Saturday, April 30, 2011

Penetapan Harga Produk


PENETAPAN HARGAPRODUK
Harga adalah jumlah uang yang ditagihkanuntuk suatu produk atau sejumlah nilai yang dipertukarkan
konsumen untuk manfaat memiliki ataumenggunakan produk.
Faktor-faktor yang diperhatikan bilamenetapkan harga:
1. Sasaran Pemasaran
a. Bertahan hidup
Perusahaan menghadapi kelebihankapasitas, persaingan ketat atau keinginan konsumen
berubah. Dalam hal ini perusahaan akanmenetapkan harga rendah dengan

harapan permintaan akan naik. Fungsiharga di sini adalah untuk me nutup biaya
variabel dan sedikit biaya tetap.
b. Memaksimalkan laba saat ini
Perusahaan memperkirakan berapa besarpermintaan dan biaya pada beberapa harga
yang berbeda dan memilih yangmenghasilkan laba, arus kas dan pengembalian investasi
maksimal saat ini.
c. Kepemimpinan pasar
Perusahaan yakin bahwa menjadi pemimpinpasar akan menikmati biaya terendah
dan laba jangka panjang terbesar
d. Kepemimpinan mutu produk
Keputusan ini mengharuskan penetapanharga tinggi untui menutup biaya mutu dari
produk yang dihasilkan

2. Strategi Bauran Pemasaran
Harga merupakan alat bauran pamasaranyang digunakan perusahaan untuk mencapai
sasaran pemasarannya, sehingga keputusanharga harus dikoordinasikan dengan rancangan
produk, distribusi dan promosi yangmembentuk program pemasaran yang konsisten
dan efektif.
Faktor-faktor internal:
· Sasaranpemasaran
· Strategi bauran
pemasaran
· Biaya
· Pertimbangan
organisasi
Keputusan
Penetapan
Harga
Faktor-Faktor Eksternal:
· Sifat Pasar dan
permintaan
· Persaingan
· Faktor-faktor
lingkungan

3. Biaya
Biaya terdiri dari biaya tetap dan biayavariabel, sehingga manajemen ingin menetapkan
harga sekurang-kurangnya menutup biayaproduksi total pada tingkat produksi tertentu.

4. Pertimbangan Organisasi
Meliputi pihak-pihak di dalam organisasiyang terlibat dalam penetapan harga.

5. Pasar dan Permintaan
a. Penetapan harga dalam tipe pasar yangberbeda:
· Pasar persaingansempurna
Pasar dengan banyak pembeli dan penjualyang memperdagangkan komoditi
yang seragam. Sehingga harga tidakdipengaruhi oleh pembeli dan penjual
· Pasarmonopolistik
Pasar dengan banyak pembeli dan penjualyang berdagang dalam kisaran harga
harga tertentu.
· Pasaroligopolistik
Pasar dengan beberapa penjual yang amatpeka terhadap strategi penetapan harga
dan strategi pemasaran penjual lain.
· Monopoli
Pasar dimana hanya ada satu penjual
b. Persepsi konsumen mengenai harga dannilai
c. Menganalisis hubungan harga danpermintaan
6. Pesaing
Perusahaan harus memprediksi pengaruhbiaya dan harga pesaing, serta kemungkinan
reaksi pesaing terhadap perubahan hargaperusahaan
7. Faktor-faktor lingkungan
Faktor ekonomi, pemerintah, pertimbangansosial
Pendekatan Umum dalam Penetapan Harga
1. Penetapan Harga Berdasarkan Biaya
a. Metode Cost Plus Pricing
Menambah angka standar pada biaya produk
b. Analisis Titik Impas
Menetapkan harga yang impas dengan biayamembuat dan memasarkan produk
2. Penetapan Harga Berdasarkan Nilai
Menetapkan harga berdasarkan padapersepsi pembeli mengenai nilai.
Perbedaan penetapan harga berdasarkannilai dan biaya:
a. Penetapan harga berdasarkan biaya
Produk ------àBiaya------à Harga------à Nilai------à Pelanggan
b. Penetapan harga berdasarkan nilai
Pelanggan ------àNilai------à Harga------à Biaya------à Produk
3. Penetapan Harga BerdasarkanPersaingan
a. Penetapan harga menurut keadaan
Penetapan harga terutama dengan mengikutiharga pesaing, bukan berdasarkan pada
biaya perusahaan atau permintaan
b. Penetapan harga penawaran tertutup
Penetapan harga berdasarkan pendapatperusahaan mengenai bagaimana pesaing
menetapkan harga ketimbang pada biayaatau permintaannya sendiri, dipergunakan
apabila perusahaan mengikuti lelanguntuk memperoleh pekerjaan.
Strategi Penetapan Harga Bauran produk
1. Penetapan Harga Lini Produk
Menetapkan perbedaan harga antaraberbagai produk dalam lini produk berdasarkan pada
perbedaan biaya antara produk, penilaianpelanggan atau sifat-sifat yang berbeda dan
harga pesaing.
2. Penetapan Harga Produk Pilihan
Penetapan harga produk pilihan atautambahan bersama dengan produk utama
3. Penetapan Harga Produk Terikat
Penetapan harga untuk produk yang harusdipergunakan bersama dengan produk utama
4. Penetapan Harga Produk Sampingan
Penetapan harga untuk produk sampingan,agar produk utama dapat lebih bersaing
5. Penetapan Harga Paket Produk
Menggabungkan beberapa produk danmenawarkan paket dengan harga lebih murah.
Strategi Penyesuaian Harga
1. Penetapan harga diskon danpengurangan harga
Mengurangi harga untuk menghargaipelanggan yang memberikan respons seperti
membayar lebih awal atau mempromosikanproduk, bentuknya:
a. Diskon tunai
Pengurangan harga bagi pembeli yangmembayar tagihan tepat waktu.
b. Diskon pembelian banyak
Pengurangan harga bagi pembeli yangmembeli dalam jumlah besar
c. Diskon fungsional
Pengurangan harga yang ditawarkan olehpenjual kepada anggota saluran distribusi
yang melakukan fungsi tertentu, sepertimenjual, menyimpan dan mencatat.
d. Diskon musiman
Pengurangan harga bagi pembeli yangmembeli produk di luar musimnya.
e. Pengurangan harga
Uang promosi yang dibayarkan pabrikkepada pengecer sebagai imbalan atas persetujuan
untuk mendukung produk dengan caratertentu
2. Penetapan harga tersegmentasi
Menjual satu produk dengan 2 harga ataulebih, walaupun perbedaan harga tidak didasarkan
pada perbedaan biaya, bentuknya:
a. Penetapan harga berdasarkan segmenpelanggan
b. Penetapan harga berdasarkan bentukproduk
c. Penetapan harga berdasarkan lokasi
d. Penetapan harga berdasarkan waktu
3. Penetapan harga psikologis
Pendekatan penetapan harga yangmempertimbangkan psikologi harga dan bukan hanya
ekonomi. Harga dipakai untuk menyatakansesuatu mengenai produk.
4. Penetapan harga untuk promosi
Menetapkan harga di bawah hargasesungguhnya, sehingga dapat meningkatkan penjualan
dalam jangka pendek, bentuknya:
a. Pemancing: menurunkan harga beberapaproduk, agar konsumen tertarik membeli
dan membeli produk lain yang harganyanormal.
b. Penetapan harga berkaitan denganperistiwa khusus
c. Pembiayaan bunga rendah
d. Perjanjian garansi dan pelayanan
5. Penetapan harga berdasarkan nilai
Menawarkan kombinasi yang tepat darimutu dan jasa yang baik dengan harga yang
pantas
6. Penetapan harga berdasarkan geografik
Menyesuaikan harga untuk memperhitungkanlokasi geografik pelanggan, bentuknya:
a. Penetapan harga FOB-origin
Strategi penetapan harga denganmengangkut barang sampai di atas kendaraan
pengangkut. Pelanggan membayar ongkosdari pabrik sampai ke tempat tujuan.
b. Penetapan harga dengan tarif krimseragam
Strategi penetapan harga dengan hargayang sama ditambah ongkos kirim kepada
semua pelanggan tanpa memperdulikanlokasi
c. Penetapan harga berdasarkan zona
Strategi penetapan harga geografikdimana perusahaan menetapkan 2 zona atau lebih
d. Penetapan harga berdasarkan pangkalan
Strategi penetapan harga dimana penjualmenetapkan beberapa kota sebagai pangkalan
dan menghitung ongkos kirim dari kotatersebut ke tempat pangkalan.
e. Penetapan harga termasuk ongkos kirim
Strategi penetapan harga dimana penjualmenanggung semua atau sebagian ongkos
kirim sebenarnya, agar memperoleh bisnisyang diinginkan
7. Penetapan harga internasional
Menyesuaikan harga untuk pasarinternasional
Strategi Perubahan Harga
1. Mempelopori Perubahan Harga
a. Mempelopori penurunan harga,alasannya
· Kelebihankapasitas
· Turunnya pangsapasar
· Mendominasipasar lewat harga rendah
b. Mempelopori kenaikan harga, alasannya
· Inflasi biaya
· Permintaan yangberlebihan
c. Reaksi pembeli terhadap perubahanharga
d. Rekasi pesaing terhadap perubahanharga
2. Menanggapi perubahan Harga
Empat alternatif, apabila pesaingmengadakan perubahan harga:
a. Menurunkan harga
b. Menaikkan anggapan mutu
c. Memperbaiki mutu dan menaikkan harga
d. Meluncurkan merek baru
Sebelum mengambil tindakan tersebut,hendaknya perusahaan tetap mempertahankan
harga sambil terus memantau pesaing.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes