Wednesday, October 12, 2011
SEJARAH KEHADIRAN GEREJA DI INDONESIA
Sejarah Keberadaan Gereja DiIndonesia
PertemuanInjil dengan Indonesia tidak dapat dilepaskan dengan perjalanan Injil itusendiri. Hal ini tampak dalam perjalanan Injil dari Yerusalem, Yudea, danSamaria sampai ke ujung bumi. Pada satu pihak ada perjalanan Injil ke arahbarat dan juga perjalanan Injil ke arah Timur. Awal dari perjalanan Injil kearah barat itu dapat ditelusuri dalam kitab Kisah Para Rasul.Sedangkan Perjalanan Injil ke arah timur tidak tercatat dalam Alkitab dan hanyadiketahui lewat sejarah saja, meskipun catatan-catatan sejarah mengenaiperjalanan Injil ke arah timur ini pun sangat sedikit. Ditambah lagi pula hasilperjalanan Injil ke arah timur kemudian hampir lenyap. Oleh sebab itu,perjalanan Injil ke arah timur ini hampir tidak diketahui dan hampir tidakdikenal di Indonesia.
Salahsatu gereja yang terpenting sebagai hasil dari perjalanan Injil ke arah timurini ialah Gereja Nestoriah. Gereja Nestoriah itu lama berpusat di Baghdad. Dariabad ke-6 sampai abad ke-13 Gereja Nestoriah telah menjalankan pekabaran Injilyang sangat luas sampai ke India dan Cina. Para penginjil dari Gereja Nestoriahitulah yang menerjemahkan Alkitab untuk pertama kali dalam bahasa Cina. Dalamsuatu buku dalam bahasa Arab yang ditulis oleh Shaykh Abu Salih al-Arminidikatakan bahwa di Fansur (Barus), di pantai Barat Tapanuli, terdapat banyakGereja Nestoriah. Ada petunjuk-petunjuk bahwa kaum Nestoriah telah hadir diBarus sejak tahun 645.
Dalamabad ke-14 dan ke-15 Gereja Nestoriah itu praktis lenyap, walaupun sampaisekarang masih ada sisa-sisanya di Iran dan Irak. Gereja Nestoriah di Barustelah lenyap tanpa meninggalkan bekas. Para penginjil dari Gereja Nestoriahtidak pernah menerjemahkan Alkitab ke bahasa Melayu, yang pada abad ke-7 telahluas tersebar di kawasan Asia Tenggara. Dengan demikian kita lihat bahwa Injiltelah tiba di Indonesia untuk pertama kali dalam rangka perjalanan Injil dariYerusalem ke arah timur, lama sebelum Islam tiba di Indonesia. Tetapikedatangan pertama Injil di Indonesia itu tidak meninggalkan bekas. Injil telahdatang untuk kedua kali di Indonesia melalui jalan yang panjang, yaitu dariYerusalem ke arah barat, ke Eropa, dan baru pada abad ke-16 Injil kembali keIndonesia dari Eropa bersamaan waktu dengan kedatangan orang-orang Portugis,yang kemudian disusul oleh kedatangan orang-orang Belanda pada abad ke-17.
Dalamhubungan itu baiklah kita baca Kisah Para Rasul 16:8-10. Di situ kita bacabahwa Rasul Paulus tidak memunyai rencana untuk membawa Injil dari Asia keEropa, yaitu ke Makedonia. Membawa Injil dari Asia ke Eropa bukan strategiPaulus, melainkan strategi Roh Yesus sendiri (Kisah Para Rasul 16:8). Sejarahdunia dan sejarah gereja akan lain sama sekali andaikata Injil tidak dibawadari Asia ke Eropa, artinya ke dunia Barat. Pada waktu Injil tiba di Indonesiauntuk pertama kali pada abad ke-7 dan untuk kedua kali dalam abad ke-16,Indonesia telah memunyai perkembangan yang menarik dari segi sejarah dan darisegi agama serta kebudayaan. Injil tidak tiba di Indonesia dalam keadaan yang"kosong" dari segi agama dan kebudayaan. Dapat kita catat adanyabeberapa "lapisan" dalam sejarah keagamaan dan kebudayaan kitasehingga Indonesia dapat kita lihat sebagai suatu kue lapis yang memperlihatkanlapisan-lapisan keagamaan dan kebudayaan yang memunyai coraknya masing-masing.
Dariketerangan di atas kemudian dapat ditelusuri bahwa pada umumnya masyarakatIndonesia termasuk para sejarawannya, demikian pula dengan gereja berpendapatbahwa Injil baru masuk ke Indonesia bersamaan dengan kedatangan bangsa Portugisdi awal abad ke-16. Bagi kalangan Kristen Protestan hal ini diperkuat dengantulisan DR. Th. Malin Krueger dalam buku standar tentang Sejarah Gereja diIndonesia, yang mengatakan bahwa tidak didapati sedikit pun bekas PekabaranInjil di Indonesia, dan tidak terdapat seorang Kristen pun di Indonesia sebelumkedatangan bangsa Portugis sebab merekalah yang pertama-tama menyiarkan AgamaKristen di Indonesia.
Meskipunpenelitian yang lebih seksama dengan menggunakan sumber-sumber tulisan yanglebih kuno di Timur Tengah, membuktikan hal yang sebaliknya. Bermula denganmemuncaknya pertentangan antara Gereja Barat dengan Gereja Timur yang berakibatterpisahnya gereja, maka Gereja Timur berdiri sendiri dengan pimpinannyaseorang uskup di Persia dengan memakai gelar Ketholikos, di tahun 410.Gerejaini kemudian dikenal sebagai Gereja Khaldea, atau Gereja Syria Timur. Gerejaini adalah pengikut ajaran Nestorius, sehingga juga dikenal sebagai gerejaNestorian (Nestorian, Nusthuri/Nasathariah). Sampai sekitar abad ke-13, pusatgereja ini berkedudukan di Baghdad dan wilayah wewenang pelayanannya meliputiCyprus, Irak, Iran, Manchuria, Mongolia, India, Sri Lanka, Sumatera dan Jawa.
Dalamsebuah naskah kuno tulisan Shaykh Abu Salih al-Armini, terdapat daftar dari 707gereja dan 181 biara yang tersebar dimana-mana, yang termasuk dalam wilayahpelayanan provinsi Mesir, di antaranya termasuk Indonesia. Dalam naskah itudisebut Fansur yang disebut terdapat banyak gereja dan biara. Fansur atauPancur adalah kota pelabuhan di Sumatera Utara, yang terletak di dekat kotaBarus yang waktu itu sangat ramai sebagai kota pelabuhan perdagangan kapurbarus, hal ini dicatat di sekitar abad ke 7. Berita kemudian yang masihmenyebut adanya gereja di Sumatera ditulis oleh Metropolit Gereja Suriah Timuryang bertugas antara tahun 1291-1319, yang mencantumkan keuskupan agung Dabhagh(Sumatera).
Sumberlain yang menyebut masih adanya gereja dan orang Kristen di Indonesia, adalahcatatan perjalanan Uskup Joa de Marignoli OFM, Duta Besar Paus Clemens VI diPeking, yang pernah berkunjung ke Sumatera (Kerajaan Sriwijaya) dan masihsempat melayani orang-orang Kristen di sana pada tahun 1346. Hingga akhirnya jejakdari masa kekristenan pada awal masuk ke Indonesia hilang dan tidak lagidiketahui proses perkembangannya. Apa yang terjadi dengan orang Kristen masaitu masih belum jelas, namun suatu penggalian yang diadakan di tahun 1610 diMalaka, menemukan puing-puing gereja dengan hiasan salib bergaya Khaldea.
Di AbadXVI terjadi perubahan besar di dunia politik dan perdagangan yang ditandaidengan ditemukannya jalan laut ke Asia oleh Eropa. Dimulailah perjalananekspedisi besar-besaran yang ditandai dengan berhasilnya Portugis merebutMalaka di tahun 1511, sebuah kota yang menjadi pusat perdagangan di Nusantara.Dari sini mereka mengirim armadanya dan berhasil menguasai wilayah Maluku,sumber rempah-rempah sebagai komoditi perdagangan yang bernilai jual tinggiwaktu itu. Sementara itu KerajaanMajapahit mulai kehilangan kekuasaannya. Kerajaan-kerajaan pantai di Sumateramulai menyatakan diri berdiri sendiri, juga di Jawa, kerajaan-kerajaan terutamadi kota-kota pelabuhan semakin berani untuk melepaskan diri dari Majapahit. Perkembangan iniberjalan seiring dengan semakin luasnya pengaruh Islam yang berkembang denganpesat pada abad ke-15 hingga ke-16.
Terkaitdengan penyebaran Agama Katolik dimulai bersamaan dengan datangnya bangsaportugis setelah berhasil menguasai Malaka yang waktu itu memegang perananpenting perdagangan, yang kemudian dijadikan pusat kegiatan misi. Pada tahun1555 diresmikanlah keuskupan Malaka yang mencakup Indonesia. Penyebaran AgamaKatolik terutama di kalangan rakyat yang menganut kepercayaan lama. Sesuaidengan prinsip Kerajaan Katolik waktu itu, maka pekerjaan misi didukung dandibiayai sepenuhnya oleh Negara dimana hal ini dipercayakan oleh Paus kepadaRaja. Namun, di tahap pertama ini tidaknampak pekerjaan misi yang cukup terarah, karena terlalu tergantung padaperkembangan penguasa Portugis. Pekerjaan misi yang sungguh baru terjadi adalah dengan kedatanganFransiskus Xaverius di tahun 1546 sampai 1547. Sehingga pekerjaan misi kemudianmencapai Sulawesi Utara, beberapa tempat di Jawa khususnya di daerah yang masih ada pengaruh Hindu, danKalimantan.
Peristiwa penting dalam sejarah politik diAsia Tenggara pada akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17 adalah terjadinyaperalihan kekuasaan kolonial, dari Portugis kepada pihak Belanda.[8] Tujuannya tetap sama untuk menguasaidaerah sumber bahan perdagangan. Sebab itu penguasaan daerah jajahan itudilaksanakan melalui suatu badan perdagangan yang disebut VOC (VerenigdeOsstindiesche Compagnie), yang mendapat hak monopoli dari pemerintahnya dinegeri Belanda, termasuk hak memiliki tentara sendiri, mencetak uang sendiri,mengambil keputusan untuk berperang serta mengadakan perjanjian.
Pada mulanya VOC hanya memerlukan pelayananrohani untuk melayani orang-orang mereka sendiri. Kemudian merekadiperhadapkan dengan soal baru, setelah melihat bahwa ada orang-orang KristenIndonesia peninggalan Misi Katolik. Jumlah orang Katolik di Maluku, SulawesiUtara, Pulau Siau dan Sangir disebut sekitar 40.000 jiwa. Menurut pemikiranwaktu itu, maka adalah hak dan kewajiban VOC untuk membuat orang Katolik itumenjadi Protestan, sesuai dengan agama yang dianut oleh penguasa. Tentu adajuga latar belakang politik, sebab VOC khawatir jika mereka tetap dibiarkanKatolik sekali waktu mereka dapat mengundang lagi Portugis atau Spanyol.Selanjutnya antara tahun 1708-1771 (selama 63 tahun), jumlah orang Indonesiayang dibaptis berjumlah 43.748 jiwa, di antaranya hanya 1.205 yang boleh ikutperayaan Perjamuan Kudus. Maka, bila diperhitungkan jumlah orang Katolik yangditinggalkan oleh Misi Portugis sebanyak 40.000 jiwa, maka pada dasarnya dimasa VOC dapat dikatakan gereja sama sekali tidak berkembang secara signifikandan berarti.
Babak berikut yang sangat berarti dalamsejarah penyebaran Injil di Indonesia adalah dengan berakhirnya keberadaan VOCsetelah berkuasa selama 200 tahun tepatnya pada 1799. Pemerintah Belanda yangakhirnya melanjutkan penguasaannya di Indonesia, namun tidak melihat dirinyasebagai “penguasa Kristen”, melainkan suatu pemerintah sekuler. Terhadapmasalah keagamaan, pemerintah Belanda bersikap netral. Di bawah GubernurJenderal Daendels, diproklamasikanlah kebebasan agama yang berarti jugaberakhirnya monopoli Kristen Calvinis, dan kebebasan bagi Gereja Lutheran. Sedangkan Katolikmendapat ijin kembali untuk mengadakan pekerjaan misi dan mendatangkan Imam keIndonesia. Begitu juga dengan Islam secara resmi disokong untuk menunaikanibadah Haji ke Mekkah sebagai salah satu wujud hukum Islam yang harus dipenuhi,Lembaga-lembaga Pekabaran Injil diperbolehkan secara bebas masuk ke Indonesia.

Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Sample Text
Kategori
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Social Profiles
Arsip Blog
-
▼
2011
(773)
-
▼
October
(311)
- Pengertian Istilah Dalam Komputer
- Pengertian Webserver
- LAPORAN KEUANGAN
- Persamaan Akuntansi
- Klasifikasi Rekening
- Pengertian Akuntansi
- PENGERTIAN NARKOBA
- Pengertian Cookies
- Pengertian Konstitusi
- Pengertian Masyarakat Madani
- PENGERTIAN SUPERVISI PENDIDIKAN
- Pengertian LSM
- Pengertian Signal To Ratio (SNR)
- Pengertian hukum tata Negara
- Pengertian Istilah BIOS, BOOTSTRAP, BOOTLOADER, da...
- Definisi/Pengertian Virus Komputer, Worm, Trojan, ...
- Pengertian MySQL
- Pengertian Power Supply Unit
- Pengertian Musik dari Berbagai Tokoh
- PENGERTIAN DAN TUJUAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
- Pengertian Ulumul Qur’an
- Pengertian Statistik
- Pengertian Pendidikan Agama Islam menurut berbagai...
- PENGERTIAN KONSERVASI
- Pengertian Dan Hakikat Muhammadiyah_makalah abdi
- pengertian perintah dasar c++
- PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI BELAJAR
- PENGERTIAN ORGANISASI
- Pengertian Kecerdasan Emosional
- PENGERTIAN SUNNAH
- PERGESERAN PENGERTIAN "SUNNAH" KE "HADITS" I...
- Pengertian Dan Jenis Slot Memori
- Pengertian Etika
- PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK DAN RUANG LINGKUPNYA
- Pengertian Hukum (Elementer)
- Pengertian Manajemen
- PERUMUSAN DEMOKRASI PANCASILA
- SISTEM PEMERINTAHAN DEMOKRASI PANCASILA
- FUNGSI DEMOKRASI PANCASILA
- CIRI-CIRI DEMOKRASI PANCASILA
- PRINSIP POKOK DEMOKRASI PANCASILA
- DEMOKRASI PANCASILA
- PENGERTIAN DAN PENGENALAN INTERNET
- Pengertian Musik Nusantara
- Pengertian Dan Fungsi Motherboard
- Pengertian LAN,WAN,MAN
- Pengertian Disiplin
- Pengertian Semantik
- Pengertian Wakaf
- PENGERTIAN KONSELING MENURUT PARA AHLI
- PENGERTIAN DEFINISI DAN RUMUS BEP / TITIK IMPAS
- PENGERTIAN DAN PERKEMBANGAN TEORI PEMBELAJARAN
- Pengertian dan Fungsi ROM
- Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli
- PENGERTIAN BUDAYA POLITIK
- Pengertian OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)
- Tugas-tugas dalam Data mining
- Arsitektur Sistem Data mining
- PENGERTIAN DATA MINING DAN FUNGSI-FUNGSI DATA MINING
- PENGERTIAN DAN HAKEKAT PENDIDIKAN ISLAM
- Pengertian Internet dan Intranet
- Kelebihan Linux Ubuntu daripada yang lainnya
- keunggulan Linux
- Pengertian Linux
- PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI
- PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
- SISTEM BIAYA STANDAR DAN PENENTUAN HARGA POKOK VAR...
- BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA TENAGA KERJA
- METODE HARGA POKOK PROSES PENGANTAR
- DEPARTEMENTALISASI BIAYA OVERHEAD PABRIK
- METODE HARGA POKOK PESANAN
- BIAYA OVERHEAD PABRIK
- AKUNTANSI BIAYA DAN PENGERTIAN BIAYA
- Pengertian Kelompok Persepsi, Organisasi, Motivasi...
- PENGERTIAN WAHABI
- Pengertian Dan Fungsi Harddisk
- Pengertian Budi Pekerti
- Pengertian dan Bentuk Badan Usaha
- PENGERTIAN TASAWUF DAN TUJUAN TASAWUF
- Sejarah dan Keunggulan Teknologi CDMA
- Persamaan dan Perbedaan GSM dan CDMA
- Sastra Menurut Ahli Bedah Sastra, Budayawan dan Se...
- Sastra, Sesuatu yang Agung*
- Pengertian Pergaulan Bebas
- Pengertian Gerbang Logika
- PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENURUT BEBERAP...
- Pengertian e - Government
- Pengertian Bandwith
- Pengertian Jaringan dalam sistem telekomunikasi
- Definisi Sosiologi Menurut Beberapa Ahli
- PENGERTIAN SOSIOLOGI MENURUT PARA AHLI
- UNSUR INTRINSIK DAN UNSUR EKSTRINSIK SASTRA
- SEJARAH PERKEMBANGAN SASTRA
- Macam - macam / jenis Sastra
- PENGERTIAN SASTRA
- pengertian metodologi penelitian
- makalah pengertian identifikasi masalah dan tujuan...
- Sejarah Islam Di Spanyol
- SEJARAH PERKEMBANGAN SENAM
- Sejarah Dunia Kuno / Masa Silam
-
▼
October
(311)
Pengikut
Guest Counter
Powered by Blogger.
Labels
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Ads 468x60px
Popular Posts
-
FUNGSI MOTHERBOARD Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponenyang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada seti...
-
KHALIFAH ISLAM Sejarah KeKhalifahanIslam Rasulullah SAW telah memerintahkan kepada kaummuslimin agar mereka mengangkat seorang khalifah sete...
-
Paham Neoliberalisme(Mansour Fakih 2003) q Biarkan pasar bekerja tanpa distorsi (unregulated) market is the bestway to increase economic...
-
Teori Konsumsi Pengeluarankonsumsi terdiri dari konsumsi pemerintah (government consumption) dan konsumsirumah tangga (household consumption...
-
1. Arti Utilitarisme adalah faham atau aliran dalam filsafat moral yangmenekankan prinsip manfaat atau kegunaan ( theprinciple o...
-
Biaya (cost) dan beban (expense) adalah duahal yang berbeda karakteristiknya. Kos merupakan bahan olah dasar akuntansi (pengukuran yang dil...
-
Dari Wikipedia bahasa Indonesia,ensiklopedia bebas Wakaf ( Arab : وقف ,jamak: اوقاف , awqāf) adalah perbuatan yang dilakukan wakif (pihak y...
-
Romawi ialahperadaban dunia yang letaknya terpusat di kota Roma masa kini. Peradaban Romawidikembangkan Suku Latia yang menetap di lembah Su...
-
Saat kita mengakses Internet. kita akan berhubungan dengan yangnamanya cookies. Apa cookies itu dan bagaimana mengatasinya sehingga tidakmen...
-
Pengertian Targetbiaya atau target costing adalah metode penentuan biaya produksi dimanaperusahaan terlebih dahulu menentukan biaya produksi...
Blog Archive
-
▼
2011
(773)
-
▼
October
(311)
- Pengertian Istilah Dalam Komputer
- Pengertian Webserver
- LAPORAN KEUANGAN
- Persamaan Akuntansi
- Klasifikasi Rekening
- Pengertian Akuntansi
- PENGERTIAN NARKOBA
- Pengertian Cookies
- Pengertian Konstitusi
- Pengertian Masyarakat Madani
- PENGERTIAN SUPERVISI PENDIDIKAN
- Pengertian LSM
- Pengertian Signal To Ratio (SNR)
- Pengertian hukum tata Negara
- Pengertian Istilah BIOS, BOOTSTRAP, BOOTLOADER, da...
- Definisi/Pengertian Virus Komputer, Worm, Trojan, ...
- Pengertian MySQL
- Pengertian Power Supply Unit
- Pengertian Musik dari Berbagai Tokoh
- PENGERTIAN DAN TUJUAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
- Pengertian Ulumul Qur’an
- Pengertian Statistik
- Pengertian Pendidikan Agama Islam menurut berbagai...
- PENGERTIAN KONSERVASI
- Pengertian Dan Hakikat Muhammadiyah_makalah abdi
- pengertian perintah dasar c++
- PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI BELAJAR
- PENGERTIAN ORGANISASI
- Pengertian Kecerdasan Emosional
- PENGERTIAN SUNNAH
- PERGESERAN PENGERTIAN "SUNNAH" KE "HADITS" I...
- Pengertian Dan Jenis Slot Memori
- Pengertian Etika
- PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK DAN RUANG LINGKUPNYA
- Pengertian Hukum (Elementer)
- Pengertian Manajemen
- PERUMUSAN DEMOKRASI PANCASILA
- SISTEM PEMERINTAHAN DEMOKRASI PANCASILA
- FUNGSI DEMOKRASI PANCASILA
- CIRI-CIRI DEMOKRASI PANCASILA
- PRINSIP POKOK DEMOKRASI PANCASILA
- DEMOKRASI PANCASILA
- PENGERTIAN DAN PENGENALAN INTERNET
- Pengertian Musik Nusantara
- Pengertian Dan Fungsi Motherboard
- Pengertian LAN,WAN,MAN
- Pengertian Disiplin
- Pengertian Semantik
- Pengertian Wakaf
- PENGERTIAN KONSELING MENURUT PARA AHLI
- PENGERTIAN DEFINISI DAN RUMUS BEP / TITIK IMPAS
- PENGERTIAN DAN PERKEMBANGAN TEORI PEMBELAJARAN
- Pengertian dan Fungsi ROM
- Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli
- PENGERTIAN BUDAYA POLITIK
- Pengertian OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)
- Tugas-tugas dalam Data mining
- Arsitektur Sistem Data mining
- PENGERTIAN DATA MINING DAN FUNGSI-FUNGSI DATA MINING
- PENGERTIAN DAN HAKEKAT PENDIDIKAN ISLAM
- Pengertian Internet dan Intranet
- Kelebihan Linux Ubuntu daripada yang lainnya
- keunggulan Linux
- Pengertian Linux
- PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI
- PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
- SISTEM BIAYA STANDAR DAN PENENTUAN HARGA POKOK VAR...
- BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA TENAGA KERJA
- METODE HARGA POKOK PROSES PENGANTAR
- DEPARTEMENTALISASI BIAYA OVERHEAD PABRIK
- METODE HARGA POKOK PESANAN
- BIAYA OVERHEAD PABRIK
- AKUNTANSI BIAYA DAN PENGERTIAN BIAYA
- Pengertian Kelompok Persepsi, Organisasi, Motivasi...
- PENGERTIAN WAHABI
- Pengertian Dan Fungsi Harddisk
- Pengertian Budi Pekerti
- Pengertian dan Bentuk Badan Usaha
- PENGERTIAN TASAWUF DAN TUJUAN TASAWUF
- Sejarah dan Keunggulan Teknologi CDMA
- Persamaan dan Perbedaan GSM dan CDMA
- Sastra Menurut Ahli Bedah Sastra, Budayawan dan Se...
- Sastra, Sesuatu yang Agung*
- Pengertian Pergaulan Bebas
- Pengertian Gerbang Logika
- PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENURUT BEBERAP...
- Pengertian e - Government
- Pengertian Bandwith
- Pengertian Jaringan dalam sistem telekomunikasi
- Definisi Sosiologi Menurut Beberapa Ahli
- PENGERTIAN SOSIOLOGI MENURUT PARA AHLI
- UNSUR INTRINSIK DAN UNSUR EKSTRINSIK SASTRA
- SEJARAH PERKEMBANGAN SASTRA
- Macam - macam / jenis Sastra
- PENGERTIAN SASTRA
- pengertian metodologi penelitian
- makalah pengertian identifikasi masalah dan tujuan...
- Sejarah Islam Di Spanyol
- SEJARAH PERKEMBANGAN SENAM
- Sejarah Dunia Kuno / Masa Silam
-
▼
October
(311)
0 comments:
Post a Comment