Thursday, September 29, 2011

Manfaat dan Fungsi daun Seledri


Seledri sudahdikenal sejak sejarah awal Mesir, Yunani dan Romawi. Tanaman yang terlihatcantik jika ditanam dalam pot ini lebih dulu dimanfaatkan sebagai bumbumasakan. Daun seledri biasa dipakai untuk memperkaya cita rasa sajian ataukaldu. Sup kacang merah dan bubur ayam kurang lengkap rasanya jika tanpataburan daun seledri di dalamnya.

Tanaman ini termasukjenis sayuran yang ditanam guna keperluan pengobatan. Masyarakatpedesaan telah lama memanfaatkan seledri sebagai obat untuk menurunkan panasdengan cara mengoleskan tumbukan daun seledri ke kepala anak yang terserangdemam. Air perasan seledri yang mempunyai sifat mendinginkan dipercaya dapatmendinginkan kepala. Berdasarkan pengalaman beberapa orang, air perasan daunseledri dapat sekaligus menyuburkan dan menghitamkan rambut serta tidakmempunyai efek
samping.

Berdasarkanpenelitian, tanaman ini mengandung :
1. Natrium yang berfungsi sebagai pelarutuntuk melepaskan deposit kalsium yang menyangkut di ginjal dan sendi.
2. Magnesium yang berfungsi menghilangkan stres.
3. Protein, belerang, kalsium, besi, fosfor, vitamin A,B1 dan C.
4. Psoralen,zat kimia yang menghancurkan radikal bebas biang penyebab kanker.

Khasiat seledri dapat dinikmati dengan merebus sebatangseledri ukuran sedang dengan satu gelas air. Ramuan ini cukup diminum sekalisehari. Kegunaannya antara lain mengobati hipertensi, rematik, radang ususbuntu, tifus, keracunan, batuk rejan, asma, gangguan prostat, dan demam.
Untuk penderita hipertensi, satu ons daun seledri bersama tangkainya ditumbuksampai lembut lalu dituangi dengan beberapa sendok air matang lalu disaring dandiminumkan cukup sehari sekali. Setelah minum ramuan ini disarankan untukberistirahat total selama dua jam.

Seledri juga dapat mengobati diare, diabetes, epilepsi,migrain, buang air kecil yang mengandung darah, mencegah stroke, memperbaikifungsi hormon, dan membersihkan darah. Jus seledri yang berdaun besarberkhasiat meningkatkan kecerdasan, mengatasi herpes dan gondokan.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes