Thursday, October 20, 2011

Pengertian Pendidikan Agama Islam menurut berbagai pakar


Pengertian Pendidikan Agama Islam menurut berbagai pakar

a. Menurut Drs. Ahmad D. Marimba : Pendidikan Agama Islam adalah bimbinganjasmani, rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknyakepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam. Dengan pengertian yang lainsering kali beliau mengatakan kepribadian yang memiliki nalai-nilai agamaIslam, memilih dan memutuskan serta berbuat berdasarkan nilai-nilai Islam, danbertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai Islam. b. Menurut Abdul RahmanNahlawi; اَلتربيّةُ الإسْلاَ مِيَّةُ هِيَ ا لتَّنْظيمُ المُنْفَسِيُّوالإجتماعيُّ الَّذيْ يُؤْديْ إلى اعْتنَاق الإسْلاَم وتَطْبيْقَة كلّيّا فى حَياةالْفرْدِ وَالْجمَاعَةِ Artinya; “Pendidikan Islam ialah pengaturan pribadi danmasyarakat yang karenanya dapatlah memeluk Islam secara logis dan sesuai secarakeseluruhan baik dalam kehidupan individu maupun kehidupan kolektif”. c.Menurut Drs. Burlian Shomad : Pendidikan Agama Islam ialah pendidikan yangbertujuan membentuk individu menjadi makhluk yang bercorak diri berderajattinggi menurut ukuran Allah dan isi pendidikannya untuk mewujudkan tujuan ituadalah ajaran Allah. Secara rinci Beliau mengemukakan pendidikan itu baru dapatdisebut Pendidikan Agama Islam apabila memiliki dua ciri khas yaitu : 1).Tujuannya untuk membentuk individu menjadi bercocok diri tertinggi menurutukuran Al-Qur`an. 2). Isi pendidikannya ajaran Allah yang tercantum denganlengkap dalam Al-Qur`an dan
pelaksanaannya di dalam praktek kehidupansehari-hari sebagaimana di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW. d. Menurut MustofaAl-Ghulayani : Bahwa Pendidikan Agama Islam ialah menanamkan akhlak yang muliadi dalam jiwa anak dalam masa pertumbuhannya dan menyiraminya dengan petunjukdan nasihat, sehingga ahklak itu menjadi salah satu kemampuan (meresap dalam)jiwanya kemudian buahnya berwujud keutamaan, kebaikan dan cinta bekerja untukkemanfaatan tanah air. e. Menurut Syah Muhammad A. Naquib Al-Atas : PendidikanAgama Islam ialah usaha yang dilakukan pendidik terhadap anak didik untukpengenalan dan pengakuan tempat-tempat yang benar dari segala sesuatu di dalamtatanan penciptaan sehingga membimbing kearah pengenalan dan pengakuan akantempat Tuhan yang tepat di dalam tatanan wujud dan kepribadian. f. MenurutProf. Dr. Hasan Langgulung : Pendidikan Agama Islam ialah Pendidikan yangmemiliki 4 macam fungsi, yaitu : 1). Menyiapkan generasi muda untuk memegangperanan-peranan tertentu dalam masyarakat pada masa yang akan datang. Perananini berkaitan erat dengan kelanjutan hidup (survival) masyarakat sendiri 2).Memindahkan ilmu pengetahuan yang bersangkutan dengan peranan-peranan tersebutdari generasi tua kepada generasi muda. 3). Memindahkan nilai-nilai yang bertujuanmemelihara keutuhan dan kesatuan masyarakat yang menjadi syarat mutlak bagikelanjutan hidup (surviral) suatu masyarakat dan peradaban. Dengan kata lain,tanpa nilai-nilai keutuhan (integrity) dan kesatuan (integration) suatumasyarakat, maka kelanjutan hidup tersebut tidak akan dapat terpelihara denganbaik yang akhirnya akan berkesudahan dengan kehancuran masyarakat itu sendiri.g. Hasil seminar pendidikan Islam se-Indonesia tanggal 7 sampai dengan 11mei1960 di Cipayung Bogor menyatakan : “Pendidikan Agama Islam adalah bimbinganterhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Islam dengan hikmahmengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh, dan mengawasi berlakunya semuaajaran Islam.” h. Menurut M. Yusuf al-Qardhawi : Pendidikan Agama Islam adalahpendidikan manusia seutuhnya, akal dan hatinya, rohani dan jasmaninya, akhlakdan keterampilannya. Karena itu, pendidikan agama islam menyiapkan manusiauntuk hidup baik dalam keadaan damai maupun perang, dan menyiapkannya untukmenghadapi masyarakat dengan segala kebaikan dan kejahatannya, manis danpahitnya. i. Menurut Endang Saifuddin Anshari : Pendidikan Agama Islam adalahproses bimbingan (pimpinan, tuntunan, usulan) oleh obyek didik terhadapperkembangan jiwa (pikiran, perasaan, kemauan, intuisi, dan sebagainya ), danraga obyek didik dengan bahan-bahan materi tertentu, pada jangka waktutertentu, dengan metode tertentu, dan dengan alat perlengkapan yang ada kearahterciptanya pribadi tertentu disertai evaluasi sesuai dengan ajaran agama Islam.j. Menurut Zakiah Darajat : Pendidikan Agama Islam adalah Pendidikan mela luiajaran-ajaran agama islam, yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap anakdidik agar nantinya setelah selesai dari pendidikan itu ia dapat memahami,menghayati, dan mengamalkan ajaran-ajaran agama islam yang telah diyakininyasecara menyeluruh, serta menjadikan ajaran agama islam sebagai suatu pandanganhidupnya demi keselamatan dan kesejahteraan hidup di dunia maupun di akhiratkelak. Dari uraian tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwa para ahlididik Islam berbeda pendapat mengenai rumusan Pendidikan Agama Islam. Ada yang menitik beratkanpada segi pembentukan akhlak anak, ada pula yang menuntut pendidikan teori padapraktek, sebagian lagi menghendaki terwujudnya kepribadian muslim danlain-lain. Namun dari perbedaan pedapat tersebut dapat di ambil kesimpulan,bahwa adanya titik persamaan yang secara ringkas dapat di kemukakan sebagaiberikut: pendidikan agama Islam ialah bimbingan yang dilakukan oleh seorangdewasa kepada terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia memiliki kepribadianmuslim yang sejati. Jika direnungkan Syariat Islam tidak akan di hayati dandiamalkan orang kalau hanya diajarkan saja, tetapi harus didirikan melaluiproses pendidikan.. Nabi telah mengajak orang untuk beriman dan beramal sertaberakhlak baik sesuai ajaran Islam dengan berbagai metode dan pendekatan. Darisatu segi melihat, bahwa pendidikan Islam itu lebih banyak di tunjukan ke padaperbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan, baik bagikeperluan diri sendiri maupun orang lain. Dari segi lainnya Pendidikan AgamaIslam tidak hanya bersifat teoritis saja, tetapi juga praktis. Ajaran AgamaIslam tidak memisahkan antara iman dan amal saleh. Oleh karena itu PendidikanAgama Islam adalah sekaligus pendidikan iman dan pendidikan amal. Dan karenaajaran Islam berisi ajaran tentang sikap dan tingkah laku pribadi masyarakat.Menuju kesejahteraan hidup perorangan dan bersama, maka orang pertama yangbertugas mendidik masyarakat adalah para Nabi dan Rasul, selanjutnya para ulamadan para cendikiawan sebagai penerus tugas dan kewajiban mereka.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes