Tuesday, October 18, 2011

AKUNTANSI BIAYA DAN PENGERTIAN BIAYA


Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Menejemen
Rangkuman
Secara garis besar akuntansi dapat dibagi menjadi dua tipe pokok: akuntansikeuangan dan akuntansi manajemen. Akuntansi keuangan menghasilkan informasiterutama untuk memenuhi kebutuhan pihak luar, sedangkan akuntansi manajemenmenghasilkan informasi terutama untuk memenuhi kebutuhan para manajer dariberbagai jenjang organisasi.
Karena perbedaan karakteristik pemakai informasinya, akuntansi keuangan danakuntansi manajemen menpunyai perbedaan karakteristik. Informasi yangdihasilkan oleh akuntansi keuangan mencakup perusahaan secara keseluruhan,berorientasi pada masa yang lalu, menpunyai rentang waktu yang kurangfleksibel, dibatasi oleh prinsip akuntansi yang lazim, ringkas, teliti, samasekali tidak menyangkut aspek perilaku manusia dalam organisasi, dan bersumberpada ilmu ekonomi. Informasi yang dihasilkan oleh akuntansi manajemen mencakupbagian dari perusahaan, berorientasi pada masa yang akan datang, mempunyairentang waktu yang fleksibel tidak dibatasi oleh prinsip akuntansi yang lazim,terinci, memiliki unsur taksiran yang besar, berhubungan langsung denganperilaku manusia dalam organisasi, dan bersumber pada ilmu ekonomi danpsikologi sosial.
Pemahaman karakteristik kedua tipe akuntansi tersebut akan membantu Andamemahami karakteristik akuntansi biaya.

Akuntansi Biaya Merupakan bagian dariAkuntans Keuangan dan Akuntansi Menejemen
Rangkuman

Akuntasi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan danpenyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa, dengan cara-caratertentu, serta penafsiran terhadapnya.
Akuntansi biaya menghasilkan informasi biaya untuk memenuhi berbagai macamtujuan. Untuk tujuan penentuan harga pokok produk, akuntansi biaya menyajikanbiaya yang telah terjadi di masa yang lalu. Untuk tujuan pengendalian biaya,akuntansi biaya menyajikan informasi biaya yang diperkirakan akan terjadidengan biaya yang sesungguhnya terjadi, kemudian menyajikan analisis terhadap penyimpangannya.Untuk tujuan pengambilan keputusan khusus, akuntansi biaya menyajikan biayayang relevan dengan keputusan yang akan diambil, dan biaya yang relevan denganpengambilan keputusan khusus ini selalu berhubungan dengan biaya masa yang akandatang.
Akuntansi biaya dapat berperan sebagai bagian dari akuntansi keuangan. Dalamhal ini akuntansi biaya harus memenuhi karakteristik akuntansi keuangan sepertiyang telah dibahas dalam Kegiatan Belajar 1. Akuntansi biaya dapat pulaberperan sebagai bagian dari akuntansi manajemen. Dalam hal ini akuntansi biayaharus memenuhi karakteristik akuntansi manajemen, seperti telah dibahas dalamKegiatan Belajar 1.
Biaya
Rangkuman

Biaya merupakan objek yang diproses oleh akuntansi biaya. Dalam arti luas biayaadalah pengorbanan sumber ekonomi, yang diukur dalam satuan uang, yang telahterjadi atau yang kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu.
Tidak semua pengorbanan sumber ekonomi disebut dengan istilah biaya. Istilahlain yang digunakan untuk menggambarkan pengorbanan sumber ekonomi, baik yangsudah terjadi maupun yang secara potensial akan terjadi adalah harga pokok danrugi.
Struktur Organisasi dan Proses Produksisuatu Perusahaan Manufaktur
Rangkuman

Akuntansi biaya dapat diterapkan baik dalam perusahaan manufaktur maupunperusahaan jasa. Dalam Modul 1 sampai dengan Modul 9, akuntansi biaya yang akandibahas adalah akuntansi biaya yang diterapkan dalam perusahaan manufaktur.
Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang kegiatan pokoknya mengolah bahanbaku menjadiproduk jadi dan memasarkan hasil produksinya tersebut. Ada tiga fungsi pokok dalam organisasiperusahaan manufaktur: fungsi produksi, fungsi pemasaran dan fungsiadministrasi dan umum.
Bagian-bagian yang dibentuk untuk melaksanakan fungsi produksi di bagimenjadi dua kelompok: bagian-bagian yang mengolah secara langsung bahan baku menjadi produk jadidan bagian-bagian yang membantu menyediakan jasa untuk memperlancar prosespengolahan bahan bakudepartemen-departemen produksi dan kelompok kedua disebut departemen-departemenpembantu (jasa).
Cara Penggolongan Biaya
Rangkuman

Biaya dapat dikelompokkan menjadi berbagai macam kelompok biaya sesuai dengankebutuhan pemakai. Pengelompokan biaya yang paling sederhana dan palingmendasar, yang selalu dilakukan oleh setiap perusahaan adalah pengelompokanbiaya menurut objek pengeluaran. Biaya dapat dikelompokkan menurutfungsi-fungsi pokok dalam perusahaan, menurut hubungan biaya dengan sesuatuyang dibiayai, menurut perilakunya dalam hubungannya dengan perubahan volumekegiatan dan menurut jamgka waktu manfaatnya.
Metode Pengumpulan Harga Pokok Produk
Rangkuman

Secara garis besar proses pengolahan produk dalam perusahaan manufaktur dapatdibagi menjadi dua kelompok besar: proses produksi berdasar pesanan dan prosesproduksi massa.Perusahaan yang proses produksinya berdasar pesanan mengumpulkan biayaproduksinya dengan metode harga pokok pesanan. Perusahaan yang prosesproduksinya berupa produksi massamengumpulkan biaya produksinya dengan metode harga pokok proses.
Laporan laba-rugi perusahaan manufaktur dan laporan laba-rugi perusahaandagang berbeda elemen yang tercantum di dalamnya.
Sistem Akuntansi Biaya
Rangkuman

Secara garis besar sistem akuntansi biaya dibagi menjadi tiga yaitu: (1) sistembiaya sesungguhnya, (2) sistem biaya normal, (3) sistem biaya standar. Sistembiaya sesungguhnya adalah sistem pembebanan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biayaoverhead pabrik pada produk berdasar biaya sesungguhnya. Sistem biaya normaladalah sistem pembebanan biaya bahan bakudan biaya tenaga kerja langsung pada produk berdasar biaya sesungguhnya,sedangkan biaya overhead pabrik berdasar tarif yang ditentukan di muka. Sistembiaya standar adalah sistem pembebanan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biayaoverhead pabrik pada produk berdasar biaya seharusnya.
Metode Pembiayaan (Costing)
Rangkuman

Perusahaan dapat menggunakan dua metode costing yaitu: (1) metode costingpenuh, dan (2) metode costing variabel. Metode costing penuh memasukkan semuabiaya produksi ke dalam biaya produk sedangkan metode costing variabel hanyamemasukkan biaya produksi variabel ke dalam biaya produk. Metode costing penuhmenggunakan pendekatan fungsional untuk menyusun laporan laba-rugi sedangkanmetode costing variabel menggunakan pendekatan variabilitas. Metode costingpenuh digunakan oleh pihak eksternal sedangkan metode costing variabel banyakdigunakan oleh pihak internal perusahaan.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes