Monday, September 26, 2011
METODE PRAKTIS PEMBELAJARAN ( PBL )
9:27 AM | Posted by
bowosukses |
Edit Post
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Usaha peningkatan sumberdaya manusia sedang marak dilakukan di negara ini. Salah satu perwujudannyaadalah melalui peningkatan kualitas pendidikan yang diusahakan oleh pemerintahsedemikian rupa sehingga terjadi penyempurnaan dan perubahan kurikulum beberapakali.
Kurikulum BerbasisKompetensi (KBK) merupakan konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi)tugas-tugas dengan standar performansi tertentu, sehingga hasilnya dapatdirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensitertentu. Dengan demikian, implementasi kurikulum dapat menumbuhkan tanggungjawab dan partisipasi peserta didik untuk belajar menilai dan mempengaruhikebijakan umum (public policy), sertamemberanikan diri berperan serta dalam berbagai kegiatan, baik di sekolahmaupun di masyarakat.
Guru sebagai fasilitatorseperti yang diharapkan oleh KBK dituntut untuk dapat mengatur, mengarahkan danmenciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang kondusif sehingga dapatmencapai tujuan pendidikan sesuai yang diharapkan KBK. Oleh karenanya, gurudituntut pula untuk lebih professional, inovatif, perpsektif dan pro aktifdalam melaksanakan tugas pembelajaran.
Bahasa Inggris sebagaibahasa internasional memerankan bagian yang sangat penting. Selain digunakansebagai media untuk berkomunikasi juga digunakan untuk menguasai teknologi yangperkembangannya menuntut kita untuk mempelajarinya lebih dalam. Pembelajaranbahasa Inggris harus mencakup 4 ketrampilan berbahasa yaitu : membaca (reading), menyimak (listening), berbicara (speaking),dan menulis (writing) secara terpadu.Membaca adalah salah satu ketrampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa untukmemahami isi suatu wacana.
B Identifikasi Masalah
Pembelajaran secarakonvensional (teacher centered situation)tidak dapat mengajak siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran,yang diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan mudah. Oleh karenaitu, guru hendaknya merubah kegiatan pembelajaran menjadi modern (students centered situation) yang dapatmeningkatkan minat siswa untuk belajar menemukan sendiri, bekerjasama danmengkomunikasikan hasil belajarnya serta membuat siswa semakin aktif dankooperatif.
Membaca (reading) adalah salah satu ketrampilandari 4 ketrampilan berbahasa yang harus dikuasai dalam pengajaran bahasaInggris. Namun yang terjadi didalam kelas ketika diberikan kegiatan membacateks dan siswa diminta untuk memahami isi teks melalui pertanyaan-pertanyaanyang disampaikan oleh guru sangatlah jauh dari yang diharapkan. Hal inidisebabkan oleh beberapa sebab antara lain; (1) Teks yang diberikan adalah teksbahasa Inggris yang merupakan bahasa asing di Indonesia, sehingga pemahamansiswa akan kata perkata (Vocabularymastery) yang digunakan untuk mengetahui isi bacaan sangatlah jauh dariyang diharapkan. (2) Karena vocabularymastery pada siswa sangat minim membuat siswa tidak dapat memahami secaralangsung informasi-informasi baik yang tersurat maupun yang tersirat didalambacaan. (3) Dengan hanya membaca teks siswa tidak merasa senang sebagaimanatujuan pada kegiatan membaca.
Ada beberapa hal yangterjadi pada siswa sehubungan dengan 3 alasan tersebut diantaranya adalah;siswa tidak membaca teks secara keseluruhan, siswa tidak mau berusaha mencariarti didalam kamus, siswa tidak menjawab pertanyaan baik mengenai informasiyang tersirat maupun tersurat dengan tepat namun mereka mengambil jawaban hanyadengan menjodohkan kalimat yang sama tanpa memahami maksudnya. Jika hal inidibiarkan berlarut maka dikhawatirkan keinginan siswa untuk meningkatkankemampuan penguasaan kosa kata (vocabularymastery) akan berkurang dan mungkin hilang, siswa tidak mau berusaha untukmenemukan informasi yang ada didalam bacaan, kerjasama antar kelompok tidakbisa maksimal karena kegiatan yangdilakukan siswa tidak memotivasi siswa untuk menyelesaikan bersama dengan rasasenang, keadaan kelas yang teacher-centered membuat komunikasi didalam kelassangat tidak aktif dan membuat siswa takut atau malu bertanya tentangpermasalahan yang dihadapinya didalam kegiatan membaca. Hal ini jugaberpengaruh pada pendekatan pada siswa untuk selalu suka belajar.
Gejala-gejala tersebut dapatterlihat dari observasi yang dilakukan oleh peneliti bersama teman kolaboratorpada saat pra siklus yang menjadikan landasan bagi peneliti untuk melaksanakansiklus-siklus berikutnya guna mencapai tujuan pembelajaran. Gambaran hasilkegiatan Pra siklus adalah sebagai berikut:
No | Keterangan | Bagus | Sedang | Kurang |
1 | Siswa aktif membaca Teks | | | √ |
2 | Siswa menjawab pertanyaan tentang pemahaman isi bacaan | | | √ |
3 | Siswa Memahami Kosa kata | | | √ |
4 | Siswa menyelesaikan tugas | | | √ |
5 | Siswa aktif mencari kosa kata dikamus | | | √ |
6 | Siswa aktif bertanya kepada teman atau guru | | | √ |
7 | Siswa Memahami pengucapan (pronunciation) | | | √ |
8 | Siswa merasa senang dengan proses pembelajaran | | | √ |
Tabel 1 : Hasilkegiatan pra siklus
Sementara hasil evaluasidari kegiatan pra siklus ini sangat tidak memuaskan dan tergambar sebagaiberikut:
No | NAMA KELOMPOK | NILAI |
1. | KELOMPOK 1 | 55 |
2. | KELOMPOK 2 | 55 |
3. | KELOMPOK 3 | 60 |
4. | KELOMPOK 4 | 60 |
5. | KELOMPOK 5 | 50 |
6. | KELOMPOK 6 | 50 |
| RATA-RATA | 55 |
Tabel 2 : Hasilevaluasi pra siklus
Penerapan Project Based learning (PBL), yangmerupakan pembelajaran yang terfokus pada konsep inti dan prinsip displin,melibatkan siswa di dalam pemecahan masalah, penyelidikan dan tugas-tugas lainyang bermanfaat, membuat siswa bekerja secara otonomi untuk membentukpengetahuan mereka dan menghasilkan suatu produk tertentu, dapat dilakukanmelalui berbagai media dan teknik salah satunya adalah dengan bercerita.
C Rumusan Masalah
Permasalahan yang timbuldalam pembelajaran bahasa Inggris adalah kesulitan siswa untuk berperan aktifdalam kegiatan pembelajaran, terutama dalam pencapaian ketrampilan berbahasamembaca.
1. Adapun rumusan masalahnya adalah:Bagaimanakah aktivita siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui model PBLdengan menggunakan teknik bercerita?
2. Bagaimanakah hasil pencapaian ketrampilanberbahasa membaca melalui model PBL dengan menggunakan teknik bercerita?
D Tujuan Penelitian
Penelitian ini dilaksanakanuntuk mencapai tujuan sebagai berikut:
1. Mendiskripsikan aktivitas siswa dalampencapaian ketrampilan berbahasa membaca pada pembelajaran bahasa Inggris melaluimodel PBL dengan menggunakan teknik bercerita.
2. Mendiskripsikan hasil pencapaianketrampilan berbahasa membaca melalui model PBL dengan menggunakan teknikbercerita
E Manfaat penelitian
Hasil penelitian ini akan memberikan manfaat terutama bagi guru untuk:
1. Memberikan inspirasi kegiatan yangmenyenangkan yang dapat dilakukan dalam pembelajaran bahasa Inggris.
2. Membuktikan pencapaian ketrampilan berbahasamembaca yang dapat dicapai dengan teknik bercerita.
3. Meningkatkan efektifitas pembelajaran bahasaInggris.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
PenelitianTindakan Kelas (PTK)
Penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research, yaitupenelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya atau disekolah tempat diamengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses danpraktis pembelajaran.
Tujuan PTK adalah untukmemperbaiki dan meningkatkan kualitas praktek pembelajaran secaraberkesinambungan sehingga meningkatkan mutu hasil instruksional; mengembangkanketrampilan guru; meningkatkan relevansi; meningkatkan efisiensi; pengolahaninstruksional serta menumbuhkan budaya meneliti pada komunitas guru.
PTK menggambarkan sebagai suatu prosesyang dinamis meliputi aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yangmerupakan langkah berurutan dalam satu siklus atau daur yang berhubungan dengansiklus berikutnya. Akar pelaksanaan PTK digambarkan dalam bentuk spiraltindakan (adaptasi Hopkins, 1993) sebagai berikut:
B. Ketrampilan Berbahasa Membaca
Ketrampilan berbahasa Membaca sangatdibutuhkan untuk dapat memahami isi suatu wacana. Secara umum tujuan membacadiklasifikasikan:
(a) Mendapatkan informasi umum dari teks.
(b) Mendapatkaninformasi khusus dari teks.
(c) Membaca untuk kesenangan.
In general, the purpose of reading is classifiedinto; (a) getting general information from the text; (b) getting specificinformation from the text; and (c) reading for pleasure or for interes(Williams:1984).
In classroom practice, we dividethe reading activities into three interrelated stages. i.e. pre readingactivities, whilst reading activities, post reading activities (Williams: 1984,Wallace ;1988, Wallace ;1972
Tujuan Pembelajaran Umum Membaca
¨ Menemukan informasi tertentu
¨ Mendapatkan gambaran umum tentang isibacaan
¨ Menemukan pikiran utama yang tersurat
¨ Menemukan pikiran utama yang tersirat
¨ Menemukan semua informasi rinci yang tersurat
¨ Mendapatkan informasi yang tersirat
¨ Menafsirkan makna kata frase dan kalimatberdasarkan konteks
¨ Mendapatkan rasa senang
Kegiatan pengajaran membaca di dalam kelas dibagi menjadi 3 tahap yang berhubunganyaitu:
1. Kegiatan pre reading,
¨ Tujuannya memperkenalkan dan menumbuhkanketertarikan topik.
¨ Memotivasi siswa dengan menjelaskan tujuanmembaca.
¨ Mempersiapkan beberapaperbendaharaan kata sehubungan dengan teks.
2. Kegiatan whilst reading,membaca teks
¨ Scan, membaca untuk mendapat informasi tertentu
¨ Skim, membaca untuk mendapatkan inti dari bacaan
¨ Read between the lines, membaca diantara baris
¨ Readintensively for detail information, membaca intensif untuk mendapatkaninformasi detil
¨ Detect references, mendeteksi referensi
¨ Deducing meaning from context, mengambilkesimpulan dari text.
3. Post reading, evaluasipemahaman bacaan sehubungan dengan tugas-tugas.
C. ModelPembelajaran Project Based Learning
Pembelajaran Project Based Learning adalahpembelajaran yang terfokus pada konsep inti dan prinsip displin, melibatkansiswa di dalam pemecahan masalah, penyelidikan dan tugas-tugas lain yangbermanfaat, membuat siswa bekerja secara otonomi untuk membentuk pengetahuanmereka dan menghasilkan suatu produk tertentu.
Regie stites of SRI,International, 1998
Several points should be kept inmind when considering the finding research that compare the relative impacts ofPBL and more traditional learning activities on student achievement:
Project-based learning istypically implemented in the context of comprehensive educational reforms andtherefore it is difficult to isolate the effects of PBL on student learning.
Project-based learning andclosely related instructional strategies (such as problem based learning andthe project approach) are implemented differently in different context andtherefore it is difficult to compare results across cases.
Project based learning is linkedto a theory of learning (constructivism) that entails a shift in learningobjectives (stressing higher order thinking skills and performance-based,authentic assessments) and therefore standardized achievement tests may not bethe best measures of PBL’ impact.
Di dalam kelas, PBL memberikan kesempatan luas kepada guru untukmenjalin hubungan dengan siswa. Guru dapat menjadi pembina, fasilitator danrekan kerja. Pembahasan penyelesaian produk, perencanaan dan pemecahan masalahadalah pokok bahasan yang dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
Produk yang diselesaikan oleh siswa dapat digunakan sebagai bahanuntuk berkomunikasi antar guru, untuk dijadikan perbandingan dan kajian ulangtentang teknik pengajaran sehingga dapat diharapkan akan menghasilkan suatukesimpulan tentang teknik pengajaran yang efektif untuk mencapai tujuanpembelajaran.
PBL membantu pengembangan:
Kemampuan kerja secara berkelompok.
Kecakapan hidup / life skill, contohnya memimpin kerja kelompok dan membuat rencanakerja.
Pemaksimalan penggunaan teknologi / media apasaja untuk melengkapi tampilan produk.
Kemampuan kognitif, contohnya membuat keputusan,memberikan penilaian, pemecahan masalah.
Kemampuanpengaturan diri, pengaturan tempat kerja, penyusunan tugas dan pengaturanwaktu.
Sikap,menyukai belajar dan ketertarikan untuk belajar lebih lanjut.
Kecakapan,pengendalian diri, keinginan untuk berprestasi.
Hasil dari PBL adalah hasilyang produktif, karena PBL dapat memperkenalkan ketrampilan professional danstrategi disiplin. Menyatukan penerapan ketrampilan yang dihubungkan denganperencanaan, penyelesaian, pemantauan dan penilaian di dalam penyelidikanintellectual / penelitian ilmiah. Mengembangkan kemampuan untuk berinisiatif,berusaha dan mandiri. Mengembangkan kemampuan metakognitif, contohnyapemantauan dan evaluasi terhadap diri sendiri. Membuat pembelajaran lebihberarti dengan menyatukan konsep antar mata pelajaran. Menghubungkan kemampuankognitif, sosial dan pengaturan diri.
D. Pelajaran Bahasa Inggris
Bahasa Inggris adalahbahasa asing yang dianggap penting diajarkan untuk tujuan penyerapan danpengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya, serta pengembanganhubungan antar bangsa.
Salah satu teknik yangdapat dilaksanakan untuk melaksanakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif danMenyenangkan (PAKEM) adalah dengan model PBL.
E. Bercerita
Cerita, tuturan yangmembentangkan bagaimana sesuatu terjadi, peristiwa, hal atau kejadian dsb;karangan yang mengisahkan perbuatan, pengalaman, penderitaan orang dsb.Dongengan; cerpen; cerita pendek.
Bercerita adalah salah satukegiatan yang menarik terutama bagi siswa Sekolah Dasar. Bercerita dapatdijadikan sebagai salah satu media pembelajaran dengan model PBL untuk mencapaiketrampilan berbahasa membaca. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menyelipkanilmu, pesan moral dan sebagainya dengan bercerita. Penggunaan gerakan tangan(gesture), peragaan expressi, pengulangan kata, penambahan lagu dan pemeranantokoh dapat dilakukan pada saat bercerita untuk pencapaian ketrampilan berbahasamembaca.
F. Hipotesis Tindakan
1. Jika Pembelajaran didalam kelas menggunakan modelpembelajaran PBL, maka siswa akan berperan aktif dalam kegiatan pembelajarandan aktif menyelesaikan tugas-tugas.
2. Jika teknik bercerita diterapkan didalam kegiatanpembelajaran, maka ketrampilan berbahasa membaca siswa akan meningkat.
Labels:
Pengetahuan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Sample Text
Kategori
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Social Profiles
Arsip Blog
-
▼
2011
(773)
-
▼
September
(168)
- Manfaat dan Fungsi Minum Air
- Manfaat dan tujuan memilik Web
- Manfaat dan Fungsi Sistem Operasi
- MANFAAT TONGKAT BAGI GERAKAN PRAMUKA
- manfaat dan fungsi makanan mentah
- Manfaat dan Fungsi Berbaik Sangka/ Husnudzan
- Manfaat dan Fungsi Flash
- Manfaat dan Tujuan ajaib dari berkebun
- Manfaat dan Fungsi E-mail
- Manfaat dan Tujuan Hedging
- PENGERTIAN ARTI & MANFAAT ISO 9001 : 2008
- Makalah Manfaat dan Fungsi Teknologi
- MANFAAT TERIPANG DARI SUDUT EKONOMI
- Tujuh Manfaat Manfaat Utama Mangga
- Cara Penggunaan Deepfreeze Untuk Manfaat
- Manfaat dan Fungsi Buah Bengkoang
- Manfaat dan Fungsi Surat Al-Qur'an
- PENGGUNAAN RADIOAKTIF PADA KARSINOMA TIROID
- PENGGUNAAN RADIOAKTIF SEBAGAI SENJATA
- RADIOFARMASI APLIKASI NUKLIR UNTUK MEDIS
- MANFAAT RADIOAKTIF DALAM BIDANG TEKNOLOGI DAN KEHI...
- MANFAAT PENGELOMPOKAN JAMUR DAN VIRUS BAGI MANUSIA
- Tujuan dan Manfaat Penilaian Kinerja
- Elemen Penilaian Kinerja
- Pengertian Penilaian Kinerja
- Manfaat dan Fungsi Do'a dalam kehidupan
- Manfaat dan Fungsi Minum Susu Bagi Kesehatan
- Manfaat dan Fungsi Punya Pacar
- Manfaat dan Fungsi Biogas dalam rumah tangga
- PRODUK DAN MANFAAT TIANSHI
- Hubungan budaya organisasional dan strategi
- Perspektif dalam balanced scorecard
- konsep balanced scorecard dan manfaat nya dlm orga...
- MANFAAT DAN FUNGSI SERAT MAKANAN TIDAK LARUT
- MANFAAT DAN PENGGUNAAN SAFE MODE
- Manfaat dan Fungsi Cuci Tangan
- Manfaat dan Fungsi Kacang Hijau
- MANFAAT DAN FUNGSI TERTAWA & MENANGIS
- MANFAAT KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
- MANFAAT DAN FUNGSI AIR PUTIH DALAM BERDIET
- Manfat dan Fungsi ISO 22000 : 2005
- Manfaat dan Fungsi daun Seledri
- MANFAAT DAN FUNGSI INTERNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI...
- Manfaat dan Fungsi Kulit Semangka
- MANFAAT TANAMAN JARAK PAGAR
- Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
- Fungsi dan Manfaat Komputer
- KEPENTINGAN UMAT DALAM PEMILU 2004
- Manfaat Dan Fungsi Dari Pohon Beringin
- MANFAAT BUAH-BUAHAN UNTUK KESEHATAN DAN PENYEMBUHA...
- Manfaat dan Fungsi Rumput laut bagi Kesehatan
- ANEKA MANFAAT DAN FUNGSI SI MANIS LEBAH MADU
- TIPS MENGATASI MASALAH TIDUR
- Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan
- Manfaat dan Fungsi Puasa
- Manfaat / Fungsi Buah Alpokat Bagi Kesehatan
- Manfaat / Fungsi Coklat untuk Kesehatan
- Manfaat / Fungsi gambar animasi di bidang pendidikan
- Manfaat Dari Buah Belimbing Manis
- MANFAAT / FUNGSI BELUT BAGI KESEHATAN
- Manfaat / fungsi daun sirih merah
- Makalah Manfaat / fungsi Imunisasi
- Manfaat / fungsi internet dalam kehidupan sehari-hari
- Manfaat / Fungsi Kedelai
- PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAAT MEDIA DA...
- ISOFLAVON, SENYAWA MULTI-MANFAAT DALAM KEDELAI
- Manfaat / fungsi Berpikir Positif dan Senyum
- Apa dan Manfaat Hipnoterapi
- Manfaat Puasa Enam Hari Bulan Syawal
- Keutamaan Puasa Sunnah Muharram & Sya'ban
- MANFAAT / FUNGSI PUASA ( bagi yang sering puasa se...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) MATEMATIKA
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS SOSI...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS SEJARAH
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BAHASA I...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS EKONOMI
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BAHASA I...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) TAMAN KA...
- METODE INKUIRI
- KAJIAN TEORI
- LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
- METODE PRAKTIS PEMBELAJARAN ( PBL )
- Manfaat Penelitian
- METODE PENCAPAIAN KONSEP
- METODE INTEGRASI PERMAINAN
- METODE TEHNIK MENCARI PASANGAN
- PANDUAN PENYUSUNAN USULAN DAN LAPORAN PENELITIAN T...
- FORMAT PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSRO...
- KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
- PRINSIP-PRINSIP PTK
- IDENTIFIKASI, PEMILIHAN, DESKRIPSI, DAN RUMUSAN MA...
- MODEL - MODEL ACTION RESEARCH
- HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
- Jenis dan Model PTK
- MENGAPA PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENTING ?
- PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH)
- Harga Barcode Scanner murah
- CARA MEMULAI PROGRAM MICROSOFT WORD
- Tujuan dan manfaat laporan keuangan
- Zat dalam Teh yang Kurang Baik
-
▼
September
(168)
Pengikut
Guest Counter
Powered by Blogger.
Labels
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Ads 468x60px
Popular Posts
-
FUNGSI MOTHERBOARD Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponenyang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada seti...
-
BABI PENDAHULUAN 1.1 LatarBelakang Keperibadian adalah nilai-nilai karakteristik, watak,sikap dan sifat serta keyakinan dan cita-cita hidu...
-
Pengertian CDMA dan GSM sendiri sebenernya sama, yaitu teknologi standar komunikasi selular. Secarafisik, bentuk handphone cdma gsm sama b...
-
Definisi danPengertian Organisasi 1. Organisasi Menurut Stoner Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang ...
-
1. Arti Utilitarisme adalah faham atau aliran dalam filsafat moral yangmenekankan prinsip manfaat atau kegunaan ( theprinciple o...
-
AKUNTANSI BIAYA MANFAAT PENSIUN Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 24 terdiri dari paragraf 36 - 4 7 . Pernyataan ini harus dibaca da...
-
Segala puji bagi Allah, teriring doa dan keselamatan semoga terlimpah atas nabi dan rasul termulia: Muhammad SAW, juga atas keluarga dan par...
-
Konservasiitu sendiri merupakan berasal dari kata Conservation yang terdiri ataskata con ( together ) dan servare ( keep/save ) yangmemil...
-
eramuslim - Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Dan, setiap orang tentu berbedabeda mengatasi stres tersebut. Sebuah penelitian baru ...
-
Dari beberapa buku para ahli, yang menghiasi mejaperpustakaan kecil saya dan berhasil saya baca, semakin luaslah capaianpengertian sastra. S...
Blog Archive
-
▼
2011
(773)
-
▼
September
(168)
- Manfaat dan Fungsi Minum Air
- Manfaat dan tujuan memilik Web
- Manfaat dan Fungsi Sistem Operasi
- MANFAAT TONGKAT BAGI GERAKAN PRAMUKA
- manfaat dan fungsi makanan mentah
- Manfaat dan Fungsi Berbaik Sangka/ Husnudzan
- Manfaat dan Fungsi Flash
- Manfaat dan Tujuan ajaib dari berkebun
- Manfaat dan Fungsi E-mail
- Manfaat dan Tujuan Hedging
- PENGERTIAN ARTI & MANFAAT ISO 9001 : 2008
- Makalah Manfaat dan Fungsi Teknologi
- MANFAAT TERIPANG DARI SUDUT EKONOMI
- Tujuh Manfaat Manfaat Utama Mangga
- Cara Penggunaan Deepfreeze Untuk Manfaat
- Manfaat dan Fungsi Buah Bengkoang
- Manfaat dan Fungsi Surat Al-Qur'an
- PENGGUNAAN RADIOAKTIF PADA KARSINOMA TIROID
- PENGGUNAAN RADIOAKTIF SEBAGAI SENJATA
- RADIOFARMASI APLIKASI NUKLIR UNTUK MEDIS
- MANFAAT RADIOAKTIF DALAM BIDANG TEKNOLOGI DAN KEHI...
- MANFAAT PENGELOMPOKAN JAMUR DAN VIRUS BAGI MANUSIA
- Tujuan dan Manfaat Penilaian Kinerja
- Elemen Penilaian Kinerja
- Pengertian Penilaian Kinerja
- Manfaat dan Fungsi Do'a dalam kehidupan
- Manfaat dan Fungsi Minum Susu Bagi Kesehatan
- Manfaat dan Fungsi Punya Pacar
- Manfaat dan Fungsi Biogas dalam rumah tangga
- PRODUK DAN MANFAAT TIANSHI
- Hubungan budaya organisasional dan strategi
- Perspektif dalam balanced scorecard
- konsep balanced scorecard dan manfaat nya dlm orga...
- MANFAAT DAN FUNGSI SERAT MAKANAN TIDAK LARUT
- MANFAAT DAN PENGGUNAAN SAFE MODE
- Manfaat dan Fungsi Cuci Tangan
- Manfaat dan Fungsi Kacang Hijau
- MANFAAT DAN FUNGSI TERTAWA & MENANGIS
- MANFAAT KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
- MANFAAT DAN FUNGSI AIR PUTIH DALAM BERDIET
- Manfat dan Fungsi ISO 22000 : 2005
- Manfaat dan Fungsi daun Seledri
- MANFAAT DAN FUNGSI INTERNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI...
- Manfaat dan Fungsi Kulit Semangka
- MANFAAT TANAMAN JARAK PAGAR
- Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
- Fungsi dan Manfaat Komputer
- KEPENTINGAN UMAT DALAM PEMILU 2004
- Manfaat Dan Fungsi Dari Pohon Beringin
- MANFAAT BUAH-BUAHAN UNTUK KESEHATAN DAN PENYEMBUHA...
- Manfaat dan Fungsi Rumput laut bagi Kesehatan
- ANEKA MANFAAT DAN FUNGSI SI MANIS LEBAH MADU
- TIPS MENGATASI MASALAH TIDUR
- Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan
- Manfaat dan Fungsi Puasa
- Manfaat / Fungsi Buah Alpokat Bagi Kesehatan
- Manfaat / Fungsi Coklat untuk Kesehatan
- Manfaat / Fungsi gambar animasi di bidang pendidikan
- Manfaat Dari Buah Belimbing Manis
- MANFAAT / FUNGSI BELUT BAGI KESEHATAN
- Manfaat / fungsi daun sirih merah
- Makalah Manfaat / fungsi Imunisasi
- Manfaat / fungsi internet dalam kehidupan sehari-hari
- Manfaat / Fungsi Kedelai
- PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAAT MEDIA DA...
- ISOFLAVON, SENYAWA MULTI-MANFAAT DALAM KEDELAI
- Manfaat / fungsi Berpikir Positif dan Senyum
- Apa dan Manfaat Hipnoterapi
- Manfaat Puasa Enam Hari Bulan Syawal
- Keutamaan Puasa Sunnah Muharram & Sya'ban
- MANFAAT / FUNGSI PUASA ( bagi yang sering puasa se...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) MATEMATIKA
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS SOSI...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS SEJARAH
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BAHASA I...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS EKONOMI
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BAHASA I...
- LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) TAMAN KA...
- METODE INKUIRI
- KAJIAN TEORI
- LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
- METODE PRAKTIS PEMBELAJARAN ( PBL )
- Manfaat Penelitian
- METODE PENCAPAIAN KONSEP
- METODE INTEGRASI PERMAINAN
- METODE TEHNIK MENCARI PASANGAN
- PANDUAN PENYUSUNAN USULAN DAN LAPORAN PENELITIAN T...
- FORMAT PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSRO...
- KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
- PRINSIP-PRINSIP PTK
- IDENTIFIKASI, PEMILIHAN, DESKRIPSI, DAN RUMUSAN MA...
- MODEL - MODEL ACTION RESEARCH
- HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
- Jenis dan Model PTK
- MENGAPA PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENTING ?
- PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH)
- Harga Barcode Scanner murah
- CARA MEMULAI PROGRAM MICROSOFT WORD
- Tujuan dan manfaat laporan keuangan
- Zat dalam Teh yang Kurang Baik
-
▼
September
(168)
0 comments:
Post a Comment