Wednesday, October 19, 2011

Pengertian Musik Nusantara




MusikNusantara adalahseluruh musik yang berkembang di Nusantara ini, yang menunjukkan ataumenonjolkan ciri keindonesiaan, baik dalam bahasa maupun gaya melodinya. Musik Nusantara terdiri darimusik tradisi daerah, musik keroncong, musik dangdut, musik langgam, musikgambus, musik perjuangan, dan musik pop.


Sejarah Musik Nusantara


Terdapat tahapan-tahapan perkembangan musik Indonesia(nusantara). tahapan tersebut adalah sebagai berikut.

Masasebelum masuknya pengaruh Hindu- Buddha

Pada masa ini, musikdipakai sebagai bagian dari kegiatan ritual masyarakat. Dalam beberapakelompok, bunyi- bunyian yang dihasilkan oleh anggota badan atau alat tertentudiyakini memiliki kekuatan magis. Instrumen atau alat musik yang digunakanumumnya berasal dari alam sekitarnya.

Masasetelah masuknya pengaruh Hindu- Buddha

 Pada masa ini,berkembanglah musik- musik istana (khususnya di Jawa). saat itu, musik tidakhanya dipakai sebagai bagian ritual saja, tetapi juga dalam kegiatan- kegiatankeistanaan (sebagai sarana hiburan para tamu raja). Musik istana yangberkembang adalah musik gamelan. Musik gamelan  terdiri dari 5 kelompok,yaitu kelompok balungan, kelompok blimbingan, kelompok pencon, kelompokkendang,dan kelompok pelengkap.


Masasetelah masuknya pengaruh Islam

Selain berdagang danmenyebarkan agama islam, para pedagang arab juga memperkenalkan musik mereka.Alat musik mereka berupa gambus & rebana. dari proses itulah muncul orkes-orkes gambus di nusantara (Indonesia)hingga saat ini.

MasaKolonialisme

Masuknya bangsa Baratke Indonesia juga membawapengaruh besar dalam perkembangan musik Indonesia. Parapendatang ini memperkenalkan berbagai alat musik dari negeri mereka, misalnyabiola, selo (cello), gitar, seruling (flute), dan ukulele. Mereka pun membawasistem solmisasi dalam berbagai karya lagu. Itulah masa- masa perkembanganmusik modern Indonesia.Saat itu,para musisi Indonesiamenciptakan sajian musik yang merupakan perpaduan musik barat  dan musik Indonesia .Sajian musik itu dikenal sebagai musik keroncong.

MasaKini

Seiring denganmasuknya media elektronik ke Indonesia,masukpula berbagai jenis musik barat,seperti pop, jazz, blues, rock, dan R&B. demikian pula dengan musik- musiknegeri India yang banyak dibawa melalui film- filmnya. Dari perkembangan ini,terjadi perpaduan antara musik asing dengan musik Indonesia. Musik India mengalamiperpaduan dengan musik melayu sehingga menghasilkan jenis musik dangdut. Maka,muncul pula berbagai musisi Indonesia yang beraliran pop, jazz, blues, rock,dan R&B. Berkembang pula jenis musik yang memadukan unsur kedaerahanIndonesia dengan unsur musik barat, terutama alat- alat musiknya. Jenis musikini sering disebut musik etnis.

C.           Fungsi Musik Nusantara


Secara umum, fungsimusik bagi masyarakat Indonesiaantara lain sebagai sarana atau media upacara ritual, media hiburan, mediaekspresi diri, media komunikasi, pengiring tari, dan sarana ekonomi.

Sarana upacara budaya (ritual)
Musik di Indonesia,biasanya berkaitan erat dengan upacara- upacara kematian, perkawinan,kelahiran, serta upacara keagamaan dan kenegaraan. Di beberapa daerah, bunyiyang dihasilkan oleh instrumen atau alat tertentu diyakini memiliki kekuatanmagis. Oleh karena itu, instrumen seperti itu dipakai sebagai sarana kegiatanadat masyarakat.

Sarana Hiburan
Dalam hal ini, musikmerupakan salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan akibat rutinitasharian, serta sebagai sarana rekreasi dan ajang pertemuan dengan warga lainnya.Umumnya masyarakat Indonesiasangat antusias dalam menonton pagelaran musik. Jika ada perunjukan musik didaerah mereka, mereka akan berbondong- bondongmendatangi tempat pertunjukanuntuk menonton.

SaranaEkspresi Diri

Bagi para seniman(baik pencipta lagu maupun pemain musik), musik adalah media untukmengekspresikan diri mereka. Melalui musik, mereka mengaktualisasikan potensidirinya. Melalui musik pula, mereka mengungkapkan perasaan, pikiran, gagasan,dan cita- cita tentang diri, masyarakat, Tuhan, dan dunia.

SaranaKomunikasi

Di beberapa tempat diIndonesia,bunyi- bunyi tertentu yang memiliki arti tertentu bagi anggota kelompokmasyarakatnya. Umumnya, bunyi- bunyian itu memiliki  pola ritme tertentu,dan menjadi tanda bagi anggota masyarakatnya atas suatu peristiwa ataukegiatan. Alat yang umum digunakan dalam masyarakat Indonesia adalah kentongan, bedugdi masjid, dan lonceng di gereja.

PengiringTarian

Di berbagai daerah diIndonesia,bunyi- bunyian atau musik diciptakan oleh masyarakat untuk mengiringi tarian-tarian daerah. Oleh sebab itu, kebanyakan tarian daerah di Indonesia hanyabisa diiringi olehmusik daerahnya sendiri. Selain musik daerah, musik- musikpop dan dangdut juga dipakai untuk mengiringi tarian- tarian modern, sepertidansa, poco- poco, dan sebagainya.
 

SaranaEkonomi

Bagi para musisi danartis professional, musik tidak hanya sekadar berfungsi sebagai mediaekspresi  dan aktualisasi diri. Musik juga merupakan sumber penghasilan. Mereka merekam hasil karya mereka dalam bentuk pita kaset dancakram padat (Compact Disk/CD) serta menjualnya ke pasaran. Dari hasilpenjualannya ini mereka mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.Selain dalam media kaset dan CD. Para musisijuga melakukan pertunjukan yang dipungut biaya. Pertunjukan tidak hanyadilakukan di suatu tempat, tetapi juga bisa dilakukan di daerah- daerah lain diIndonesia ataupun di luar Indonesia.

D.           Ragam Musik Nusantara


Ragam musik di Indonesia dapatdibedakan atas musik tradisi, musik keroncong, musik dangdut, musik perjuangan,dan musik pop.

MusikDaerah/Tradisional

Musik daerah ataumusik tradisional adalah musik yang lahir dan berkembang di daerah- daerah diseluruh Indonesia.Ciri khas pada jenis musik ini teletak pada isi lagu dan instrumen (alatmusiknya). Musik tradisi memiliki karakteristik khas, yakni syair  danmelodinya menggunakan bahasa dan gayadaerah setempat. Indonesiaadalah sebuah negara yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Papuahingga Aceh. Dari sekian banyaknya pulau beserta dengan masyarakatnya tersebut lahir, tumbuh dan berkembang.  Seni tradisi yang merupakanidentitas, jati diri, media ekspresi dari masyarakat pendukungnya.

Hampir diseluruhwilayah Indonesiamempunyai seni musik tradisional yang khas. Keunikan tersebut bisa dilihat dariteknik permainannya, penyajiannya maupun bentuk/organologi instrumen musiknya.Hampir seluruh seni tradisional Indonesiamempunyai semangat kolektivitas yang tinggi sehingga dapat dikenali karakterkhas orang/masyarakat Indonesia,yaitu ramah dan sopan.  Namun berhubung dengan perjalanan waktu dansemakin ditinggalkanya spirit dari seni tradisi  tersebut, karekter kitasemakin berubah dari sifat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaanmenjadi individual/egoistis. begitu banyaknya seni tradisi yang dimiliki bangsaIndonesia,maka untuk lebih mudah mengenalinya dapat di golongkan menjadi beberapakelompok yaitu alat musik/instrumen perkusi, petik dan gesek.

I. Instrumen Musik Perkusi.
Perkusi adalahsebutan bagi semua instrumen musik yang teknik permainannya di pukul, baikmenggunakan tangan maupun stik. Dalam hal ini beberapa instrumen musik yangtergolong dalam alat musik perkusi adalah, Gamelan, Arumba, Kendang, kolintang,tifa, talempong, rebana, bedug, jimbe dan lain sebagainya.

Gamelan adalah alatmusik yang terbuat dari bahan logam. Gamelan berasal dari daerah Jawa Tengah,DI. Yogyakarta, Jawa Timur juga di Jawa Barat yang biasa disebut dengan Degungdan di Bali (Gamelan Bali).  Satuperangkat gamelan terdiri dari  instrumen saron, demung, gong, kenong,slenthem, bonang dan beberapa instrumen lainnya. Gamelan mempunyai nadapentatonis/pentatonic.

Talempong adalah senimusik tradisi dari Minangkabau/Sumatera Barat. Talempong adalah alat musikbernada diatonis (do, re, mi, fa, sol, la, ti, do)

Kolintang ataukulintang berasal dari daerah Minahasa/ Sulawesi Utara. Kolintang mempunyaitangga nada diatonis/diatonic yang semua instrumennya terdiri dari bas, melodisdan ritmis. Bahan dasar untuk membuat kulintang adalah   kayu. Carauntuk memainkan alat musik ini di pukul dengan menggunakan stik.

Arumba  (alunanrumpun bambu) berasal dari daerah Jawa Barat. Arumba adalah alat musik yangterbuat dari bhan bambu yang di mainkan dengan melodis dan ritmis. Pada awalnyaarumba menggunakan tangga nada pentatonis namun dalam perkembangannyamenggunakan tangga nada diatonis.

Kendang adalahsejenis alat musik perkusi yang membrannya berasal dari kulit hewan. Kendangatau gendang dapat dijumpai di banyak wilayah Indonesia. Di Jawa barat kendangmempunyai peraanan penting dalam tarian Jaipong. Di Jawa Tengah, Bali, DI Yogyakarta, Jawa timur kendang selalu digunakandalam permainan gamelan baik untuk mengiringi, tari, wayang, ketoprak. Tifa adalah alat musik sejenis kendang yang dapat di jumpai di daerah Papua,Maluku dan Nias. Rebana adalah jenis gendang yang ukuran bervariasai dari yangkecil hingga besar. Rebana adalah alat musik yang biasa di gunakan dalamkesenian yang bernafaskan Islam. Rebana dapat di jumpai hampir di sebagianwilayah Indonesia.

II. Instrumen Musik Petik 
Kecapi adalah alatmusik petik yang berasal dari daerah Jawa Barat. Bentuk organologi kecapiadalah sebuah kotak kayu yang diatasnya berjajar dawai/senar, kotak kayutersebut berguna sebagai resonatornya. Alat musik yang menyerupai Kecapi adalahsiter dari daerah Jawa tengah.

Sasando adalah alatmusik petik berasal dari daerah Nusa tenggara timur (Timor)kecapi ini terbuat dari bambu dengan diberi dawai/senar sedangkan untukresonasinya di buat dari anyaman daun lontar yang mempunyai bentuk setengahbulatan.

Sampek (sampe/sapek)adalah alat musik yang bentuknya menyerupai gitar berasal dari daerahkalimantan. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu yang di penuhi denganornamen/ukiran yang indah. Alat musik petik lainnya yang bentuknya menyerupaisampek adalah Hapetan daerah Tapanuli, Jungga dari daerah Sulawesi Selatan.

III. Instrumen Musik Gesek.
Instrumen musiktradisional yang menggunakan teknik permainan digesek adalah Rebab. Rebabberasal dari daerah Jawa barat, Jawa Tengah, Jakarta (kesenian betawi). Rebabb terbuatdari bahan kayu dan resonatornya ditutup dengan kulit tipis, mempunyai dua buahsenar/dawai dan mempunyai tangga nada pentatonis. Instrumen musik tradisionallainnya yang mempunyai bentuk seperti rebab adalah Ohyan yang resonatornyaterbuat dari tempurung kelapa,  rebab jenis ini dapat dijumpai di bali,Jawa dan kalimantan selatan.

IV. Instrumen Musik Tiup
Suling adalahinstrumen musik tiup yang terbuat dari bambu. hampir semua daerah di indonesia dapatdijumpai alat musik ini.  Saluang adalah alat musik tiup dari Sumatera Barat,  serunai dapat dijumpai di sumatera utara, Kalimantan. Suling Lembang berasal dari daerah Torajayang mempunyai panjang antara 40-100cm dengan garis tengah 2cm.

Tarompet, serompet,selompret adalah jenis alat musik tiup yang mempunyai 4-6 lubang nada danbagian untuk meniupnya berbentuk corong. Seni musik tradisi yang menggunakanalat musik seperti ini adalah kesenian rakyat Tapanuli, Jawa Barat, Jawa Timur,Madura, Papua.

MusikKeroncong

Secara umum, musikkeroncong memiliki harmoni musik dan improvisasi yang sangat terbatas. Umumnyalagu- lagunya memiliki bentuk dan susunan yang sama. Syair- syairnya terdiriatas beberapa kalimat (umumnya 7 kalimat) yang diselingi dengan permainan alatmusik.

MusikDangdut

Musik dangdutmerupakan hasil perpaduan antara musik India dengan musik Melayu, musikini kemudian berkembang dan menampilkan cirinya yang khas dan berbeda denganmusik akarnya. Ciri khas musik ini terletak pada pukulan alat musik tabla(sejenis alat musik perkusi yang menghasilkan bunyi ndut). Selain itu,iramanya ringan, sehingga mendorong penyanyi dan pendengarnya untuk mengerakkananggota badannya. Lagunya pun mudah dicerna, sehingga tidak susah untukditerima masyarakat.

Musik Perjuangan
Musik ini lahir darikondisi masyarakat Indonesiayang sedang terjajah oleh bangsa asing. Dengan menggunakan musik, para pejuangberusaha mengobarkan semangat persatuan untuk bangkit melawan penjajah. Syair-syair yang diciptakan pada masa itu, umumnya berisi ajakan untuk berjuang,ajakan untui berkorban demi tanah air, dan sebagainya. Irama musiknya pundibuat cepat dan semangat, serta diakhiri dengan semarak.

Musik Populer (pop)
Musik ini memilikiciri, antara lain penggunaan ritme yang terasa bebas dengan mengutamakanpermainan drum dan gitar bas. Komposisi melodinyajuga mudah dicerna. Biasanya,para musisinya juga menambahkan variasi gayayang beraneka ragam untuk menambah daya tarik dan penghayatan pendengar ataupenontonnya. Musik pop dibedakan menjadi musik pop anak- anak dan musik popdewasa.

Kesimpulan

Musik nusantaraadalah seluruh musik yang berkembang di nusantara, yang menunjukkan cirrikeindonesiaan. Musik memiliki fungsi sebagai sarana atau media ritual, mediahiburan media ekspresi diri, media komunikasi, pengiring tari, dan saranaekonomi. Ragam musik nusantara yang berkembang dapat dibedakan menjadi musiktradisi, musik keroncong, musik dangdut, musik perjuangan, dan musik pop.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes