Wednesday, May 4, 2011

Analisis Pekerjaan


DeskripsiPekerjaan
SpesifikasiPekerjaan
StandarPrestasi Kerja  
PengertianAnalisis Pekerjaan 
(job Analysis)
      Analisispekerjaan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajaritentang
pekerjaan dan proses menentukan persyaratan yang harus disiapkannya,termasuk didalamnya sistematika rekrutmen, evaluasi atau pengendalian.
      AnalisisPekerjaan adalah kegiatan atau proses menghimpun danmenyusun berbagai informasi yang berkenaan degan setiappekerjaan,tugas-tugas,jenis pekerjaan,dan tanggung jawabnya secara operasionaluntuk mewujudkan tujuan organisasi atau perusahaan.
       
Pada intinya Analisis Pekerjaan dapat diuraikan dalambentuk spesifikasi dan deskripsi pekerjaan, yang berisi:

Uraian nama pekerjaan atau jabatan
Tugas dan fungsi dasar
Wewenang
Tugas-tugas
Penggunaan teknologi
Ruang Lingkup Pekerjaan
Tanggung Jawab
Hubungan Kerja
Kriteria penilaian Kerja
     TUJUAN ANALISISPEKERJAAN
      Menciptakan SDMyang handal dalam menghadapi tantangan teknologi modern, merasakan kenyamanandalam bekerja, bermartabat dan berkeadilan.Hal ini dapat dilakukan dengan caramenempatkan seseorang yang tepat pada suatu pekerjaan tertentu, sesuai dengankemampuan, keahlian, dan pengalaman dalam melakukan suatu pekerjaan.
      BeberapaTindakan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan Analisis Pekerjaan
        Evaluasi peranlingkungan terhadap pekerjaan individu
        Kaji kembalikemungkinan ada persyaratan kerja yang usang
        Ciptakanperaturan yang menguntungkan semua pihak
        Rancangkebutuhan SDM masa depan
        Sesuaikanjumlah pelamar dan pekerjaan yang tersedia
        Rancangkebutuhan pendidikan dan pelatihan untuk karyawan baru maupun yang sudahberpengalaman
        Rancang rencanapengembangan potensi karyawan
        Tentukanstandar/prestasi kerja yang realistik

       Tempatkankaryawan sesuai dengan minatnya
       Penempatankaryawan harus sesuai dengan keahliannya
       Berikankompensasi secara wajar, berdasar pada:level pendidikan formal, resiko jabatan/pekerjaan,lingkup tanggung jawab, level pangkat, keahlian yang dimiliki, ketrampilan yangdikuasai, Pengalaman kerja, kontribusi pada perusahaan, Perbandingan denganperusahaan sejenis, perbandingan dengan perusahaan selokasi.


      Metodepengumpulan Informasi Analisis Pekerjaan
      Wawancaralangsung dengan karyawan
      Diskusi dengantenaga ahli
      Daftarkuesioner
      Catatan kerjakaryawan
      Observasilangsung
      Kombinasiteknik pengumpulan data
     Deskripsi danSpesifikasi Pekerjaan
       DeskripsiPekerjaan adalah: hasil analisis pekerjaan sebagai rangkaian kegiatan atauproses menghimpun dan mengolah informasi mengenai pekerjaan/suatu uraiantertulis dari apa yang diperlukan oleh suatu pekerjaan.
       Manfaatdeskripsi pekerjaan untuk menentukan:ringkasan pekerjaan dan tugas-tugas,Situasi dan kondisi kerja, dan membuat persetujuan.
     DeskripsiPekerjaan berisi uraian:
       Nama Pekerjaan
       Ringkasan, menggambarkanpekerjaan dan output yang diharapkan dari karyawan
       Peralatan, Pernyataansingkat mengenai perkakas, peralatan, dan informasi yang diperlukan untuk untukmelakukan pekerjaan tersebut secara efektif
       Lingkungan, Deskripsikondisi lingkungan kerja, lokasi kerja, dan karakteristik lingkungan lain
       Aktivitas, berisiuraian tugas, tanggung jawab,dan tampilan perilaku dalam pekerjaan
      SpesifikasiPekerjaan
      Definisi,Spesifikasi pekerjaan adalah karakteristik atau syarat-syarat kerja yang harusdipenuhi, sehingga dapat melaksanakan suatu pekerjaan/jabatantertentu.Persyaratan tersebut dapat berupa: pengetahuan, ketrampilan ataukeahlian, kemampuan fisik, serta sifat-sifat kepribadian tertentu.
     Karakteristikdalam spesifikasi pekerjaan
        Semua tugaspekerjaan harus dikenali dan dinilai
        Suatu paneltenaga ahli, karyawan, atau para penyelia perlu menetapkan tingkat ketrampilanyang diperlukan
        Tingkatketrampilan masing-masing perlu dinilai
        Karakteristiklain yang penting untuk melakukan pekerjaan itu harus dikenali, meliputikondisi fisik dan sertifikasi profesional
        Jenisketrampilan yang telah dikenali perlu secara rinci dikaitkan denganmasing-masing tugas pekerjaan
      StandarPrestasi Kerja
      Standarprestasi kerja merupakan tolok ukur yang digunakan oleh atasan pekerja yangbersangkutan dan alat pengendali perilaku para pekerja, khususnya dalam halterjadinya kesenjangan antara prestasi nyata dan standar yang ditetapkansebelumnya.
      Manfaat StandarPrestasi Kerja
       Standarberfungsi sebagai sasaran atau target bagi pelaksanaan kerja karyawan dalammeningkatkan motivasi kerja
       Standar sebagaikriteria keberhasilan kerja yang akan diukur dan dinilai
       Standarberfungsi sebagai umpan balik bagi karyawan
       Standar sebagaisarana penetapan reward atau punishmen
       Standarberfungsi untuk membedakan antar satu karyawan dengan yang lainnya
     ManfaatAnalisis Pekerjaan bagi Organisasi/Perusahaan
       Membantu dalamkegiatan Rekrutmen dan Seleksi, Informasi analisis pekerjaan membantupetugas perekrutan untuk mencari dan menemukan para pelamar yang benar untukorganisasi, termasuk dalam menentukan cara tes yang dipilih
       Pelatihan danPengembangan Karir, dengan sudahdiketahuinya ketrampilan untuk suatu pekerjaan adalah penting untuk merancangprogram pelatihan yang efektif

       Kompensasi, pada umumnya kompensasi terkait dengan tugas-tugas dantanggung jawab suatu pekerjaan, sehingga besarnya kompensasi menuntut penilaianakurat dari berbagai jenis pekerjaan
       Perencanaanstrategis, analisis pekerjaan yangefektif dapat membantu organisasi untuk mengubah, mengurangi, atau mengaturkembali pekerjaan dan alur pekerjaan sesuai dengan perubahan lingkungan.


0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes