Tuesday, October 18, 2011

BIAYA OVERHEAD PABRIK


Penggolongan Biaya Overhead Pabrik
Rangkuman
Perusahaan yang melaksanakan aktivitas suatu produk akan dibebani biayaoverhead pabrik disamping biaya-biaya lain yang lebih penting. Hal ini biayaproduksi yang termasuk dalam biaya overhead pabrik menurut sifatnya dapatdikelompokkan menjadi beberapa golongan yaitu: biaya bahan penolong, biayareparasi dan pemeliharaan, biaya tenaga kerja tak langsung, beban biaya yangtimbul sebagai akibat penilaian terhadap aktiva tetap, beban biaya yang timbulsebagai akibat berlalunya waktu, dan biaya overhead pabrik lain yang secaralangsung memerlukan pengeluaran uang tunai.
Bila ditinjau dari perilaku unsur-unsur biaya overhead pabrik dalamhubungannya dengan perubahan volume kegiatan, maka biaya overhead pabrik dapatdibagi menjadi tiga golongan yaitu: biaya overhead pabrik tetap, Biaya overheadpabrik variabel, dan biaya overhead pabrik semivariabel.
Adapun unsur biaya overhead pabrik yang bersifat semivariabel dalamkeperluan penentuan tarif dan pengendalian biaya, hal ini dapat dipecah menjadidua yaitu: biaya tetap dan biaya variabel.

Perusahaan di samping memiliki departemen produksi, juga mempunyaidepartemen-departemen pembantu. Dari hubungan antar departemen yang ada dalampabrik, maka biaya overhead pabrik dikelompokkan menjadi dua yaitu: biayaoverhead pabrik langsung departemen dan biaya overhead pabrik tak langsungdepartemen.
Langkah-Langkah Penentuan Tarif BiayaOverhead Pabrik
Rangkuman

Dalam perusahaan yang produksinya berdasar pesanan, biaya overhead pabrikdibebankan kepada produk atas dasar tarif yang ditentukan di muka. Alasanpenggunaan tarif yang ditentukan di muka untuk memperhitungkan biaya overheadpabrik ke dalam harga pokok produk adalah kebutuhan manajemen akan informasiharga pokok produk yang tidak dipengaruhi oleh adanya: perubahan tingkatkegiatan produksi yang bersifat sementara, perubahan tingkat efisiensiproduksi, terjadinya biaya overhead yang bersifat sporadik, dan adanya biayaoverhead yang terjadinya hanya pada saat-saat tertentu saja. Disamping itu dalamperusahaan yang produksinya berdasarkan pesanan, manajemen memerlukan informasiharga pokok produk per satuan pada saat pesanan selesai dikerjakan, sedangkanbeberapa elemen biaya overhead pabrik ada yang baru dapat diketahui jumlahnyadengan pasti pada akhir periode. Dengan demikian penggunaan tarif biayaoverhead pabrik yang ditentukan di muka untuk membebankan jenis biaya tersebutkepada produk, merupakan sesuatu keharusan.
Ada tigatahap yang harus dilakukan untuk menghitung tarif biaya overhead pabrik:menyusun anggaran biaya overhead pabrik, memilih dasar pembebanan, danmenghitung tarif biaya overhead pabrik. Dasar yang dapat dipakai sebagai dasarpembebanan biaya overhead pabrik kepada produk adalah: satuan produk, biayabahan baku,biaya tenaga kerja langsung, jam tenaga kerja langsung dan jam mesin.
Pengumpulan Biaya Overhead PabrikSesungguhnya dan Analisis Selisih Biaya Overhead Pabrik
Rangkuman

Pengumpulan Biaya Overhead Pabrik Sesungguhnya dan Analisis Selisih BiayaOverhead Pabrik
Setelah tarif biaya overhead pabrik ditentukan, produk yang diproduksi dalamtahun anggaran dibebani biaya overhead pabrik dengan tarif tersebut. Dalamtahun anggaran tersebut dikumpulkan biaya overhead pabrik yang sesungguhnyaterjadi. Pada akhir tahun, biaya overhead yang dibebankan kepada produkberdasarkan tarif dibandingkan dengan biaya overhead pabrik yang sesungguhnyaterjadi. Selisih yang terjadi antara biaya overhead pabrik yang dibebankanberdasarkan tarif dengan biaya overhead yang sesungguhnya terjadi dianalisismenjadi dua macam selisih: selisih anggaran dan selisih kapasitas. Selisihtersebut pada akhir tahun diperlakukan sebagai penyesuaian terhadaprekening-rekening persediaan dan harga pokok penjualan atau diperlakukansebagai penyesuaian perhitungan laba-rugi.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes