Thursday, October 20, 2011

PENGERTIAN SUNNAH


 
Sunnah  lebih  luas  daripada  hadits,  termasuk  yang  sahih.
Berarti,  sunnah  tidak  terbatas hanya pada hadits. Sekalipun
pengertian ini cukup jelas, namun masih juga sering mengundang
kekaburan.  Memang,  antara sunnah dan hadits terbentang garis
kontinuitas yang tidak terputus, namun mencampuradukkan antara
keduanya tidak dapat dibenarkan.,
 
Jika disebutkan oleh Nabi bahwa sunnah merupakan pedoman kedua
setelah Kitab Suci bagi kaum muslim dalam memahami agama, maka
sesungguhnya  Nabi  hanya  menyatakan sesuatu yang amat logis.
Yaitu, dalam memahami agama dan melaksanakannya,  orang  Islam
tentu  pertama-tama  harus  melihat  apa  yang ada dalam Kitab
Suci, kemudian, kedua, harus  mencari  contoh  bagaimana  Nabi
sendiri  memahami dan melaksanakannya. Sebab, Nabi-lah sebagai
utusan Tuhan, yang secara logis paling  paham  akan  apa  yang
dipesankan Tuhan pada manusia melalui beliau, juga yang paling
tahu bagaimana melaksanakannya. Pengertian lain yang menyalahi
hal itu mustahil dapat diterima.
 
Pemahaman  Nabi  terhadap  pesan  atau wahyu Allah itu teladan
beliau dalam melaksanakannya membentuk "tradisi" atau "sunnah"
kenabian (al-sunnah al-Nabawiyyah). Sedangkan hadits merupakan
bentuk reportase atau penuturan tentang  apa  yang  disebabkan
Nabi  atau  yang  dijalankan dalam praktek tindakan orang lain
yang "didiamkan" beliau (yang dapat  dapat  diartikan  sebagai
"pembenaran").  Itulah  makna  asal kata hadits, yang sekarang
ini definisinya makin luas batasannya dan komprehensif.  Namun
demikian,   tidak   berarti  bahwa  hadits  dengan  sendirinya
mencakup seluruh sunnah.
 
Jika sunnah merupakan keseluruhan  perilaku  Nabi,  maka  kita
dapat  mengetahui  dari  sumber-sumber  yang  selama ini tidak
dimasukkan sebagai  hadits,  seperti  kitab-kitab  sirah  atau
biografi Nabi. Sebab, dalam lingkup sunnah sebagai keseluruhan
tingkah laku Nabi,  harus  dimasukkan  pula  corak  dan  ragam
tindakan  beliau,  baik sebagai pribadi maupun pemimpin. Dalam
kedudukan beliau sebagai  pemimpin  itulah  Kitab-kitab  sirah
banyak memberi gambaran.
 
Di antara kitab-kitab sirah, termasuk yang sangat dini ditulis
ialah Sirah Ibn Ishaq yang kemudian disunting oleh Ibn  Hisyam
(berturut-turut  wafat pada tahun 151 dan 219 Hijri). Meskipun
wafat di Baghdad, Ibn Ishaq lahir di Madinah  (pada  tahun  85
H),  dan tumbuh sebagai sarjana terkemuka di kota Nabi. Dan ia
telah mengumpulkan bahan untuk kitab sirah-nya  beberapa  lama
sebelum usaha-usaha pengumpulkan hadits.
 
Sebelum  Ishaq,  telah  muncul  berbagai  karya  tulis tentang
riwayat  peperangan  Nabi  yang  lazim   disebut   kitab-kitab
al-Maghazi.   Kitab-kitab   itu,  bersama  dengan  kitab-kitab
biografi Nabi yang lain amat penting, karena  memuat  gambaran
tentang perjalanan hidup Nabi khususnya dalam kapasitas beliau
sebagai pemimpin. Maka, kitab-kitab itu juga merupakan  sumber
yang baik untuk memahami sunnah, khususnya, jika yang dimaksud
selain tindakan-tindakan Nabi atau sabda beliau yang  bersifat
terpisah dan ad hoc seperti umumnya tema catatan hadits. Dalam
sejarah terbukti bahwa pembacaan biografi Nabi, khususnya yang
berkaitan dengan riwayat peperangan beliau yang dikena sebagai
al-Maghazi   tersebut,   berhasil    membangkitkan    semangat
perjuangan  Islam,  karena  ilham  teladan  baik  dari beliau.
Inilah  "eksperimen"  Sultan  Shalah  al-Din  al-Ayyubi  dalam
menghadapi tentara Salib, yang ternyata berhasil gemilang. Dan
dengan  "eksperimen"  itu  pemimpin  Islam  dari  Mesir   yang
kemudian   terkenal   dengan   sebutan  "Sultan  Saladin"  itu
mewariskan pada Umat Islam seluruh dunia tradisi Maulid, yaitu
upacara  memperingati  kelahiran  Nabi  dengan membaca riwayat
hidup beliau.
 
Sunnah  Nabi   harus   pula   dipahami   sebagai   keseluruhan
kepribadian Nabi dan akhlak beliau, yang dalam kepribadian dan
akhlak beliau disebutkan dalam Kitab Suci sebagai teladan yang
baik   (uswah  hasanah)  bagi  kita  semua  "yang  benar-benar
berharap pada Allah pada Hari  Kemudian,  serta  banyak  ingat
kepada Allah"   (Q.S.   al-Ahzab  33:32).    Dan  beliau  juga
dilukiskan dalam Kitab Suci  sebagai  seorang  yang  berakhlak
amat  mulia  (Q.S. al-Qalam 68:4). Dengan demikian Nabi, dalam
hal ini tingkah laku dan kepribadian  beliau  sebagai  seorang
yang  berakhlak  mulia,  menjadi  pedoman  hidup kedua setelah
Kitab Suci bagi seluruh kaum beriman.
 
Tetapi justru karena itu maka memahami sunnah Nabi tidak dapat
lepas  dari  memahami  Kitab  Suci sendiri. Sebab sesungguhnya
akhlak Nabi yang mulia itu tidak lain  adalah  semangat  Kitab
Suci  al-Qur'an  itu  sendiri, sebagaimana dilukiskan A'isyah,
isteri beliau. Dari Kitab Suci kita  mengetahui  lebih  banyak
perkembangan  kepribadian  Nabi  yang menggambarkan pengalaman
Nabi, baik yang menyenangkan atau tidak,  yang  keseluruhannya
menampilkan   sosok   Nabi  yang  berkeprlbadian  mulia.  Dari
pengamatan atas  gambaran  itu  kita  dapat  memperoleh  ilham
tentang  peneladanan  pada  beliau,  dan  keseluruhan  sasaran
peneladanan itu tidak lain ialah sunnah nabi. Sebagai  contoh,
dua  surat yang termasuk paling banyak dibaca dalam sembahyang
dapat kita renungkan maknanya di sini:
 
Demi pagi yang  cerah  dan  demi  malam  ketika  telah  kelam.
Tidaklah  Tuhanmu  meninggalkan  engkau  (Muhammad), dan tidak
pula murka. Dan  pastilah  kemudian  hari  lebih  baik  bagimu
daripada  yang  sekarang  ada.  Dan juga pastilah Tuhanmu akan
menganugerahimu, maka kamu akan lega. Bukankah Dia mendapatimu
yatim,   kemudian   Dia  melindungimu?!  Dan  Dia  mendapatimu
bingung,  kemudian  Dia  membimbingmu?!  Dan  Dia  mendapatimu
miskin,  kemudian  Dia  memperkayamu?! Maka kepada anak yatim,
janganlah  engkau  menghardik!   Dan   kepada   peminta-minta,
janganlah  kamu  membentak!  Sedangkan berkenaan dengan nikmat
karunia Tuhanmu, engkau harus nyatakan! (QS. al-Dluha 93:1-11)
 
Bukankah Kamu  telah  lapangkan  dadamu?!  Dan  Kami  bebaskan
bebanmu,  yang  memberati  punggungmu?!  Serta  Kami  muliakan
namamu?!  Sebab  sesunggahnya  bersama  kesulitan  tentu   ada
kemudahan!  Maka jika engkau bebas, kerja keraslah! Dan kepada
Tuhanmu, senantiasa berharaplah! (QS. al-Syarh 94:1-8)
 
Para ahli hampir semuanya sepakat bahwa surat  al-Dluha  turun
kepada  Nabi berkenaan dengan peristiwa terputusnya wahyu yang
relatif panjang, sehingga menimbulkan ejekan dan sinisme  kaum
musyrik  Makkah  bahwa Tuhan telah meninggalkan Nabi dan murka
kepadanya.  Dari  latar  belakang  turunnya,  surat  ini  juga
menggambarkan  tentang  suatu  dinamika  pengalaman Nabi dalam
perjuangan beliau, sehingga seperti dikatakan  Sayyid  Quthub,
Allah  menghibur  beliau  dan memberinya dorongan moril, bahwa
Allah samasekali tidak  meninggalkan  beliau  dan  tidak  pula
murka.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes