebih dari dua puluh limapersen? Semua orang, apalagi yang beragama, tahu bahwa siapapun tidak bisamemastikan apa yang terjadi besok atau lusa. Dan siapapun tahu bahwa berusahamemiliki dua kemungkinan, berhasil atau gagal. Dengan menetapkan riba, berartiorang sudah memastikan bahwa usaha yang yang dikelola pasti untung.***

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes