Tuesday, April 26, 2011

Manajemen Biaya


Manfaat Manajemen Biaya
Informasi Manajemen Biaya merupakaninformasi yang dibutuhkan untuk mengelola secara efektif perusahaan atauorganisasi non laba baik berupa informasi keuangan tentang biaya dan pendapatanmaupun informasi non keuangan yang relevan yaitu produktivitas, kualitas danfaktor kunci sukses lainnya untuk perusahaan.
Fokus utama informasi manajemen biayaadalah kemanfaatan dan ketepatan waktu.

              Empat Fungsi Manajemen
     Manajemen Strategik
     Perencanaan dan Pengambilan keputusan
     Pengendalian manajemen dan operasional
     Penyiapan laporan keuangan
              Jenis-jenis organisasi
              Organisasi/perusahaan yang berorientasi pada laba
              Organisasi non profit
              Objek dan Pemicu Biaya (Cost Driver)
Objek biaya merupakan sesuatu atauaktivitas dimana biaya diakumulasikan. Objek-objek biaya antara lain:
Produk atau kelompok produk yangsaling berhubungan
Jasa
Departemen
Proyek

              Lingkungan Bisnis Kontemporer
Perubahan-perubahan yang menyebabkanadanya modifikasi yang signifikan dalam praktik-praktik manajemen biaya:
Meningkatnya kompetisi global
Kecanggihan teknologi informasi danpemanufakturan
Lebih memfokuskan pada pelanggan
Bentuk baru organisasi manajemen
Perubahan sosial politik danlingkungan budaya
              Teknik Manajemen Kontemporer
Pada umumnya para manajer menggunakanalat-alat berikut ini untuk mengimplementasikan strategi perusahaan dan untukmembantu pencapaian keberhasilan yang kritis/penting diantaranya:
Benchmarking
Total quality management (TQM)
Continous Improvement (Kaizen)
Activity Based Costing
The theory of constraint
Mass costumization
Target costing
Life cycle costing
Balanced scorecard

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes