Monday, September 26, 2011

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS SOSIOLOGI


CONTOH KARYA TULIS ILMIAH (KTI) :


LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS SOSIOLOGI

PENERAPAN PENDEKATAN KOLABORATIF MURDER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASILBELAJAR SOSIOLOGI PARA SISWA KELAS XI IPS1 SMAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Suatu pengajaran yang hanya mengutamakan prinsip individual tidak akanmenguntungkan siswa maupun masyarakat. Kehidupan sebagian besar siswadipengaruhi oleh orang lain maupun teman-temannya.
Di mana ada orang hidup bersama-sama, tentu disana ada kontak sosial. Hubungan sosial antara sesama manusia merupakan suatukeharusan, sebab dengan kontak sosial orang akan dapat mengembangkankepribadiannya dengan lebih sempurna. Dengan kegiatan-kegiatan ini maka dalamsetiap kegiatan mengajar guru dituntut agar sanggup menciptakan suasana sosialyang membangkitkan kerja sama diantara para siswa dalam mewujudkan materipelajaran supaya dapat diserap lebih efektif dan efisien.

Kerja sama antar para siswa sejatinya telah menjadi tuntutan kurikulumpendidikan, termasuk Kurikulum 2004. Disadari atau tidak, Kurikulum 2004menghadirkan tantangan baru bagi dunia pendidikan di Indonesia. Perubahanorientasi pendidikan dengan menempatkan siswa sebagai pusat perhatian menuntutpara guru untuk lebih kreatif dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Gurudituntut mampu menggeser penekanan kegiatan pembelajaran dari “apa bahan yangakan dipelajari siswa” ke “bagaimana membelajarkan kompetensi dan memperkayapengalaman belajar siswa”.
Dalam pembelajaran Sosiologi misalnya, pembelajaran ditekankan pada pemberianpengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahidan memahami lingkungan sekitarnya secara ilmiah. Pendidikan Sosiologidiarahkan untuk “mencari tahu” dan “berbuat” sehingga dapat membantu siswa untukmemperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang diri sendiri dan lingkungansekitarnya. Selanjutnya siswa diharapkan dapat mengembangkan dan menerapkanpemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.
Salah satu cara untuk mengembangkan sikap sosial siswa khususnya dalampelajaran Sosiologi dapat ditempuh dengan menggunakan pendekatan kolaboratifMURDER dalam kegiatan pembelajaran. Menurut Santyasa, pembelajaran kolaboratifdapat menyediakan peluang untuk menuju pada kesuksesan praktek-praktek pembelajaran.Sebagai teknologi untuk pembelajaran (technology for instruction), pembelajarankolaboratif melibatkan partisipasi aktif para siswa dan meminimisasiperbedaan-perbedaan antar individu. Pembelajaran kolaboratif telah menambahmomentum pendidikan formal dan informal dari dua kekuatan yang bertemu, yaitu:(1) realisasi praktek, bahwa hidup di luar kelas memerlukan aktivitaskolaboratif dalam kehidupan di dunia nyata; (2) menumbuhkan kesadaranberinteraksi sosial dalam upaya mewujudkan pembelajaran bermakna(Santyasa,2006: 5).
Dengan melihat kondisi yang ada di lingkungan SMAN 2 yang pada dasarnya tidakada masalah dalam sarana belajar, keadaan siswa yang kurang antusias dalammengikuti pelajaran Sosiologi perlu dicarikan solusi-solusi terutama metode-metodemengajar yang dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan pengamatan peneliti selamamengasuh pelajaran Sosiologi, tampak bahwa para siswa memang “kurang bergairah”dalam belajar Sosiologi. Akibatnya yaitu mereka kurang mampu untuk memecahkansoal-soal Sosiologi sehingga hasil belajarnya pun kurang memuaskan.
. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi permasalahan tersebutyakni dengan menggunakan pendekatan kolaboratif dalam pembelajaran Sosiologikhususnya pendekatan kolaboratif MURDER yang terdiri atas empat poin pentingyaitu mood, understand, recall, detect, elaborate, review. Langkah-langkahpembelajaran kolaboratif MURDER adalah sebagai berikut.
(1) Para siswa dalam kelompok dibagi menjadi dua pasangan dyad, yaitu dyad-1dan dyad-2 dan memberikan tugas pada masing-masing pasangan.
(2) Setelah penataan suasana hati, salah satu anggota dyad-1 menemukan jawabantugas-tugas untuk pasangannya dan anggota yang lain menulis sambil mengoreksijika ada kekeliruan. Hal yang sama juga dilakukan oleh pasangan dyad-2.
(3) Setelah pasangan dyad-1 dan pasangan dyad-2 selesai mengerjakan tugasmasing-masing, pasangan dyad-1 memberitahukan jawaban yang ditemukan olehmereka kepada pasangan dyad-2, demikian pula pasangan dyad-2 memberitahukanjawaban yang ditemukan oleh mereka kepada pasangan dyad-1, sehinggaterbentuklah laporan lengkap untuk seluruh tugas hari itu.
(4) Masing-masing pasangan dyad dalam kelompok kolaboratif melakukan elaborasi,inferensi, dan revisi (bila diperlukan) terhadap laporan yang akan dikumpulan.
(5) Laporan masing-masing pasangan dyad terhadap tugas-tugas yang telahdikumpulkan, disusun perkelompok kolaboratif.
(6) Laporan siswa dikoreksi, dikomentari, dinilai, dikembalikan pada pertemuanberikutnya, dan didiskusikan.
Dengan cara ini diharapkan para siswa diharapkan akan lebih aktif dalambelajarnya sehingga hasil belajar Sosiologi merekapun akan dapat ditingkatkan.
Berdasarkan hal-hal tersebut di atas dalam penelitian tindakan kelas ini dicobauntuk menerapkan pendekatan kolaboratif MURDER dalam rangka meningkatkanaktivitas dan hasil belajar Sosiologi para siswa kelas XI IPS1 SMAN 2 tahunpelajaran 2007/2008. Dengan metode ini diharapkan akan terjadi interaksi antarsiswa sehingga mereka bisa lebih bergairah dan antusias dalam mengikutipelajaran Sosiologi yang akan bermuara pada peningkatan penguasaankonsep-konsep Sosiologi.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat dirumuskan permasalahansebagai berikut :
1. Apakah pendekatan kolaboratif MURDER dapat meningkatkan aktivitas siswakelas XI IPS1 SMAN 2 tahun pelajaran 2007/2008 dalam pembelajaran Sosiologi ?
2. Apakah pendekatan kolaboratif MURDER dapat meningkatkan hasil belajar dalampembelajaran Sosiologi bagi siswa kelas XI IPS1 SMAN 2 tahun pelajaran2007/2008 ?

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :

.... dst.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes