Tuesday, April 26, 2011

Total Quality Management (TQM)


          
Taufik Julia, S.E

Pengantar
Dunia telah berubah kompetisiglobal memberi banyak pilihan yang banyak kepada konsumen dan mereka semakinsadar biaya (cost conscius) dan sadar nilai (value conscius), dalammeminta produk dan jasa yang berkualitas tinggi.
Banyak perusahaan diduniaberusaha mendapatkan sertifikasi ISO 9000. ISO 9000 merupakan pedoman untukmengelola kualitas dan standar kualitas yang dikembangkan oleh InternationalOrganization for Standardization di Geneva.
Agar perusahaan mendapatkansertifikasi ISO 9000, perusahaan harus membuktikan bahwa mereka mengikutiprosedur operasi yang ada pada ISO 9000, yang meliputi inspeksi terhadap prosesproduksi, memelihara peralatan, melatih tenaga kerja, menguji produk dandikaitkan dengan keluhan pelanggan. Perusahaan independen mengaudit operasiperusahaan dan membuat rekomendasi untuk mengeluarkan sertifikat tersebut.
Pengakuan bahwa kegagalanmenghasilkan produk berkualitas tinggi menimbulkan biaya tinggi mendorongperusahaan untuk meningkatkan kualitas pada produk dan jasa mereka. Biayakualitas dapat menjadi sangat tinggi, pada perusahaan di USA rata-rata biayakualitas yang dikeluarkan sebesar 20%-25% dari penjualan. Dilain pihak,perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa berkualitas, dapat meningkatkanpenjualan dan meningkatkan penjualan dan mendapatkan laba yang tinggi.


Kualitas dan manajemen biayastratejik (strategict cost management)
Selama dua dekade terakhir,para CEO pada banyak perusahaan menyadari bahwa strategi yang dipicu olehpeningkatan kualitas dapat mengarahkan pada keunggulan pasar yang signifikan,meningkatkan profitabilitas dan memberikan kesejahteraan jangka panjang.
Perusahaan yang memilih untukbersaing melalui harga yang rendah bukan berarti memilih untuk memproduksidengan kualitas yang rendah. Harga yang rendah tetap harus memenuhi harapanpelanggan.
Kualitas dan manajemen biayastratejik (strategict cost management) lanjutan…
Kualitas merupakan hal yangsignifikan untuk berbagai alasan lain. Biaya kualitas sering kali mempunyaiporsi yang besar terhadap pendapatan.
Sebuah riset yang dilakukanoleh PIMS Associate, Inc., menguji lebih dari 1200 perusahaan untuk menentukandampak kualitas terhadap kinerja perusahaan menemukan bahwa:
                       Kualitas produk dan profitabilitas berhubungan erat
                       Bisnis/perusahaan yang menawarkan produk dan jasadengan kualitas tinggi mempunyai pangsa pasar lebih besar
                       Kualitas berhubungan secara positif dengan returnon investment (ROI) yang lebih tinggi
Manajemen kualitas total (totalquality management)
Untuk dapat bertahan danberhasil dalam lingkungan kompetisi global, perusahaan harus menghasilkanproduk yang berkualitas dan memberikan pelayanan yang berkualitas. Produk danjasa yang berkualitas juga meningkatkan keunggulan kompetitif yang dimilikiperusahaan.
Suatu produk dapat dikatakanberkualitas apabila sesuai dengan spesifikasinya dan sesuai dengan harapanpelanggan. Suatu produk dapat dikatakan berkualitas jika produk tersebut sesuaiatau melebihi harapan pelanggan dengan harga yang kompetitif.
Manajemen kualitas total (totalquality management) lanjutan….
Procter & Gamblemenggunakan definisi yang ringkas dan dapat diterima dengan baik  tentang manajemen kualitas (TQM): “merupakanupaya yang dilakukan secara terus menerus oleh setiap orang dalam organisasiuntuk memahami, memenuhi dan melebihi harapan pelanggan”. Deskripsi Procter& Gamble tentang TQM menunjukkan bahwa prinsip inti dari dari TQM adalahproses yang:
                       Berfokus pada kepuasan pelanggan
                       Berusaha keras untuk melakukan perbaikan secara terusmenerus
                       Melibatkan seluruh kekuatan kerja
Pedoman pengimplementasian tqm
Pengimplementasian TQM bukanmerupakan tugas yang mudah dan membutuhkan banyak waktu. The Institute ofManagement Accountants (IMA) yakin bahwa sebuah organisasi membutuhkanwaktu tiga sampai lima tahun untuk berubah dari manajemen tradisional menjadiTQM. Adapun tahapan dalam pengimplementasian TQM antara lain:
                       Tahun Satu
                       Tahun Dua
                       Tahun Tiga 
Pedoman pengimplementasian tqmlanjutan…
Tahun Satu:
§Membentuk dewan dan stafkhusus
§Melaksanakan program pelatuhankualitas eksekutif
§Melakukan audit khusus
§Membuat analisa penyimpangan
§Mengembangkan rencana perbaikankualitas strategik
Tahun Dua:
vMelaksanakan program pelatihandan komunikasi karyawan
vMenyusun tim kualitas
vMenciptakan sistem pengukurandan menentukan tujuan
Tahun Tiga :
ØMerevisi sistemkompensasi/penilaian/pengakuan
ØMeluncurkan inisiatifeksternal dengan supplier
ØMelakukan review dan revisi
Jenis-jenis conformance (kesesuaian)
Kualitas adalah kesesuaiandengan spesifikasi produk atau jasa yang memenuhi atau melebihi permintaan danharapan pelanggan/konsumen. Meskipun demikian, conformance (kesesuaian)bisa saja berbeda untuk individu atau perusahaan yang satu dengan lainnya,seperti yang dilakukan oleh Sony antara lain:
Goalpost Conformance
              Adalah kesesuaian dengan spesifikasi kualitas yangdiekspresikan sebagai kisaran tertentu disekitar target.
Absolute Quality Conformance
              Mensyaratkan semua produk atau jasa benar-benarmemenuhi target nilai tanpa penyimpangan
Biaya kualitas
Biaya kualitas adalahbiaya-biaya yang berkaitan dengan pencegahan, pengidentifikasian, perbaikan danpembetulan produk yang berkualitas rendah, dan dengan opprtunity cotsdari hilangnya waktu produksi dan penjualan sebagai akibat rendahnya kualitas.
Biaya penilaian 
Biaya penilaian (deteksi)dikeluarkan dalam rangka pengukuran dan analisis data untuk menentukan apakahproduk atau jasa sesuai dengan spesifikasinya.
Biaya penilaian meliputi:
                       Biaya pengujian dan inspeksi
                       Peralatan pengujian
                       Audit kualitas
                       Pengujian secara laborat
                       Pengujian dan evaluasi lapangan
                       Biaya informasi
Biaya pencegahan
Biaya pencegahan adalahpengeluaran-pengeluaran yang dikeluarkan untuk mencegah terjadinya cacatkualitas. Biaya pencegahan meliputi:
                       Biaya pelatihan kualitas
                       Biaya perencanaan kualitas
                       Biaya pemeliharaan peralatan
                       Biaya penjaminan supplier
Biaya kegagalan internal
Biaya kegagalan internaladalah biaya yang dikeluarkan karena rendahnya kualitas yang ditemukan sejakpenilaian awal sampai dengan pengiriman kepada pelanggan.
Beberapa jenis biaya kegagalaninternal:
                       Biaya tindakan koreksi
                       Biaya pengerjaan kembali (rework) dan biayasisa produksi (scrap)
                       Biaya proses
                       Biaya ekspedisi
                       Biaya inspeksi dan pengujian ulang
Biaya kegagalan eksternal
Biaya kegagalan eksternalmerupakan biaya yang terjadi dalam rangka meralat cacat kualitas setelah produksampai pada pelanggan, dan laba yang gagal diperoleh karena hilangnya peluangsebagai akibat adanya produk atau jasa yang tidak dapat diterima olehpelanggan. Biaya-biaya ini meliputi:
                       Biaya untuk menangani keluhan dan pengembalian daripelanggan
                       Biaya penarikan kembali dan pertanggungjawaban produk
                       Penjualan yang hilang karena produk yang tidakmemuaskan
Melaporkan biaya kualitas
Dalam melaporkan biayakualitas meliputi mendefinisikan data, mengidentifikasi sumber data,mengumpulkan data dan menyiapkan serta mendistribusikan laporan biaya kualitas.
Tantangan manajemen kualitastotal bagi akuntan manajemen
Peran akuntan manajemen dalammanajemen kualitas total (TQM) yaitu mengumpulkan semua informasi kualitas yangrelevan, berpartisipasi secara aktif dalam semua fase program kualitas, danmereview serta menyebarkan laporan biaya kualitas. Sistem manajemen kualitasyang dikembangkan tanpa keterlibatan yang aktif dari akuntan manajemen bisagagal untuk merealisasikan potensinya. Akuntan manajemen harus dilibatkansecara total dalam aktivitas perbaikan kualitas perusahaan.
Tantangan manajemen kualitastotal bagi akuntan manajemen lanjutan….
IMA menjelaskan bahwaaktivitas-aktivitas berikut ini melibatkan akuntan manajemen:
                       Memastikan perwakilan akuntan manajemen pada komisipengendalian kualitas utama dan tim perbaikan kualitas
                       Membuat perusahaan benar-benar sadar terhadap benchmarkyang kompetitif, tingkat perhatian pelanggan dan biaya kualitas
                       Berpartisipasi secara aktif dalam mengidentifikasidaerah-daerah yang membutuhkan perbaikan kualitas atau merupakan peluangperbaikan kualitas terbesar
                       Mengembangkan ukuran kualitas guna memonitor danmenilai perkembangan ke arah tujuan kualitas
                       Terlibat dalam keputusan penentuan supplier
                       Mereview dan evaluasi terhadap efektivitaspengendalian
                       Mengumpulkan dan melakukan review secara terusmenerus  terhadap sisa produksi danbiaya-biaya perbaikan


Tantangan manajemen kualitastotal bagi akuntan manajemen lanjutan….
Isi dalam laporan biayakualitas dapat sangat bervariasi tergantung pada karakteristik organisasi danoperasiny. Akuntan manajemen perlu meyakinkan bahwa proses pengukuran danpelaporan memenuhi kriteria berikut ini:
                       Memenuhi kebutuhan konsumen internal
                       Meliputi semua biaya kualitas yang relevan baik yangberupa ukuran keuangan maupun non keuangan
                       Mengadaptasi ukuran sesuai perubahan kebutuhan
                       Menyesuaikan ukuran untuk mencerminkan kualitas dantantangan bisnis
                       Sederhana dan mudah digunakan, dilaksanakan dandimonitor
                       Memberikan umpan balik yang cepat dan tepat waktukepada para pemakai laporan dan para manajer
                       Membantu perkembangan, tidak sekedar memonitor
                       Memotivasi dan memberi tantangan bagi anggota timuntuk tetap berusaha keras memperoleh kualitas tinggi.
Terima kasih…….




0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes