Thursday, October 6, 2011
Sejarah Negara Jepang
Prasejarah
Penelitian arkeologi menunjukkan bahwa Jepang telahdihuni manusia purba setidaknya 600.000 tahun yang lalu, pada masa PaleolithicBawah. Setelah beberapa zaman es yang terjadi pada masa jutaan tahun yang lalu,Jepang beberapa kali terhubung dengan daratan Asia melalui jembatan darat(dengan Sakhalin di utara, dan kemungkinan Kyushu di selatan), sehinggamemungkinkan perpindahan manusia, hewan, dan tanaman ke kepulauan Jepang dariwilayah yang kini merupakan Tiongkok dan Korea. Zaman Paleolitik Jepangmenghasilkan peralatan bebatuan yang telah dipoles yang pertama di dunia,sekitar tahun 30.000 SM. Dengan berakhirnya zaman es terakhir dan datangnyaperiode yang lebih hangat, kebudayaan Jomon muncul pada sekitar 11.000 SM, yangbercirikan gaya hidup pemburu-pengumpul (hunter-gatherer) semi-sedentism Mesolithic hinggaNeolithic dan pembuatan kerajinan tembikar terawal di dunia. Diperkirakan bahwapenduduk Jomon merupakan nenek moyang suku Proto-Jepang dan suku Ainu masakini. Dimulainya periode Yayoi pada sekitar 300 SM menandai kehadiranteknologi-teknologi baru seperti pertanian beras, pengairan dan permbuatan besidan perunggu, yang dibawa serta migran-migran dari Korea , Tiongkok dan bagian-bagianlain di Asia. Periode tersebut dilanjutkan periode Kofun pada sekitar tahun250, yang bercirikan didirikannya negeri-negeri militer yang kuat.
Pada tahun 538, kedatangan agama Buddha menandaiberawalnya Zaman Klasik. Zaman Klasik Menurut mitologi tradisional Jepang,Jepang didirikan oleh Kaisar Jinmu pada abad ke-7 SM, yang memulai mata rantaikaisar-kaisar yang masih belum putus hingga kini. Meskipun begitu, sepanjangsejarahnya, untuk kebanyakan masa kekuatan sebenarnya berada di tangananggota-anggota istana, para shogun, pihak militer, dan pada zaman modern,perdana menteri. Bagian sejarah Jepang meninggalkan catatan dimulai pada abadke-5 dan 6 Masehi, saat sistem tulisan Tionghoa, agama Buddha, dan kebudayaanTionghoa lainnya diperkenalkan Baekje, sebuah kerajaan di Korea. MelaluiPerintah Perubahan Taika pada tahun 645, Jepang memperkuat penggunaan kebudayaan-kebudayaanTionghoa, dan menyusun ulang sistem pemerintahannya dengan mencontoh dariTiongkok. Ini membuka jalan bagi kekuatan filsafat Konfusianisme Tionghoa(confucianism) yang dominan di Jepang hingga abad ke-19. Periode Nara pada abadke-8 menandai sebuah negeri Jepang yang kuat yang dipusatkan pada sebuah istanakekaisaran di kota Heijō-kyō (kini Nara ). Istana kekaisarantersebut kemudian pindah ke Nagaoka dan lalu Heian-kyō (kini Kyoto ), memulai “masa keemasan” kebudayaanklasik Jepang yang dipanggil periode Heian.
Zaman Pertengahan
Zaman pertengahan Jepang dicirikan bangkitnyakelompok penguasa yang terdiri dari para ksatria yang disebut samurai. Padatahun 1185, jendral Minamoto no Yoritomo adalah orang pertama yang menjadipenguasa pada saat yang bersamaan dengan Kaisar; dia berkuasa di Kamakura , di sebelah selatan Yokohama masa kini. Setelah Yoritomo wafat,klan ksatria lainnya Hojo, mengambil kekuasaan sebagai semacam adipati bagipara shogun. Keshogunan tersebut berhasil menahan serangan Mongol dari wilayahTiongkok kekuasaan Mongol pada tahun 1274 dan 1281. Meskipun KeshogunanKamakura ini terbilang stabil, tak lama kemudian Jepang pecah kepadafaksi-faksi yang saling berperang dalam masa yang kemudian dikenal sebagaiZaman Negara-Negara Berperang atau periode Sengoku. Pada abad ke-16, parapedagang dan misionaris dari Eropa tiba di Jepang untuk pertama kalinya,mengawali periode “Nanban” (”orang-orang barbar dari Selatan”) yang diisipertukaran perniagaan dan kebudayaan yang aktif antara Jepang dan dunia Barat.Sekitar masa yang sama, Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi, dan Tokugawa Ieyasu,makin memperkuat kontrolnya terhadap negara-negara berperang tersebut.Penanganan Nobunaga terhadap negara yang semena-mena dan otoriter membuatnyamenjadi penguasa yang tidak disukai, meski kejeniusan militernya tidak dapatdisangkal.
Penjajahan terhadap Korea yang dilaksanakanHideyoshi pada tahun 1592 juga membuat namanya tercemar dalam sejarah Jepang,khususnya setelah Jepang berhasil diusir pasukan Dinasti Ming dari Tiongkok danangkatan laut Korea. Tokugawa akhirnya mempersatukan negara setelah mengalahkanpara musuhnya pada Pertempuran Sekigahara pada tahun 1600, dan memindahkan ibu kota ke Edo (kini Tokyo )dan memulai Keshogunan Tokugawa. Keshogunan Tokugawa, yang curiga terhadappengaruh misionaris Katolik, melarang segala hubungan dengan orang-orang Eropakecuali hubungan terbatas dengan pedagang Belanda di pulau Dejima. Mereka jugamenjadi lebih berhati-hati terhadap pedagang dengan Tiongkok, khususnya setelahsuku Manchu menguasai Tiongkok dan mendirikan Dinasti Qing. Suku Manchumenguasai Korea pada tahun 1637, dan pihak Jepang takut akan kemungkinan invasi dari sukuManchu. Jepang karena itu menjadi bahkan lebih terisolasi lagi dibandingkansebelumnya. Periode pengurungan diri ini berakhir dua setengah abad kemudian,pada masa persatuan politis yang dikenal sebagai periode Edo ,yang dianggap sebagai masa puncak kebudayaan pertengahan Jepang.
Zaman Modern
Pada tahun 1854, Komodor AS ,Matthew C. Perry memaksa dibukanya Jepang kepada Barat melalui PersetujuanKanagawa. Para samurai yang menganggap bahwaini menunjukkan lemahnya keshogunan mengadakan pemberontakan yang berujungkepada Perang Boshin pada tahun 1867-8. Pihak keshogunan akhirnya mundur danRestorasi Meiji mengembalikan kekuasaan kepada Kaisar. Jepang mengadopsibeberapa institusi Barat pada periode Meiji, termasuk pemerintahan modern,sistem hukum, dan militer. Perubahan-perubahan ini mengubah Kekaisaran Jepangmenjadi kekuatan dunia yang mengalahkan Tiongkok dalam Perang Tiongkok-Jepangdan Rusia dalam Perang Rusia-Jepang. Hingga tahun 1910, Jepang telah menguasai Taiwan , separuh dari Sakhalin, dan Korea .Awal abad ke-20 sempat menjadi saksi mata kepada “demokrasi Taisho” yang laludiselimuti bangkitnya nasionalisme Jepang. Pada tahun 1936, Jepang menandatangani Pakta Anti-Komintern dan bergabung dengan Jerman dan Italia untukmembentuk suatu aliansi axis. Pada tahun 1937, Jepang menginvasi Manchuria yang menyebabkan terjadinya PerangTiongkok-Jepang (1937). Pada tahun 1941, Jepang menyerang pangkalan angkatanlaut Amerika Serikat di Pearl Harbor, dan membawa AS memasuki Perang Dunia II.Setelah kampanye yang panjang di Samudra Pasifik, Jepang kehilanganwilayah-wilayah yang awalnya dimilikinya, dan AS mulai melakukan pengebomanstrategis terhadap Tokyo , Osaka dan kota-kota besar lainnya serta pengeboman atom terhadap Hiroshima dan Nagasaki .Jepang akhirnya menyerah kepada pihak Sekutu pada 15 Agustus 1945. PendudukanAmerika secara resmi berakhir pada tahun 1952, meski pasukan AS tetapmempertahankan pangkalan-pangkalan penting di Jepang, khususnya di Okinawa . Jepang menggunakan konstitusi baru sejak tahun 1947,yang menetapkan negara tersebut sebagai negara demokratis pasifis. Setelahpendudukan tersebut, produk domestik bruto Jepang tumbuh menjadi salah satuekonomi terbesar di dunia di bawah program pengembangan industri yang agresif,proteksionisme, dan penundaan pertahanan strategis kepada AS. Meskipun pasarsaham sempat jatuh dengan tajam pada tahun 1990 dan negara tersebut hingga kinimasih belum pulih sepenuhnya dari hal itu, Jepang tetap merupakan sebuahkekuatan ekonomi dunia dan akhir-akhir ini telah mulai bangkit sebagai kekuatanstrategis dengan mengirimkan pasukan non-pertempuran ke Perang Teluk, upayakemanusiaan PBB untuk membangun kembali Kamboja, dan invasi AS terhadap Irakpada tahun 2003. sampai dengan awal tahun 2009, Jepang adalah kekuatan ekonomiterbesar kedua di Dunia. Di tengah krisis ekonomi global yang melanda dunia,Jepang menjadi satu-satunya negara yang justru nilai tukar uangnya melejitnaik, walau di satu sisi dampak negatif begitu terasa di sektor expor barang.Infrastruktur pemerintahan yang mengagumkan sejak zaman prasejarah hingga zamanmodern menjadi contoh nyata betapa negara yang menjunjung tinggi kebudayaanakan terus eksis dari masa ke masa.
Zaman prasejarah Jepang
Zaman Paleolitik
Zaman Paleolitik Jepang berlangsung darisekitar 100.000 hingga 30.000 SM, dimulai dari penggunaan perkakas batu dan berakhirsekitar 12.000 SM pada akhir zaman es terakhir yang sekaligus awal dari periodeMesolitik zaman Jōmon. Bukti-bukti penggalian arkeologimenunjukkan kepulauan Jepang sudah dihuni orang sejak 35.000 SM. KepulauanJepang terpisah dari daratan Asia setelah zaman es terakhir sekitar 11.000 SM.Setelah terungkapnya pengelabuanzaman Paleolitik Jepang oleh peneliti amatir Shinichi Fujimura,bukti-bukti asal zaman Paleolitik Bawah danzaman Paleolitik Tengah yangdiklaim oleh Fujimura dan rekan-rekan telah diteliti ulang dan ditolak.
Zaman Jōmon
Zaman Jōmon berlangsungdari sekitar 14.000 SM hingga 300 SM.Tanda-tanda pertama peradaban dan pola hidup stabil manusia muncul sekitar14.000 SM dengan adanya kebudayaan Jōmon yangbercirikan bercirikan gaya hidup pemburu-pengumpulsemi-sedenter Mesolitikhingga Neolitik.Mereka tinggal di rumah-rumah yang dibangun di atas tanah yang digali dan diatasnya didirikan rumah beratap dari kayu. Orang zaman Jōmon sudah mengenalbentuk awal dari pertanian, namun belum mengenal cara menenun kain dan pakaian dibuatdari bulu binatang. Orang zamanJōmon mulai membuat bejana tanah liat yang dihias dengan pola-pola yang dicetakkanke atas permukaan bejana sewaktu masih basah dengan menggunakan tongkat kayuatau tali atau simpul tali. Walaupun hasil penelitian menimbulkankeragu-raguan, menurut tes penanggalan radiokarbon, beberapa contoh tembikar tertuadi dunia berasal dari Jepang, disertai pisau belati, giok, sisir dari kulitkerang, dan barang-barang keperluan rumah tangga lainnya berasal dari abad ke-11 SM.[4]Boneka tanah liat yang disebut dogū juga ditemukan dari situsekskavasi. Barang-barang rumah tangga menunjukkan kemungkinan ada ruteperdagangan yang jauhnya sampai ke Okinawa[rujukan?]. Analisis DNA menunjukkan bahwapenduduk asli Hokkaidodan bagian utara Pulau Honshu yang disebut suku Ainuadalah keturunan orang zaman Jōmon dan merupakan keturunan dari manusia pertamapenghuni Jepang
Zaman Yayoi
Zaman Yayoi berlangsungdari sekitar 400 SM atau 300 SM hingga 250 Masehi. Dari situsarkeologiPada awal zaman Yayoi, orang Yayoi sudah mulai dapat menenun, bertanam padi, mengenal perdukunan serta pembuatanperkakas dari besidan perungguyang dipelajari dari Korea atau Cina.[5]Sejumlah studi paleoetnobotanimenunjukkan teknik menanam padi di sawah dan irigasi sudah dikenal sejak sekitar 8000 SM di Delta Sungai Yangtze danmenyebar ke Jepang sekitar 1000 SM.[6]
Dokumen tertulis yang pertama kali menyebut Jepang adalah Buku Han Akhir[7]asal 57 Masehi. Buku tersebut mengisahkan, "Di seberang lautan dari Distrik Lelang tinggalorang-orang Wa. Mereka ada lebih dari dari100 suku, mereka sering datang dan membayar upeti." Catatan Sejarah Tiga Negara dariabad ke-3 mencantumkan negara yang terbentuk dari kumpulan 30 suku-suku kecilyang diperintah oleh dukun wanita bernama Himiko dari Yamataikoku.
Semasa DinastiHan dan Dinasti Wei, pengelana Cinatiba di Kyushudan mencatat tentang para penduduk yang tinggal di
Situs Yoshinogariadalah situs arkeologi terbesar untuk peninggalan orang zaman Yayoi yangmengungkap adanya permukiman di
Zaman kuno dan zaman klasik Jepang
Zaman Kofun
Zaman Kofun dimulaisekitar 250 M. Nama zaman ini berasal daritradisi orang zaman itu untuk membuat gundukan makam (tumulus) yangdisebut kofun.Pada zaman ini sudah terdapat negara-negara militer yang kuat dengan klan-klanberpengaruh sebagai penguasa. Salah satu di antaranya terdapat negara Yamatoyang dominan, dan berpusat di ProvinsiYamato dan Provinsi Kawachi. Negara Yamato berlangsung dariabad ke-3 hingga abad ke-7, dan merupakan asal garis keturunan kekaisaranJepang. Negara Yamato yang berkuasa atas klan-klan lain dan memperolehlahan-lahan pertanian mempertahankan pengaruh yang kuat di Jepang bagian barat.Jepang mulai mengirimkan utusanke Kekaisaran Cina pada abad ke-5. Dalam dokumen sejarah Cina ditulistentang negara Wa yang memiliki lima raja. Sistempemerintahan di Wa meniru model Cina yang menerapkan sistem administrasiterpusat. Sistem kekaisaran juga mengambil model dari Cina, dan masyarakatdibagi menjadi strata berdasarkan profesi.Hubungan yang erat antara Jepang dengan Tiga Kerajaan Korea dimulai pertengahan zamanKofun, sekitar akhir abad ke-4.
Zaman Asuka
Pada zaman Asuka(538-710), negara Jepang purba Yamato secara bertahap menjadi negara yangtersentralisasi. Negara Jepang purba sudah memiliki undang-undang sepertidinyatakan dalam Undang-Undang Taihōdan butir-butir Reformasi Taika. Masuknya agama Buddha di Jepangmengakibatkan orang tidak lagi membuat makam berbentuk kofun.Agama Buddhamasuk ke Jepang sekitar tahun 538 melalui Baekje yangmendapat dukungan militer dari Jepang. Penyebaran agama Buddha di Jepangdilakukan oleh kalangan penguasa. Pangeran Shōtoku mendedikasikan dirinya dalampenyebaran Buddhisme dan kebudayaan Cina di Jepang.Ia berjasa menyusun Konstitusi 17 Pasalyang membawa perdamaian di Jepang. Konstitusi yang disusunnya dipengaruhi olehpemikiran Konfusianisme tentang berbagai moral dan kebajikan yangdiharapkan masyarakat dari pejabat pemerintah dan abdi kaisar.
Dalam sepucuk surat yang disampaikan duta KekaisaranJepang ke Kekaisaran Cina pada tahun607 ditulis kata-kata, "Kaisar negeri matahari terbit (Jepang) mengirimkansurat kepada kaisar di negeri matahari terbenam (Cina)".[13]
Dimulai dengan Perintah Reformasi Taika tahun 645, Jepang semakingiat mengadopsi praktik-praktik budaya Cina, melakukan reorganisasipemerintahan, serta menyusun undang-undang pidana (Ritsuryō) dengan mengikutistruktur administrasi Cina pada waktu itu. Istilah Nihonjuga mulaidipakai sebagai nama negara sejak zaman Asuka.
Zaman Nara
Zaman Sepanjang zaman
Penulisan sejarah Jepang berpuncak pada awal abad ke-8 dengan selesainyapenyusunan kronik Kojiki (712) dan Nihon Shoki(720). Dalam kedua buku sejarah tersebut dikisahkan sejarah Jepang mulai dariawal sejak zaman mitologi Jepang. Di dalamnya ditulis tentangpendirian Jepang pada tahun 660 SM oleh KaisarJimmu yang keturunan langsung dari Amaterasu.Menurut kedua kronik tersebut Kaisar Jimmu merupakan leluhur dari garisketurunan kaisar yang sekarang. Kaisar Jimmu sering dianggap sebagai kaisarmitos karena kaisar pertama berdasarkan bukti-bukti sejarah adalah Kaisar Ōjin yang tahun-tahunmasa pemerintahannya tidak diketahui dengan jelas. Sejak zaman
Zaman Heian
Periode akhir sejarahklasik Jepang berlangsung dari 794 hingga 1185 yang disebut zaman Heian.Puncak kejayaan istana kekaisaran di bidang puisi dan sastra terjadi pada zamanHeian. Pada awal abad ke-11, MurasakiShikibu menulis novel HikayatGenji yang hingga kini merupakan salah satu dari novel tertua di dunia.Pada zaman Heian selesai disusun naskah tertua koleksi puisi Jepang, Man'yōshūdan Kokin Wakashū.Pada zaman Heian berkembang berbagai macam kebudayaan lokal, misalnya aksara kanayang asli Jepang. Pengaruh budaya Cina surut setelah sampai di puncak keemasan.Pengiriman terakhir utusan Jepang ke DinastiTang berlangsung pada tahun 838 sejalan dengan kemunduran Dinasti Tang.Walaupun demikian, Cina dalam terus berlanjut sebagai negara tujuan ekspedisidagang dan rombongan peziarah agama Buddha.[15]
Kekuasaan politik istana kekaisaran berada di tangan segelintir keluargabangsawan yang disebut kuge, khususnya klanFujiwara yang berkuasa dengan gelar Sesshō and Kampaku.
Pada akhir zaman Heian bermunculan berbagai klan samurai. Empatklan samurai yang paling kuat adalah klanMinamoto, klan Taira, klanFujiwara, dan klan Tachibana. Memasukiakhir abad ke-12, konflik antarklan berubah menjadi berbagai perang saudaraseperti Pemberontakan Hōgen dan Pemberontakan Heiji. Setelah berakhirnya Perang Genpei, Jepang beradadi bawah pemerintahan militer oleh klan-klan samurai di bawah pimpinan seorang shogun.
Zaman feudal
Dalam sejarah Jepang, zaman feodal dibagi menjadi dua bagian. Paruh pertama disebutabad pertengahan (chūsei) dari zamanKamakura hingga zamanMuromachi, sementara paruh kedua disebut abad modern (kinsei) dari zaman Azuchi-Momoyama hingga zamanEdo.Zaman feodal di Jepang berlangsung dari abad ke-12 hingga abad ke-19,ditandai oleh pemerintahan daerah oleh keluarga-keluarga daimyo di bawahkendali pemerintahan militer keshogunan. Kaisar hanya berperan sebagai kepalanegara dejure sementara kekuasaan berada di tangan shogun.
Zaman Kamakura
Keshogunan Kamakura berkuasa di Jepang daritahun 1185 hingga 1333 yang disebut zaman Kamakura yang merupakan zamantransisi menuju abad pertengahan Jepang. Abad pertengahan berlangsung selamahampir 700 tahun ketika pemerintah pusat, istana, dan Kaisar Jepang umumnyahanya menjalankan fungsi-fungsi seremonial. Urusan sipil, militer, dankehakiman dikendalikan oleh kelas samurai. Secara de facto, penguasanegeri kekuasaan politik berada di tangan shogun yang berasal dari klan samuraiyang terkuat.Pada 1185, Minamoto no Yoritomo menghancurkan klan Tairayang merupakan musuh bebuyutan klan Minamoto. Setelah pada tahun 1192 diangkatoleh Kaisar sebagai Seii Tai-Shogun, Yoritomo mendirikan pemerintahan militer di Kamakura dan berkuasa sebagai shogun pertama Keshogunan Kamakura. Setelah wafatnya Yoritomo,klanHōjō menjadi klan yang berpengaruh dan bertugas sebagai wali shogun.
Peristiwa terbesar dalam periode
Zaman
Zaman Muromachi
Dalam periodisasi sejarah Jepang, zamanMuromachi berlangsung dari sekitar tahun 1136 hingga 1673 ketika kekuasaanpemerintah berada di tangan Keshogunan Ashikaga yang juga disebutKeshogunan Muromachi. Pendiri Keshogunan Ashikaga adalah AshikagaTakauji yang merebut kekuasaan politik dari KaisarGo-Daigo dan sekaligus mengakhiri RestorasiKemmu. Zaman Muromachi berakhir pada tahun 1573 ketika shogun ke-15sekaligus shogun Muromachi terakhir, Ashikaga Yoshiaki diusirdari ibuTahun-tahun awal zaman Muromachi juga disebut zamanNanboku-cho atau zaman Istana Utara-Istana Selatan ketika kekuasaan istanaterbelah dua menjadi Istana Utara dan Istana Selatan. Sejak tahun 1467 hinggaberakhirnya zaman Muromachi disebut sebagai zamanSengoku atau "zaman negara-negara bagian yang berperang". Padazaman Sengoku terjadi perang saudara dan perebutan kekuasaan antarprovinsi.Pada masa ini pula terjadi kontak pertama Jepang dengan orang-orang Barat yangdisebut Perdagangan dengan Nanban ketikapedagang-pedagang Portugis tiba di Jepang.
Lihat pula: Perdagangan Nanban danzamanSengoku
Sebuah kapal Portugis yang berlayar ke Cina terkena badai dan merapat disebuah pulau Jepang bernama Tanegashima. Senjata apiyang diperkenalkan oleh orang Portugis membawa kemajuan teknologi militer dalamperiodeSengoku, dan berpuncak pada Pertempuran Nagashinoyang melibatkan pasukan samurai yang dipersenjatai dengan 3.000 pucuk arquebus(jumlah sebenarnya diperkirakan sekitar 2.000 pucuk). Selama perdagangan denganNanban, para pedagang dari negara-negara lainnya, Belanda, Inggris, dan Spanyoljuga ikut berdatangan. Kedatangan para pedagang juga membawa penyebar agamaKristen, Serikat Yesuit,OrdoDominikan, dan misionaris Fransiskan.Zaman Azuchi-Momoyama
Dari tahun 1568 hingga 1600 di Jepang disebut zaman Azuchi-Momoyama. Jepang bersatu secaramiliter dan negara menjadi stabil di bawah kekuasaan OdaNobunaga yang dilanjutkan oleh Toyotomi Hideyoshi. Istilah zamanAzuchi-Momoyama berasal dari nama istana (kastil) yang menjadi markas keduapemimpin besar, Nobunaga di Istana Azuchi dan Hideyoshidi Istana Momoyama.Setelah berhasil menyatukan Jepang, Hideyoshi berusaha memperluas wilayahdengan melakukan invasi ke Korea. Dua kali usahapenaklukan Korea berakhir dengan ditarik mundurnya pasukan Hideyoshi dariSemenanjung Korea pada tahun 1598 akibat dikalahkan pasukan gabungan Korea danCina, serta wafatnya Hideyoshi.
Konflik suksesi pasca-Hideyoshi berakhir dengan munculnya TokugawaIeyasu sebagai pemimpin baru Jepang. Kekuasaan pemerintahan beralih ketangan Ieyasu setelah mengalahkan pasukan pendukung ToyotomiHideyori dalam Pertempuran Sekigahara.
Zaman Edo (1603-1868)
Pada zaman Kelas samuraiditempatkan oleh keshogunan di atas kelas rakyat biasa, petani, perajin, danpedagang. Keshogunan mengeluarkan undang-undang yang mengatur segala aspekkehidupan, dimulai dari potongan rambut dan busana untuk masing-masing kelasdalam masyarakat. Shogun mewajibkan para daimyo secara bergantian untukbertugas di
Zaman
Periodisasi sejarah
Tahun | Periode | Periode | Subperiode | Pemerintahan |
30.000 SM–10.000 SM | | tidak diketahui | ||
10.000 SM–3000 SM | | klan-klan lokal | ||
900 SM-250 SM (tumpang tindih) | | klan-klan lokal | ||
sekitar 250 Masehi-538 Masehi | ||||
538-710 Masehi | ||||
710-794 | | |||
794-1185 | | |||
1185-1333 | | |||
1333-1336 | | |||
1336-1392 | ||||
1392-1573 | ||||
1573-1603 | ||||
1600-1867 | | |||
1868-1912 | | |||
1912-1926 | Demokrasi Taisho | monarki terbatas (Kaisar Taishō) | ||
1926-1945 | monarki terbatas (Kaisar Shōwa) | |||
1945-1952 | ||||
1952-1989 | demokrasi parlementer, Kaisar Jepang sebagai simbol negara | |||
1989-sekarang | |
Kebudayaan Jepang
Kebudayaan Jepang telahbanyak berubah dari tahun ke tahun, dari kebudayaan asli negara ini, Jomon, sampaikebudayaan kini, yang mengkombinasikan pengaruh Asia, Eropa dan AmerikaUtara. Setelah beberapa gelombang imigrasi dari benua lainnya dan sekitarkepulauan Pasifik, diikuti dengan masuknya kebudayaan Tiongkok,penduduk Jepangmengalami periode panjang isolasi dari dunia luar dibawah shogunat Tokugawa sampaidatangnya "The Black Ships" dan era Meiji.Sebagai hasil, kebudayaan Jepang berbeda dari kebudayaanSepanjang sejarahnya, Jepang telah menyerap banyak gagasan darinegara-negara lain termasuk teknologi, adat-istiadat, dan bentuk-bentukpengungkapan kebudayaan. Jepang telah mengembangkan budayanya yang unik sambilmengintegrasikan masukan-masukan dari luar itu.
KEBUDAYAAN TRADISIONAL
Seni pertunjukan tradisional yang masih berjaya di Jepangdewasa ini adalah antara lain kabuki, noh, kyogen dan bunraku.
Kabuki adalah sebuah bentuk teater klasik yang mengalamievolusi pada awal abad ke-17. Ciri khasnya berupa irama kalimat demi kalimatyang diucapkan oleh para aktor, kostum yang super-mewah, make-up yang mencolok(kumadori), serta penggunaan peralatan mekanis untuk mencapai efek-efek khususdi panggung. Make-up menonjolkan sifat dan suasana hati tokoh yang dibawakanaktor. Kebanyakan lakon mengambil tema masa abad pertengahan atau zaman Edo , dan semua aktor, sekalipun yang memainkan peranansebagai wanita, adalah pria.
Nohadalah bentuk teater musikal yang tertua di Jepang. Penceritaan tidak hanyadilakukan dengan dialog tapi juga dengan utai (nyanyian), hayashi (iringanmusik), dan tari-tarian. Ciri khas lainnya adalah sang aktor utama yangberpakaian kostum sutera bersulam warna-warni, dan mengenakan topeng kayuberlapis lacquer. Topeng-topeng itu menggambarkan tokoh-tokoh seperti orangyang sudah tua, wanita muda atau tua, dewa, hantu, dan anak laki-laki.
Kyogen adalah sebuah bentuk teater klasik lelucon yangdipagelarkan dengan aksi dan dialog yang amat bergaya. Ditampilkan di sela-selapagelaran noh, meski sekarang terkadang ditampilkan secara tunggal.
Bunraku, yang menjadi populer sekitar akhir abad ke-16,merupakan jenis teater boneka yang dimainkan dengan iringan nyanyian berceritadan musik yang dimainkan dengan shamisen (alat musik petik berdawai tiga).Bunraku dikenal sebagai salah satu bentuk teater boneka yang paling halus didunia.
Seni merangkai bunga Jepang (ikebana), yang mengalami evolusi di Jepangselama tujuh abad, berasal dari sajian bunga Budhis di masa awalnya.
Seni ini berbeda dengan penggunaan bunga yang murni bersifat dekoratif saja,karena setiap unsur dari sebuah karya ikebana dipilih secara sangat cermattermasuk bahan tanaman, wadah di mana ranting dan bunga akan ditempatkan, sertaketerkaitan ranting-ranting dengan wadahnya dan ruang di sekitarnya.
KEBUDAYAAN MODERN
Musik klasik masuk ke Jepang dari Barat.Penggemarnya cukup banyak dan sejumlah konser diadakan di berbagai tempat diJepang. Jepang telah melahirkan banyak konduktor (seperti Ozawa Seiji), pianis,dan pemain biola dan mereka melakukan pertunjukan di seluruh dunia.
Sejak Kurosawa Akira memenangkan Golden Lion Award di Festival Film Venice padatahun 1951, dunia perfilman Jepang menjadi pusat perhatian dunia, dankarya-karya dari sutradara besar seperti Mizoguchi Kenji dan Ozu Yasujiromendapat sambutan luas. Pada tahun-tahun terakhir ini, Kitano Takeshimemenangkan Golden Lion Award pada Festival Film Venice 1997 dengan karyanyaHANA-BI dan meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik pada festival tahun2003 dengan karyanya Zatoichi.
Film anime (kartun) Jepang yang menjadi hiburan bagi anak-anak Jepang sejaktahun 1960-an, kini diekspor ke seluruh dunia. Ada seri yang menjadi favoritanak-anak seluruh dunia, seperti Astro Boy, Doraemon, Sailor Moon, DetectiveConan, dan Dragonball Z. Sementara itu, karya sutradara Miyazaki Hayao,Spirited Away, memenangkan Oscar sebagai film cerita kartun terbaik pada tahun2003.
Untuk sastra, ada sejumlah pemenang Hadiah Nobel, yaitu Kawabata Yasunaridan Oe Kenzaburo. Sementara itu, karya-karya para pengarang yang lebih modernseperti Murakami Haruki dan Yoshimoto Banana populer di kalangan kaum mudaJepang dan telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa.
Pendidikan Di Jepang
Ujian itu perlu atautidak?Pertanyaan ini selalu menjadi polemik di negara manapun antara memilih`melaksanakannya atau tidak, atau me-nasionalkannya atau me-lokalkannya.
Sistem ujian/ulangan sekolah-sekolah di Jepang menarik untuk kita cermati.Pendidikan dasar (shougakkou) tidak mengenal ujian kenaikan kelas, tetapi siswayang telah menyelesaikan proses belajar di kelas satu secara otomatis akan naikke kelas dua, demikian seterusnya. Ujian akhir pun tidak ada, karena SD dan SMPmasih termasuk kelompok compulsoy education, sehingga siswa yang telahmenyelesaikan studinya di tingkat SD dapat langsung mendaftar ke SMP.
Lalu bagaimana menilai mutu pendidikan ?
Tentu saja guru tetap melakukan ulangan sekali-sekali untuk mengecek dayatangkap siswa. Dan penilaian ulangan pun tidak dengan angka tetapi dengan huruf: A, B, C, kecuali untuk matematika. Dari kelas 4 hingga kelas 6 juga dilakukantest IQ untuk melihat kemampuan dasar siswa. Data ini dipakai bukan untukmengelompokkan siswa berdasarkan hasil test IQ-nya, tetapi untuk memberikanperhatian lebih kepada siswa dengan kemampuan di atas normal atau di bawahnormal. Perlu diketahui, siswa-siswa di Jepang tidak dikelompokkan berdasarkankepandaian, tetapi semua anak dianggap `bisa` mengikuti pelajaran, sehinggakelas berisi siswa dengan beragam kemampuan akademik.
Compulsory Education di Jepang dilaksanakan dengan prinsipmemberikan akses penuh kepada semua anak untuk mengenyam pendidikan selama 9tahun (SD dan SMP) dengan menggratiskan tuition fee, dan mewajibkanorang tua untuk menyekolahkan anak (ditetapkan dalam Fundamental Law ofEducation). Untuk memudahkan akses, maka di setiap distrik didirikan SDdan SMP walaupun daerah kampung dan siswanya minim (per kelas 10-11 siswa).Orang tua pun tidak boleh menyekolahkan anak ke distrik yang lain, jadi selamamasa compulsory education, anak bersekolah di distrik masing-masing.
Tentu saja mutu sekolah negeri di semua distrik sama, dalam arti fasilitassekolah, bangunan sekolah, tenaga pengajar dengan persyaratan yang sama (guruharus memegang lisensi mengajar yang dikeluarkan oleh Educational Board setiapprefecture). Oleh karena itu mutu siswa SD dan SMP di Jepang yangbersekolah di sekolah negeri dapat dikatakan `sama`, sebab Ministry ofEducation mengondisikan equality di semua sekolah. Saat ini tengahdigalakkan program reformasi yang memberi kesempatan kepada sekolah untukberkreasi mengembangkan proses pendidikannya, tetapi tetap saja dalam pantauanMOE.
Di tingkat SMP dan SMA, sama seperti di Indonesia, ada dua kali ulangan, midtest dan final test, tetapi tidak bersifat wajib atau punnasional. Di beberapa prefecture yang melaksanakan ujian, finaltest dilaksanakan serentak selama tiga hari, dengan materi ujian yangdibuat oleh sekolah berdasarkan standar dari Educational Board disetiap prefektur. Penilaian kelulusan siswa SMP dan SMA tidak berdasarkan hasilfinal test, tapi akumulasi dari nilai tes sehari-hari, ekstrakurikuler, mid test dan final test. Dengan sistem sepertiini, tentu saja hampir 100% siswa naik kelas atau dapat lulus.
