Tuesday, May 3, 2011

Pengertian Ekonomi & Ilmu Ekonomi


Pengertian Ilmu Ekonomi

Dalam kehidupan sehari-hari, pastiAnda sering mendengar perkataan ekonomi. Coba sebutkan, apa saja yang mengandungperkataan ekonomi! Ya! Dapat juga ditambahkan, misalnya: pembangunan ekonomi,kesulitan ekonomi, golongan ekonomi lemah, pelayanan ekonomi, dan banyak lagi.
Istilah ekonomi mula-mulaberasal dari perkataan Yunani. Oikosberarti rumah tangga, dan nomosberarti aturan.
Tentunya Andaakan bertanya: “ Apakah rumah tangga keluarga?” Rumah tangga dalam hal inidapat meliputi rumah tangga perorangan (keluarga), badan usaha atau perusahaanrumah tangga pemerintah dsb.

Nah! Kapanilmu ekonomi dikenal dan mulai dipelajari?
Sebelum orang mengenal ilmu ekonomi, raja-raja dan para cerdik pandai padajaman dahulu menggunakan ilmu filsafat sebagai dasar untuk mengatur danmemecahkan persoalan ekonomi. Dengan semakin pentingnya peranan ekonomi dalamkehidupan, mulailah banyak ahli yang tertarik untuk memecahkan persoalanekonomi, karena filsafat tidak lagi sanggup memecahkan seluruh masalah yangberkembang di masyarakat. Dalam perkembangannya, kita mengenal seorang tokohsekaligus sebagai Bapak Ekonomi yaitu Adam Smith (1723 - 1790).
Dalambukunya An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth ofNation,biasa disingkat The Wealth of Nation, yang diterbitkan pada tahun 1776. Secarasistematis untuk pertama kalinya Adam Smith menguraikan kehidupan ekonomisecara keseluruhan serta menunjukkan bagaimana semua itu berhubungan satu samalain. Sejak itu jumlah pemikir ekonomi bertambah banyak, dan akhirnya ilmuekonomi mengalami perkembangan yang pesat sebagai suatu cabang ilmu yangberdiri sendiri.
Bidang yang dipelajari oleh ilmu ekonomi sangat luas,yaitu tentang tingkah laku manusia dalam masyarakat, dalam usahanya mencarinafkah dan segala apa yang berhubungan dengan itu.
Sebetulnyabanyak lagi definisi yang dapat diberikan, tetapi hakekatnya sama didasarkankepada kebutuhan manusia.
Ilmuekonomi : Bahan kajian yang mempelajari upaya manusia memenuhi kebutuhan hidupdi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan
Dalam perkembangannya, ilmu ekonomi kemudianbercabang-cabang mengikuti perkembangan kehidupan ekonomi itu sendiri. Secaragaris besar, perhatikan bagan pembagian ilmu ekonomi berikut ini.

 

Ilmu ekonomi deskriptif adalah kajianyang memaparkan secara apa adanya tentang kehidupan ekonomi suatu daerah ataunegara pada suatu masa tertentu. Misalnya:
·        Ekonomi Indonesia padatahun 70-an.
·        Ekonomi Jepang pascaperang dunia II.
Selain itu ilmu ekonomi juga dibahaskhusus secara teori yaitu makro ekonomi dan mikro ekonomi. Ilmu ekonomi teoriini membahas gejala-gejala yang timbul sebagai akibat perbuatan manusia dalamusahanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Dalam hal ini makro ekonomi, mengkajitentang pendapatan nasional, kesempatan kerja, pengangguran, inflasi, dsb. Mikro ekonomi, hanyamempelajari bagian-bagian dari teori ekonomi secara lebih mendalam seperti:pembentukan harga, rumah tangga produksi, konsumen, dsb.
Cabang yangketiga dari ilmu ekonomi adalah ekonomi terapan. Ilmu ekonomi terapan merupakancabang ilmu yang membahas secara khusus tentang penerapan teori ekonomi dalamsuatu rumah tangga produksi, misalnya: ekonomi perusahaan, ekonomi moneter,ekonomi perbankan, dsb.
Bagaimana kaitan ilmu ekonomi denganilmu-ilmu yang lain? Karena perbuatan manusia sebagian besar ditujukan untukmemenuhi kebutuhan hidup, maka ilmu ekonomi dapat dikatakan memegang perananpenting dalam kehidupan sosial.

RumahTangga Keluarga

Rumah tangga keluarga adalah tatakehidupan yang berlaku dalam satu keluarga. Keluarga dalam hal ini meliputikelompok masyarakat yang terdiri dari suami isteri beserta anak-anaknya. CobaAnda pikirkan, persoalan apakah yang dihadapi oleh setiap keluarga?Persoalanyang dihadapi oleh semua rumah tangga keluarga adalah: bagaimana caramemperoleh barang dan jasa agar dapat memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.Untuk itu ada anggota keluarga yang bekerja sebagai petani, pengrajin, buruh,pegawai atau sebagai pedagang.  Nah! Terus apa peran rumah tangga ini dalam kegiatanekonomi? Dalam kegiatan ekonomi mereka berperan sebagai pemakai barang ataujasa sekaligus sebagai sumber daya produksi yakni menyediakan tenaga dan modal.
Lalu apa peranan perusahaandalam kegiatan ekonomi?  Perusahaanmerupakan suatu organisasi yang menyatukan sumber daya produksi untukmenghasilkan barang atau jasa dengan tujuan mencari laba. Adapun peranan perusahaandalam kegiatan ekonomi adalah sebagai penyedia barang dan jasa bagi masyarakat.

Bagaimana dengan pemerintah? Coba Anda pikirkan apaperanan pemerintah dalam kegiatan ekonomi?
Sebagaimana telah kita kaji, pemerintah dapat melakukancampur tangan dalam kehidupan perekonomian. Campur tangan pemerintah dapatdalam bentuk peraturan atau pengarahan dan perlindungan.
Nah! Dalam kegiatan ekonomi, pemerintah berperan sebagai pengatur, pelindungsekaligus menyelenggarakan jasa-jasa untuk keperluan masyarakat, seperti:pembuatan jalan, jembatan, sekolah dan fasilitas lainnya. Selain pemerintah,pelaku ekonomi yang keempat adalah luar negeri.
Tahukah Anda, apa peranan luar negeri dalam kegiatanekonomi? Betul! Luar negeri dalam kegiatan ekonomi dapat berperan sebagaipenanam modal, pemasok tenaga kerja (ahli), pemakai barang (ekspor bagi kita)dan pemasok hasil produksi yang kita butuhkan (impor bagi kita).Telah kita ketahui bersama,bahwa kelangkaan alat pemuas kebutuhan merupakan masalah dari segala sumber masalah.Persoalannya bagaimana dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas, kita dapatmemenuhi kebutuhan kita yang banyak dan beraneka ragam. Tindakan yang palingtepat untuk menjawab pertanyaan tersebut harus melakukan pilihan ekonomi, yaitumemilih kebutuhan mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan kebutuhan manayang harus ditunda. Atau dengan istilah lain kita harus melakukan skalaprioritas. Nah! Jika dalam memenuhi kebutuhan Anda senantiasa melakukan pilihanekonomi, berarti Anda telah melakukan tindakan ekonomi. Dengan memilih, berartikita berusaha mendapatkan kenikmatan yang sebesar-besarnya dari kebutuhan yanghendak kita penuhi. Memilih berarti mempertimbangkan kebutuhan mana yang kitapenuhi terlebih dahulu dan kebutuhan mana yang hendak kita tunda atau kitakorbankan. Nah! Untuk ilustrasi perhatikan contohberikut! Anda mempunyai uang Rp. 10.000,00, dengan uang itu Anda bermaksudmembeli buku tulis dan pensil. Harga sebuah buku Rp. 2.000,00 sedang hargapensil Rp. 1.000,00 per buah. Sebenarnya Anda ingin membeli 5 buah buku tulisdan 10 pensil, tetapi hal itu tidak mungkin karena keterbatasan yang Andamiliki. Anda harus memilih bagaimana membagi uang tersebut agar dapatmemperoleh buku dan pensil.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes