Sunday, October 16, 2011

SEJARAH PERKEMBANGAN SENAM


1.SENAM

senam dalam bahasainggris disebut “Gymnastic” yang berasal dari kata “Gymnos”bahasa Greka (yunani) yang berarti berpakaian minim atau telanjang. Orang Yunanikuno melakukan latihan senam di ruangan khusus yang disebut “Gymnasium” atau“Gymnasion”. Tujuannya ialah untuk mendapatkan kekuatan dan keindahan jasmani. Caramelakukannya sambil berpakaian minim atau telanjang. Maksudnya mungkin agar dapatleluasa bergerak. Namun yang melakukan senam ini hanya kaum pria.
Senamdi negeri kita sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Waktu itu namanya“Gymnastiek” sedangkan pada zaman jepang dinamakan “Taiso”. Pemakaian istilahsenam sendiri kemungkinan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai penggantikata sport.
Senamsejak zaman Yunani kuno sampai sekarang telah mengalami perkembangandemikian pesat, seiring dengan kemajuan di bidang ilmu dan teknologi. Perkembanganitu terlihat dalam bentuk-bentuk gerakan, teknologi. Perkembangan itu terlihatdalam bentuk-bentuk gerakan, sistimatika latihan maupun ujuan-tujuannya.

Apakahsenam itu? Untuk menjawab pertanyaan demikian sebaiknya diberi jawabandengan mengemukakan batasan. Tapi itu tidaklah mudah disebabkan ruang lingkupsenam sekarang demikian luasnya. Namun batasan itu perlu untuk membedakan senamdengan cabang olahraga lainnya, untuk itu perlu dikemukakan dulu apa cirri-ciri dankaidah-kaidah senam itu.
Ciri dan kaidah senam ialah :
-Bahwa gerakan-gerakan latihannyaselalu dapat direncanakan, dipilih dan
             diciptakan oleh guru, pelatih bahkan olehpelaku sendiri.
-Bahwa gerakan latihannya terpilihitu harus disusun secara sistematis (merupakan
 suatu kebulatan latihan)
-Penyusunan dan pemilihan gerakanitu harus sesuai dengan prinsip-prinsip
 tertentu sesuai dengan tujuan atau kebutuhansi pelaku.



Dengan melihat ciri-ciri dan kaidah-kaidah tersebut makabatasan mengenai senam
dapat dirumuskan sebagai berikut:
“Senam adalah latihanjasmani/olahraga yang bentuk-bentuk gerakannya dipilih dan disusunsecara         sistematis berdasarkanprinsip-prinsip tertentu sesuai dengan kebutuhan atau tujuan si penyusun”.
Dari batasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa setiaporang guru atau pelatih olahraga dapat menentukan tujuan, memilih dan menyusunlatihannya sendiri sesuai dengan kebutuhan atau tujuan untuk apa. Mungkin untukmemelihara kesegaran jasmani, menambah keterampilan, keindahanbentuk dan lain-lain.
Unsur-unsur senam
a. Calesthenic
unsur pertama dari senam ialah “Calesthenic” berasal daribahasa Greka (Yunani): “Kallos” yang artinya indah dan “stenos” yang artinyakekuatan. Jadi Calesthenic berarti latihan jasmani untuk menambahkekuatan dan keindahan. Latihan ini biasanya dilakukan denganatau tanpa alat. Calesthenic disebut juga dalam bahasa inggris “Free Exercise” ataulatihan bebas. Termasuk ke dalam golongan ini adalah senam pagi atau senam kamar,senam kondisi dan senam pendahuluan, semacam latihan senam yang mendahului latihanolahraga lainnya. Gerakan-gerakan senam Calesthenic sebagai contoh misalnya: membungkukkanbadan ke depan sedalam-dalamnya kemudian merentangkannya kebelakangsejauh-jauhnya; memutar badan ke samping kiri dan kanan; melakukan gerakanpush-ups, dll.
b. Tumbling
unsure ke-dua ialah “Tumbling” yang berasal dari kata “Tombolan”(Italia) yang artinya melompat, melenting dan mengguling. “Tumbling”berarti gerakan-gerakan melompat, melenting, mengguling dan berjungkir balik secaraberirama. Tumbling atau “akrobatik” adalah suatu ketangkasan gerak putar padaporos-poros tubuh. Pada saat badan berputar bila tangan bertumpu(satu atau dua tangan) maka terjadilah gerakan hand spring,kip, flic-flac dan cart wheel (baling-baling). Kalau tangan-tangan tidakbertumpu maka terjadilah gerakan salto (sommersault).

2.SENAM KONDISI

senam kondisi adalah senam untuk memelihara atau jugameningkatkan kondisi
jasmani. Kata “kondisi” dari kata bahasa inggris “condition”yang artinya keadaan atau persyaratan untuk “in condition” artinya dalam keadaanbaik, dalam keadaan siap.“physical conditioning” adalah latihan jasmani untukmeningkatkan dan memeliharakemampuannya (kesegarannya). Jadi senam kondisi adalahtermasuk kepada physicalconditioning. Tetapi mengenai cara memilih dan menyusunlatihannya tetap berdasarkan
ciri-ciri dan kaidah-kaidah senam.


3.SENAM KESEGARAN JASMANI

secara fungsionalpengertian kesegaran jasmani ialah “derajat kemampuan seseoranguntuk melaksanakan pekerjaan tertentu yang bersifat jasmaniah yang memerlukanpersyaratan tertentu”. Persyaratan-persyaratan tersebut dapat berupa persyaratananatomis (menyangkut struktur tubuh) seperti ukuran dan bentuk tubuh, tinggibadan dan lain-lain, tapi dapat juga persyaratan yang bersifat fungsionalseperti kekuatan, daya tahan, kecepatan dan lain-lain.
Sebagaicontoh misalnya untuk pekerjaan sebagai juru tulis di kantor tidak diperlukanpersyaratan ukuran tinggi dan berat badan ataupun kekuatan sebagaimana halnyadiperlukan oleh seseorang pemain bola Voli.

Pengertianlain mengenai kesegaran jasmani ialah bila kita mengambil dari bahasa inggrisyaitu “physical Fitness” yang berarti keselarasan atau kecocokan jasmaniah.Yang dimaksud dengan selaras atau cocok disini ialahkesesuaiannya dengan pekerjaan yang harus dilakukannya. Jika demikianmaka pengertian kesegaran jasmani itu ialah tingkat kesesuaianjasmaniah seseorang dengan pekerjaannya.

Kesegaranjasmani hanya dapat dipertahankan atau ditingkatkan dengan bekerja atauberolahraga secara teratur dengan beban atau porsi yang sesuai denganpersyaratan jenis pekerjaan yang bersangkutan. Kekurangan gerakberakibat menurunnya kemampuan jasmani seperti lemah dan cepat menjadi lelah.Dalam keadaan demikian orang mudah dihinggapi penyakit. Keadaan demikian biasadisebut tidak dalam kondisi (out of condition) atau tidak fitatau sudah tidak cocok untuk mengerjakan pekerjaannya. Untukmengembalikan kepada keadaan cocok atau fit maka yang bersangkutan perlu melakukanlatihan yang dapat meningkatkan kesegarannya. Yaitu latihan yang dipilih dan disusunsecara sistematis dan bertahap sesuai dengan kebutuhannya.





Olahraga senam sendiri ada bermacam-macam, seperti : senamkuno, senam sekolah, senam alat, senam korektif, senam irama, turnen, senamartistik. Secara umum senam memang demikian adanya, dari tahun ke tahunmengalami penyempurnaan dan semakin berkembang. Yang dulunya tidak untukdipertandingkan, namun sejak akhir abad 19 mulai dipertandingkan. Dibentuklahwadah senam internasional, dengan nama Federation International de Gymnastique(FIG), yang mengelola antara lain :
1.SenamArtistik(ArtisticGymnastics).
2. Senam Ritmik (Modern Rhytmic).

































seNam aErobiK

Aerobikadalah suatu cara latihan untuk memperoleh oksigen sebanyak-banyaknya. “SenamAerobik “adalah olahraga untuk peningkatan kesegaran jasmani bukan olahragaprestasi, akan tetapi olahraga preventif yang dapat dilakukan secara masal.
SENAMaerobik merupakan gabungan gerakan-gerakan yang energik dan kreatif,beriramakan cepat dengan gerakan dasar kaki jalan-loncat sesuai dengan fungsisenam aerobik itu sendiri. Manfaat senam aerobik adalah meningkatkan kesehatanjantung dan stamina tubuh. Tapi bila dilakukan secara tidak benar bisamenimbulkan cedera.
Senamaerobik sangat cocok untuk wanita yang berusia muda, 30 tahun ke bawah. “Karenasenam ini berirama cepat dan di dalamnya terdapat bermacam variasi gerak, yangmungkin sulit diikuti oleh mereka yang berusia di atas 30 tahun

“Pembagiansenam Aerobik menurut cara melakukan dan musik pengiring”, yaitu:
1.     High impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan keras)
2.   Lowimpact aerobics (senamaerobik aliran gerakan ringan)
3.   Discorobic(kombinasi antaragerakan-gerakan aerobik aliran keras dan ringan disko)
4.   Rockrobic (kombinasi gerakan-gerakan aerobik danringan serta gerakan-gerakan rock n’roll)
5.   Aerobicsport (kombinasigerakan-gerakan keras dan ringan serta gerakan-gerakan kalestetik/kelentukan)

Berikutini adalah sistematika dalam melakukan senam aerobik
1.Pemanasan
Pada sesipemanasan ini, biasanya dilakukan gerakan-serakan ringan selama 15 menit. Padasesi pemanasanini terdapat beberapa tahap.
  • Isolation.
  • Full Body Movement.
  • Stretching.
2.Latihan Inti I (Cardiorespiratory)
Latihanpada sesi ini berguna untuk membakar lemak,melatih pemanasan, serta daya tahan otot tubuh. Latihan ini dilakukan selama 20menit, yang terdiri dari latihan-latihan berikut ini.
  • Pre aerobic (low impact).
  • Peak aerobic.
  • Post aerobic (low impact).
3.Latihan Inti II (Challestenic)
Latihan ini dilakukan selama 15 menit.
  • Pengencangan.
  • Penguatan (strenght).
  • Kelentukan (flexibility).
4.Pendinginan (Cooling Down)
Latihanini dilakukan selama 10 menit.
  • Dynamic stretching.
  • Static stretching.



Tips MelakukanSenam Aerobik
Berikutini merupakan beberapa tips dalam melakukan senam aerobik.
  1. Menggunakan pakaian senam atau pakaian yang nyaman serta menyerap keringat.
  2. Gunakan sepatu yang nyaman atau sepatu yang khusus digunakan untuk senam aerobik.
  3. Mengikuti gerakan yang diberikan instruktur dengan baik dan benar.
  4. Tidak perlu memaksakan diri ketika tidak bisa mengikuti semua gerakan karena hal tersebut tidak ada manfaatnya, cukup ikuti gerakan tangan atau kaki saja.

Tujuan senam aerobik:
1.meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru. Gerakan yangdipilih harus mampu   menyebabkan denyutjantung meningkat sedemikian rupa ke target latihan atau disebut juga  zona latihan.
2. pembentukan tubuh. Gerakann yang dipilih harus mengandungkalestenik yang memenuhi tuntutan teknik dan ketentuan anatomis tertentu. 










SENAMDASAR

Senam Lantai
Pengertian senam lantai :
Senam lantai (flour exercise) adalah satu bagian darirumpun senam, sesuai dengan denga istilah Lantai, maka gerakan-gerakan senamyang dilakukan di atas yang beralasan matras atau permadani atau sering jugadisebut dengan istilah latihan bebas,sebab pada waktu melakukan gerakan ataulatihannya.
Pesenam tidak boleh menggunakan alat atau suatu benda.
Senam lantai menggunakan area yang berukuran 12 x 12meter, dan area 1 meter untuk menjaga keamanan.
1. BERGULING.
Cara melakukannya sebagai berikut :
a. Sikap permulaan jongkok, kedua tangan menumpu pada matrasselebar bahu.
b. Kedua kaki diluruskan, siku tangan ditekuk, kepaladilipat sampai dagu menyentuh dada.
c. Mengguling ke depan dengan mendaratkan tengkuk terlebihdahulu dan kedua kaki dilipat rapat pada dada.
d. Kedua tangan melemaskan tumpuan dari matras, pegang matakaki dan berusaha bangun.
e. Kembali berusaha bangun.



2. KAYANG.
Kayang adalah posisi kaki bertumpu dengan empat titikdalam keadaan terbalik dengan meregang dan mengangkat perut dan panggul. Nilaidari pada gerakan kayang yaitu dengan menempatkan kaki lebih tinggi memberikantekanan pada bahu dan sedikit pada pinggang.
Manfaat dari gerakan kayang adalah untuk meningkatkankelentukan bahu, bukan kelentukan pinggang.
Cara melakukan gerakan kayang sebagai berikut :
a. Sikap permulaan berdiri, keduan tangan menumpu padapinggul.
b. Kedua kaki ditekuk, siku tangan ditekuk, kepala di lipatke belakang.
c. Kedua tangan diputar ke belakang sampai menyentuh matrassebagai tumpuan.
d. Posisi badan melengkung bagai busur.

3. SIKAP LILIN.
Sikap lilin merupakan sikap tidur terlentang kemudiankedua kaki diangkat keras di atas (rapat) bersama-sama, pinggang ditopang keduatangan dan pundak tetap menempel pada lantai. Dalam melakukan sikap lilin,kekuatan otot perut berfungsi untuk kedua tangan menopang pinggang.
Cara melakukan gerakan sikap lilin sebagai berikut :
a. Tidur terlentang, kedua tangan di samping badan,pandangan ke atas.
b. Angkat kedua kaki lurus ke atas dan rapat.
c. Yang menjadi landasan adalah seluruh pundak dibantu keduatangan menopang pada pinggang.
d. Pertahankan sikap ini beberapa saat.


4. GULING LENTING.
a. Latihan rangkaian berakan berguling.
Cara melakukannya sebagai berikut:
1. Sikap permulaan berbaring menelantang atau duduktelumpar.
2. Mengguling ke belakang, tungkai keras, kaki dekat kepala,lengan bengkok, tangan menumpu di samping kepala, ibu jari dekat dengantelinga.
3. Mengguling ke depan disertai dengan lecutan tungkai keatas depan, tangan menolak badan melayang dan membusur, kepala rapat.
4. Mendarat dengan kaki rapat, dorong panggul ke depan,badan membusur dengan keras ke atas.

b. Lenting kepala/dahi
Cara melakukannya sebagai berikut:
1. Membungkuk bertumpu pada dahi dan membentuk segi tigasama sisi, punggung tegak lurus, tungkai rapat dan lurus, jari-jari kakibertumpu di lantai.
2. Mengguling ke belakang disertai lecutan tungkai serentaktangan menolak sekuat-kuat, kepala pasif, badan melayang dan membusur.
3. Mendarat dengan kaki rapat, badan membusur lengan keatas.







5. BERGULING KE DEPAN DILANJUTKAN LENTINGTENGKUK/KEPALA
Sebelum latihan rangkain gerakan berguling ke depanlenting tengkuk/kepala, akan di bahas dulu bagaimana melakukan guling depanyang betul.
Cara melakukan gerakan guling depan sebagai berikut :
a. Sikap permulaan jongkok tangan menumpu pada matrasselebar bahu.
b. Luruskan kedua kaki, siku tangan di tekuk, kepala dilipatsampai dagu dengan menyentuh dada.
c. Mengguling ke depan dengan mendaratkan kuduk terlebihdahulu dan kedua kaki dilipat rapat pada dada.
d. Kedua tangan melepaskan tumpuan dari matras, pegang matakaki dan berusaha bangun.
e. Kembali berusaha jongkok.

6. BERDIRI TANGAN (HANDS STAND).
a. Berdiri Tangan (Hands Stand)
1. Sikap permulaan berdiri tegak, salah satu kaki sedikit kedepan.
2. Bungkukkan badan, tangan menumpu pada matras selebar bahulengan keras, pandangan sedikit ke depan, pantat didorong setinggi-tingginya,tungkai depan bengkok sedang tungkai belakang lurus.
3. Ayunkan tungkai belakang ke atas, kencangkan otot perut.
4. Kedua tungkai rapat dan lurus merupakan satu garis denganbadan dan lengan, pandangan di antara tumpuan tangan, badan dijulurkan ke atas.
5. Perhatikan keseimbangan.



b. Berdiri Tangan Dengan Sikap Kaki Dibuka
1. Sikap permulaan berdiri tegak, salah satu kaki sedikit kedepan.
2. Bungkukan badan, tangan menumpu pada matras selebar bahulurus, pandangan sedikit lurus ke depan, pantat didorong setinggi-tingginya,tungkai ke depan bengkok, sedang tungkai belakang lurus.
3. Ayunkan tungkai belakang ke atas, diikuti tungkai yanglain.
4. Kedua tungkai rapat dan lurus merupakan satu garis denganlengan, setelah itu kaki di buka ke samping kiri dan kanan, pertahankan sikapini beberapa saat, selanjutnya kaki dirapat kembali lalu dibuka ke depan dan kebelakang pandangan diantara tumpuan kedua tangan.

Senam lantai
Biasanya merupakan nomor pertama dalampertandingan atas pertimbangan kesempatan bagi para pesenam untuk juga berlakusebagai pemanasan karena gerakan-gerakannya tidak memerlukan tenaga otot yangluar biasa. Nomor ini mungkin merupakan tontonan yang paling mengasyikkandibanding dengan alat-alat lain meskipun sebenarnya relatif berkembang palingbaru. Untuk pertama kali nomor ini sebagai nomor perseorangan dalam Olympiade1932 dan bagi wanita baru 20 tahun kemudian.
Senam lantai sangat populer terutamabagi penyelenggaraan secara massal yang dapat diikuti oleh ribuan pesertabersama-sama. Gerakan-gerakannya dapat dikerjakan secara seragam dan membentukformasi-formasi yagn menarik dan mengesankan. Di negeri kita sekarang sedangdigalakkan apa yang disebut senam pagi Indonesia.
Lantai pertandingan berukuran 12 m2dalam ruang yang berukurang 14 m2 dilapisi karpet kenyal setebal 0,045 m. Priatampil dalam waktu 70 detik dan wanita dengan diiringi musik 90 detik. Keduanyabertujuan untuk memberikan kesan kepada para wasit dengan rangkaian urutan dariberbagai lompatan, putaran, keseimbnagan dicampur dengan unsur-unsur lonjakandan akrobatik. Gerakan-gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secaralambat dan sikap statis sekurang-kurangnya 2 detik. Gerakan-gerakan salto harusdikerjakan setinggi bahu.

SenamArtistik (Artistic Gymnastics)

Senam artistik
Merupakanfusi dari keatletisan dengan keindahan. Mengkombinasikan kekuatan dan ketahanandengan gaya dan keanggunan, manuver - manuver sulit telah dipertontonkan padaOlimpiade selama seperempat abad terakhir.
NadiaComeneci medapatkan nilai sempurna, 10 pada Olimpiade Montreal 1976. Menurutpara pengemar olahraga senam, hal itu merupakan nilai sempurna pertama danterbaik yang pernah diberikan. Pesenam berumur 14 tahun itu meraih nilai yangsebelumnya dianggap mustahil untuk diraih, sebanyak tujuh kali di OlimpiadeMontreal. Papan nilai elektronik yang diatur hanya untuk menampilkan tiga digitangka saja, menampilkan nilai sempurna Comenici, 10.00 menjadi 1.00.
Senammempunyai sejarah yang sangat panjang hingga pada zaman Yunani kuno yangdimainkan pada Olimpiade kuno. Romawi kuno, Persia, India dan Cina tercatattelah memainkan permainan yang mirip, kebanyakan digunakan untuk melatih parapemuda sebelum berperang. Kata - kata yang digunakan pun beragam dan tidakmengacu pada kata Yunani, Gymnos yang berarti telanjang. Pada waktu itu, paraatlet yang memainkan permainan tersebut, tidak menggunakan kostum apa pun.

Kompetisi
Padasenam artistik (dengan alat), kelas yang dilombakan untuk kategori putra adalahsenam lantai, kuda - kuda, gelang - gelang, palang sejajar dan horizontal.Untuk putri: palang rintang, palang seimbang dan senam lantai. Kompetisinyatermasuk kategori all-round dan tim, dnilai berdasarkan setiap penampilan padaalat.


Kelas
Putra:
  • Senam Lantai
  • Palang Horizontal
  • All - Round Perorangan
  • Palang Sejajar
  • Kuda - kuda
  • Gelang - gelang
  • Kompetisi Tim
Putri
  • Senam Lantai
  • Palang Seimbang
  • All - Round Perorangan
  • Kompetisi Tim
  • Palang Tidak Sejajar





senamRitmik (Modern Rhytmic)
 
  Senamritmik pertama kali menarik perhatian Fédération Internationale de Gymnastique(FIG) pada pertengahan abad 20, dijuluki sebagai senam modern oleh parapenggemarnya.
Kompetisi
Senamritmik hanya dibuka untuk kelas putri saja. Para pesenam menampilkan gerakan -gerakan indah dengan diiringi musik, di atas matras seluas 13m² dengan alattambahan berupa tali, hoop, bola, tongkat dan pita. Pada kelas perorangan, parapesenam menampilkan nomor yang berbeda dengan empat sampai lima alat tambahan.Pada kelas tim, berjumlah lima orang tampil bersamaan dengan menggunakan alat -alat yang berbeda.
Kelas
  • Tim
  • All - round perorangan

2 comments:

Unknown said...

tips supaya senam menjadi menyenangkan adalah dengan memakai baju senam crystal yang terbuat dari bahan2 yang bagus dan berkualitas

Unknown said...

salam kenal Gan ...
bagus sekali infonya .... Tapi klo untuk senam aerobik itu berasal dari negara mana?
dan untuk beli baju senam aerobik yang bagus dan keren itu dimana?
Trims dan semoga sukses

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes