Monday, September 26, 2011

PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAAT MEDIA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN



APA YANG DIMAKSUDDENGAN BELAJAR?
Usaha sadar seseorang untuk merubahtingkah laku, melalui interaksi dengan sumber belajar
Perubahan tingkah laku yang dihasilkanbersifat permanen dan ke arah positif.
Perubahan tingkah laku  dapat berupa kogninif, afektif, psikhomotorik
Proses belajar hanya bisa berlangsungjika terjadi interaksi antara si belajar dengan sumber belaja
Dalam proses belajar mengajar ada beberapa aspek yang harus ada diantaranya:
  guru,
  murid,
 bahan pelajaran

Dengan adanya ketiga aspek prosespembelajaran sudah bisa terjadi namun dengan itu sajabelum optimal harus ada, metode pembelajaran, media pengajaran dan penilaian
SUMBER BELAJAR DANMEDIA PEMBELAJARAN
Media Belajar  merupakan bagian darisumber belajar
Sumber belajar meliputi POBATEL:
  Pesan (ide, fakta,data, ajaran, informasi, dll)
  Orang (guru, dosen,instruktur, widyaswara, dll)
  Bahan (buku teks,modul, transparansi, kaset program audio, film, program CAI/CBI, dll)
  Alat (OHP, komputer,tape recorder, CD player, dll)
  Teknik (praktikum,demonstrasi, diskusi, tutorial, pembelajaran mandiri, dll)•
  Lingkungan (gedungsekolah, kebun, pasar, dll)
Kombinasi bahan (soft-ware) dan alat(hard-ware) dinamakan media pembelajaran
KETERKAITAN SUMBERBELAJAR, MEDIA DAN ALAT PERAGA
T
Pengertian
Kata media, berasal dari bahasa Latin,bentuk jamak dari medium secara harfiah berarti perantara ataupengantar.
Media adalah suatu alat yang dipakaisebagai saluran (chennel) untuk menyampaikan pesan (message) atauinformasi dari suatu sumber (resource) kepad penerimanya (reciver)(Soeparno, 1988:1).
Lanjutan
Media adalah semua bentuk perantarayang dipakai orang penyebar ide, sehingga ide atau gagasan itu sampai padapenerima (Santoso S. hamijoyo).
Media merupakan segala bentuk yangdigunakan untuk proses penyaluran informasi AECT).
Media adalah segala benda yangdimanipulasi, dilihat, didengar, dibaca, atau dibicarakan beserta instrumenyang digunakan untuk kegiatan tersebut (NEA).
Lanjutan
Media adalah segala alat fisik yangdapat menyajikan pesan yang merangsang yang sesuai untuk belajar (Brigg).
Media merupakan segala sesuatu yangdapat diindra yang berfungsi sebagai perantara, sarana, alat untuk proseskomunikasi belajar mengajar (Rohani, 1997: 2-3)
Reiser dan Gagne (dalam Criticos,1996; Gagne, et al., 1988),
secara implisit menyatakan bahwa mediaadalah segala alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materipengajaran. Dalam pengertian ini, buku/modul, tape recorder, kaset, videorecorder, camera video, televisi, radio, film, slide, foto, gambar, dankomputer adalah merupakan media pembelajaran.
Media, alat pelajaran, alat peraga
Media pengajaran berbeda dengan  alat pelajaran atau alat peraga.
Alat pelajaran merupakan hardware(perangkat keras) yang dipakai untuk menunjang berlangsungnya proses belajarmengajar.
Alat peraga pada hakekatnya hanyamerupakan alat yang berfungsi untuk menvisualisasikan konsep tertentu saja.Penggunaan kedua alat ini seratus persen di tangan guru.
Media merupakan paduan antara hardware(perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Penggunaannyatidak tergantung pada kehadiran guru.
            perbedaan antar media dengan alatperaga terletak pada fungsi, bukan substansinya saja. Sumber belajar dikatakanalat peraga jika hal tersebut fungsinya hanya sebagai alat bantu. Hal tersebutdikatakan media jika sumber belajar itu merupakan bagian yang integral dariseluruh kegiatan belajar”.
Jika melihat hal tersebut maka media memiliki tugas sebagaimana guru menjadisumber belajar bagi siswa. Jadi media merupakan sumber belajar yang bukanmanusia. Dengan demikian media memiliki peran utama dalam keberhasilanpendidikan sedang alat bantu hanya menjadi perantara dalam memudahkanpenyampaian informasi.
            Dariilustrasi di atas, maka terdapat beberapa peranan penting yang dapat dipahami,mana yang termasuk sumber belajar, mana, media dan mana yang disebut alatperaga. Ketiga peranan tersebut yaitu: (1) Pak Ahmad sebagai gurumatematika  memberikan penjelasan dan bimbingan kepada siswa; (2) Kubusdan kawat yang dipegang dan dipakai Pak Ahmad untuk menjelaskan materipembelajaran; (3) mistar  atau penggaris yang dipakai siswa untuk mengukurpanjang kawat sebagai diagonal ruang kubus. Maka sesuai dengan situasi dankondisi serta proses pembelajaran yang berlangsung seperti diatas, dapatditemukan bahwa peranan (1), (2) dan (3) termasuk ke dalam sumber belajar.Peranan (2) termasuk ke dalam media pembelajaran , karena informasipembelajaran yang diberikan kepada siswa disampaikan melalui alatpenampil  yaitu kubus dan kawat. Peranan (3) termasuk ke dalam alat peraga,karena mistar digunakan untuk membuktikan taksiran an perkiraaan panjang daridiagonal ruang kubus tersebut yang diperagakan siswa
Peranan Media
Mengatasi perbedaan pengalaman pribadipeserta didik.
Mengatasi batas-batas ruang kelas.
Mengatasi kesulitan apabila suatu benda yangdiamati terlalu kecil.
Mengatasi gerak benda secara cepat ataulambat.
Mengatasi hal-hal yang terlalu kompleks untukdipisahkan.
Mengatasi suara yang terlalau halus untukdidengar.
Mengatasi peristiwa-peristiwa alam.
Memungkinkan terjadinya kontak langsungdengan masyarakat atau alam.
Memungkinkan terjadinya kesamaan dalampengamatan (Rohani, 1997:6).
Fungsi Media Pengajaran
Menurut Derek Rowntree, mediapengajaran berfungsi membangkitkan motivasi belajar, mengulang apa yang telahdipelajari, menyediakan stimulus belajar, mengaktifkan respon siswa, memberikanbalikan dengan segera, dan menggalakkan latihan yang serasi.
Menurut McKnown, media memiliki 4fungsi, yaitu: mengubah titik tekan pengajaran dari instruksional akademis menjadipengajaran yang mementingkan kebutuhan kehidupan siswa, membangkitkan motivasibelajar, memberikan kejelasan, dan memberikan rangsangan
Lanjutan
Menurut Edgar Dale dkk. mediaberfungsi: memberikan dasar pengalaman kongkret, mempertinggi perhatian siswa,memberikan realitas, memberikan hasil belajar permanen, menambah perbendaharaannon verbalistik, dan memberikan pengalaman baru.
Menurut Sudjana dan Rifa’i mediapengajaran berfungsi agar pengajaran lebih menarik siswa sehingga dapatmenumbuhkan motivasi belajar, memperjelas makna bahan pengajaran, metodepengajarn lebih bervariasi, dan siswa dapat melakukan kegiatan belajar lebihbanyak
Media memiliki beberapa fungsi :
   Mediapembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh parapeserta didik
   Mediapembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas
   Mediapembelajaran memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik denganlingkungannya
   Mediamenghasilkan keseragaman pengamatan
   Mediadapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis
   Mediamembangkitkan keinginan dan minat baru
   Mediamembangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar
   Mediamemberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang konkrit sampai denganabstrak
Manfaat media pembelajaran
Media mampu memberikan rangsangan yangvariatif kepada otak, sehingga otak dapat berfungsi secara optimal
Dapat mengatasi perbedaan pengalamanyang dimiliki siswa
Dapat melampaui ruang kelas
Memungkinkan adanya interaksi langsungantara peserta didik dengan lingkungannya
Menghasilkan keseragaman pengamatan
Membangkitkan keinginan dan minat baru
Membangkitkan motivasi dan merangsanguntuk belajar
Memberikan pengalaman yangintegral/menyeluruh dari sesuatu yang konkret maupun abstrak
Memberi kesempatan kepada pesertadidik untuk belajar mandiri, pada tempat dan waktu serta kecepatan yangditentukan sendiri
manfaat media pembelajaran menurutHarjanto (1997 : 245)
Memperjelas penyajian pesan agar tidakterlalu verbalistis ( tahu kata – katanya, tetapi tidak tahu maksudnya)
Mengatasi keterbatasan ruang, waktudan daya indera.
Dengan menggunakan media pembelajaranyang tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif siswa
Dapat menimbulkan persepsi yang samaterhadap suatu masalah
Manfaat media menurut Purnamawati danEldarni (2001 : 4)
Membuat konkrit konsep yang abstrak,misalnya untuk menjelaskan peredaran darah
Membawa obyek yang berbahaya atausukar didapat di dalam lingkungan belajar.
Manampilkan obyek yang terlalu besar
Menampilkan obyek yang tidak dapatdiamati dengan mata telanjang
Memperlihatkan gerakan yang terlalucepat
Memungkinkan siswa dapat berinteraksilangsung dengan lingkungannya
Membangkitkan motivasi belajar
Memberi kesan perhatian individu untukseluruh anggota kelompok belajar.
Menyajikan informasi belajar secarakonsisten dan dapat diulang maupun disimpan menurut kebutuhan
Mengontrol arah maupun kecepatanbelajar siswa
MANFAAT BAGIGURU
MEMBERIKAN PEDOMANARAH, TUJUAN
   MENJELASKAN STRUKTUR,URUTAN PENGAJARAN
   MEMBERIKAN KERANGKASISTEMATIS  MENGAJAR
   MEMUDAHKAN KENDALIPENGAJAR
   MEMBANTU KECERMATAN,KETELITIAN
   MEMBANGKITKAN RASAPERCAYA DIRI
   MENINGKATKAN KUALITASPENGAJARAN
Manfaat bagi siswa
MENINGKATKAN MOTIVASIBELAJAR
 MEMBERIKAN VARIASIBELAJAR
 MEMBERIKAN STRUKTUR DAN MEMUDAHKANBELAJAR
 MENYAJIKAN INTIINFORMASI, SISTEMATIKA BELAJAR
 MERANGSANG BERFIKIRDAN BERANALISIS
 MEMBERIKAN SITUASIBELAJAR TANPA TEKANAN
Teori Kerucut Pengalaman Dale Edgar

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes