Saturday, April 30, 2011

PERENCANAAN STRATEGIK DAN PROSES PEMASARAN


Perencanaan strategik
Proses mengembangkan dan memelihara strategi yang cocok antara tujuan dan kemampuan
organisasi serta peluang pemasaran yang berubah.
Langkah-langkah dalam perencanaan strategik:

I.    TingkatPerusahaan
Mendefinisikan Misi Perusahaan àMenetapkan Tujuan dan Sasaran PerusahaanàMerancang PortofolioBisnis
II.  Tingkat UnitBisnis, produk dan Pasar
àPerencanaan,Pemasarandan Strategi Fungsional yang Lain



. 1. Mendefinisikan Misi Perusahaan
Misi: apa yang harus dilakukan suatu organisasi dapat berhasil (apa bisnis kita)
Visi: cara pandang jauh ke depan, ke mana organisasi harus dibawa, agar organisasi
tersebut dapat eksis. (akan menjadi apa bisnis kita)
. 2. Menetapkan Sasaran dan Tujuan Perusahaan
Tujuan: sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka panjang
Sasaran: hasil- hasil yang ingin dicapai dalam jangka pendek
. 3. Merancang Portofolio Bisnis
Portofolio bisnis: kumpulan bisnis dan produk yang menyusun perusahaan
Portifolio bisnis yang baik adalah yang paling cocok dengan kekuatan dan kelemahan
perusahaan terhadap peluang dalam lingkungan
Dengan demikian, perusahaan harus:
a. Menganalisis portofolio bisnis saat ini dan memutuskan bisnis mana yang harus
menerima investasi lebih banyak, lebih sedikit atau tidak menerima.
 Analisis portofolio: suatu alat yang dipergunakan oleh manajemen untuk
mengenali dan mengevaluasi berbagai bisnis yang membentuk perusahaan.
 Unit Bisnis Strategik (UBS): suatu unit perusahaan dengan misi dan sasaran
terpisah serta dapat direncanakan secara independen dari bisnis milik
perusahaan yang lain
UBS dapat berupa sebuah divisi perusahaan, lini produk dalam suatu divisi,
produk dan merek.
 Alat Analisis Portofolio
Pendekatan Boston Consulting Group (BCG) = Matriks Pertumbuhan
Pangsa Pasar.
Adalah metode perencanaan portofolio yang mengevaluasi unit bisnis strategik
milik perusahaan dari segi percepatan pertumbuhan pasar dan pangsa
pasar relatif.
Keterangan:
Ø Question Marks (Tanda Tanya)
Unit bisnis dengan pangsa pasar rendah dalam pasar yang tumbuh cepat
UBS ini memerlukan banyak uang, karena perusahaan harus menambahkan
banyak pabrik, peralatan dan karyawan untuk menadingi pasar
yang tumbuh cepat dan juga didorong untuk ingin mengalahkan pasar.
Ø Star (Bintang)
Unit bisnis dengan pangsa pasar tinggi dan tingkat pertumbuhan pasar
yang tinggi. Dalam hal ini, perusahaan harus mengeluarkan banyak uang
untuk menandingi pertumbuhan pasar dan melawan serangan pesaing
Ø Cash Cow (Sapi Perah)
Unit bisnis dengan pertumbuhan lambat dan pangsa pasar yang tinggi.
UBS ini kurang memerlukan investasi untuk mempertahankan pangsa
pasarnya, sehingga hasilnya bisa digunakan untuk membayar kewajiban
dan mendukung UBS lainnya.
Ø Dog (Anjing)
Unit bisnis dengan pertumbuhan lambat dan pangsa pasar yang rendah.
UBS ini menghasilkan uang yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhannya
sendiri. Di sini, perusahaan hasru berpikir untuk mempertahankan/
menutup UBS tersebut.
Setelah memetakan UBS ke dalam BCG, maka perusahaan harus memilih
alternatif yang harus dilakukan:
¨ Kembangkan: meningkatkan pangsa pasar
¨ Pertahankan: mempertahankan pangsa pasar
¨ Panen: meningkatkan pemasukkan uang jangka pendek
¨ Jual: menjual/melikuidasi unit bisnis
b. Mengembangkan strategi pertumbuhan untuk menambah produk atau bisnis baru
pada portofolio
Keterangan:
¨ Penetrasi Pasar
Strategi pertumbuhan perusahaan dengan meningkatkan penjualan produk
yang sudah ada kepada segmen pasar yang sudah ada tanpa mengubah produk
dengan cara apapun. Caranya melalui promosi, iklan dan distribusi
¨ Pengembangan Pasar
Strategi untuk pertumbuhan perusahaan dengan mengidentifikasi dan
mengembangkan segmen pasar baru untuk produk yang sudah ada.
¨ Pengembangan Produk
Strategi untuk pertumbuhan perusahaan dengan menawarkan produk yang
dimodifikasi atau produk baru ke segmen pasar yang sudah ada.
¨ Diversifikasi
Strategi untuk pertumbuhan perusahaan dengan memulai atau mengambil
alih bisnis di luar produk atau pasar yang sudah ada.
ad. 4. Merencanakan Strategi Funsional
Departemen Fungsional: pemasaran, keuangan, akunting, SDM, manufaktur
Peran pemasaran dalam perencanaan strategik:
a. Pemasaran menyediakan falsafah sebagai pedoman, yaitu konsep pemasaran
b. Pemasaran menyediakan input bagi pembuat rencana strategik dan membantu
mengenali peluang pasar yang menarik dan menilai potensi perusahaan untuk
mengambil manfaat dari peluang tadi.
Pemasar dan Fungsi Bisnis lain:
Pemasar menyatakan perusahaan tidak dapat sukses tanpa pelanggan (menarik dan
mempertahankan pelanggan), sehingga semua fungsi dalam perusahaan harus saling
mendukung.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes