Monday, March 12, 2012

Pengertian atribut produk, harga dan promosi


Ø   ATRIBUT PRODUK

1.       Merek, merupakan istilah, nama, tanda,symbol/lambing, desain, warna, gerak atau kombinasi atribut-atribut produklainnya yang diharapkan dapat memberikan identitas   dan diferensiasi terhadap produk pesaing.
Tujuan :
ð Sebagaiidentitas
ð Alatpromosi
ð Untukmembina citra
ð Untukmengendalikan pasar

Ada enam makna yang bisa disampaikan melalui merek :
ðAtribut
ðManfat
ðNilai-nilai
ðBudaya
ðKepribadian
ðPemakai

Agar suatu merek dapat mencerminkanmakna-makna yang ingin disampaikan, maka ada beberapa persyaratan yang harusdiperhatikan, yaitu :
ðMerekharus khas atau unik
ðMerekharus menggambarkan sesuatu mengenai manfaat produk dan pemakaiannya.
ðMerekharus menggambarkan kualitas produk
ð Merekharus mudah diucapkan, dikenali, dan diingat.
ð Merektidak boleh mengandung arti yang buruk di negara dan dalam bahasa lain.
ðMerekharus dapat menyesuaikan diri (adaptable)dengan produk-produk baru yang mungkin ditambahkan ke dalam lini produk.


2.       Kemasan (packaging) merupakan proses yang berkaitandengan perancangan dan   pembuatan wadah(container) atau pembungkus (wrapper) untuk suatu produk.
Tujuan penggunaan kemasan antara lain meliputi :
ðSebagaipelindung isi (protection)
ðUntukmemberikan kemudahan dalam penggunaan (operating)
ðBermanfaatdalam pemakaian ulang (reusable)
ðMemberikandaya tarik (promotion)
ðSebagaiidentitas (image)
ðDistribusi(shipping)
ðInformasi(labelling)
ðSebagaicermin inovasi produk.

Manfaat kemasan pada suatu produk :
ðManfaatkomunikasi
ðManfaatfungsional
ðManfaatperseptual

3.       Pemberian Label (Labelling) merupakanbagian dari suatu produk yang  menyampaikan informasi mengenai produk dan penjual.
Ada tiga macam label :
ð Brandlabel , yaitu namamerek yang diberikan pada produk atau dicantumkan pada kemasan
ð Descriptivelabel, yaitu labelyang memberikan informasi obyektif mengenai penggunaan, konstruksi/pembuatan,perawatan/perhatian, dan kinerja produk, serta karakteristik-karakteristiklainnya yang berhubungan dengan produk.
ð Gradelabel, yaitu labelyang mengidentifikasi penilaian kualitas prodduk (product’s judged quality)

4.       Layanan Pelengkap (Supplementary Service)
Diklasifikasikan ke dalam delapankelompok :
ðInformasi
ðKonsultasi
ðOrder taking
ðHospitality
ðCaretaking
ðException
ðBilling
ðPembayaran

5.       Garansi
Adalahjanji yang merupakan kewajiban produsen atas produknya kepada konsumen, dimanakonsumen akan diberi ganti rugi bila produk ternyata tidak berfungsisebagaimana yang diharapkan atau dijanjikan.







                                                                    
Oval: HARGA



A  Hargadari persepsi produsen, adalah :
Rounded Rectangle: LABA  = Pendapatan Total – Biaya Total   ( Harga per Unit x Kuantitas yang terjual ) – Biaya Total






A   Hargadari persepsi konsumen, adalah:
                
Rounded Rectangle: Nilai = Manfaat yang dirasakan  Harga







A   Tujuanpenetapan harga :
ðTujuanberorientasi pada laba
ðTujuanberorientasi pada Volume
ð Tujuanberorientasi pada Citra (image)
ðTujuanStabilitas harga
ðTujuan-tujuanlainnya

Ø   METODE PENETAPAN HARGA
1.       Metode penetapan harga berbasispermintaan
ðSkimming pricing
ðPenetration Pricing
ðPrestige pricing
ðPrice Lining
ðOdd-Even Pricing
ðDemand-Backward Pricing
ðBundle Pricing

2.       Metode penetapan harga berbasis Biaya
ðStandard Mark-up pricing
ðCost Plus Percentage of Cost Pricing
ðCost Plus Fixed Fee Pricing
ðExperience Curve Pricing
3.       Metode penetapan harga berbasis Laba
ðTarget Profit Pricing
ðTarget Return On Sales Pricing
ðTarget Return On Investment Pricing

4.       Metode  penetapan harga berbasis Persaingan
ðCustomary Pricing
ðAbove, At, or Below Market Pricing
ðLoss Leader Pricing
ðSealed Bid Pricing






































9th session.Pengantarbisnis.  

PEMASARAN        :
DISTRIBUSI
A d a l a h,
Kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan
(jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan)
 







A   Dalamaktivitasnya dibutuhkan :
ðPerantara(middleman), dan
ðSalurandistribusi (distribution channel)

A   Perantaradibutuhkan karena adanya gap :
ðGeographical gap
ðTime gap
ðQuantity gap
ðAssortment gap
ðCommunication and information gap

A   Tindakanpenyesuaian perantara adalah :
ðAccumulating, Mengumpulkan barang dari berbagaiprodusen.
ðBulk-Breaking, Membagi barang kedalam quantitasyang lebih kecil
ð Sorting, Mengelompokkanproduk ke dalam lini-lini produk dengan spesifikasi tertentu.
ðAssorting, Menjual berbagai macam lini produksecara bersama-sama.

A  Fungsi-fungsiyang dijalankan distribusi     :
ð   Informasi
ð   Promosi
ð   Negosiasi
ð   Pemesanan
ð   Pembiayaan (Pembelanjaan)
ð   Pengambilan risiko
ð   Kepemilikan secara fisik
ð   Pembayaran
ð   Title (pemindahan secara aktual hak milik)

A   Jeniskepemilikan retailing :
1.      Independentretail firm
2.      Waralaba (franchising)
ð Product franchise, contoh coca cola
ð Business format franchising, contoh McDonald`s
ð Business Opportunityfranchising, (rancangansystem distribusi tetapi tidak membuat sendiri.contoh distribusi komponenkendaraan bermotor)
3.     Corporate chain

10th session.Pengantarbisnis.  

PEMASARAN        :
PROMOSI

Promosi merupakan sebuah bentuk dari komunikasipemasaran.
KOMUNIKASI PEMASARAN
Adalah Aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan/produknya agar menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan bersangkutan.
 











A  Tigaunsur pokok dalam struktur komunikasi pemasaran :
1.     Pelakukomunikasi
1.     Sender/Komunikator/Pengirim     :        Perusahaan
2.     Receiver/Komunikan/Penerima     :        Masyarakat

Berperan sebagai, initiator, influencer, Decider, Purchaser,dan user.

2.     Materikomunikasi
1.     Gagasan
2.     Pesan
3.     Media
4.     Respons
5.     Feedback
6.     Gangguan/Noise

3.     ProsesKomunikasi
1.     Encoding/Fungsi mengirim
2.     Decoding/Fungsi menerima

A  Tujuan komunikasi pemasaran adalah :
1.     KomunikasiInformatif
2.     KomunikasiPersuasif
3.     KomunikasiReminding

A  Responatau taggapan konsumen sebagai komunikan meliputi :
1.     EfekKognitif
2.     EfekAfeksi
3.     EfekKonatif

A  Tujuankomunikasi dan Respon Khalayak berkaitan dengan tahap-tahap dalam pembelianadalah :
1.     Awarness
2.     Intersest
3.     Trial
4.     Act
5.     Follow-up

A  BAURANPROMOSI (Promotion mix, promotion blend, communication mix) :
1.     Personnalselling
2.     Massselling, terdiri atas periklanan dan publisitas
3.     Promosipenjualan
4.     Publicrelation
5.     DirectMarketing


Gambar alat-alatpromosi
IKLAN
PROMOSI PENJUALAN
PUBLIC
RELATION
PERSONAL
SELLING
DIRECT
MARKETING
·       Iklan cetak dan siaran
·       Film
·       Brosur dan Buklet
·       Poster dan selebaran
·       Billboard
·       Cetak ulang iklan
·       Display sign
·       Bahan audiovisual
·       Simbol dan Logo
·       Kontes, permainan, undian, lotere
·       Premium dan hadiah
·       Produk sampel
·       Pasar malam dan pameran dagang
·       Pameran
·       Demonstrasi
·       Pemberian kupon
·       Potongan rabat/tawaran pengembalian uang
·       Pendanaan dengan bunga rendah
·       Hiburan
·       Coba gratis, Diskon
·       Price Pack
·       Hadiah bagi langganan, dll.
·         Kotak pers
·         Pidato
·         Seminar
·         Donasi/Sumbangan
·         Sponsor
·         Publikasi
·         Lobbying
·         Majalah perusahaan
·         Berita
·         Aktivitas layanan masyarakat
·         Peringatan peristiwa tertentu
·               Presentasi penjualan
·               Pertemuan penjualan
·               Program insentif
·               Contoh/ sampel
·               Pasar malam/pameran dagang
·             Katalog
·             Surat
·             Telemarketing
·             Elektronik shopping
·             TV direct response marketing
·             Radio, magazine, newspaper direct response marketing.







12thsession.Pengantar bisnis.  
PRODUKSI  :
BARANG DAN JASA

Klasifikasiproduk bisa dilakukan atas berbagai macam sudut pandang. Berdasarkan berwujudtidaknya, produk dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok utama, yaitubarang dan jasa.

1.       Barang
Barangmerupakan produk yang berwujud fisik, sehingga bisa dilihat, diraba/disentuh,dirasa, dipegang, disimpan, dipindahkan, dan perlakuan fisik lainnya.

Ditinjau dari aspek daya tahannya,terdapat dua macam barang, yaitu :
a.     Barang tidak tahan lama (Nondurable Goods)
Adalahbarang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kalipemakaian. Umur ekonomisnya kurang dari satu tahun

b.     Barangtahan lama
Adalahbarang berwujud yang biasanya bisa bertahan lama dengan banyak pemakaian. Umurekonomisnya lebih dari satu tahun.

2.       Jasa
Jasamerupakan aktivitas, manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual.Contohnya, bengkel reparasi, salon kecantikan, kursus, hotel, lembagapendidikan, dan lain-lain.

Sektor jasa berkembang pesatakhir-akhir ini karena beberapa factor penyebab, diantaranya :
a.     Adanya peningkatan pengaruh sektor jasa.
b.     Waktusantai semakin banyak.
c.     Persentase wanita yang masuk dalam angkatan kerja semakinbesar.
d.     Tingkat harapan hidup semakin meningkat.
e.     Produk-produkyang dibutuhkan dan dihasilkan semakin kompleks.
f.      Adanyapeningkatan kompleksitas kehidupan.
g.     Meningkatnyaperhatian terhadap ekologi dan kelangkaan sumber daya
h.     Perubahanteknologi berlangsung semakin cepat.

Ø KARAKTERISTIK JASA
Jasa memiliki empatkarakteristik utama yang membedakannya dari barang, yaitu :
a.        Intangibility  (tidak berwujud)
Para pelanggan akan memperhatikantanda-tanda kualitas sebuah jasa dari : Place,people,  equipment, symbol, communication materials, dan price.
b.       Inseparability  (tidak terpisahkan)
Proses konsumsijasa : Dijual terlebih dahulu, diproduksi, dan dikonsumsi secara bersamaan.
c.        Variability
d.       Perishability (tidak tahan lama)
Dalam setiap momen, jasa berkapasitastetap akan menghadapi salah satu dari empat kondisi berikut :
1.   Permintaanberlebihan
2.   Permintaanmelampaui kapasitas optimum
3.   Permintaandan penawaran seimbang pada tingkat kapasitas optimum.
4.   Kapasitasberlebihan

Beberapa pendekatan yang dapatditerapkan dalam mengelola permintaan jasa karena fluktuatifnya permintaanyaitu :
1.   Tidak melakukan apapun, dalam kondisi :
Permintaan berlebih               Akanterjadi anteran panjang, sebagian konsumen tidak terpuaskan.
Permintaan memuaskan         Kapasitas memadai dandimanfaatkan secara  optimal.
Permintaankurang                 Kapasitas berlebih.

2.   MengurangiPermintaan
Dilakukan dalam kondisi permintaanjauh melampaui kapasitas, penetapan harga yang lebih mahal (namun tetapmemperhatikan elastisitas harga) dapat meningkatkan laba. Ada beberapa cara, diantaranya :
a.        Differential pricing, contoh potongan harga untukinterlokal pada malam hari.
b.       Demarketing, contoh dengan iklan yang mendorongagar konsumen berbelanja lebih awal pada saat lebaran dan bias disertai denganpotongan harga khusus.
   
3.   Meningkatkanpermintaan
Pada kondisi kapasitas berlebih,dengan cara diantaranya menurunkan harga secara selektif.

4.   Menyimpanpermintaan dengan sistem reservasi dan janji.
Perusahaan perlu mempertimbangkansystem prioritas bsgi segmen-segmen pasar utama.

5.   Menyimpan permintaan dengan antrian formal.
Diperlukan upaya memprediksi secaraakurat periode dan lamanya menunggu.

6.   Mengembangkanjasa atau pelayanan komplementer selama waktu sibuk, misalnya penggunaan ATM dibank, penambahan bar pada restoran, video game di lobby bioskop. 

Ø STRATEGI MENGELOLA PENAWARAN :
ð Menggunakankaryawan paruh waktu
ð Menyewaatau berbagi fasilitas dan peralatan tambahan
ð Menjadwalkanaktivitas downtime selama periodepermintaan.
ð Melakukanpelatihan silang (cross-training)terhadapkaryawan.
ð Meningkatkanpartisipasi para pelanggan.

Sample Text

Social Profiles

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

About

Featured Posts Coolbthemes