Monday, September 26, 2011
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
9:17 AM | Posted by
bowosukses |
Edit Post
1. KajianTeori
Dalammembuat rumusan masalah di atas sebenarnya Anda telah melakukan “analisispenyebab masalah” sekaligus membuat “hipotesis tindakan” yang akan diberikan untukmemecahkan masalah tersebut. Untuk melakukan analisis secara tajam dan menjustifikasi perlakuan yangakan diberikan, Anda perlu merujuk pada teori-teori yang sudah ada. Tujuannyasekedar meyakinkan bahwa apa yang Anda lakukan dapat dipertanggungjawabkansecara profesional. Dalam hal ini proses kolaborasi memegang peranan yangsangat penting.
Anda jugaperlu membaca hasil penelitian terakhir, termasuk CAR, siapa tahu apa yang akanAnda lakukan sudah pernah dilakukan oleh orang lain; Anda dapat mengambilmanfaat dari pengalaman orang itu. Manfaat lain yang lebih penting, Anda akanmengetahui trend-trend baru yang sedang diperhatikan atau diteliti oleh paraguru di seluruh dunia. Sekarang ini sedang nge-trend pembelajaran yangbernuansa quantum teaching, quantum learning, contextual learning, integratedcurriculum, dan competency based curriculum yang semua berorientasi padakepentingan siswa. Jika penelitian Anda masih berkutat pada pemberian drill danPR agar nilai UAN mereka meningkat, tanpa memperdulikan rasa ketersiksaansiswa, profesionalisme Anda akan dipertanyakan.
2.Hipotesis Tindakan
Lakukanlahanalisis penyebab masalah secara seksama agar tindakan yang Anda rencanakanberjalan dengan efektif. Hipotesis tindakan dapat Anda tuliskan secara eksplisit,tetapi dapat juga tidak karena pada dasarnya Anda belum tahu tindakan mana yangakan berdampak paling efektif.
H. METODOLOGI
1. SettingPenelitian
Settingpenelitian perlu Anda uraikan secara rinci karena penting artinya bagi gurulain yang ingin meniru keberhasilan Anda. Mereka tentu akan mempertimbangkanmasak-masak apakah ada kemiripan antara setting sekolahnya dengan settingpenelitian Anda.
2.Perbedaan Mengajar Biasa dengan CAR
Dalammelakukan CAR kegiatan mengajar standar (biasa) berlangsung secara alami;tetapi ada bagian-bagian tertentu yang diberi perlakuan secara khusus dandiamati dampaknya secara seksama. Langkah-langkah seperti pembuatan satuanpelajaran, rencana pelajaran, lembaran kerja, dan alat bantu pembelajaranlainnya adalah langkah pembelajaran standar, bukan CAR. Asumsinya CARdilaksanakan oleh guru yang sudah melaksanakan pembelajaran standar secaralengkap tetapi belum berhasil. Ia akan memodifikasi bagian-bagian tertentu daripembelajaran standar itu. Bagian yang dimodifikasi itulah fokus dari CAR Anda.
3. TahapPerencanaan
Tahapperencanaan CAR sebaiknya hanya menguraikan hal-hal yang berkaitan dengan CAR.Jika ada perubahan pada satuan pelajaran misalnya, hanya bagian yang diubahsaja yang perlu diuraikan secara rinci. Akan lebih baik jika perubahan itudiletakkan dalam konteks satuan pelajaran aslinya sehingga terlihat jelas besarperubahan yang dilakukan. Perangkat-perangkat pembelajaran juga hanyatambahannya yang diuraikan secara rinci. Jika pembelajaran standar telahdilaksanakan dengan baik perangkat pembelajaran yang diperlukan untuk CARdengan sendirinya sebagian besar sudah tersedia.