Selanjutnya siswa lulusan SMP dapat memilih SMA yang diminatinya, tetapikali ini mereka harus mengikuti ujian masuk SMA yang bersifat standar, artinyasoal ujian dibuat oleh Educational Board di setiap prefektur. Di Aichiprefecture, SMA-SMA dikelompokkan dengan pengelompokan A, B.
Pengelompokan tersebut dibuat dalam proses memilih SMA. Setiap siswa dapatmemilih satu sekolah di kelompok A dan satu sekolah di kelompok B. Jika sisiswa lulus dalam kelompok A, maka secara otomatis dia gugur dari kelompok B.Dalam memilih SMA, siswa berkonsultasi dengan guru, orang tua atau disediakanlembaga khusus di Educational Board yang bertugas melayani konsultasi dalammemilih sekolah. Ujian masuk pun hampir serentak di seluruh Jepang denganbidang studi yang sama yaitu, Bahasa Jepang, English, Math, Social Studies, danScience. Di level ini siswa dapat memilih sekolah di distrik lain.
Seperti dipaparkan di atas, siswa SMA tidak mengikuti ujian kelulusan secaranasional, tetapi ada beberapa prefecture yang melaksanakan ujian.Penilaian kelulusan siswa berbeda di setiap prefecture. Mengingatangka drop out siswa SMA meningkat di tahun 1990-an, maka beberapa sekolah tidakmengadakan ujian akhir, jadi kelulusan hanya berdasarkan hasil ujian harian.
Untuk masuk universitas, siswa lulusan SMA diharuskan mengikuti ujian masukuniversitas yang berskala nasional. Ini yang dianggap `neraka` oleh sebagianbesar siswa SMA. Sebagian dari mereka memilih untuk belajar di juku (lesprivat, seperti di
Penilaian mutu pendidikan di Jepang, dengan kata lain dilakukan denganmenstandarkan ujian masuk SMA dan PT, tentu saja sistem ini bisa berjalankarena pemerintah di Jepang pun berusaha maksimal untuk menyamakan kondisi publiceducation-nya, dalam arti menyediakan infrastruktur yang sama untuk setiapjenjang pendidikan di daerah.
Saat ini gaung otonomi daerah makin kencang di Jepang, seberapa besar tarikulur antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam sektor pendidikanmenjadi salah satu pengamatan yang menarik bagi saya pribadi. Nuansa kebebasanuntuk mengembangkan pendidikan berdasarkan potensi dan karakter daerah sangatkental terlihat ketika kami mempelajari sekolah di negara Jepang
Kimono
Kimono adalah pakaiantradisional Jepang.Arti harfiah kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai,dan mono berarti barang).Pada zaman sekarang, kimono berbentuk seperti huruf "T", mirip mantel berlenganpanjang dan berkerah. Panjang kimono dibuat hingga ke pergelangankaki. Wanita mengenakan kimono berbentuk baju terusan, sementara priamengenakan kimono berbentuk setelan. Kerahbagian kanan harusberada di bawah kerah bagian kiri. Sabuk kain yang disebut obidililitkan di bagian perut/pinggang, dandiikat di bagian punggung. Alas kaki sewaktumengenakan kimono adalah zōri atau geta.
Kimono sekarang inilebih sering dikenakan wanita pada kesempatan istimewa. Wanita yang belummenikah mengenakan sejenis kimono yang disebut furisode.Ciri khas furisode adalah lengan yang lebarnya hampir menyentuh lantai.Perempuan yang genap berusia 20 tahun mengenakan furisode untukmenghadiri seijin shiki. Pria mengenakan kimono pada pesta pernikahan,upacara minum teh, dan acara formal lainnya.Ketika tampil di luar arena sumo, pesumo profesional diharuskan mengenakan kimono. Anak-anakmengenakan kimono ketika menghadiri perayaan Shichi-Go-San.Selain itu, kimono dikenakan pekerja bidang industri jasa dan pariwisata,pelayan wanita rumah makan tradisional (ryōtei)dan pegawai penginapan tradisional (ryokan).
Pakaian pengantin wanita tradisionalJepang (hanayome ishō) terdiri dari furisode dan uchikake(mantel yang dikenakan di atas furisode). Furisode untukpengantin wanita berbeda dari furisode untuk wanita muda yang belummenikah. Bahan untuk furisode pengantin diberi motif yang dipercayamengundang keberuntungan, seperti gambar burungjenjang. Warna furisode pengantin juga lebih cerah dibandingkan furisodebiasa. Shiromuku adalah sebutan untuk baju pengantin wanita tradisionalberupa furisode berwarna putih bersih dengan motif tenunan yang juga berwarna putih.
Sebagai pembeda dari pakaian Barat (yōfuku) yang dikenal sejak zaman Meiji,orang Jepang menyebut pakaian tradisional Jepang sebagai wafuku ,pakaian Jepang). Sebelum dikenalnya pakaian Barat, semua pakaian yang dipakaiorang Jepang disebut kimono. Sebutan lain untuk kimono adalah gofuku. Istilah gofuku mulanya dipakai untuk menyebut pakaian orang negara Dong Wu (bahasaJepang : negara Go) yang tiba di Jepang dari daratan Cina.
Kimono wanita
Pemilihan jenis kimonoyang tepat memerlukan pengetahuan mengenai simbolisme dan isyarat terselubungyang dikandung masing-masing jenis kimono. Tingkat formalitas kimono wanitaditentukan oleh pola tenunan dan warna, mulai dari kimono paling formal hinggakimono santai. Berdasarkan jenis kimono yang dipakai, kimono bisa menunjukkanumur pemakai, status perkawinan, dan tingkat formalitas dari acara yangdihadiri.Tomesode adalah kimono palingformal untuk wanita yang sudah menikah. Bila berwarna hitam, kimono jenisini disebut kurotomesode (arti harfiah: tomesode hitam). Kurotomesode memilikilambang keluarga (kamon) di tiga tempat: 1 di punggung, 2 di dada bagianatas (kanan/kiri), dan 2 bagian belakang lengan (kanan/kiri). Ciri khaskurotomesode adalah motif indah pada suso (bagian bawah sekitar kaki)depan dan belakang. Kurotomesode dipakai untuk menghadiri resepsi pernikahandan acara-acara yang sangat resmi.
Tomesode yang dibuat dari kainberwarna disebut irotomesode (arti harfiah: tomesode berwarna). Bergantungkepada tingkat formalitas acara, pemakai bisa memilih jumlah lambang keluargapada kain kimono, mulai dari satu, tiga, hingga lima buah untuk acara yang sangat formal.Kimono jenis ini dipakai oleh wanita dewasa yang sudah/belum menikah. Kimonojenis irotomesode dipakai untuk menghadiri acara yang tidak memperbolehkan tamuuntuk datang memakai kurotomesode, misalnya resepsi di istana kaisar. Samahalnya seperti kurotomesode, ciri khas irotomesode adalah motif indah pada suso.
Furisode adalah kimono palingformal untuk wanita muda yang belum menikah. Bahan berwarna-warni cerah denganmotif mencolok di seluruh bagian kain. Ciri khas furisode adalah bagian lenganyang sangat lebar dan menjuntai ke bawah. Furisode dikenakan sewaktu menghadiriupacara seijin shiki, menghadiri resepsi pernikahanteman, upacara wisuda,atau hatsumode.Pakaian pengantin wanita yang disebut hanayome ishō termasuk salah satujenis furisode.
Hōmon-gi (訪問着 ?,arti harfiah: baju untuk berkunjung) adalah kimono formal untuk wanita, sudahmenikah atau belum menikah. Pemakainya bebas memilih untuk memakai bahan yangbergambar lambang keluarga atau tidak. Ciri khas homongi adalah motif diseluruh bagian kain, depan dan belakang. Homongi dipakai sewaktu menjadi tamuresepsi pernikahan, upacara minum teh, atau merayakan tahunbaru.[3]
Iromuji adalah kimono semiformal,namun bisa dijadikan kimono formal bila iromuji tersebut memiliki lambangkeluarga (kamon). Sesuai dengan tingkat formalitas kimono, lambangkeluarga bisa terdapat 1, 3, atau 5 tempat (bagian punggung, bagian lengan, danbagian dada). Iromoji dibuat dari bahan tidak bermotif dan bahan-bahan berwarnalembut, merahjambu, birumuda, atau kuningmuda atau warna-warna lembut. Iromuji dengan lambang keluarga di 5 tempat dapatdikenakan untuk menghadiri pesta pernikahan. Bila menghadiri upacara minum teh,cukup dipakai iromuji dengan satu lambang keluarga.
Tsukesage adalah kimonosemiformal untuk wanita yang sudah atau belum menikah. Menurut tingkatanformalitas, kedudukan tsukesage hanya setingkat dibawah homongi. Kimono jenisini tidak memiliki lambang keluarga. Tsukesage dikenakan untuk menghadiriupacara minum teh yang tidak begitu resmi, pesta pernikahan, pesta resmi, ataumerayakan tahun baru.[3]
Komon adalah kimono santai untukwanita yang sudah atau belum menikah. Ciri khas kimono jenis ini adalah motifsederhana dan berukuran kecil-kecil yang berulang.[3]Komon dikenakan untuk menghadiri pesta reuni, makan malam,bertemu dengan teman-teman, atau menonton pertunjukan di gedung.
Tsumugi adalah kimono santaiuntuk dikenakan sehari-hari di rumah oleh wanita yang sudah atau belum menikah.Walaupun demikian, kimono jenis ini boleh dikenakan untuk keluar rumah sepertiketika berbelanja dan berjalan-jalan. Bahan yang dipakai adalah kain hasiltenunan sederhana dari benang katun atau benang sutra kelas rendah yang tebal dan kasar.[3]Kimono jenis ini tahan lama, dan dulunya dikenakan untuk bekerja di ladang.
Yukata adalah kimono santai yangdibuat dari kain katuntipis tanpa pelapis untuk kesempatan santai di musim panas.
Kimono pria
Kimono pria dibuat dari bahan berwarna gelap seperti hijau tua, coklat tua, biru tua, dan hitam.Bagian punggung montsukidihiasi lambang keluarga pemakai. Setelan montsuki yangdikenakan bersama hakama dan haori merupakan busana pengantin pria tradisional.Setelan ini hanya dikenakan sewaktu menghadiri upacara sangat resmi, misalnyaresepsi pemberian penghargaan dari kaisar/pemerintah atau seijinshiki.
- Kimono santai kinagashi
Pria mengenakan kinagashisebagai pakaian sehari-hari atau ketika keluar rumah pada kesempatan tidakresmi. Aktor kabukimengenakannya ketika berlatih. Kimono jenis ini tidak dihiasi dengan lambangkeluarga.
Sejarah
ZamanJomon dan zaman Yayoi
Kimono zamanJomon dan zaman Yayoi berbentuk seperti baju terusan. Dari situsarkeologi tumpukan kulit kerang zaman Jomon ditemukan haniwa. Pakaian atas yangdikenakan haniwa disebut kantoi .Dalam Gishiwajinden (bukusejarah Cina mengenai tiga negara) ditulis tentang pakaian sederhana untuklaki-laki. Sehelai kain diselempangkan secara horizontal pada tubuh priaseperti pakaian biksu,dan sehelai kain dililitkan di kepala. Pakaian wanita dinamakan kantoi.Di tengah sehelai kain dibuat lubang untuk memasukkan kepala. Tali digunakansebagai pengikat di bagian pinggang.
Masih menurut Gishiwajinden, kaisar wanita bernama Himiko dariYamataikoku (sebutan zaman dulu untuk Jepang) "selalu mengenakan pakaiankantoi berwarna putih". Serat rami merupakan bahan pakaian untuk rakyatbiasa, sementara orang berpangkat mengenakan kain sutra.
Zaman Kofun
Pakaian zaman Kofun mendapat pengaruh dari daratan Cina, danterdiri dari dua potong pakaian: pakaian atas dan pakaian bawah. Haniwamengenakan baju atas seperti mantel yang dipakai menutupi kantoi. Pakaian bagianbawah berupa rok yangdililitkan di pinggang. Dari penemuan haniwa terlihat pakaian berupacelana berpipa lebar seperti hakama.Pada zamanKofun mulai dikenal pakaian yang dijahit. Bagian depan kantoi dibuatterbuka dan lengan baju bagian bawah mulai dijahit agar mudah dipakai.Selanjutnya, baju atas terdiri dari dua jenis kerah:
- Kerah datar sampai persis di bawah leher (agekubi)
- Kerah berbentuk huruf "V" (tarekubi) yang dipertemukan di bagian dada.
Zaman Nara
Aristokrat zaman Asuka bernama PangeranShotoku menetapkan dua belas strata jabatan dalam istana kaisar (kan-ijūnikai). Pejabat istana dibedakan menurut warna hiasan penutup kepala (kanmuri).Dalam kitab hukum Taiho Ritsuryo dimuatperaturan tentang busana resmi, busana pegawai istana, dan pakaian seragamdalam istana. Pakaian formal yang dikenakan pejabat sipil (bunkan)dijahit di bagian bawah ketiak. Pejabat militer mengenakan pakaian formal yangtidak dijahit di bagian bawah ketiak agar pemakainya bebas bergerak. Busana danaksesori zaman Pada zaman
Zaman Heian
Menurut aristokrat Sugawara Michizane,penghentian pengiriman utusan Jepang untuk Dinasti Tang (kentoshi)memicu pertumbuhan budaya lokal. Tata cara berbusana dan standarisasi protokoluntuk upacara-upacara formal mulai ditetapkan secara resmi. Ketetapan tersebutberakibat semakin rumitnya tata busana zaman Heian. Wanita zaman Heianmengenakan pakaian berlapis-lapis yang disebut jūnihitoe. Tidak hanyawanita zaman Heian, pakaian formal untuk militer juga menjadi tidak praktis.- Sokutai (pakaian upacara resmi berupa setelan lengkap)
- I-kan (pakaian untuk tugas resmi sehari-hari yang sedikit lebih ringan dari sokutai)
- Noshi (pakaian untuk kesempatan pribadi yang terlihat mirip dengan i-kan).
Pada zaman Heian terjadi pengambilalihan kekuasaan oleh kalangan samurai,dan bangsawan istana dijauhkan dari dunia politik. Pakaian yang dulunyamerupakan simbol status bangsawan istana dijadikan simbol status kalangansamurai.
Zaman Kamakura dan zaman Muromachi
Pada zaman Sengoku, kekuasaan pemerintahan berada ditangan samurai. Samurai mengenakan pakaian yang disebut suikan. Pakaian jenis ininantinya berubah menjadi pakaian yang disebut hitatare. Pada zamanMuromachi, hitatare merupakan pakaian resmi samurai. Pada zamanMuromachi dikenal kimono yang disebut suō , yakni sejenis hitatareyang tidak menggunakan kain pelapis dalam. Ciri khas suō adalah lambangkeluarga dalam ukuran besar di delapan tempat.Pakaian wanita juga makin sederhana. Rok bawah yang disebut mo makin pendek sebelum diganti dengan hakama.Setelan mo dan hakama akhirnya hilang sebelum diganti dengankimono model terusan, dan kemudian kimono wanita yang disebut kosode. Wanita mengenakan kosodedengan kain yang dililitkan di sekitar pinggang (koshimaki) dan/atau yumaki.Mantel panjang yang disebut uchikake dipakai setelahmemakai kosode.
Awal zaman Edo
Penyederhaan pakaian samurai berlanjut hingga zaman Edo.Pakaian samurai zamanZaman
Kecenderungan orang
Tali pinggang kumihimo dan
Akhir zaman Edo
Politik isolasi (sakoku) membuat terhentinya impor benang sutra. Kimono mulaidibuat dari benang sutra produksi dalam negeri. Pakaian rakyat dibuat dari kainsutra jenis crape lebih murah. Setelah terjadi kelaparan zaman Temmei(1783-1788), Keshogunan Edo pada tahun 1785 melarang rakyatuntuk mengenakan kimono dari sutra. Pakaian orangZaman Meiji dan zaman Taisho
Industri berkembang maju pada zaman Meiji.Produksi sutra meningkat, dan Jepang menjadi eksportir sutra terbesar. Hargakain sutra tidak lagi mahal, dan mulai dikenal berjenis-jenis kain sutra.Peraturan pemakaian benang sutra dinyatakan tidak berlaku. Kimono untuk wanitamulai dibuat dari berbagai macam jenis kain sutra. Industri pemintalan sutra didirikan diberbagai tempat di Jepang. Sejalan dengan pesatnya perkembangan industripemintalan, industri tekstil benang sutra ikut berkembang. Produknya berupaberbagai kain sutra, mulai dari kain krep, rinzu, omeshi, hinggameisen.Tersedianya beraneka jenis kain yang dapat diproses menyebabkanberkembangnya teknik pencelupan kain. Pada zaman Meiji mulai dikenal teknik yuzen, yakni menggambar dengan kuas untuk menghasilkan corak kain diatas kain kimono.
Sementara itu, wanita kalangan atas masih menggemari kain sutra yangbermotif garis-garis dan susunan gambar yang sangat rumit dan halus. Merekamengenakan kimono dari model kain yang sudah populer sejak zaman
Tidak lama setelah pakaian impor dari Barat mulai masuk ke Jepang, penjahit lokalmulai bisa membuat pakaian Barat. Sejak itu pula, istilah wafuku dipakaiuntuk membedakan pakaian yang selama ini dipakai orang Jepang dengan pakaiandari Barat. Ketika pakaian Barat mulai dikenal di Jepang, kalangan atas memakaipakaian Barat yang dipinjam dari toko persewaan pakaian Barat.
Di era modernisasi Meiji, bangsawan istana mengganti kimono dengan pakaianBarat supaya tidak dianggap kuno. Walaupun demikian, orang
Seragam militer dikenakanoleh laki-laki yang mengikuti dinas militer. Seragam tentara angkatan daratmenjadi model untuk seragam sekolah anak laki-laki. Seragam anak sekolah jugamenggunakan model kerah berdiri yang mengelilingi leher dan tidak jatuh kepundak (stand-up collar) persis model kerah seragam tentara. Pada akhir zamanTaisho, pemerintah menjalankan kebijakan mobilisasi. Seragam anak sekolahperempuan diganti dari andonbakama (kimono dan hakama) menjadipakaian Barat yang disebut serafuku (sailor fuku), yakni setelanblus mirip pakaian pelaut dan rok.
Zaman Showa
Semasa perang, pemerintah membagikan pakaian seragam untuk penduduklaki-laki. Pakaian seragam untuk laki-laki disebut kokumin fuku (seragamrakyat). Wanita dipaksa memakai monpei yang berbentuk seperti celanapanjang untuk kerja dengan karet di bagian pergelangan kaki.Setelah Jepang kalah dalam PerangDunia II, wanita Jepang mulai kembali mengenakan kimono sebelum akhirnyaditinggalkan karena tuntutan modernisasi. Dibandingan kerumitan memakai kimono,pakaian Barat dianggap lebih praktis sebagai pakaian sehari-hari.
Hingga pertengahan tahun 1960-an, kimono masih banyak dipakai wanita Jepang sebagaipakaian sehari-hari. Pada saat itu, kepopuleran kimono terangkat kembalisetelah diperkenalkannya kimono berwarna-warni dari bahan wol. Wanita zaman itumenyukai kimono dari wol sebagai pakaian untuk kesempatan santai.
Setelah kimono tidak lagi populer, pedagang kimono mencoba berbagai macamstrategi untuk meningkatkan angka penjualan kimono. Salah satu di antaranyadengan mengeluarkan "peraturan mengenakan kimono" yang disebut yakusoku.Menurut peraturan tersebut, kimono jenis tertentu dikatakan hanya cocok denganaksesori tertentu. Maksudnya untuk mendikte pembeli agar membeli sebanyakmungkin barang. Strategi tersebut ternyata tidak disukai konsumen, dan minatmasyarakat terhadap kimono makin menurun. Walaupun pedagang kimono melakukanpromosi besar-besaran, opini "memakai kimono itu ruwet" sudahterbentuk di tengah masyarakat Jepang.
Hingga tahun 1960-an, kimono masih dipakai pria sebagai pakaian santai dirumah. Gambar pria yang mengenakan kimono di rumah masih bisa dilihat dalamberbagai mangaterbitan tahun 1970-an. Namun sekarang ini, kimono tidak dikenakan pria sebagaipakaian di rumah, kecuali samue yang dikenakan paraperajin.
Bisnis kimono
Bahan kain kimono adalah hasil dari kesenian tenun tradisional Jepang yangbernilai seni. Kimono untuk kesempatan formal hanya dibuat dari kain sutra kelas terbaikdan hanya dijahit dengan tangan (tidak memakai mesin jahit).Oleh karena itu, harga kimono sering menjadi sangat mahal. Kimono umumnya tidakpernah dijual dalam keadaan jadi, melainkan harus dipesan dan dijahit sesuaidengan ukuran badan pemakai.Sewaktu membeli kain, tinggi badan pemakai tidak diperhitungkan. Bahankimono dibeli dalam satu gulungan kain yang ditenun dengan sempurna tanpacacat. Membeli kimono dimulai dengan pemilihan bahan kain kimono yang disebut tanmono, arti harfiah: gulungan kain dengan panjang 1 tan, atau sekitar 10,6 m). Bilakebetulan pemakai kimono bertubuh pendek dan ramping, setelah kimono selesaidijahit akan banyak bahan kimono yang tersisa. Sisa bahan kimono bisadimanfaatkan untuk membuat aksesori pelengkap kimono, seperti tas, dompet, atau sandal.
Kain kimono dapat dibeli dengan harga lebih murah pada kesempatan obralbahan kelas dua yang disebut B-tan ichi , arti harfiah: pasar kain kelasB) untuk membedakannya dari bahan kimono kelas A yang ditenun sempurna tanpacacat. Walaupun bahan kain yang dibeli memiliki sedikit cacat, penjahit kimonoyang berpengalaman dapat menyembunyikan bagian tenunan yang rusak. Setelahjadi, kimono dari pasar kain kelas B mungkin akan terlihat sama dengan kimonodari bahan sempurna.
Kimono yang dijahit dari bahan berkualitas tinggi merupakan benda warisankeluarga. Kimono bekas pakai masih mempunyai nilai jual tinggi, terutama karenaukuran kimono dapat disesuaikan dengan ukuran badan pemilik yang baru. DiJepang bisa dijumpai toko-toko yang menjual kimono bekas pakai. Semasa PerangDunia II, kimono pernah digunakan sebagai alat pembayaran sewaktu penduduk

Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Sample Text
Kategori
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Social Profiles
Arsip Blog
-
▼
2011
(773)
-
▼
October
(311)
- Pengertian Istilah Dalam Komputer
- Pengertian Webserver
- LAPORAN KEUANGAN
- Persamaan Akuntansi
- Klasifikasi Rekening
- Pengertian Akuntansi
- PENGERTIAN NARKOBA
- Pengertian Cookies
- Pengertian Konstitusi
- Pengertian Masyarakat Madani
- PENGERTIAN SUPERVISI PENDIDIKAN
- Pengertian LSM
- Pengertian Signal To Ratio (SNR)
- Pengertian hukum tata Negara
- Pengertian Istilah BIOS, BOOTSTRAP, BOOTLOADER, da...
- Definisi/Pengertian Virus Komputer, Worm, Trojan, ...
- Pengertian MySQL
- Pengertian Power Supply Unit
- Pengertian Musik dari Berbagai Tokoh
- PENGERTIAN DAN TUJUAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
- Pengertian Ulumul Qur’an
- Pengertian Statistik
- Pengertian Pendidikan Agama Islam menurut berbagai...
- PENGERTIAN KONSERVASI
- Pengertian Dan Hakikat Muhammadiyah_makalah abdi
- pengertian perintah dasar c++
- PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI BELAJAR
- PENGERTIAN ORGANISASI
- Pengertian Kecerdasan Emosional
- PENGERTIAN SUNNAH
- PERGESERAN PENGERTIAN "SUNNAH" KE "HADITS" I...
- Pengertian Dan Jenis Slot Memori
- Pengertian Etika
- PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK DAN RUANG LINGKUPNYA
- Pengertian Hukum (Elementer)
- Pengertian Manajemen
- PERUMUSAN DEMOKRASI PANCASILA
- SISTEM PEMERINTAHAN DEMOKRASI PANCASILA
- FUNGSI DEMOKRASI PANCASILA
- CIRI-CIRI DEMOKRASI PANCASILA
- PRINSIP POKOK DEMOKRASI PANCASILA
- DEMOKRASI PANCASILA
- PENGERTIAN DAN PENGENALAN INTERNET
- Pengertian Musik Nusantara
- Pengertian Dan Fungsi Motherboard
- Pengertian LAN,WAN,MAN
- Pengertian Disiplin
- Pengertian Semantik
- Pengertian Wakaf
- PENGERTIAN KONSELING MENURUT PARA AHLI
- PENGERTIAN DEFINISI DAN RUMUS BEP / TITIK IMPAS
- PENGERTIAN DAN PERKEMBANGAN TEORI PEMBELAJARAN
- Pengertian dan Fungsi ROM
- Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli
- PENGERTIAN BUDAYA POLITIK
- Pengertian OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)
- Tugas-tugas dalam Data mining
- Arsitektur Sistem Data mining
- PENGERTIAN DATA MINING DAN FUNGSI-FUNGSI DATA MINING
- PENGERTIAN DAN HAKEKAT PENDIDIKAN ISLAM
- Pengertian Internet dan Intranet
- Kelebihan Linux Ubuntu daripada yang lainnya
- keunggulan Linux
- Pengertian Linux
- PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI
- PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
- SISTEM BIAYA STANDAR DAN PENENTUAN HARGA POKOK VAR...
- BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA TENAGA KERJA
- METODE HARGA POKOK PROSES PENGANTAR
- DEPARTEMENTALISASI BIAYA OVERHEAD PABRIK
- METODE HARGA POKOK PESANAN
- BIAYA OVERHEAD PABRIK
- AKUNTANSI BIAYA DAN PENGERTIAN BIAYA
- Pengertian Kelompok Persepsi, Organisasi, Motivasi...
- PENGERTIAN WAHABI
- Pengertian Dan Fungsi Harddisk
- Pengertian Budi Pekerti
- Pengertian dan Bentuk Badan Usaha
- PENGERTIAN TASAWUF DAN TUJUAN TASAWUF
- Sejarah dan Keunggulan Teknologi CDMA
- Persamaan dan Perbedaan GSM dan CDMA
- Sastra Menurut Ahli Bedah Sastra, Budayawan dan Se...
- Sastra, Sesuatu yang Agung*
- Pengertian Pergaulan Bebas
- Pengertian Gerbang Logika
- PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENURUT BEBERAP...
- Pengertian e - Government
- Pengertian Bandwith
- Pengertian Jaringan dalam sistem telekomunikasi
- Definisi Sosiologi Menurut Beberapa Ahli
- PENGERTIAN SOSIOLOGI MENURUT PARA AHLI
- UNSUR INTRINSIK DAN UNSUR EKSTRINSIK SASTRA
- SEJARAH PERKEMBANGAN SASTRA
- Macam - macam / jenis Sastra
- PENGERTIAN SASTRA
- pengertian metodologi penelitian
- makalah pengertian identifikasi masalah dan tujuan...
- Sejarah Islam Di Spanyol
- SEJARAH PERKEMBANGAN SENAM
- Sejarah Dunia Kuno / Masa Silam
-
▼
October
(311)
Pengikut
Guest Counter
Powered by Blogger.
Labels
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Ads 468x60px
Popular Posts
-
FUNGSI MOTHERBOARD Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponenyang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada seti...
-
Paham Neoliberalisme(Mansour Fakih 2003) q Biarkan pasar bekerja tanpa distorsi (unregulated) market is the bestway to increase economic...
-
KHALIFAH ISLAM Sejarah KeKhalifahanIslam Rasulullah SAW telah memerintahkan kepada kaummuslimin agar mereka mengangkat seorang khalifah sete...
-
1. Arti Utilitarisme adalah faham atau aliran dalam filsafat moral yangmenekankan prinsip manfaat atau kegunaan ( theprinciple o...
-
Biaya (cost) dan beban (expense) adalah duahal yang berbeda karakteristiknya. Kos merupakan bahan olah dasar akuntansi (pengukuran yang dil...
-
Dari Wikipedia bahasa Indonesia,ensiklopedia bebas Wakaf ( Arab : وقف ,jamak: اوقاف , awqāf) adalah perbuatan yang dilakukan wakif (pihak y...
-
Romawi ialahperadaban dunia yang letaknya terpusat di kota Roma masa kini. Peradaban Romawidikembangkan Suku Latia yang menetap di lembah Su...
-
Teori Konsumsi Pengeluarankonsumsi terdiri dari konsumsi pemerintah (government consumption) dan konsumsirumah tangga (household consumption...
-
Saat kita mengakses Internet. kita akan berhubungan dengan yangnamanya cookies. Apa cookies itu dan bagaimana mengatasinya sehingga tidakmen...
-
Jumat, 05 Maret 2010 10:48 Jakarta - Gerakan zakat, infak, dan sedekah (ZIS), sudahlama bergema. Bahkan, dana yang bisa dihimpun melalui lem...
Blog Archive
-
▼
2011
(773)
-
▼
October
(311)
- Pengertian Istilah Dalam Komputer
- Pengertian Webserver
- LAPORAN KEUANGAN
- Persamaan Akuntansi
- Klasifikasi Rekening
- Pengertian Akuntansi
- PENGERTIAN NARKOBA
- Pengertian Cookies
- Pengertian Konstitusi
- Pengertian Masyarakat Madani
- PENGERTIAN SUPERVISI PENDIDIKAN
- Pengertian LSM
- Pengertian Signal To Ratio (SNR)
- Pengertian hukum tata Negara
- Pengertian Istilah BIOS, BOOTSTRAP, BOOTLOADER, da...
- Definisi/Pengertian Virus Komputer, Worm, Trojan, ...
- Pengertian MySQL
- Pengertian Power Supply Unit
- Pengertian Musik dari Berbagai Tokoh
- PENGERTIAN DAN TUJUAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
- Pengertian Ulumul Qur’an
- Pengertian Statistik
- Pengertian Pendidikan Agama Islam menurut berbagai...
- PENGERTIAN KONSERVASI
- Pengertian Dan Hakikat Muhammadiyah_makalah abdi
- pengertian perintah dasar c++
- PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI BELAJAR
- PENGERTIAN ORGANISASI
- Pengertian Kecerdasan Emosional
- PENGERTIAN SUNNAH
- PERGESERAN PENGERTIAN "SUNNAH" KE "HADITS" I...
- Pengertian Dan Jenis Slot Memori
- Pengertian Etika
- PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK DAN RUANG LINGKUPNYA
- Pengertian Hukum (Elementer)
- Pengertian Manajemen
- PERUMUSAN DEMOKRASI PANCASILA
- SISTEM PEMERINTAHAN DEMOKRASI PANCASILA
- FUNGSI DEMOKRASI PANCASILA
- CIRI-CIRI DEMOKRASI PANCASILA
- PRINSIP POKOK DEMOKRASI PANCASILA
- DEMOKRASI PANCASILA
- PENGERTIAN DAN PENGENALAN INTERNET
- Pengertian Musik Nusantara
- Pengertian Dan Fungsi Motherboard
- Pengertian LAN,WAN,MAN
- Pengertian Disiplin
- Pengertian Semantik
- Pengertian Wakaf
- PENGERTIAN KONSELING MENURUT PARA AHLI
- PENGERTIAN DEFINISI DAN RUMUS BEP / TITIK IMPAS
- PENGERTIAN DAN PERKEMBANGAN TEORI PEMBELAJARAN
- Pengertian dan Fungsi ROM
- Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli
- PENGERTIAN BUDAYA POLITIK
- Pengertian OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)
- Tugas-tugas dalam Data mining
- Arsitektur Sistem Data mining
- PENGERTIAN DATA MINING DAN FUNGSI-FUNGSI DATA MINING
- PENGERTIAN DAN HAKEKAT PENDIDIKAN ISLAM
- Pengertian Internet dan Intranet
- Kelebihan Linux Ubuntu daripada yang lainnya
- keunggulan Linux
- Pengertian Linux
- PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI
- PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
- SISTEM BIAYA STANDAR DAN PENENTUAN HARGA POKOK VAR...
- BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA TENAGA KERJA
- METODE HARGA POKOK PROSES PENGANTAR
- DEPARTEMENTALISASI BIAYA OVERHEAD PABRIK
- METODE HARGA POKOK PESANAN
- BIAYA OVERHEAD PABRIK
- AKUNTANSI BIAYA DAN PENGERTIAN BIAYA
- Pengertian Kelompok Persepsi, Organisasi, Motivasi...
- PENGERTIAN WAHABI
- Pengertian Dan Fungsi Harddisk
- Pengertian Budi Pekerti
- Pengertian dan Bentuk Badan Usaha
- PENGERTIAN TASAWUF DAN TUJUAN TASAWUF
- Sejarah dan Keunggulan Teknologi CDMA
- Persamaan dan Perbedaan GSM dan CDMA
- Sastra Menurut Ahli Bedah Sastra, Budayawan dan Se...
- Sastra, Sesuatu yang Agung*
- Pengertian Pergaulan Bebas
- Pengertian Gerbang Logika
- PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENURUT BEBERAP...
- Pengertian e - Government
- Pengertian Bandwith
- Pengertian Jaringan dalam sistem telekomunikasi
- Definisi Sosiologi Menurut Beberapa Ahli
- PENGERTIAN SOSIOLOGI MENURUT PARA AHLI
- UNSUR INTRINSIK DAN UNSUR EKSTRINSIK SASTRA
- SEJARAH PERKEMBANGAN SASTRA
- Macam - macam / jenis Sastra
- PENGERTIAN SASTRA
- pengertian metodologi penelitian
- makalah pengertian identifikasi masalah dan tujuan...
- Sejarah Islam Di Spanyol
- SEJARAH PERKEMBANGAN SENAM
- Sejarah Dunia Kuno / Masa Silam
-
▼
October
(311)
0 comments:
Post a Comment