Tuesday, October 18, 2011
PENGERTIAN WAHABI
7:35 AM | Posted by
bowosukses |
Edit Post
Orang-orang biasa menuduh "wahabi " kepada setiap orang yang melanggar tradisi,
kepercayaan dan bid'ah mereka, sekalipun keperca-yaan-kepercayaan mereka itu
rusak, bertentangan dengan Al-Qur'anul Karim dan hadits-hadits shahih . Mereka
menentang dakwah kepada tauhid dan enggan berdo'a (memohon) hanya kepada
Allah SWT semata.
Suatu kali, di depan seorang syaikh penulis membacakan hadits riwayat Ibnu Abbas
yang terdapat dalam kitab Al-Arba'in An-Nawa-wiyah. Hadits itu berbunyi:
"Jika engkau memohon maka mohonlah kepada Allah SWT, dan jika engkau
meminta pertolongan, maka mintalah pertolongan kepada Allah SWT." (HR.
At-Tirmidzi, ia berkata hadits hasan shahih )
Penulis sungguh kagum terhadap keterangan Imam An-Nawawi ketika beliau
mengatakan, "Kemudian jika kebutuhan yang dimintanya –menurut tradisi– di luar
batas kemampuan manusia, seperti meminta hidayah (petunjuk), ilmu, kesembuhan
dari sakit dan kesehatan maka hal-hal itu (mesti) memintanya hanya kepada Allah
SWT semata. Dan jika hal-hal di atas dimintanya kepada makhluk maka itu amat
tercela."
Lalu kepada syaikh tersebut penulis katakan, "Hadits ini berikut keterangannya
menegaskan tidak dibolehkannya meminta pertolongan kepada selain Allah SWT." Ia
lalu menyergah, "Malah sebaliknya, hal itu dibolehkan!"
Penulis lalu bertanya, "Apa dalil anda?" Syaikh itu ternyata marah sambil berkata
dengan suara tinggi, "Sesungguhnya bibiku berkata, wahai Syaikh Sa'd!" dan Aku
bertanya padanya, "Wahai bibiku, apakah Syaikh Sa'd dapat memberi manfaat
kepadamu?" Ia menjawab, "Aku berdo'a (meminta) kepadanya, sehingga ia
menyampaikannya kepada Allah SWT, lalu Allah SWT menyembuhkanku."
Lalu penulis berkata, "Sesungguhnya engkau adalah seorang alim. Engkau banyak
habiskan umurmu untuk membaca kitab-kitab. Tetapi sungguh mengherankan,
engkau justru mengambil akidah dari bibimu yang bodoh itu."
Ia lalu berkata, "Pola pikirmu adalah pola pikir wahabi. Engkau pergi berumrah lalu
datang dengan membawa kitab-kitab wahabi."
Padahal penulis tidak mengenal sedikitpun tentang wahabi kecuali sekedar
penulis dengar dari para syaikh. Mereka berkata tentang wahabi, "Orang-orang
wahabi adalah mereka yang melanggar tradisi orang kebanyakan. Mereka
tidak percaya kepada para wali dan karamah-karamahnya, tidak mencintai
Rasul dan berbagai tuduhan dusta lainnya."
JALAN GOLONGAN YANG SELAMAT JILID I
Page 2 of 5
Jika orang-orang wahabi adalah mereka yang percaya hanya kepada pertolongan
Allah SWT semata, dan percaya yang menyembuhkan hanyalah Allah SWT, maka
aku wajib mengenal wahabi lebih jauh."
Kemudian penulis tanyakan jama'ahnya, sehingga penulis mendapat informasi
bahwa pada setiap Kamis sore mereka menyelenggarakan pertemuan untuk
mengkaji pelajaran tafsir, hadits dan fiqih.
Bersama anak-anak penulis dan sebagian pemuda intelektual, penulis mendatangi
majelis mereka. Kami masuk ke sebuah ruangan yang besar. Sejenak kami menanti,
sampai tiada berapa lama seorang syaikh yang sudah berusia masuk ruangan. Beliau
memberi salam kepada kami dan menjabat tangan semua hadirin dimulai dari
sebelah kanan, beliau lalu duduk di kursi dan tak seorang pun berdiri untuknya.
Penulis berkata dalam hati, "Ini adalah seorang syaikh yang tawadhu' (rendah hati),
tidak suka orang berdiri untuknya (dihormati)."
Lalu syaikh membuka pelajaran dengan ucapan,
"Sesungguhnya segala puji adalah untuk Allah SWT. Kepada Allah SWT kami
memuji, memohon pertolongan dan ampunan…", dan selanjutnya hingga selesai,
sebagaimana Rasulullah SAW biasa membuka khut-bah dan pelajarannya.
Kemudian syaikh itu memulai bicara dengan menggunakan bahasa Arab. Beliau
menyampaikan hadits-hadits seraya menjelaskan derajat shahihnya dan
para perawinya. Setiap kali menyebut nama Nabi SAW, beliau mengucapkan
shalawat atasnya. Di akhir pelajaran, beberapa soal tertulis diajukan kepadanya.
Beliau menjawab soal-soal itu dengan dalil dari Al-Qur'anul Karim dan
sunnah Nabi SAW saw. Beliau berdiskusi dengan hadirin dan tidak menolak setiap
penanya. Di akhir pelajaran, beliau berkata, "Segala puji bagi Allah SWT bahwa
kita termasuk orang-orang Islam dan salaf. Sebagian orang menuduh kita
orang-orang wahabi . Ini termasuk tanaabuzun bil alqaab (memanggil
dengan panggilan-panggilan yang buruk). Allah SWT melarang kita dari hal
itu dengan firmanNya,
"Dan janganlah kamu panggil-memanggil dengan gelar-gelar yang buruk."
(Al-Hujurat: 11)
Dahulu, mereka menuduh Imam Syafi'i dengan rafidhah. Beliau lalu
membantah mereka dengan mengatakan, "Jika rafidah (berarti) mencintai keluarga
Muhammad. Maka hendaknya jin dan manusia menyaksikan bahwa sesungguhnya
aku adalah rafidhah."
Maka, kita juga membantah orang-orang yang menuduh kita wahabi, dengan ucapan
salah seorang penyair, "Jika pengikut Ahmad adalah wahabi. Maka aku berikrar
bahwa sesungguhnya aku wahabi."
Ketika pelajaran usai, kami keluar bersama-sama sebagian para pemuda. Kami
benar-benar dibuat kagum oleh ilmu dan kerendahan hatinya. Bahkan aku
mendengar salah seorang mere ka berkata, "Inilah syaikh yang sesungguhnya!"
JALAN GOLONGAN YANG SELAMAT JILID I
Page 3 of 5
A. PENGERTIAN WAHABI
Musuh-musuh tauhid memberi gelar wahabi kepada setiap muwahhid (yang
mengesakan Allah SWT), nisbat kepada Muhammad bin Abdul Wahab, Jika
mereka jujur, mestinya mereka mengatakan Muhammadi nisbat kepada namanya
yaitu Muhammad. Betapapun begitu, ternyata Allah SWT menghendaki nama
wahabi sebagai nisbat kepada Al-Wahhab (Yang Maha Pemberi), yaitu salah
satu dari nama-nama Allah SWT yang paling baik (Asmaa'ul Husnaa).
Jika shufi menisbatkan namanya kepada jama'ah yang memakai shuf (kain wol)
maka sesungguhnya wahabi menisbatkan diri mereka dengan Al-Wahhab
(Yang Maha Pemberi), yaitu Allah SWT yang memberi-kan tauhid dan
meneguhkannya untuk berdakwah kepada tauhid.
B. MUHAMMAD BIN ABDUL WAHAB
Beliau dilahirkan di kota 'Uyainah, Nejed pada tahun 1115 H. Hafal Al-Qur'an
sebelum berusia sepuluh tahun. Belajar kepada ayahandanya tentang fiqih Hambali,
belajar hadits dan tafsir kepada para syaikh dari berbagai negeri, terutama di kota
Madinah. Beliau memahami tauhid dari Al-Kitab dan As-Sunnah. Perasaan beliau tersentak
setelah menyaksikan apa yang terjadi di negerinya Nejed dengan negerinegeri
lainnya yang beliau kunjungi berupa kesyirikan, khurafat dan bid'ah.
Demikian juga soal menyucikan dan mengkultus-kan kubur, suatu hal yang
bertentangan dengan ajaran Islam yang benar.
Ia mendengar banyak wanita di negerinya ber-tawassul dengan pohon kurma yang
besar. Mereka berkata, "Wahai pohon kurma yang paling agung dan besar, aku
menginginkan suami sebelum setahun ini."
Di Hejaz, ia melihat pengkultusan kuburan para sahabat, keluarga Nabi SAW (ahlul
bait), serta kuburan Rasulullah SAW, hal yang sesungguhnya tidak boleh dilakukan
kecuali hanya kepada Allah SWT semata.
Di Madinah, ia mendengar permohonan tolong (istighaatsah) kepada Rasulullah
SAW, serta berdo'a (memohon) kepada selain Allah SWT, hal yang sungguh
bertentangan dengan Al-Qur'an dan sabda Rasulullah SAW. Al-Qur'an
menegaskan:
"Dan janganlah kamu menyembah apa-apa yang tidak memberi manfa'at dan
tidak (pula) memberi madharat kepadamu selain Allah SWT, sebab jika kamu
berbuat (yang demikian) itu, sesungguh-nya kamu kalau begitu termasuk
orang-orang yang zhalim." (Yunus: 106)
Zhalim dalam ayat ini berarti syirik. Suatu kali, Rasulullah SAW berkata kepada anak
pamannya, Abdullah bin Abbas:
"Jika engkau memohon, mohonlah kepada Allah SWT, dan jika eng-kau
meminta pertolongan mintalah pertolongan kepada Allah SWT." (HR. At-
Tirmidzi, ia berkata hasan shahih)
Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab menyeru kaumnya kepada tauhid dan
berdo'a (memohon) kepada Allah SWT semata, sebab Dialah Yang
JALAN GOLONGAN YANG SELAMAT JILID I
Page 4 of 5
Mahakuasa dan Yang Maha Menciptakan sedangkan selainNya adalah lemah
dan tak kuasa menolak bahaya dari dirinya dan dari orang lain. Adapun
mahabbah (cinta kepada orang-orang shalih), adalah dengan mengikuti
amal shalihnya, tidak dengan menjadikannya sebagai perantara antara
manusia dengan Allah SWT, dan juga tidak menjadikannya sebagai tempat
bermohon selain daripada Allah SWT.
1. Penentangan orang-orang batil terhadapnya:
Para ahli bid'ah menentang keras dakwah tauhid yang dibangun oleh Syaikh
Muhammad bin Abdul Wahab. Ini tidak mengherankan, sebab musuh-musuh
tauhid telah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Bahkan mereka merasa heran
terhadap dakwah kepada tauhid. Allah SWT berfirman:
"Mengapa ia menjadikan tuhan-tuhan itu Tuhan Yang Satu saja?
Sesungguhnya ini benar-benar suatu hal yang sangat mengherankan."
(Shaad: 5)
Musuh- musuh syaikh memulai perbuatan kejinya dengan memerangi dan
menyebarluaskan berita-berita bohong tentangnya. Bahkan mereka
bersekongkol untuk membunuhnya dengan maksud agar dakwahnya terputus
dan tak berkelanjutan. Tetapi Allah SWT menjaganya dan memberinya
penolong, sehingga dakwah tauhid tersebar luas di Hejaz, dan di negaranegara
Islam lainnya.
Meskipun demikian, hingga saat ini, masih ada pula sebagian manusia
yang menyebarluaskan berita-berita bohong. Misalnya mereka
mengatakan, dia (Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab) adalah
pembuat madzhab yang kelima, padahal dia adalah seorang penganut
madzhab Hambali. Sebagian mereka mengatakan, orang-orang
wahabi tidak mencintai Rasulullah SAW serta tidak bershalawat
atasnya. Mereka anti bacaan shalawat.
Padahal kenyataannya, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab telah
menulis kitab "Mukhtashar Siiratur Rasuul ". Kitab ini bukti sejarah
atas kecintaan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab kepada
Rasulullah SAW . Mereka mengada-adakan berbagai cerita dusta
tentang Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab, suatu hal yang
karenanya mereka bakal dihisab pada hari Kiamat.
Seandainya mereka mau mempelajari kitab-kitab beliau dengan
penuh kesadaran, niscaya mereka akan menemukan Al-Qur'an, hadits
dan ucapan sahabat sebagai rujukannya.
Seseorang yang dapat dipercaya memberitahukan kepada penulis,
bahwa ada salah seorang ulama yang memperingatkan dalam pengajian-
pengajiannya dari ajaran wahabi. Suatu hari, salah seorang dari
hadirin memberinya sebuah kitab karangan Syaikh Muhammad bin Abdul
Wahab. Sebelum diberikan, ia hilangkan terlebih dahulu nama
pengarangnya. Ulama itu membaca kitab tersebut dan amat kagum
dengan kandungannya. Setelah mengetahui siapa penulis buku yang
dibaca, mulailah ia memuji Muhammad bin Abdul Wahab.
2. Dalam sebuah hadits disebutkan:
"Ya Allah SWT, berilah keberkahan kepada kami di negeri Syam, dan di negeri
JALAN GOLONGAN YANG SELAMAT JILID I
Page 5 of 5
Yaman. Mereka berkata, 'Dan di negeri Nejed.' Rasu-lullah berkata, 'Di sana
banyak terjadi berbagai kegoncangan dan fitnah, dan di sana (tempat)
munculnya para pengikut setan." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Ibnu Hajar Al-'Asqalani dan ulama lainnya menyebutkan, yang dimaksud
Nejed dalam hadits di atas adalah Nejed Iraq. Hal itu terbukti dengan
banyaknya fitnah yang terjadi di sana. Kota yang juga di situ Al-Husain bin Ali
radhiallaahu anhu dibunuh.
Hal ini berbeda dengan anggapan sebagian orang, bahwa yang dimaksud
dengan Nejed adalah Hejaz, kota yang tidak pernah tampak di dalamnya
fitnah sebagaimana yang terjadi di Iraq. Bahkan seba-liknya, yang tampak di
Nejed Hejaz adalah tauhid, yang karenanya Allah SWT menciptakan alam,
dan karenanya pula Allah SWT mengutus para rasul.
3. Sebagian ulama yang adil sesungguhnya menyebutkan:
Bahwa Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab adalah salah se-orang mujaddid
(pembaharu) abad dua belas Hijriyah. Mereka menulis buku-buku tentang
beliau. Di antara para pengarang yang menulis buku tentang Syaikh adalah
Syaikh Ali Thanthawi. Beliau menulis buku tentang "Silsilah Tokoh-tokoh
Sejarah", di antara mereka terdapat Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab dan
Ahmad bin 'Irfan.
Dalam buku tersebut beliau menyebutkan, akidah tauhid sampai ke India dan
negeri-negeri lainnya melalui jama'ah haji dari kaum muslimin yang
terpengaruh dakwah tauhid di kota Makkah. Karena itu, kompeni Inggris yang
menjajah India ketika itu, bersama-sama dengan musuh- musuh Islam
memerangi akidah tauhid tersebut. Hal itu dilakukan(kompeni Inggris)
karena mereka mengetahui bahwa akidah tauhid akan menyatukan
umat Islam dalam melawan mereka.
Selanjutnya mereka mengomando kepada kaum Murtaziqah agar
mencemarkan nama baik dakwah kepada tauhid. Maka mereka pun
menuduh setiap muwahhid yang menyeru kepada tauhid dengan kata
wahabi. Kata itu mereka maksudkan sebagai padanan dari tukang bid'ah,
sehingga memalingkan umat Islam dari akidah tauhid yang menyeru agar
umat manusia berdo'a hanya semata-mata kepada Allah SWT. Orang-orang
bodoh itu tidak mengetahui bahwa kata wahabi adalah nisbat kepada Al-
Wahhaab (yang Maha Pemberi), yaitu salah satu dari Nama-nama Allah SWT
yang paling baik (Asma'ul Husna) yang memberikan kepadanya tauhid dan
menjanjikannya masuk Surga.
Labels:
Pengetahuan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Sample Text
Kategori
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Social Profiles
Arsip Blog
-
▼
2011
(773)
-
▼
October
(311)
- Pengertian Istilah Dalam Komputer
- Pengertian Webserver
- LAPORAN KEUANGAN
- Persamaan Akuntansi
- Klasifikasi Rekening
- Pengertian Akuntansi
- PENGERTIAN NARKOBA
- Pengertian Cookies
- Pengertian Konstitusi
- Pengertian Masyarakat Madani
- PENGERTIAN SUPERVISI PENDIDIKAN
- Pengertian LSM
- Pengertian Signal To Ratio (SNR)
- Pengertian hukum tata Negara
- Pengertian Istilah BIOS, BOOTSTRAP, BOOTLOADER, da...
- Definisi/Pengertian Virus Komputer, Worm, Trojan, ...
- Pengertian MySQL
- Pengertian Power Supply Unit
- Pengertian Musik dari Berbagai Tokoh
- PENGERTIAN DAN TUJUAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
- Pengertian Ulumul Qur’an
- Pengertian Statistik
- Pengertian Pendidikan Agama Islam menurut berbagai...
- PENGERTIAN KONSERVASI
- Pengertian Dan Hakikat Muhammadiyah_makalah abdi
- pengertian perintah dasar c++
- PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI BELAJAR
- PENGERTIAN ORGANISASI
- Pengertian Kecerdasan Emosional
- PENGERTIAN SUNNAH
- PERGESERAN PENGERTIAN "SUNNAH" KE "HADITS" I...
- Pengertian Dan Jenis Slot Memori
- Pengertian Etika
- PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK DAN RUANG LINGKUPNYA
- Pengertian Hukum (Elementer)
- Pengertian Manajemen
- PERUMUSAN DEMOKRASI PANCASILA
- SISTEM PEMERINTAHAN DEMOKRASI PANCASILA
- FUNGSI DEMOKRASI PANCASILA
- CIRI-CIRI DEMOKRASI PANCASILA
- PRINSIP POKOK DEMOKRASI PANCASILA
- DEMOKRASI PANCASILA
- PENGERTIAN DAN PENGENALAN INTERNET
- Pengertian Musik Nusantara
- Pengertian Dan Fungsi Motherboard
- Pengertian LAN,WAN,MAN
- Pengertian Disiplin
- Pengertian Semantik
- Pengertian Wakaf
- PENGERTIAN KONSELING MENURUT PARA AHLI
- PENGERTIAN DEFINISI DAN RUMUS BEP / TITIK IMPAS
- PENGERTIAN DAN PERKEMBANGAN TEORI PEMBELAJARAN
- Pengertian dan Fungsi ROM
- Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli
- PENGERTIAN BUDAYA POLITIK
- Pengertian OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)
- Tugas-tugas dalam Data mining
- Arsitektur Sistem Data mining
- PENGERTIAN DATA MINING DAN FUNGSI-FUNGSI DATA MINING
- PENGERTIAN DAN HAKEKAT PENDIDIKAN ISLAM
- Pengertian Internet dan Intranet
- Kelebihan Linux Ubuntu daripada yang lainnya
- keunggulan Linux
- Pengertian Linux
- PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI
- PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
- SISTEM BIAYA STANDAR DAN PENENTUAN HARGA POKOK VAR...
- BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA TENAGA KERJA
- METODE HARGA POKOK PROSES PENGANTAR
- DEPARTEMENTALISASI BIAYA OVERHEAD PABRIK
- METODE HARGA POKOK PESANAN
- BIAYA OVERHEAD PABRIK
- AKUNTANSI BIAYA DAN PENGERTIAN BIAYA
- Pengertian Kelompok Persepsi, Organisasi, Motivasi...
- PENGERTIAN WAHABI
- Pengertian Dan Fungsi Harddisk
- Pengertian Budi Pekerti
- Pengertian dan Bentuk Badan Usaha
- PENGERTIAN TASAWUF DAN TUJUAN TASAWUF
- Sejarah dan Keunggulan Teknologi CDMA
- Persamaan dan Perbedaan GSM dan CDMA
- Sastra Menurut Ahli Bedah Sastra, Budayawan dan Se...
- Sastra, Sesuatu yang Agung*
- Pengertian Pergaulan Bebas
- Pengertian Gerbang Logika
- PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENURUT BEBERAP...
- Pengertian e - Government
- Pengertian Bandwith
- Pengertian Jaringan dalam sistem telekomunikasi
- Definisi Sosiologi Menurut Beberapa Ahli
- PENGERTIAN SOSIOLOGI MENURUT PARA AHLI
- UNSUR INTRINSIK DAN UNSUR EKSTRINSIK SASTRA
- SEJARAH PERKEMBANGAN SASTRA
- Macam - macam / jenis Sastra
- PENGERTIAN SASTRA
- pengertian metodologi penelitian
- makalah pengertian identifikasi masalah dan tujuan...
- Sejarah Islam Di Spanyol
- SEJARAH PERKEMBANGAN SENAM
- Sejarah Dunia Kuno / Masa Silam
-
▼
October
(311)
Pengikut
Guest Counter
Powered by Blogger.
Labels
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Ads 468x60px
Popular Posts
-
FUNGSI MOTHERBOARD Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponenyang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada seti...
-
BABI PENDAHULUAN 1.1 LatarBelakang Keperibadian adalah nilai-nilai karakteristik, watak,sikap dan sifat serta keyakinan dan cita-cita hidu...
-
Pengertian CDMA dan GSM sendiri sebenernya sama, yaitu teknologi standar komunikasi selular. Secarafisik, bentuk handphone cdma gsm sama b...
-
Definisi danPengertian Organisasi 1. Organisasi Menurut Stoner Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang ...
-
1. Arti Utilitarisme adalah faham atau aliran dalam filsafat moral yangmenekankan prinsip manfaat atau kegunaan ( theprinciple o...
-
AKUNTANSI BIAYA MANFAAT PENSIUN Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 24 terdiri dari paragraf 36 - 4 7 . Pernyataan ini harus dibaca da...
-
Segala puji bagi Allah, teriring doa dan keselamatan semoga terlimpah atas nabi dan rasul termulia: Muhammad SAW, juga atas keluarga dan par...
-
Konservasiitu sendiri merupakan berasal dari kata Conservation yang terdiri ataskata con ( together ) dan servare ( keep/save ) yangmemil...
-
eramuslim - Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Dan, setiap orang tentu berbedabeda mengatasi stres tersebut. Sebuah penelitian baru ...
-
Dari beberapa buku para ahli, yang menghiasi mejaperpustakaan kecil saya dan berhasil saya baca, semakin luaslah capaianpengertian sastra. S...
Blog Archive
-
▼
2011
(773)
-
▼
October
(311)
- Pengertian Istilah Dalam Komputer
- Pengertian Webserver
- LAPORAN KEUANGAN
- Persamaan Akuntansi
- Klasifikasi Rekening
- Pengertian Akuntansi
- PENGERTIAN NARKOBA
- Pengertian Cookies
- Pengertian Konstitusi
- Pengertian Masyarakat Madani
- PENGERTIAN SUPERVISI PENDIDIKAN
- Pengertian LSM
- Pengertian Signal To Ratio (SNR)
- Pengertian hukum tata Negara
- Pengertian Istilah BIOS, BOOTSTRAP, BOOTLOADER, da...
- Definisi/Pengertian Virus Komputer, Worm, Trojan, ...
- Pengertian MySQL
- Pengertian Power Supply Unit
- Pengertian Musik dari Berbagai Tokoh
- PENGERTIAN DAN TUJUAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
- Pengertian Ulumul Qur’an
- Pengertian Statistik
- Pengertian Pendidikan Agama Islam menurut berbagai...
- PENGERTIAN KONSERVASI
- Pengertian Dan Hakikat Muhammadiyah_makalah abdi
- pengertian perintah dasar c++
- PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI BELAJAR
- PENGERTIAN ORGANISASI
- Pengertian Kecerdasan Emosional
- PENGERTIAN SUNNAH
- PERGESERAN PENGERTIAN "SUNNAH" KE "HADITS" I...
- Pengertian Dan Jenis Slot Memori
- Pengertian Etika
- PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK DAN RUANG LINGKUPNYA
- Pengertian Hukum (Elementer)
- Pengertian Manajemen
- PERUMUSAN DEMOKRASI PANCASILA
- SISTEM PEMERINTAHAN DEMOKRASI PANCASILA
- FUNGSI DEMOKRASI PANCASILA
- CIRI-CIRI DEMOKRASI PANCASILA
- PRINSIP POKOK DEMOKRASI PANCASILA
- DEMOKRASI PANCASILA
- PENGERTIAN DAN PENGENALAN INTERNET
- Pengertian Musik Nusantara
- Pengertian Dan Fungsi Motherboard
- Pengertian LAN,WAN,MAN
- Pengertian Disiplin
- Pengertian Semantik
- Pengertian Wakaf
- PENGERTIAN KONSELING MENURUT PARA AHLI
- PENGERTIAN DEFINISI DAN RUMUS BEP / TITIK IMPAS
- PENGERTIAN DAN PERKEMBANGAN TEORI PEMBELAJARAN
- Pengertian dan Fungsi ROM
- Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli
- PENGERTIAN BUDAYA POLITIK
- Pengertian OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)
- Tugas-tugas dalam Data mining
- Arsitektur Sistem Data mining
- PENGERTIAN DATA MINING DAN FUNGSI-FUNGSI DATA MINING
- PENGERTIAN DAN HAKEKAT PENDIDIKAN ISLAM
- Pengertian Internet dan Intranet
- Kelebihan Linux Ubuntu daripada yang lainnya
- keunggulan Linux
- Pengertian Linux
- PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI
- PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
- SISTEM BIAYA STANDAR DAN PENENTUAN HARGA POKOK VAR...
- BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA TENAGA KERJA
- METODE HARGA POKOK PROSES PENGANTAR
- DEPARTEMENTALISASI BIAYA OVERHEAD PABRIK
- METODE HARGA POKOK PESANAN
- BIAYA OVERHEAD PABRIK
- AKUNTANSI BIAYA DAN PENGERTIAN BIAYA
- Pengertian Kelompok Persepsi, Organisasi, Motivasi...
- PENGERTIAN WAHABI
- Pengertian Dan Fungsi Harddisk
- Pengertian Budi Pekerti
- Pengertian dan Bentuk Badan Usaha
- PENGERTIAN TASAWUF DAN TUJUAN TASAWUF
- Sejarah dan Keunggulan Teknologi CDMA
- Persamaan dan Perbedaan GSM dan CDMA
- Sastra Menurut Ahli Bedah Sastra, Budayawan dan Se...
- Sastra, Sesuatu yang Agung*
- Pengertian Pergaulan Bebas
- Pengertian Gerbang Logika
- PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENURUT BEBERAP...
- Pengertian e - Government
- Pengertian Bandwith
- Pengertian Jaringan dalam sistem telekomunikasi
- Definisi Sosiologi Menurut Beberapa Ahli
- PENGERTIAN SOSIOLOGI MENURUT PARA AHLI
- UNSUR INTRINSIK DAN UNSUR EKSTRINSIK SASTRA
- SEJARAH PERKEMBANGAN SASTRA
- Macam - macam / jenis Sastra
- PENGERTIAN SASTRA
- pengertian metodologi penelitian
- makalah pengertian identifikasi masalah dan tujuan...
- Sejarah Islam Di Spanyol
- SEJARAH PERKEMBANGAN SENAM
- Sejarah Dunia Kuno / Masa Silam
-
▼
October
(311)
0 comments:
Post a Comment