Yangsering terjadi dalam CAR selama ini pembelajaran standar belum dilaksanakansehingga CAR menjadi wahana untuk mewujudkan pembelajaran standar. Hal ituterlihat dari latar belakang yang diuraikan secara emosional oleh peneliti,umumnya menggambarkan pembelajaran yang sangat tradisional, buruk, dan di bawahstandar. Setelah sekolah mendapat bantuan dana peningkatan kualitas pembelajaranpun uraian latar belakang itu tidak menunjukkan adanya perubahan yang berarti.Secara tidak langsung ditunjukkan bahwa perlakuan-perlakuan yang diberikan olehpemberi dana selama ini berlalu tanpa bekas.
Tahapperencanaan bisa memerlukan waktu setengah bulan karena harus mempersiapkansegala sesuatu yang diperlukan, termasuk di dalamnya adalah penyusunan jadwal,pembuatan instrumen, dan pemilihan kolaborator.
4.Siklus-siklus
Dalam CARsiklus merupakan ciri khas yang membedakannya dari penelitian jenis lain; olehkarena itu siklus harus dilaksanakan secara benar. Siklus pada hakikatnyaadalah rangkaian “riset-aksi-riset-aksi- …” yang tidak ada dalam penelitianbiasa. Dalam penelitian biasahanya terdapat satu riset dan satu aksi kemudian disimpulkan. Dalam CAR hasilyang belum baik masih ada kesempatan untuk diperbaiki lagi sampai berhasil.
Siklusterdiri dari (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4)refleksi; dan (5) perencanaan kembali. Yang diuraikan dalam siklus hanya bagianyang dimodifikasi melalui action reseach, bukan seluruh proses pembelajaran.Modifikasi atau perubahan secara total jarang dilakukan dalam action researchyang berskala kelas karena bagaimanapun sistem pendidikan secara umum masihbelum berubah.
MisalnyaAnda akan memodifikasi pembelajaran dengan memperbanyak penggunaan carta. Dalam“perencanaan” yang Anda uraikan adalah tentang carta itu saja, misalnya “Tiappertemuan diusahakan akan ada carta yang digunakan dalam kelas.” Dalam“pelaksanaan” Anda uraikan kenyataan yang terjadi, apakah benar tiap pertemuanbisa digunakan carta, misalnya “Penggunaan carta tiap pertemuan hanya dapatdilakukan selama dua minggu pertama; minggu berikutnya rata-rata hanya satucarta tiap empat pertemuan.” Anda tentu saja dapat mengelaborasi “pelaksanaan”itu dengan menyebutkan carta-carta apa saja yang digunakan, saat-saat mana yangpaling tepat untuk penggunaan, siapa yang menggunakan, berapa lama digunakan,berapa ukurannya, di mana disimpan, dsb., dsb. “Pengamatan” didominasi olehdata-data hasil pengukuran terhadap respons siswa, menggunakan berbagaiinstrumen yang telah disiapkan. “Refleksi” berisi penjelasan Anda tentangmengapa terjadi keberhasilan maupun kegagalan, diakhiri dengan perencanaankembali untuk perlakuan pada siklus berikutnya.
Dalamaction reseach selama ini banyak siklus yang bersifat semu, tidak sesuai dengankaidah yang sudah baku. Inilah kelemahan-kelemahan yang terjadi.
1. Dalam siklus diuraikan semua prosespembelajaran, sehingga tidak dapat dilihat bagian yang sebenarnya sedangditeliti. Seolah-olah seluruh proses pembelajaran diubah secara total melaluiCAR, dan sebelumnya pembelajaran berlangsung secara tradisional, buruk, dan dibawah standar.
2. Tidak jelas apakah perlakuan dalam suatusiklus dilakukan secara terus-menerus selama periode tertentu, sampai datapengamatan bersifat jenuh (menunjukkan pola yang menetap) dan diperoleh dariberbagai sumber (triangulasi). Sebagai analogi, jika selama satu minggu suhubadan pasien menunjukkan suhu 37,50 C; 370 C; 370 C; 37,50 C; 37,50 C; 37,50 C;dapatlah disimpulkan bahwa kondisinya telah kembali normal. Itu digabungkandengan data pengamatan lain selama seminggu juga seperti perilaku, nafsu makan,dan denyut nadi pasien, yang bersifat triangulatif.
3. Siklus dilakukan tidak berdasarkanrefleksi dari siklus sebelumnya. Ada siklus yang dilakukan secara tendensius:siklus pertama dengan metode ceramah, siklus kedua dengan demonstrasi, dansiklus ketiga dengan eksperimen, hanya ingin menunjukkan bahwa metodeeksperimen adalah yang terbaik. Peneliti ini lupa bahwa metode harusdisesuaikan dengan karakteristik materi pelajaran. Untuk materi pertama boleh jadi justru metodeceramah yang lebih cocok.
5.Instrumen
Instrumenmerupakan bagian yang tidak kalah pentingnya dalam pelaksanaan CAR. Jenisinstrumen harus sesuai dengan karakteristik variabel yang diamati. Triangulasidan saturasi (kejenuhan informasi) perlu diperhatikan untuk menjamin validitasdata.
I. HASIL PENELITIAN
1.Siklus-siklus Penelitian
Hasilpenelitian CAR tidak hanya berisi data hasil observasi, melainkan justru prosesperbaikan yang dilakukan. Untuk itu siklus adalah cara yang tepat untukmenyajikan hasil penelitian. Data hasil observasi tidak disajikan secaraterpisah melainkan dalam konteks siklus-siklus yang telah dilakukan.
2. Tabel,Diagram, dan Grafik
Tabel,diagram, dan grafik sangat baik digunakan untuk menyajikan data hasilobservasi. Gunanya agar refleksi dapat dilakukan lebih mudah. Tetapi sajianyang cantik itu bisa menjadi blunder manakala angka-angkanya diatur sedemikainrupa sehingga terkesan artificial. Hasil yang begitu spektakuler seringkalitidak disertai dengan “bagaimana” proses untuk mencapainya, sehingga pembacaakan makin ragu.
3.Hasil-hasil yang Otentik
Hasil-hasilyang otentik seperti karangan siswa, gambar hasil karya siswa, dan foto tentangproyek yang dilakukan siswa akan sangat baik dicantumkan sebagai hasilpenelitian.
J. KESIMPULAN CAR
1.Kesimpulan
Kesimpulantentu saja harus menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian atau mengujihipotesis yang telah dikemukakan. Pertanyaan penelitian pada bagian D4 di atasdi samping menuntut jawaban yang berupa hasil juga menuntut prosesnya. Marilahkita lihat pertanyaan-pertanyaan itu sekali lagi.
1. Kesulitan apa yang dialami siswa dalammentransfer keterampilan dari satu mata pelajaran satu ke mata pelajaran lain ?Jawaban atas pertanyaan ini bisa diperoleh melalui tes awal dan atau selamaproses pembelajaran berlangsung. Walaupun baru berupa daftar kesulitan yangdialami siswa, temuan ini cukup berarti bagi guru-guru lain. Kita sendiri padasaat ini belum bisa membayangkan kesulitan-kesulitan tersebut.
2. Apakah siswa dapat mentrasfer keterampilanlebih mudah antara dua mata pelajaran yang disukai ? Jawaban atas pertanyaanini diperoleh setelah guru menghubungkan berbagai mata pelajaran dalam materites awal atau selama pembelajaran berlangsung, misalnya antara fisika denganbiologi, ekonomi dengan sejarah, dan bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia.
3. Apa yang menyebabkan siswa menyukai suatumata pelajaran ? Kesimpulan ini dapat diperoleh melalui kuesioner dan atauwawancara pada awal pembelajaran atau selama pembelajaran berlangsung.
4. Apakah ada perbedaan antara prestasibelajar siswa yang belajar dalam kelas mata pelajaran multidisiplindibandingkan dengan mereka yang dalam kelas mata pelajaran tunggal ?Jawabanatas pertanyaan ini diperoleh setelah siswa diberi perlakukan yang berbeda;misalnya satu kelas diberi pelajaran multi disiplin, dan kelas lain diberipelajaran yang terpisah-pisah, seperti biasanya. Ini tampaknya merupakan fokusdari CAR. Jika ditemukan bahwa mata pelajaran multidisiplin lebih berhasildalam mengembangkan kemampuan transfer keterampilan antar mata pelajaran,peneliti perlu mengelaborasi bagaimana proses pembelajaran model multidisiplintersebut berlangsung.
Jadikesimpulan penelitian CAR akan kurang bermanfaaat jika bunyinya hanya seperti:“Pembelajaran dengan media akan meningkatkan hasil belajar siswa.” Kesimpulanini mirip dengan yang diinginkan penelitian kuantitatif. Guru lain yang membacakesimpulan ini tentu ingin mengetahui bagaimana prosesnya sehingga media itubisa meningkatkan hasil belajar. Jadi kesimpulan itu masih harus diikuti denganproses atau rinciannya, seperti a) Transparansi OHP lebih disukai siswadaripada media lain, b) Paling banyak hanya 10 transparansi dapat ditunjukkandalam satu presentasi, jika lebih dari itu siswa akan bosan; c) Presentasi padaawal pembelajaran cenderung lebih disukai; d) Penjelasan yang terlalu lamaterhadap satu transparansi cenderung membuat siswa bosan; dan e) Satu kalipresentasi sebaiknya tidak lebih dari 20 menit.
2. Saran
Karena CARbersifat kontekstual, pemberian saran kepada orang lain berdasarkan hasilpenelitian tersebut sebenarnya kurang bermanfaat. Deskripsi konteks penelitiansecara rinci sudah cukup untuk memberikan informasi bagi guru lain yang inginmeniru keberhasilan Anda. Saran seperti “Program CAR ini perlu lanjutkan dandiperluas untuk tahun-tahun mendatang,” juga kurang begitu perlu, bahkan kurangrelevan.
Saran CARdiperlukan misalnya jika temuan penelitian menyangkut sistem yang lebih luasdari sekedar kelas, misalnya menghendaki adanya perubahan pengaturan jadwalpelajaran di sekolah. Dalam hal itu peneliti dapat menyarankan tentang jadwalyang diinginkan kepada fihak sekpolah.
Labels:
Pengetahuan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Sample Text
Kategori
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Social Profiles
Arsip Blog
-
▼
2011
(773)
-
▼
September
(168)
- Manfaat dan Fungsi Minum Air
- Manfaat dan tujuan memilik Web
- Manfaat dan Fungsi Sistem Operasi
- MANFAAT TONGKAT BAGI GERAKAN PRAMUKA
- manfaat dan fungsi makanan mentah
- Manfaat dan Fungsi Berbaik Sangka/ Husnudzan
- Manfaat dan Fungsi Flash
- Manfaat dan Tujuan ajaib dari berkebun
- Manfaat dan Fungsi E-mail
- Manfaat dan Tujuan Hedging
- PENGERTIAN ARTI & MANFAAT ISO 9001 : 2008
- Makalah Manfaat dan Fungsi Teknologi
- MANFAAT TERIPANG DARI SUDUT EKONOMI
- Tujuh Manfaat Manfaat Utama Mangga
- Cara Penggunaan Deepfreeze Untuk Manfaat
- Manfaat dan Fungsi Buah Bengkoang
- Manfaat dan Fungsi Surat Al-Qur'an
- PENGGUNAAN RADIOAKTIF PADA KARSINOMA TIROID
- PENGGUNAAN RADIOAKTIF SEBAGAI SENJATA
- RADIOFARMASI APLIKASI NUKLIR UNTUK MEDIS
- MANFAAT RADIOAKTIF DALAM BIDANG TEKNOLOGI DAN KEHI...
- MANFAAT PENGELOMPOKAN JAMUR DAN VIRUS BAGI MANUSIA
- Tujuan dan Manfaat Penilaian Kinerja
- Elemen Penilaian Kinerja
- Pengertian Penilaian Kinerja
- Manfaat dan Fungsi Do'a dalam kehidupan
- Manfaat dan Fungsi Minum Susu Bagi Kesehatan
- Manfaat dan Fungsi Punya Pacar
- Manfaat dan Fungsi Biogas dalam rumah tangga
- PRODUK DAN MANFAAT TIANSHI
- Hubungan budaya organisasional dan strategi
- Perspektif dalam balanced scorecard
- konsep balanced scorecard dan manfaat nya dlm orga...
- MANFAAT DAN FUNGSI SERAT MAKANAN TIDAK LARUT
- MANFAAT DAN PENGGUNAAN SAFE MODE
- Manfaat dan Fungsi Cuci Tangan
- Manfaat dan Fungsi Kacang Hijau
- MANFAAT DAN FUNGSI TERTAWA & MENANGIS
- MANFAAT KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
- MANFAAT DAN FUNGSI AIR PUTIH DALAM BERDIET
- Manfat dan Fungsi ISO 22000 : 2005
- Manfaat dan Fungsi daun Seledri
- MANFAAT DAN FUNGSI INTERNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI...
- Manfaat dan Fungsi Kulit Semangka
- MANFAAT TANAMAN JARAK PAGAR
- Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
- Fungsi dan Manfaat Komputer
- KEPENTINGAN UMAT DALAM PEMILU 2004
- Manfaat Dan Fungsi Dari Pohon Beringin
- MANFAAT BUAH-BUAHAN UNTUK KESEHATAN DAN PENYEMBUHA...
- Manfaat dan Fungsi Rumput laut bagi Kesehatan
- ANEKA MANFAAT DAN FUNGSI SI MANIS LEBAH MADU
- TIPS MENGATASI MASALAH TIDUR
- Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan
- Manfaat dan Fungsi Puasa
- Manfaat / Fungsi Buah Alpokat Bagi Kesehatan
- Manfaat / Fungsi Coklat untuk Kesehatan
- Manfaat / Fungsi gambar animasi di bidang pendidikan
- Manfaat Dari Buah Belimbing Manis
- MANFAAT / FUNGSI BELUT BAGI KESEHATAN
- Manfaat / fungsi daun sirih merah
- Makalah Manfaat / fungsi Imunisasi
- Manfaat / fungsi internet dalam kehidupan sehari-hari
- Manfaat / Fungsi Kedelai
- PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAAT MEDIA DA...
- ISOFLAVON, SENYAWA MULTI-MANFAAT DALAM KEDELAI
- Manfaat / fungsi Berpikir Positif dan Senyum
- Apa dan Manfaat Hipnoterapi
- Manfaat Puasa Enam Hari Bulan Syawal
- Keutamaan Puasa Sunnah Muharram & Sya'ban
- MANFAAT / FUNGSI PUASA ( bagi yang sering puasa se...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) MATEMATIKA
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS SOSI...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS SEJARAH
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BAHASA I...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS EKONOMI
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BAHASA I...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) TAMAN KA...
- METODE INKUIRI
- KAJIAN TEORI
- LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
- METODE PRAKTIS PEMBELAJARAN ( PBL )
- Manfaat Penelitian
- METODE PENCAPAIAN KONSEP
- METODE INTEGRASI PERMAINAN
- METODE TEHNIK MENCARI PASANGAN
- PANDUAN PENYUSUNAN USULAN DAN LAPORAN PENELITIAN T...
- FORMAT PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSRO...
- KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
- PRINSIP-PRINSIP PTK
- IDENTIFIKASI, PEMILIHAN, DESKRIPSI, DAN RUMUSAN MA...
- MODEL - MODEL ACTION RESEARCH
- HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
- Jenis dan Model PTK
- MENGAPA PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENTING ?
- PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH)
- Harga Barcode Scanner murah
- CARA MEMULAI PROGRAM MICROSOFT WORD
- Tujuan dan manfaat laporan keuangan
- Zat dalam Teh yang Kurang Baik
-
▼
September
(168)
Pengikut
Guest Counter
Powered by Blogger.
Labels
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Ads 468x60px
Popular Posts
-
FUNGSI MOTHERBOARD Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponenyang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada seti...
-
BABI PENDAHULUAN 1.1 LatarBelakang Keperibadian adalah nilai-nilai karakteristik, watak,sikap dan sifat serta keyakinan dan cita-cita hidu...
-
Pengertian CDMA dan GSM sendiri sebenernya sama, yaitu teknologi standar komunikasi selular. Secarafisik, bentuk handphone cdma gsm sama b...
-
Definisi danPengertian Organisasi 1. Organisasi Menurut Stoner Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang ...
-
1. Arti Utilitarisme adalah faham atau aliran dalam filsafat moral yangmenekankan prinsip manfaat atau kegunaan ( theprinciple o...
-
AKUNTANSI BIAYA MANFAAT PENSIUN Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 24 terdiri dari paragraf 36 - 4 7 . Pernyataan ini harus dibaca da...
-
Segala puji bagi Allah, teriring doa dan keselamatan semoga terlimpah atas nabi dan rasul termulia: Muhammad SAW, juga atas keluarga dan par...
-
Konservasiitu sendiri merupakan berasal dari kata Conservation yang terdiri ataskata con ( together ) dan servare ( keep/save ) yangmemil...
-
eramuslim - Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Dan, setiap orang tentu berbedabeda mengatasi stres tersebut. Sebuah penelitian baru ...
-
Dari beberapa buku para ahli, yang menghiasi mejaperpustakaan kecil saya dan berhasil saya baca, semakin luaslah capaianpengertian sastra. S...
Blog Archive
-
▼
2011
(773)
-
▼
September
(168)
- Manfaat dan Fungsi Minum Air
- Manfaat dan tujuan memilik Web
- Manfaat dan Fungsi Sistem Operasi
- MANFAAT TONGKAT BAGI GERAKAN PRAMUKA
- manfaat dan fungsi makanan mentah
- Manfaat dan Fungsi Berbaik Sangka/ Husnudzan
- Manfaat dan Fungsi Flash
- Manfaat dan Tujuan ajaib dari berkebun
- Manfaat dan Fungsi E-mail
- Manfaat dan Tujuan Hedging
- PENGERTIAN ARTI & MANFAAT ISO 9001 : 2008
- Makalah Manfaat dan Fungsi Teknologi
- MANFAAT TERIPANG DARI SUDUT EKONOMI
- Tujuh Manfaat Manfaat Utama Mangga
- Cara Penggunaan Deepfreeze Untuk Manfaat
- Manfaat dan Fungsi Buah Bengkoang
- Manfaat dan Fungsi Surat Al-Qur'an
- PENGGUNAAN RADIOAKTIF PADA KARSINOMA TIROID
- PENGGUNAAN RADIOAKTIF SEBAGAI SENJATA
- RADIOFARMASI APLIKASI NUKLIR UNTUK MEDIS
- MANFAAT RADIOAKTIF DALAM BIDANG TEKNOLOGI DAN KEHI...
- MANFAAT PENGELOMPOKAN JAMUR DAN VIRUS BAGI MANUSIA
- Tujuan dan Manfaat Penilaian Kinerja
- Elemen Penilaian Kinerja
- Pengertian Penilaian Kinerja
- Manfaat dan Fungsi Do'a dalam kehidupan
- Manfaat dan Fungsi Minum Susu Bagi Kesehatan
- Manfaat dan Fungsi Punya Pacar
- Manfaat dan Fungsi Biogas dalam rumah tangga
- PRODUK DAN MANFAAT TIANSHI
- Hubungan budaya organisasional dan strategi
- Perspektif dalam balanced scorecard
- konsep balanced scorecard dan manfaat nya dlm orga...
- MANFAAT DAN FUNGSI SERAT MAKANAN TIDAK LARUT
- MANFAAT DAN PENGGUNAAN SAFE MODE
- Manfaat dan Fungsi Cuci Tangan
- Manfaat dan Fungsi Kacang Hijau
- MANFAAT DAN FUNGSI TERTAWA & MENANGIS
- MANFAAT KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
- MANFAAT DAN FUNGSI AIR PUTIH DALAM BERDIET
- Manfat dan Fungsi ISO 22000 : 2005
- Manfaat dan Fungsi daun Seledri
- MANFAAT DAN FUNGSI INTERNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI...
- Manfaat dan Fungsi Kulit Semangka
- MANFAAT TANAMAN JARAK PAGAR
- Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
- Fungsi dan Manfaat Komputer
- KEPENTINGAN UMAT DALAM PEMILU 2004
- Manfaat Dan Fungsi Dari Pohon Beringin
- MANFAAT BUAH-BUAHAN UNTUK KESEHATAN DAN PENYEMBUHA...
- Manfaat dan Fungsi Rumput laut bagi Kesehatan
- ANEKA MANFAAT DAN FUNGSI SI MANIS LEBAH MADU
- TIPS MENGATASI MASALAH TIDUR
- Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan
- Manfaat dan Fungsi Puasa
- Manfaat / Fungsi Buah Alpokat Bagi Kesehatan
- Manfaat / Fungsi Coklat untuk Kesehatan
- Manfaat / Fungsi gambar animasi di bidang pendidikan
- Manfaat Dari Buah Belimbing Manis
- MANFAAT / FUNGSI BELUT BAGI KESEHATAN
- Manfaat / fungsi daun sirih merah
- Makalah Manfaat / fungsi Imunisasi
- Manfaat / fungsi internet dalam kehidupan sehari-hari
- Manfaat / Fungsi Kedelai
- PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAAT MEDIA DA...
- ISOFLAVON, SENYAWA MULTI-MANFAAT DALAM KEDELAI
- Manfaat / fungsi Berpikir Positif dan Senyum
- Apa dan Manfaat Hipnoterapi
- Manfaat Puasa Enam Hari Bulan Syawal
- Keutamaan Puasa Sunnah Muharram & Sya'ban
- MANFAAT / FUNGSI PUASA ( bagi yang sering puasa se...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) MATEMATIKA
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS SOSI...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS SEJARAH
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BAHASA I...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS EKONOMI
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BAHASA I...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) TAMAN KA...
- METODE INKUIRI
- KAJIAN TEORI
- LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
- METODE PRAKTIS PEMBELAJARAN ( PBL )
- Manfaat Penelitian
- METODE PENCAPAIAN KONSEP
- METODE INTEGRASI PERMAINAN
- METODE TEHNIK MENCARI PASANGAN
- PANDUAN PENYUSUNAN USULAN DAN LAPORAN PENELITIAN T...
- FORMAT PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSRO...
- KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
- PRINSIP-PRINSIP PTK
- IDENTIFIKASI, PEMILIHAN, DESKRIPSI, DAN RUMUSAN MA...
- MODEL - MODEL ACTION RESEARCH
- HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
- Jenis dan Model PTK
- MENGAPA PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENTING ?
- PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH)
- Harga Barcode Scanner murah
- CARA MEMULAI PROGRAM MICROSOFT WORD
- Tujuan dan manfaat laporan keuangan
- Zat dalam Teh yang Kurang Baik
-
▼
September
(168)
0 comments:
Post a Comment