Wednesday, October 19, 2011

Pengertian Dan Fungsi Motherboard


FUNGSI MOTHERBOARD

Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponenyang terpasang padanya.
Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.
Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari perantipeyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner),atau printer untuk mencetak.

Perkembangan Motherboard

Pada akhir tahun 1980-an dan selama dekade 1990-an, pasar prosesor untuk PCdidominasi oleh Intel. Ada beberapa perusahaan prosesor untuk PC, tetapipengaruh mereka kalah jauh dibanding Intel. Lagi pula rata-rata prosesor buatanmereka masih mengambil desain x86 buatan Intel juga.
Mulai akhir tahun 90-an dan awal tahun 2000, kondisi tersebut berubah. Pasarprosesor tidak lagi terlalu tergantung pada Intel, karena pesaing mereka, AMD,mengeluarkan prosesor K6-2 dan Athlon yang ternyata mampu bersaing denganprosesor buatan Intel.
Dan di tahun itu pula sebuah industri penghasil chipset asal Taiwan, VIATechnologies, juga telah mampu membuat chipset yang berkualitas dan berhargamurah. Para produsen motherboard tidak lagi tergantung
pada Intel untukmerancang dan membuat motherboard mereka, sehingga perkembangan teknologi dandesain motherboard mengalami peningkatan yang sangat pesat.
Selain itu, demam overclocking juga turut menyumbangkan peranan dalamperkembangan dunia motherboard. Para produsen motherboard berlomba-lombamengeluarkan motherboard yang dirancang mampu memberikan tingkat overclock yangtinggi, tapi tetap mampu menjaga kestabilan sistem. Pokoknya, kalau adamotherboard yang tidak bisa digunakan untuk meng-overclock prosesor dan memori,maka hampir dapat dipastikan motherboard tersebut kurang laku di pasaran.

Berikut ini daftar produsen Motherboard :
ASUS
ABIT
ECS
GIGABYTE
MSI
ISTILAH-ISTILAH PADAMOTHERBOARD
1. BIOS

Singkatan dari Basic Input/Output System. Merupakan kumpulan informasimotherboard dan juga merupakan software berisi perintah-perintah dasar. Fungsiutamanya adalah sebagai sarana komunikasi antara sistem operasi dengan hardwareyang terpasang pada motherboard.
2. Bus

Istilah yang menyatakan sistem aliran data yang digunakan hardware yangterpasang pada motherboard untuk berkomunikasi dengan prosesor. Satuan yangdigunakan biasanya adalah frekuensi (Hertz) atau lebar bit data.
3. Clock Speed

Istilah ini digunakan untuk menyatakan kecepatan dari sebuah prosesor ataukomponen lainnya. Angka clock speed didapat dari perkalian multiplier terhadapFSB. Semakin tinggi clock speed, maka semakin tinggi kinerja yang dihasilkanoleh prosesor atau komponen hardware tersebut. Satuan yang digunakan biasanyaadalah megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz). Biasanya disebut juga sebagaikecepatan eksternal dari sebuah prosesor.
4. FSB

Singkatan dari Front Side Bus, yaitu bus utama yang menghubungkan antaraprosesor dengan chipset motherboard. Satuan yang digunakan adalah megahertz(MHz).
5. Heatsink

Komponen yang diletakkan di atas prosesor. Fungsinya adalah menyerap panas yangdihasilkan saat prosesor bekerja. Biasanya sebuah heatsink dilengkapi sebuahkipas untuk menjaga agar suhu prosesor tetap stabil.
6. Overclocking

Suatu teknik yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja prosesor, memori, ataukartu grafis, dengan cara meningkatkan FSB atau clock speed komponen tersebut.Teknik ini memerlukan sebuah system pendingin khusus pada komponen, karenamenghasilkan panas berlebih, di mana panas berlebih ini dapat merusak sistem.PC

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes