Tuesday, April 26, 2011
Total Quality Management (TQM)
6:10 AM | Posted by
bowosukses |
Edit Post
Taufik Julia, S.E
Pengantar
Dunia telah berubah kompetisiglobal memberi banyak pilihan yang banyak kepada konsumen dan mereka semakinsadar biaya (cost conscius) dan sadar nilai (value conscius), dalammeminta produk dan jasa yang berkualitas tinggi.
Banyak perusahaan diduniaberusaha mendapatkan sertifikasi ISO 9000. ISO 9000 merupakan pedoman untukmengelola kualitas dan standar kualitas yang dikembangkan oleh InternationalOrganization for Standardization di Geneva.
Agar perusahaan mendapatkansertifikasi ISO 9000, perusahaan harus membuktikan bahwa mereka mengikutiprosedur operasi yang ada pada ISO 9000, yang meliputi inspeksi terhadap prosesproduksi, memelihara peralatan, melatih tenaga kerja, menguji produk dandikaitkan dengan keluhan pelanggan. Perusahaan independen mengaudit operasiperusahaan dan membuat rekomendasi untuk mengeluarkan sertifikat tersebut.
Pengakuan bahwa kegagalanmenghasilkan produk berkualitas tinggi menimbulkan biaya tinggi mendorongperusahaan untuk meningkatkan kualitas pada produk dan jasa mereka. Biayakualitas dapat menjadi sangat tinggi, pada perusahaan di USA rata-rata biayakualitas yang dikeluarkan sebesar 20%-25% dari penjualan. Dilain pihak,perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa berkualitas, dapat meningkatkanpenjualan dan meningkatkan penjualan dan mendapatkan laba yang tinggi.
Kualitas dan manajemen biayastratejik (strategict cost management)
Selama dua dekade terakhir,para CEO pada banyak perusahaan menyadari bahwa strategi yang dipicu olehpeningkatan kualitas dapat mengarahkan pada keunggulan pasar yang signifikan,meningkatkan profitabilitas dan memberikan kesejahteraan jangka panjang.
Perusahaan yang memilih untukbersaing melalui harga yang rendah bukan berarti memilih untuk memproduksidengan kualitas yang rendah. Harga yang rendah tetap harus memenuhi harapanpelanggan.
Kualitas dan manajemen biayastratejik (strategict cost management) lanjutan…
Kualitas merupakan hal yangsignifikan untuk berbagai alasan lain. Biaya kualitas sering kali mempunyaiporsi yang besar terhadap pendapatan.
Sebuah riset yang dilakukanoleh PIMS Associate, Inc., menguji lebih dari 1200 perusahaan untuk menentukandampak kualitas terhadap kinerja perusahaan menemukan bahwa:
• Kualitas produk dan profitabilitas berhubungan erat
• Bisnis/perusahaan yang menawarkan produk dan jasadengan kualitas tinggi mempunyai pangsa pasar lebih besar
• Kualitas berhubungan secara positif dengan returnon investment (ROI) yang lebih tinggi
Manajemen kualitas total (totalquality management)
Untuk dapat bertahan danberhasil dalam lingkungan kompetisi global, perusahaan harus menghasilkanproduk yang berkualitas dan memberikan pelayanan yang berkualitas. Produk danjasa yang berkualitas juga meningkatkan keunggulan kompetitif yang dimilikiperusahaan.
Suatu produk dapat dikatakanberkualitas apabila sesuai dengan spesifikasinya dan sesuai dengan harapanpelanggan. Suatu produk dapat dikatakan berkualitas jika produk tersebut sesuaiatau melebihi harapan pelanggan dengan harga yang kompetitif.
Manajemen kualitas total (totalquality management) lanjutan….
Procter & Gamblemenggunakan definisi yang ringkas dan dapat diterima dengan baik tentang manajemen kualitas (TQM): “merupakanupaya yang dilakukan secara terus menerus oleh setiap orang dalam organisasiuntuk memahami, memenuhi dan melebihi harapan pelanggan”. Deskripsi Procter& Gamble tentang TQM menunjukkan bahwa prinsip inti dari dari TQM adalahproses yang:
• Berfokus pada kepuasan pelanggan
• Berusaha keras untuk melakukan perbaikan secara terusmenerus
• Melibatkan seluruh kekuatan kerja
Pedoman pengimplementasian tqm
Pengimplementasian TQM bukanmerupakan tugas yang mudah dan membutuhkan banyak waktu. The Institute ofManagement Accountants (IMA) yakin bahwa sebuah organisasi membutuhkanwaktu tiga sampai lima tahun untuk berubah dari manajemen tradisional menjadiTQM. Adapun tahapan dalam pengimplementasian TQM antara lain:
• Tahun Satu
• Tahun Dua
• Tahun Tiga
Pedoman pengimplementasian tqmlanjutan…
Tahun Satu:
§Membentuk dewan dan stafkhusus
§Melaksanakan program pelatuhankualitas eksekutif
§Melakukan audit khusus
§Membuat analisa penyimpangan
§Mengembangkan rencana perbaikankualitas strategik
Tahun Dua:
vMelaksanakan program pelatihandan komunikasi karyawan
vMenyusun tim kualitas
vMenciptakan sistem pengukurandan menentukan tujuan
Tahun Tiga :
ØMerevisi sistemkompensasi/penilaian/pengakuan
ØMeluncurkan inisiatifeksternal dengan supplier
ØMelakukan review dan revisi
Jenis-jenis conformance (kesesuaian)
Kualitas adalah kesesuaiandengan spesifikasi produk atau jasa yang memenuhi atau melebihi permintaan danharapan pelanggan/konsumen. Meskipun demikian, conformance (kesesuaian)bisa saja berbeda untuk individu atau perusahaan yang satu dengan lainnya,seperti yang dilakukan oleh Sony antara lain:
Goalpost Conformance
Adalah kesesuaian dengan spesifikasi kualitas yangdiekspresikan sebagai kisaran tertentu disekitar target.
Absolute Quality Conformance
Mensyaratkan semua produk atau jasa benar-benarmemenuhi target nilai tanpa penyimpangan
Biaya kualitas
Biaya kualitas adalahbiaya-biaya yang berkaitan dengan pencegahan, pengidentifikasian, perbaikan danpembetulan produk yang berkualitas rendah, dan dengan opprtunity cotsdari hilangnya waktu produksi dan penjualan sebagai akibat rendahnya kualitas.
Biaya penilaian
Biaya penilaian (deteksi)dikeluarkan dalam rangka pengukuran dan analisis data untuk menentukan apakahproduk atau jasa sesuai dengan spesifikasinya.
Biaya penilaian meliputi:
• Biaya pengujian dan inspeksi
• Peralatan pengujian
• Audit kualitas
• Pengujian secara laborat
• Pengujian dan evaluasi lapangan
• Biaya informasi
Biaya pencegahan
Biaya pencegahan adalahpengeluaran-pengeluaran yang dikeluarkan untuk mencegah terjadinya cacatkualitas. Biaya pencegahan meliputi:
• Biaya pelatihan kualitas
• Biaya perencanaan kualitas
• Biaya pemeliharaan peralatan
• Biaya penjaminan supplier
Biaya kegagalan internal
Biaya kegagalan internaladalah biaya yang dikeluarkan karena rendahnya kualitas yang ditemukan sejakpenilaian awal sampai dengan pengiriman kepada pelanggan.
Beberapa jenis biaya kegagalaninternal:
• Biaya tindakan koreksi
• Biaya pengerjaan kembali (rework) dan biayasisa produksi (scrap)
• Biaya proses
• Biaya ekspedisi
• Biaya inspeksi dan pengujian ulang
Biaya kegagalan eksternal
Biaya kegagalan eksternalmerupakan biaya yang terjadi dalam rangka meralat cacat kualitas setelah produksampai pada pelanggan, dan laba yang gagal diperoleh karena hilangnya peluangsebagai akibat adanya produk atau jasa yang tidak dapat diterima olehpelanggan. Biaya-biaya ini meliputi:
• Biaya untuk menangani keluhan dan pengembalian daripelanggan
• Biaya penarikan kembali dan pertanggungjawaban produk
• Penjualan yang hilang karena produk yang tidakmemuaskan
Melaporkan biaya kualitas
Dalam melaporkan biayakualitas meliputi mendefinisikan data, mengidentifikasi sumber data,mengumpulkan data dan menyiapkan serta mendistribusikan laporan biaya kualitas.
Tantangan manajemen kualitastotal bagi akuntan manajemen
Peran akuntan manajemen dalammanajemen kualitas total (TQM) yaitu mengumpulkan semua informasi kualitas yangrelevan, berpartisipasi secara aktif dalam semua fase program kualitas, danmereview serta menyebarkan laporan biaya kualitas. Sistem manajemen kualitasyang dikembangkan tanpa keterlibatan yang aktif dari akuntan manajemen bisagagal untuk merealisasikan potensinya. Akuntan manajemen harus dilibatkansecara total dalam aktivitas perbaikan kualitas perusahaan.
Tantangan manajemen kualitastotal bagi akuntan manajemen lanjutan….
IMA menjelaskan bahwaaktivitas-aktivitas berikut ini melibatkan akuntan manajemen:
• Memastikan perwakilan akuntan manajemen pada komisipengendalian kualitas utama dan tim perbaikan kualitas
• Membuat perusahaan benar-benar sadar terhadap benchmarkyang kompetitif, tingkat perhatian pelanggan dan biaya kualitas
• Berpartisipasi secara aktif dalam mengidentifikasidaerah-daerah yang membutuhkan perbaikan kualitas atau merupakan peluangperbaikan kualitas terbesar
• Mengembangkan ukuran kualitas guna memonitor danmenilai perkembangan ke arah tujuan kualitas
• Terlibat dalam keputusan penentuan supplier
• Mereview dan evaluasi terhadap efektivitaspengendalian
• Mengumpulkan dan melakukan review secara terusmenerus terhadap sisa produksi danbiaya-biaya perbaikan
Tantangan manajemen kualitastotal bagi akuntan manajemen lanjutan….
Isi dalam laporan biayakualitas dapat sangat bervariasi tergantung pada karakteristik organisasi danoperasiny. Akuntan manajemen perlu meyakinkan bahwa proses pengukuran danpelaporan memenuhi kriteria berikut ini:
• Memenuhi kebutuhan konsumen internal
• Meliputi semua biaya kualitas yang relevan baik yangberupa ukuran keuangan maupun non keuangan
• Mengadaptasi ukuran sesuai perubahan kebutuhan
• Menyesuaikan ukuran untuk mencerminkan kualitas dantantangan bisnis
• Sederhana dan mudah digunakan, dilaksanakan dandimonitor
• Memberikan umpan balik yang cepat dan tepat waktukepada para pemakai laporan dan para manajer
• Membantu perkembangan, tidak sekedar memonitor
• Memotivasi dan memberi tantangan bagi anggota timuntuk tetap berusaha keras memperoleh kualitas tinggi.
Terima kasih…….
Labels:
Manajemen Biaya
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Sample Text
Kategori
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Social Profiles
Arsip Blog
-
▼
2011
(773)
-
▼
April
(107)
- PENDISTRIBUSIAN PRODUK
- Penetapan Harga Produk
- Keputusan Produk Individual
- MERANCANG PRODUK
- Menentukan Pasar Sasaran (Targeting)
- SEGMENTASI PASAR
- PASAR BISNIS DAN TINGKAH LAKU PEMBELI BISNIS
- Perilaku Konsumen pada Pasar Konsumsi dan Pasar Bi...
- Lingkungan Pemasaran
- Proses Pemasaran
- PERENCANAAN STRATEGIK DAN PROSES PEMASARAN
- MEMBANGUN KEPUASAN DAN NILAI PELANGGAN
- Pengertian Manajemen Pemasaran
- KONSEP DASAR MANAJEMEN PEMASARAN
- Akuntansi untuk Gaji dan Upah
- Hutang Jangka Pendek
- AKTIVA TETAP DAN AKTIVA TAK BERWUJUD
- PENILAIAN PERSEDIAAN SELAIN HARGA POKOK
- SISTEM PERSEDIAAN (INVENTORY SYSTEMS)
- PERSEDIAAN (INVENTORY)
- PIUTANG USAHA YANG TAK TERTAGIH
- PENDISKONTOAN WESEL TAGIH
- RECEIVABLE (TAGIHAN / PIUTANG)
- KAS KECIL (PETTY CASH)
- Kas dan Bank
- Deferal dan Akrual
- SISTEM PERSEDIAAN BARANG DAGANG
- PRINSIP DAN PRAKTEK AKUNTANSI
- PERAN AKUNTAN MANAJEMEN DI PERUSAHAAN
- Syarat Akuntan Manajemen
- Pengertian Penghasilan
- Tujuan Laporan Keuangan
- Karakteristik Transaksi Syariah
- Asas Transaksi Syariah
- Perkembangan Akuntansi Syariah 2
- Dasar Hukum Akuntansi Syariah
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Pengertian Akuntansi Syariah
- Sejarah Akuntansi Syariah
- Perkembangan Akuntansi Syariah
- Kertas Kerja Didalam dunia akuntansi, kerta...
- Siklus Akuntansi
- SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
- Pengertian Dividen
- Konsep Penyusutan di Dalam Laba Tunai
- Laba Akuntansi
- Kualitas Informasi Laba
- Konsep Laba
- Laporan Keuangan
- PENGEMBANGAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
- Wakaf Syariah
- Prinsip Bank Syariah
- Kebijakan dan Program Pemberdayaan Koperasi dan UKM
- Format Pengembangan LKM Syariah
- Pegadaian Syariah
- Reasuransi Syariah
- OBLIGASI SYARIAH
- Bank Syariah
- Sewa Guna Usaha (leasing)
- 5 Prinsip Pemberian Kredit ( Prinsip 5C)
- Bank Syariah
- Merger Bank
- ASURANSI SYARIAH
- Kartu Kredit
- DASAR HUKUM KARTU KREDIT
- Bisnis Syariah
- ANJAK PIUTANG
- Analisis Strategik dan Manajemen Biaya Strategik
- COST DRIVER DAN KONSEP DASAR BIAYA
- KONSEP-KONSEP MANAJEMEN BIAYA KONTEMPORER
- Manajemen Biaya
- Target Costing {Theory of Constraints, dan Life-Cy...
- Total Quality Management (TQM)
- TEKNIK NEGOSIASI
- TEKNIK NEGOSIASI
- KOMUNIKASI DALAM SEBUAH ORGANISASI
- Asean Free Trade Area (AFTA)
- Asean Free Trade Area (AFTA) 2
- EVA dan Residual Income
- PENILAIAN KINERJA MANAJEMEN
- TARGET COSTING
- Penetapan harga jual produk dan harga transfer
- Anggaran dan fungsi manajemen (2)
- ANGGARAN DAN FUNGSI MANAJEMEN (1)
- Perencanaan SDM
- DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP PERDAGANGAN INTERNASIONAL
- GLOBALISASI
- Pengertian Pasar
- Teori Ekonomi
- STATE STREET BOSTON CORPORATION
- Studi Kasus
- CARA MENGHITUNG PENGELUARAN
- KONSEP PENDAPATAN NASIONAL
- Akuntansi Pertanggungjawaban
- Balanced Score Card
- ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL
- Analisis Biaya-Volume-Laba
- AKUNTANSI DAN LINGKUNGAN USAHA SERTA KLASIFIKASI D...
- Pengertian Biaya
- Menghargai "Perjuangan" untuk berubah
-
▼
April
(107)
Pengikut
Guest Counter
Powered by Blogger.
Labels
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Ads 468x60px
Popular Posts
-
FUNGSI MOTHERBOARD Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponenyang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada seti...
-
BABI PENDAHULUAN 1.1 LatarBelakang Keperibadian adalah nilai-nilai karakteristik, watak,sikap dan sifat serta keyakinan dan cita-cita hidu...
-
Pengertian CDMA dan GSM sendiri sebenernya sama, yaitu teknologi standar komunikasi selular. Secarafisik, bentuk handphone cdma gsm sama b...
-
Definisi danPengertian Organisasi 1. Organisasi Menurut Stoner Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang ...
-
1. Arti Utilitarisme adalah faham atau aliran dalam filsafat moral yangmenekankan prinsip manfaat atau kegunaan ( theprinciple o...
-
AKUNTANSI BIAYA MANFAAT PENSIUN Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 24 terdiri dari paragraf 36 - 4 7 . Pernyataan ini harus dibaca da...
-
Segala puji bagi Allah, teriring doa dan keselamatan semoga terlimpah atas nabi dan rasul termulia: Muhammad SAW, juga atas keluarga dan par...
-
Konservasiitu sendiri merupakan berasal dari kata Conservation yang terdiri ataskata con ( together ) dan servare ( keep/save ) yangmemil...
-
eramuslim - Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Dan, setiap orang tentu berbedabeda mengatasi stres tersebut. Sebuah penelitian baru ...
-
Dari beberapa buku para ahli, yang menghiasi mejaperpustakaan kecil saya dan berhasil saya baca, semakin luaslah capaianpengertian sastra. S...
Blog Archive
-
▼
2011
(773)
-
▼
April
(107)
- PENDISTRIBUSIAN PRODUK
- Penetapan Harga Produk
- Keputusan Produk Individual
- MERANCANG PRODUK
- Menentukan Pasar Sasaran (Targeting)
- SEGMENTASI PASAR
- PASAR BISNIS DAN TINGKAH LAKU PEMBELI BISNIS
- Perilaku Konsumen pada Pasar Konsumsi dan Pasar Bi...
- Lingkungan Pemasaran
- Proses Pemasaran
- PERENCANAAN STRATEGIK DAN PROSES PEMASARAN
- MEMBANGUN KEPUASAN DAN NILAI PELANGGAN
- Pengertian Manajemen Pemasaran
- KONSEP DASAR MANAJEMEN PEMASARAN
- Akuntansi untuk Gaji dan Upah
- Hutang Jangka Pendek
- AKTIVA TETAP DAN AKTIVA TAK BERWUJUD
- PENILAIAN PERSEDIAAN SELAIN HARGA POKOK
- SISTEM PERSEDIAAN (INVENTORY SYSTEMS)
- PERSEDIAAN (INVENTORY)
- PIUTANG USAHA YANG TAK TERTAGIH
- PENDISKONTOAN WESEL TAGIH
- RECEIVABLE (TAGIHAN / PIUTANG)
- KAS KECIL (PETTY CASH)
- Kas dan Bank
- Deferal dan Akrual
- SISTEM PERSEDIAAN BARANG DAGANG
- PRINSIP DAN PRAKTEK AKUNTANSI
- PERAN AKUNTAN MANAJEMEN DI PERUSAHAAN
- Syarat Akuntan Manajemen
- Pengertian Penghasilan
- Tujuan Laporan Keuangan
- Karakteristik Transaksi Syariah
- Asas Transaksi Syariah
- Perkembangan Akuntansi Syariah 2
- Dasar Hukum Akuntansi Syariah
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Pengertian Akuntansi Syariah
- Sejarah Akuntansi Syariah
- Perkembangan Akuntansi Syariah
- Kertas Kerja Didalam dunia akuntansi, kerta...
- Siklus Akuntansi
- SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
- Pengertian Dividen
- Konsep Penyusutan di Dalam Laba Tunai
- Laba Akuntansi
- Kualitas Informasi Laba
- Konsep Laba
- Laporan Keuangan
- PENGEMBANGAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
- Wakaf Syariah
- Prinsip Bank Syariah
- Kebijakan dan Program Pemberdayaan Koperasi dan UKM
- Format Pengembangan LKM Syariah
- Pegadaian Syariah
- Reasuransi Syariah
- OBLIGASI SYARIAH
- Bank Syariah
- Sewa Guna Usaha (leasing)
- 5 Prinsip Pemberian Kredit ( Prinsip 5C)
- Bank Syariah
- Merger Bank
- ASURANSI SYARIAH
- Kartu Kredit
- DASAR HUKUM KARTU KREDIT
- Bisnis Syariah
- ANJAK PIUTANG
- Analisis Strategik dan Manajemen Biaya Strategik
- COST DRIVER DAN KONSEP DASAR BIAYA
- KONSEP-KONSEP MANAJEMEN BIAYA KONTEMPORER
- Manajemen Biaya
- Target Costing {Theory of Constraints, dan Life-Cy...
- Total Quality Management (TQM)
- TEKNIK NEGOSIASI
- TEKNIK NEGOSIASI
- KOMUNIKASI DALAM SEBUAH ORGANISASI
- Asean Free Trade Area (AFTA)
- Asean Free Trade Area (AFTA) 2
- EVA dan Residual Income
- PENILAIAN KINERJA MANAJEMEN
- TARGET COSTING
- Penetapan harga jual produk dan harga transfer
- Anggaran dan fungsi manajemen (2)
- ANGGARAN DAN FUNGSI MANAJEMEN (1)
- Perencanaan SDM
- DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP PERDAGANGAN INTERNASIONAL
- GLOBALISASI
- Pengertian Pasar
- Teori Ekonomi
- STATE STREET BOSTON CORPORATION
- Studi Kasus
- CARA MENGHITUNG PENGELUARAN
- KONSEP PENDAPATAN NASIONAL
- Akuntansi Pertanggungjawaban
- Balanced Score Card
- ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL
- Analisis Biaya-Volume-Laba
- AKUNTANSI DAN LINGKUNGAN USAHA SERTA KLASIFIKASI D...
- Pengertian Biaya
- Menghargai "Perjuangan" untuk berubah
-
▼
April
(107)
0 comments:
Post a Comment